Demodikosis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Demodikosis
Seekor anjing dengan demodikosis berat
Informasi umum
SpesialisasiDermatologi, kedokteran hewan
PenyebabGenus Demodex

Demodikosis adalah penyakit kudis yang disebabkan oleh tungau dalam genus Demodex. Demodikosis dapat diderita oleh hewan dan manusia sebagai akibat dari overpopulasi Demodex sehingga sistem imun inang tak dapat mengendalikan populasi tungau tersebut. Demodex merupakan tungau yang bersifat spesifik terhadap inangnya. Oleh karena itu, demodikosis tidak dapat ditularkan lintas spesies dan tidak memiliki potensi zoonosis.[1]

Tanda dan gejala[sunting | sunting sumber]

Manusia[sunting | sunting sumber]

Seorang laki-laki berusia 28 tahun yang menderita demodikosis. Gambaran mikroskop elektron kulitnya menunjukkan Demodex folliculorum, yang panjangnya sekitar 0,33 mm.[2]

Demodikosis pada manusia biasanya disebabkan oleh Demodex folliculorum dan mungkin penyakit ini memiliki penampilan seperti rosasea.[3][4] Gejala demodikosis yang biasa ditemukan di antaranya rambut rontok, gatal, dan peradangan. Demodikosis paling sering terjadi dalam bentuk folikulitis (radang folikel rambut kulit). Tergantung pada lokasinya, penyakit ini dapat menyebabkan pustula kecil (jerawat) di dasar batang rambut pada kulit yang meradang dan mengalami kongesti. Demodikosis juga dapat mengakibatkan gatal, bengkak, dan kemerahan pada tepi kelopak mata. Sisik bisa berkembang di dasar bulu mata, dan biasanya, keluhan penderitanya adalah mata yang lelah.

Anjing[sunting | sunting sumber]

Demodex canis

Demodikosis anjing dapat dibagi menjadi demodikosis lokal dan demodikosis umum (seluruh tubuh). Kasus demodikosis ringan pada anjing biasanya tidak mengakibatkan banyak gatal, tetapi dapat menimbulkan terbentuknya pustula, dan menjadikan kulit kemerahan, bersisik, kasar, hangat saat disentuh, kerontokan rambut, atau kombinasi semuanya. Tanda-tanda ini paling sering muncul pertama kali di bagian wajah, di sekitar mata atau di sudut mulut, dan di kaki depan dan cakar. Kondisi ini mungkin salah didiagnosis sebagai "hot spot" atau penyakit kulit lainnya. Dalam bentuk yang lebih parah, rambut rontok dapat terjadi di seluruh tubuh dan mungkin disertai dengan pengerasan kulit, nyeri, pembesaran kelenjar getah bening, dan infeksi kulit bagian dalam.

Biasanya, seekor anjing terinfeksi saat menyusui dari ibu mereka. Penularan dari induk ke anak anjing merupakan hal yang normal (itulah sebabnya tungau merupakan penghuni normal kulit anjing), tetapi beberapa individu sensitif terhadap tungau karena defisiensi imun seluler, penyakit lain yang mendasarinya, stres, atau malnutrisi, yang dapat menyebabkan perkembangan demodikosis secara klinis.[5]

Beberapa ras anjing memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kasus demodikosis ringan pada saat mereka berusia muda, di antaranya Afghan Hound, American Staffordshire Terrier, Boston Terrier, Boxer, Chihuahua, Chow Chow, Shar-Pei, Collie, Dalmatian, Doberman Pinscher, Bulldog, French Bulldog, English Bull Terrier, Miniature Bull Terrier, German Shepherd, Great Dane, Old English Sheepdog, American Pit Bull Terrier, West Highland White Terrier, Rat Terrier, Yorkshire Terrier, Dachshund, dan Pug.

Kucing[sunting | sunting sumber]

Ada dua jenis demodikosis pada kucing. Demodex cati menyebabkan kudis folikel, yang kelihatannya mirip dengan demodikosis pada anjing, meskipun jauh lebih jarang. Sementara itu, Demodex gatoi menyebabkan bentuk kudis yang letaknya lebih di permukaan kulit, membuat kulit gatal, dan menular di antara kucing.

