Death March Kara Hajimaru Isekai Kyōsōkyoku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Death March Kara Hajimaru Isekai Kyōsōkyoku
Sampul novel ringan volume pertama
デスマーチからはじまる異世界狂想曲
(Desu Māchi Kara Hajimaru Isekai Kyōsōkyoku)
GenreFantasi, harem, isekai[1]
Seri novel
PengarangHiro Ainana
PenerbitShōsetsuka ni Narō
Terbit3 Maret 2013 – sekarang
Novel ringan
PengarangHiro Ainana
Ilustratorshri
PenerbitFujimi Shobo
Penerbit bahasa Inggris
ImprintFujimi Shobo Novels
DemografiPria
Terbit17 Maret 2014 – sekarang
Volume29
Manga
PengarangAyamegumu
PenerbitFujimi Shobo
Penerbit bahasa Inggris
Yen Press
Majalah
  • Age Premium (2014 – 2015)
  • Monthly Dragon Age (2015 – sekarang)
DemografiShōnen
Terbit9 November 2014 – sekarang
Volume16
Seri anime
SutradaraShin Ōnuma
Produser
  • Tomoyuki Oowada
  • Youhei Kikuchi
  • Masaru Seto
  • Yoshiyuki Shioya
  • Shouta Watase
  • Takashi Murakami
  • Yousuke Shimizu
  • Yukiko Arakawa
  • Tsuyoshi Ochiai
SkenarioKento Shimoyama
MusikKuniyuki Takahashi (Monaca)
StudioSilver Link
Connect
PelisensiCrunchyroll
Funimation
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, BS11, Sun TV
Saluran bahasa Inggris
Tayang 11 Januari 2018 29 Maret 2018
Episode12
Manga
Arisa Ōjo no Isekai Funtōki
PengarangAkira Segami
PenerbitFujimi Shobo
MajalahMonthly Dragon Age
DemografiShōnen
Terbit9 Februari 20189 Juli 2018
Manga
Death March Kara Hajimaru Isekai Kōfukukyoku
PengarangTsurumi
PenerbitFujimi Shobo
MajalahMonthly Dragon Age
DemografiShōnen
Terbit8 Januari 2022dijadwalkan
Volume2
 Portal anime dan manga

Death March Kara Hajimaru Isekai Kyōsōkyoku (Jepang: デスマーチからはじまる異世界狂想曲, Hepburn: Desu Māchi Kara Hajimaru Isekai Kyōsōkyoku), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Death March to the Parallel World Rhapsody, adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Hiro Ainana. Seri ini mulai dibuat secara daring pada tahun 2013 di bawah penerbitan Shōsetsuka ni Narō hingga didapatkan oleh Fujimi Shobo. Volume pertama seri novel ringan ini diterbitkan pada bulam Maret 2014. Adaptasi manga dari novel ringan ini ditulis oleh Ayamegumu di bawah penerbitan Age Premium sampai majalah tersebut berhenti terbit, lalu diterbitkan oleh Monthly Dragon Age. Lisensi baik novel ringan maupun manga didapatkan oleh Yen Press untuk wilayah Amerika Utara. Adaptasi seri televisi anime dari novel ringan ini diproduksi oleh Silver Link dan Connect dan ditayangkan mulai tanggal 11 Januari hingga tanggal 29 Maret 2018.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ichirō Suzuki adalah seorang programmer game berusia 29 tahun yang ditugaskan untuk memperbaiki beberapa bug di dua MMORPG yang sedang dipersiapkan perusahaannya untuk dipublikasikan. Namun, ia menjadi sangat lelah karena ia bekerja selama akhir pekan. Setelah tidur siang, ia secara misterius terbangun di dunia paralel yang menyerupai beberapa dunia RPG fantasi yang pernah dibuatnya, sebagai anak berusia 15 tahun bernama Satou, kemudian bernama lengkap Satou Pendragon, nama yang digunakannya saat menjalankan test beta dan dengan apa yang tampak seperti layar menu dari game yang sedang dikerjakannya muncul di depan mata batinnya.

Namun, sebelum ia bisa memahami situasinya saat ini, pasukan lizardman menyergapnya dan melancarkan serangan habis-habisan padanya. Dalam keputusasaan, ia menggunakan ketiga opsi serangan "Meteor Rain" spesialnya (perbaikan cepat yang ditambahkannya ke permainan untuk pemain baru yang membunuh semua musuh di sekitarnya) sekaligus dan menghapus semuanya, secara tidak sengaja membunuh dewa juga. Akibatnya, levelnya melonjak dari 1 menjadi 310, sangat memaksimalkan statistiknya dan menjadikannya salah satu orang paling kuat di dunia. Tanpa cara untuk kembali ke dunianya dan sebagai petualang tingkat tinggi yang dipersenjatai dengan segudang kemampuan dan senjata fisik, kognitif dan magis yang berbeda, Satou berangkat untuk mengungkap rahasia dunia baru ini, mendapatkan kepercayaan dan kasih sayang dari banyak orang dalam proses sambil menjaga statistiknya yang dikuasainya tetap tersembunyi.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Ichirō Suzuki (鈴木一郎, Suzuki Ichirō) / Satou Pendragon (サトゥー・ペンドラゴン, Satū Pendoragon)
Pengisi suara: Shun Horie[2]
Seorang programmer game berusia 29 tahun yang pindah ke dunia lain di mana ia menemukan dirinya dalam tubuh berusia 15 tahun. Nama barunya didasarkan pada "Satoo", karakter yang dibuatnya untuk menguji game. Menggunakan ketiga item Meteor Shower khusus yang dimilikinya, ia menghapus kekuatan musuh besar yang terdiri dari lizardman tingkat tinggi, yang meningkatkan levelnya dari 1 menjadi 310 secara instan dan memberinya kumpulan poin keterampilan yang sangat besar. Ia juga mendapatkan sejumlah besar uang dan barang berharga. Setelah tiba di kota Seiryuu, ia berpura-pura menjadi pedagang muda dan memperoleh dokumen baru di mana ia menyembunyikan level aslinya. Daripada terikat pada satu tempat, ia ingin menjelajahi dunia dan mencoba memahami bagaimana ia tiba di dunia lain. Ia biasanya mempersenjatai dirinya dengan pistol ajaib dan pedang pendek, tetapi ia menggunakan senjata tingkat tinggi saat menyamar.
