Kongregasi bagi Indulgensi dan Relik Suci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kongregasi bagi Indulgensi dan Relik Suci (bahasa Latin: Congregatio indulgensiarum et sacrarum reliquiarum) adalah badan Kuria Roma, dibuat pada tahun 1669 dan dibubarkan pada tahun 1904.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Paus Klemens IX mendirikan Kongregasi Indulgensi dan Relik Suci dalam surat apostoliknya In ipsis pontificatus nostra primordiis pada 6 Juli 1669,[1] memberikan bentuk permanen kepada komisi para kardinal yang dibentuk pada tanggal 4 Agustus 1667. Pada awalnya Kongregasi memiliki karakter disiplin murni yang mengawasi penerapan dan ketaatan dekrit Dekrit Dewan Trent ' 'De indulgensi dikeluarkan pada tanggal 3-4 Desember 1563 dan membatasi penyalahgunaan yang diperkenalkan dalam distribusi indulgensi oleh Sekretariat Pengarahan.

Kongregasi juga mengelola pengesahan relikwi, khususnya ketika perselisihan ditangani dalam proses hukum. Kongregasi memiliki staf teolog dan arkeolog sendiri, kebanyakan Jesuit atau Kapusin, untuk membantu menyelesaikan pertanyaan yang rumit.

Pada awal abad kedelapan belas, Kongregasi mulai mendistribusikan indulgensi itu sendiri, suatu hak istimewa yang diakui oleh Paus Benediktus XIV pada tahun 1742. Konflik yurisdiksi dan persaingan kepentingan muncul antara Kongregasi dan Sekretariat Pengarahan sampai [ [Paus Pius IX]], dengan motu proprio Fidelis domus Domini tertanggal 2 Januari 1855, mencabut hak Kongregasi dari Benediktus XIV yang telah diberikan kepadanya. Instruksi Pius IX diulangi dengan kekuatan yang lebih besar oleh Paus Leo XIII dalam motu proprio Christianae reipublicae tanggal 31 Oktober 1897.

Pada tanggal 28 Januari 1904, dengan motu proprio Quae in Ecclesiae, Paus Pius X mempersatukan Kongregasi dengan Jemaat Ritus, dan pada hari yang sama ia mengangkat Kardinal [[Luigi Tripepi] ], yang menjadi Prefek Kongregasi Indulgensi dan Relik Suci sejak 7 Januari 1903, juga Pro-Prefek Kongregasi Ritus.

Pada tanggal 29 Juni 1908, dengan konstitusi apostolik "Sapienti consilio", Pius X membubarkan Kongregasi dan mengalihkan tanggung jawabnya atas indulgensi kepada Kantor Suci. Akhirnya, Paus Benediktus XV pada tanggal 25 Maret 1917, dengan motu proprio Alloquentes proxime, menugaskan tanggung jawab tersebut kepada Penjara Apostolik.

Prefek[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barbier de Montault (ed.). Collection des décrets authentiques des sacrées congrégations romaines: Sacrée Congrégation des Indulgences. hlm. V.