Diagnosis[sunting | sunting sumber]

Kerokan kulit dalam yang dilakukan dengan benar biasanya memungkinkan dokter hewan untuk mengidentifikasi tungau secara mikroskopis [6] Pada awalnya, karena tungau dianggap merupakan penghuni normal kulit anjing, keberadaan tungau bukan berarti bahwa anjing tersebut menderita demodikosis. Meskipun demikian, penelitian selanjutnya menemukan bahwa tungau Demodex jarang ditemukan pada anjing yang secara klinis normal, yang berarti bahwa kehadiran sejumlah tungau dalam spesimen kerokan kulit sangat mungkin memiliki efek kesehatan yang signifikan. Pada ras seperti West Highland White Terrier, iritasi kulit yang relatif ringan yang biasanya dianggap alergi, harus diambil spesmen kerokan kulitnya karena kecenderungan anjing ini untuk menderita demodikosis. Kerokan kulit juga dapat diambil untuk mengevaluasi proses pengobatan penyakit ini.

Kadar mineral berupa seng dan tembaga dalam plasma darah terlihat menurun pada anjing yang menderita demodikosis. Hal ini mungkin terjadi karena peradangan yang terlibat dalam respons imun akibat demodikosis, yang dapat menyebabkan stres oksidatif sehingga anjing yang menderita demodikosis menunjukkan tingkat produktivitas antioksidan yang lebih tinggi. Katalase yang terlibat dalam lintasan antioksidan membutuhkan seng dan tembaga. Anjing dengan demodikosis menunjukkan penurunan kadar tembaga dan seng dalam plasma karena meningkatnya permintaan akan aktivitas antioksidan. Oleh karena itu, hal ini dapat dianggap sebagai penanda potensial untuk demodikosis.[7]

Terapi[sunting | sunting sumber]

Anjing[sunting | sunting sumber]

Kudis demodikosis lokal dianggap sebagai penyakit anak anjing yang sering terjadi, dengan sekitar 90% kasus sembuh sendiri tanpa pengobatan. Kasus-kasus kecil yang terlokalisasi perlu dibiarkan untuk sembuh sendiri untuk mencegah tersembunyinya bentuk demodikosis umum yang lebih parah. Jika pengobatan dianggap perlu, salep insektisida berbasis rotenon, sering diresepkan, tetapi zat ini dapat mengiritasi kulit. Demodikosis dengan infeksi sekunder diobati dengan antibiotik dan sampo obat.

Untuk kasus demodikosis umum yang lebih parah, Amitraz merupakan antiparasit yang dilisensikan untuk digunakan di banyak negara untuk mengobati demodikosis anjing. Obat ini diaplikasikan setiap pekan atau setiap dua pekan selama beberapa pekan, sampai tidak ada tungau yang dapat dideteksi oleh kerokan kulit. Demodikosis pada anjing juga dapat diatasi dengan avermektin yang diberikan melalui mulut setiap hari, meskipun hanya sedikit negara yang melisensikan obat ini. Ivermektin merupakan jenis avermektin yang paling sering digunakan, meskipun ras anjing keturunan penggembalaan seperti collie sering kali tidak menolerir obat ini karena adanya kelainan pada sawar darah otak mereka, meskipun tidak semua dari mereka memiliki kelainan ini. Obat avermektin lain yang dapat digunakan termasuk doramektin dan milbemisin. Penggunaan ivermectin per oral tidak boleh digunaan bersamaan dengan obat yang berkerja sebagai inhibisi glikoprotein seperti itraconazole dan ketokonazole [1]

Beberapa peneulian menunjukkan bahwa isoksazolin afoksolaner dan fluralaner yang diberikan secara oral efektif mengobati anjing dengan demodikosis umum..[8][9] Karena kemungkinan defisiensi imun menjadi sifat yang diturunkan, banyak dokter hewan menilai bahwa semua anak anjing dengan demodekosis umum harus dimandulkan atau dikebiri dan tidak bereproduksi. Anjing betina dengan demodikosis umum harus dimandulkan karena stres akibat siklus estrus akan sering membawa gelombang baru demodikosis dengan tanda-tanda klinis.

