Akademi Kepausan Arcadia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Accademia degli Arcadi atau Accademia dell'Arcadia, "Academy of Arcadia" atau "Academy of the Arcadians", adalah sebuah akademi sastra Italia yang didirikan di Roma pada tahun 1690. Nama lengkap resminya dalah bahasa Italia ialah Pontificia Accademia degli Arcadi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fondasi[sunting | sunting sumber]

Awal dari Accademia degli Arcadi bertanggal Februari 1656, ketika sebuah kumpulan sastrawan terbentuk di bawah perlindungan Ratu Christina dari Swedia, yang telah melepaskan mahkota Swedia pada tahun 1654, masuk Katolik, dan mengambil kediamannya di Roma, tempat dia menghabiskan sebagian besar sisa hidupnya. Di sana ia menjadi pelindung musik dan opera yang signifikan, dengan komposer termasuk Alessandro Scarlatti, Alessandro Stradella dan Arcangelo Corelli mendedikasikan karya untuknya. Setelah kematiannya pada tahun 1689, akademi didirikan untuk mengenangnya dan memilihnya sebagai kepala simbolis ("basilissa", istilah Yunani untuk "Ratu"). Selama dua ratus tahun berikutnya, Akademi tetap menjadi institusi budaya terkemuka.

Stempel Akademi Arcadia

Pertemuan khusyuk pertama para Arcadian diadakan di bukit Janiculum, di sebuah hutan milik Reformed Minorites, pada tanggal 5 Oktober 1690. Accademia degli Arcadi disebut karena niat utamanya adalah untuk mereformasi diksi puisi Italia, yang diyakini para pendiri telah menjadi korup karena terlalu memanjakan ornamen gaya barok. Di bawah inspirasi literatur pastoral, konvensi yang membayangkan kehidupan para gembala, awalnya dianggap hidup di Arcadia di zaman keemasan, diilhami secara ilahi dalam puisi oleh Muses, Apollo, Hermes dan Pan, Akademi memilih pipa Pan sebagai lambangnya dengan tujuh buluh yang tidak sama.

Empat belas pendiri dipilih sebagai "Custode di Arcadia" atau presiden akademi pertama, Giovanni Mario Crescimbeni yang merupakan penulis sejarah puisi Italia dan berbagai karya sastra.[1] Para Arcadian memutuskan untuk kembali ke bidang kebenaran, selalu menyanyikan pokok-pokok kesederhanaan pastoral dan menarik inspirasi mereka dari bahasa Yunani -Puisi pedesaan Romawi. Parameter ideal untuk karya artistik adalah kesederhanaan dan rasa ukuran dan keindahan. Yang umum bagi semua penyair adalah keinginan untuk menentang puisi Marinists,[2] dan kembali ke puisi klasik, juga merangkul pengaruh rasionalis terkini dari Descartes. Norma dan ritual akademi mengambil isyarat dari mitologi klasik dan pastoral, seperti dalam kebiasaan menggunakan nama 'pastoral' (Crescimbeni, misalnya, memilih nama 'Alfesibeo Cario'). Empat belas anggota pendiri termasuk pustakawan Silvio Stampiglia dan penyair Vincenzo Leonio.[3]

Taman Orsini & Selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1692, pertemuan dipindahkan ke taman Duke Orsini di bukit Esquiline; pada tahun 1696, ke Farnese Gardens di Palatine. Akhirnya, kemurahan hati John V dari Portugal, salah satu anggotanya dengan nama Arete Melleo, memungkinkan masyarakat untuk mengamankan (1723) di Janiculum sebuah situs yang dikenal sebagai "Bosco Parrasio" atau (Parrasian Belukar). Di sini mereka mengadakan pertemuan pada hari-hari musim panas, pada musim dingin pindah ke Teatro degli Arcadi di Palazzo Salviati.[4] Pada tahun 1696 Accademia menerima tujuh musisi termasuk Giovanni Bononcini.[5]

Saat akademi masih berada di Palatine, "Statuto" atau Konstitusinya dibuat. Konstitusi ini (karya pendiri Gian Vincenzo Gravina) dimodelkan pada hukum Romawi kuno 'Twelve Tables', dan diukir pada marmer. Kecenderungan yang berbeda segera muncul dengan sendirinya, mengikuti gagasan kedua pendiri: kecenderungan Gravina berdiri dalam tradisi Homer dan Dante, sedangkan kecenderungan Crescimbeni lebih dipengaruhi oleh Petrarch. Karena perbedaan ini, Gravina pergi untuk mendirikan Accademia dei Quirini pada tahun 1711. Meskipun kalah, Arcadia mempertahankan kekuatannya di tahun-tahun berikutnya, dan mendirikan koloni di banyak kota di Italia. Banyak bangsawan, rohaniwan, dan seniman menganggap keanggotaan di dalamnya sebagai suatu kehormatan, dan segera berjumlah 1.300. Banyak dari apa yang mereka hasilkan, bagaimanapun, adalah biasa-biasa saja atau sok (contohnya adalah Saverio Bettinelli meremehkan Dante), meskipun Akademi memang menerima beberapa dukungan untuk serangannya terhadap Rococo gaya, kemudian dominan dalam seni dan sastra.

