Dikasteri untuk Pengupayaan Pembangunan Manusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dikasteri untuk Pengupayaan Pembangunan Manusia
Tanggal pendirian1 Januari 2017
PendiriPaus Fransiskus
TipeDikasteri
Lokasi
Prefek
Michael Czerny
Sekretaris
Alessandra Smerilli
Organisasi induk
Kuria Roma
Situs webhttp://www.humandevelopment.va/en.html

Dikasteri untuk Pengupayaan Pembangunan Manusia (Dicasterium ad integram humanam progressem fovendam dalam bahasa Latin) adalah sebuah dikasteri dari Kuria Roma.

Vatikan mengumumkan pembentukan dikasteri pada 31 Agustus 2016 dan berlaku efektif 1 Januari 2017. Kardinal Peter Turkson ditunjuk sebagai prefek pertamanya. Prefek dibantu oleh seorang Sekretaris dan sekurang-kurangnya seorang Wakil Sekretaris.

Pada 21 Desember 2021, anggota pimpinan dikasteri mengajukan pengunduran diri sebagai antisipasi berakhirnya mandat lima tahun mereka di bulan Januari. Paus Fransiskus menerima mereka. Pada tanggal 23 Desember 2021, Paus Fransiskus menunjuk Kardinal Michael Czerny dan Suster Alessandra Smerilli Prefek Sementara dan Sekretaris, masing-masing, dari dikasteri, mulai 1 Januari 2022.[1] Pada 23 April 2022, Fransiskus menunjuk keduanya sebagai Prefek dan Sekretaris resmi, memberi mereka mandat lima tahun.[2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Dikasteri Kuria Roma ini menggabungkan karya empat Dewan Kepausan yang didirikan setelah Konsili Vatikan II: Keadilan dan Perdamaian, Dewan Kepausan untuk Pelayanan Pastoral bagi Para Migran dan Pengungsi, Asistensi Kepausan untuk Pelayanan Pastoral bagi Pekerja Kesehatan, dan Cor Unum.[3] Paus Fransiskus telah memberinya tanggung jawab untuk "masalah mengenai migran, mereka yang membutuhkan, orang sakit, yang dikucilkan dan terpinggirkan, dipenjara dan pengangguran, serta korban konflik bersenjata, bencana alam, dan segala bentuk perbudakan dan penyiksaan".[4]

Pada 16 Juni 2017, Paus menunjuk Bruno Marie Duffé, seorang profesor Prancis dengan pengalaman panjang dalam hak asasi manusia dan pekerjaan bantuan, sebagai Sekretaris dikasteri.[5] Romo Nicola Riccardi dan Mgr. Segundo Tejado Muñoz ditunjuk sebagai wakil menteri, pada 8 Juli 2017.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ of-dicastery/ "Paus menunjuk Kardinal Czerny kepala sementara dikasteri" Periksa nilai |url= (bantuan). Pengunjung Minggu Kita (dalam bahasa Inggris). 2021-12-23. Diakses tanggal 2021-12-23. 
  2. ^ CNA. pope-francis-names-cardinal-czerny-head-of-the-dicastery-for-promoting-integral-human-development "Paus Francis menunjuk Kardinal Czerny sebagai kepala Dikasteri untuk Mempromosikan Pembangunan Manusia Seutuhnya" Periksa nilai |url= (bantuan). Kantor Berita Katolik (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-23. 
  3. ^ Templat:Kutip berita
  4. ^ "Migran dan Pengungsi di 'Motu Proprio' Baru Hati Paus". 
  5. ^ "Développement human integral: un Français, le p. Bruno Marie Duffé, secretaire" [Integral Perkembangan Manusia: Pendeta Prancis Bruno Marie Duffé, Sekretaris].