Kucing[sunting | sunting sumber]

Kucing dengan Demodex gatoi harus dirawat dengan pembilasan menggunakan kapur belerang setiap pekan atau dua pekan. Demodex cati diperlakukan mirip dengan demodikosis anjing. Dengan bimbingan dokter hewan, demodikosis lokal juga dapat diobati dengan agen keratolitik dan antibakteri topikal, diikuti dengan pencelupan belerang kapur atau aplikasi rotenon secara lokal. Ivermektin juga dapat digunakan. Demodikosis umum pada kucing lebih sulit diobati, meskipun telah tersedia sampo yang dapat membantu membersihkan kulit mati, membunuh tungau, dan mengobati infeksi bakteri. Dalam banyak kasus, pengobatannya diperpanjang menjadi beberapa aplikasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Izdebska JN, Rolbiecki L. The status of Demodex cornei: description of the species and developmental stages, and data on demodecid mites in the domestic dog Canis lupus familiaris. Med Vet Entomol32:346 – 357, 2018.
  2. ^ Ran Yuping (2016). "Observation of Fungi, Bacteria, and Parasites in Clinical Skin Samples Using Scanning Electron Microscopy". Dalam Janecek, Milos; Kral, Robert. Modern Electron Microscopy in Physical and Life Sciences. InTech. doi:10.5772/61850. ISBN 978-953-51-2252-4. 
  3. ^ Baima, B.; Sticherling, M. (2002). "Demodicidosis Revisited". Acta Dermato-Venereologica. 82 (1): 3–6. doi:10.1080/000155502753600795alt=Dapat diakses gratis. PMID 12013194. 
  4. ^ Hsu, Chao-Kai; Hsu, Mark Ming-Long; Lee, Julia Yu-Yun (2009). "Demodicosis: A clinicopathological study". Journal of the American Academy of Dermatology. 60 (3): 453–62. doi:10.1016/j.jaad.2008.10.058. PMID 19231642. 
  5. ^ Ectoparasites - Demodex (Mange Mite) Diarsipkan 2011-10-07 di Wayback Machine. Companion Animal Parasite Control (March 2013).
  6. ^ "Prosedur pemeriksaan kerokan kulit pada hewan". pet health specialist. Diakses tanggal 12 Maret 2023. 
  7. ^ Dimri, Umesh; Ranjan, R.; Kumar, N.; Sharma, M. C.; Swarup, D.; Sharma, B.; Kataria, M. (2008-06-14). "Changes in oxidative stress indices, zinc and copper concentrations in blood in canine demodicosis". Veterinary Parasitology. 154 (1–2): 98–102. doi:10.1016/j.vetpar.2008.03.001. ISSN 0304-4017. PMID 18440148. 
  8. ^ Beugnet, Frédéric; Halos, Lénaïg; Larsen, Diane; de Vos, Christa (2016). "Efficacy of oral afoxolaner for the treatment of canine generalised demodicosis". Parasite. 23: 14. doi:10.1051/parasite/2016014alt=Dapat diakses gratis. ISSN 1776-1042. PMC 4807374alt=Dapat diakses gratis. PMID 27012161. 
  9. ^ Fourie, Josephus; Liebenberg, Julian; Horak, Ivan; Taenzler, Janina; Heckeroth, Anja; Frénais, Regis (2015). "Efficacy of orally administered fluralaner (BravectoTM) or topically applied imidacloprid/moxidectin (Advocate®) against generalized demodicosis in dogs". Parasites & Vectors. 8: 187. doi:10.1186/s13071-015-0775-8alt=Dapat diakses gratis. PMC 4394402alt=Dapat diakses gratis. PMID 25881320. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi
Sumber luar