Pustakawan opera terkenal Pietro Metastasio (1698–1782) meskipun dia memiliki perbedaannya sendiri dengan Arcadia, adalah murid Gravina, dan pemimpin generasi kedua akademi. Karya-karyanya, yang paling diingat mungkin Il Re Pastore karena pengaturannya oleh Mozart, mungkin merupakan hal yang paling dekat dengan pembenaran program yang dicapai Arcadia.

Pada tahun 1795, akademi tersebut menerima Diodata Saluzzo Roero Italia, sebagai salah satu anggota wanita pertamanya,[6] tetapi beberapa bukti memang ada untuk anggota wanita sebelumnya. Pada abad ke-17, penyair Maria Antonia Scalera Stellini terpilih sebagai anggota, dan publikasi Akademi edisi 1721 menyertakan karya Caterina Imperiale Lercari Pallavicini.

Reaksi Anti-Arkadian[sunting | sunting sumber]

Reaksi anti-Arcadian yang keras segera berkembang, dan, mulai dari awal abad ke-19, Arcadianisme mulai dianggap sebagai ekspresi "ancien régime" yang terlambat dan tidak meyakinkan. Setelah berakhirnya Revolusi Prancis, Akademi berusaha untuk memperbarui diri sesuai dengan semangat zaman, tanpa mengorbankan sistem tradisional asosiasi sylvan dan nama pastoral. Akademi tidak lagi mewakili sekolah sastra, tetapi minat umum pada karya klasik dan figur seperti Dante menjadi sangat dihormati oleh para anggotanya. Selanjutnya, bidang usaha Akademi diperluas untuk memasukkan banyak cabang studi, termasuk sejarah dan arkeologi. Kebangkitan Arcadian baru ditandai dengan berdirinya (1819) Giornale Arcadico. Pada tahun 1925 Akademi diubah namanya menjadi Arcadia – Accademia Letteraria Italiana, sebuah lembaga sejarah.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Accademia degli Arcadi menghitung di antara para anggotanya beberapa pria dan wanita sastra utama saat itu, termasuk Carlo Alessandro Guidi, Petronilla Paolini Massimi, Benedetto Menzini, pustakawan Pietro Metastasio, Francesco Redi Paolo Rolli, dan ahli bahasa Clotilde Tambroni, antara lain. Komposer terkenal George Frideric Handel diketahui sering menghadiri pertemuan dan simposium Arcadians ketika belajar di Italia, di bawah perlindungan Ruspoli, seorang anggota terkemuka Akademi. Ada kisah menarik tentang sejarah dan program Akademi di 'Italian Journey' Goethe.

Arsip akademi saat ini disimpan di Biblioteca Angelica, di sebelah gereja Sant'Agostino di Rome. Lukisan-lukisan tersebut disimpan di Palazzo Braschi.

Atti e memorie dell'Accademia letteraria italiana diterbitkan oleh akademi.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Satu atau lebih kalimat sebelum ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Crescimbeni, Giovanni Mario". Encyclopædia Britannica. 7 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 411–412. 
  2. ^ Britannica, The Editors of Encyclopaedia. "Akademi Arcadia". Encyclopedia Britannica
  3. ^ Estirpare il cattivo gusto e le bizzarrie che si erano introdotti nella lingua poemica
  4. ^ books?id=ZlfQAAAAMAAJ&pg=PA559&lpg=PA559&dq=Pontifical+Academy+of+Arcadia&source=bl&ots=XfFxpiK98R&sig=ACfU3U3C6_-J28bYfefDBhgzaN4nMcbHzw&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwigpbH55LeAAxVCr YkEHRZbC-g4FBDoAXoECAUQAw#v=onepage&q=Pontifical%20Academy%20of%20Arcadia&f=false Tuker, Mildred Anna Rosalie dan Malleson, Harapan. “Handbook to Christian and Ecclesiastical Rome”, Bagian 3-4, A. and C. Black, 1900, hal. 559
  5. ^ "Keluarga Bononcini [Buononcini". In L. Root, Deane. Grove Music Online. Oxford Music Online. Oxford University Press.  (perlu berlangganan)Templat:Berlangganan
  6. ^ Letizia Panizza & Sharon Wood (2000). "Sejarah Penulisan Wanita di Italia". P. 144.
  7. ^ 20italia. Rekor Copac; diakses 19 Juli 2019
  • Barroero, L. and Susinno, S. 'Arcadian Rome, Universal Capital of the Arts', in Art in Rome in the Eighteenth Century, ed. E. P. Bowron and J. J. Rishel, 47–77 (Philadelphia: Philadelphia Museum of Art, 2000)
  • Dixon, S. M. (1999) "Women in Arcadia", Eighteenth Century Studies, 32(3), pp. 371–375.
  • Dixon, S. M. (2006) Between the real and the ideal: the Accademia degli Arcadi and its garden in eighteenth-century Rome (Newark, Del.: University of Delaware Press).
  • Forment, B. (2008) Moonlight on Endymion: In Search of “Arcadian Opera,” 1688-1721, Journal of Seventeenth-Century Music, 14(1). Online: https://sscm-jscm.org/v14/no1/forment.html
  • Giorgetti Vichi, A. M. (ed.) (1977) Gli Arcadi dal 1690 al 1800: Onomasticon (Rome, Arcadia – Accademia Letteraria Italiana). (List of members.)
  • Claudio Rendina, Enciclopedia di Roma, Rome: Newton Compton, 2000.