American Pit Bull Terrier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
American Pit Bull Terrier
Roxieee.jpg
Nama lain
  • Pit Bull
  • Pitbull Terrier
Nama panggilan
  • Pit
  • APBT
Negara asal Amerika Serikat
Ciri-ciri
Berat Jantan 15,8–27,2 kg (35–60 lb)
Betina 13,6–22,6 kg (30–50 lb)
Tinggi Jantan 45–53 cm (18–21 in)
Betina 43–50 cm (17–20 in)
Bulu smooth
thin
single
Warna Beragam (kecuali merle).
merah, hitam dan pada umunya buckskin
Jumlah anak 5-10
Masa hidup 8-15 tahun
Catatan
ADBA standard
American Pit Bull Terrier

American Pit Bull Terrier (APBT) merupakan salah satu ras yang tertua yang merupakan ras anjing yang asli (original dog), ras anjing ini memiliki suatu kelebihan dibandingkan dengan ras jenis lain, adapun kelebihan yang dimiliki berupa tenaga yang paling besar dibandingkan dengan ras lain, tahan terhadap rasa sakit, sifat pantang menyerah, tempramen stabil. Kelebihan tersebut didapatkan dari leluhur APBT yang dahulunya digunakan sebagai anjing petarung.

Leluhur APBT yang diadu dengan sesama anjing ataupun dengan banteng (bull baiting) dan beruang (bear baiting) mau tidak mau mengharuskan leluhur APBT beradaptasi dengan keadaan tersebut. adaptasi yang dilakukan oleh leluhurnya tersebut membuat keturunan APBT memiliki sifat-sifat yang hampir menyerupai leluhurnya. Karena pada zaman sekarang Adu anjing dilarang maka untuk mengetahui sifat-sifat dasar APBT digunakan berbagai cara dengan mengadakan adu tarik tali, adu tarik beban dll.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Dibalik keganasan mereka saat beraksi sebenarnya APBT merupakan salah satu anjing yang memiliki tempramen yang lembut. Menurut riset Temperament Testing Society APBT memiliki tingkat tempramen sebesar 83,9% ini merupakan paramenter anjing ini dapat dipelihara oleh anak kecil, bahkan APBT mendapatkan angka yang lebih baik dibandingkan dengan beagel 78.2% dan golden retriever 83.2% dimana nilai yang lebih tinggi akan lebih baik.


Keunggulan dari APBT yaitu mereka mempunyai daya fokus melebihi anjing lainnya, fokus tersebut yang membantu anjing ini memiliki gigitan yang sangat kuat. APBT juga dikenal sebagai anjing yang sensitif, ketika pemiliknya mendidiknya sebagai anjing baik maka karakter anjing ini akan menyesuaikan dengan latihannya, tetapi begitu juga sebaliknya jika pemilik mendidiknya menjadi anjing petarung maka APBT akan menjadi sangat beringas.