Zena Marienteil (ゼナ・マリエンテール, Zena Marientēru)
Pengisi suara: Rie Takahashi[3]
Seorang prajurit berusia 17 tahun yang menjadi teman pertama Satou di dunia lain. Ia bergabung dengan militer untuk menghindari menikah dengan bangsawan oleh orang tuanya, tetapi ia tampaknya merasa nyaman saat dekat dengan Satou. Ia berteman dengan Iona, Lilio dan Ruu. Ia bertekad untuk bergabung dengan Satou setelah masa wajib militernya berakhir.
Pochi (ポチ)
Pengisi suara: Hiyori Kono[4]
Seorang budak setengah anjing berusia 10 tahun yang diselamatkan Satou dari penjara bawah tanah. Awalnya bernama "Anjing", ia menggunakan pedang pendek dan sabuk pengaman.
Tama (タマ)
Pengisi suara: Kaya Okuno[5]
Seorang budak setengah kucing berusia 10 tahun yang diselamatkan Satou bersama Pochi dan Liza. Awalnya bernama "Kucing", ia sangat energik dan bertarung menggunakan pisau ganda.
Liza (リザ, Riza)
Pengisi suara: Minami Tsuda[6]
Seorang budak setengah kadal berusia 18 tahun yang merawat Pochi dan Tama. Namanya adalah kependekan dari nama aslinya, yang terlalu sulit untuk diucapkan manusia dan ia tidak berasal dari kadal, meskipun mantan pemiliknya menyebutnya "Kadal". Ia diselamatkan oleh Satou dan bergabung dengan rombongannya. Senjata favorit Liza adalah tombak yang dibuat Satou untuknya dari cakar monster.
Arisa (アリサ)
Pengisi suara: Aoi Yūki[7]
Seorang putri jatuh berusia 11 tahun yang diperbudak setelah negaranya diserang dan orang tuanya dieksekusi. Satou membelinya ketika Satou mengetahui bahwa ia mengerti bahasa Jepang. Ia sebenarnya adalah seorang wanita Jepang yang sebelumnya bernama Arisa Tachibana, yang meninggal di bumi dan bereinkarnasi di dunia lain. Oleh karena itu, ia jauh lebih dewasa daripada gadis-gadis lain di antara rombongan Satou meskipun usianya masih muda. Bersama Lulu, ia berada di bawah sumpah yang mencegah status budaknya dicabut. Ia awalnya mengkhususkan diri dalam sihir psikis. Sistem menu yang digunakan olehnya berbeda dari Satou karena lebih terbatas. Inventarisnya memiliki ruang terbatas dan tidak menyimpan item dalam keadaan statis. Meskipun usianya masih muda, ia melihat Satou sebagai pria idealnya.
Lulu (ルル, Ruru)
Pengisi suara: Marika Hayase[8]
Seorang budak berusia 14 tahun di mana kakek buyutnya adalah orang Jepang. Meskipun Satou menganggapnya cantik menurut standar Jepang, rambut hitam dan ras Asianya dianggap tidak menarik oleh manusia di dunia saat ini. Satou membelinya bersama Arisa. Satou memintanya untuk mengajarinya mengemudikan gerobak setelah ia mengetahui bahwa ia diajari mengemudikan kereta saat ia menjadi budak.
Misanaria Bolenan (ミサナリーア・ボルエナン, Misanarīa Boruenan)
Pengisi suara: Airi Eino[9]
Elf remaja berusia 130 tahun dengan kemampuan magis yang diselamatkan Satou ketika ia diculik sebagai bagian dari rencana penyihir abadi Zen. Biasa dipanggil "Mia", ia memiliki perasaan terhadap Satou. Ia berbicara dalam kalimat pendek dan tidak makan daging.
Nana (ナナ)
Pengisi suara: Kiyono Yasuno[9]
Homunculus dalam bentuk manusia wanita cantik, yang diciptakan oleh penyihir abadi, Zen, dan diselamatkan Satou dari runtuhnya penjara bawah tanah Zen, bersama dengan 7 saudara perempuan atau klonnya yang identik. Saat saudara perempuannya pergi dengan misi terpisah, Nana (bahasa Jepang untuk nama aslinya, "Nomor Tujuh") memilih untuk tinggal di sisi Satou dan melayaninya. Ia dipersenjatai dengan pedang dan perisai serta bertindak sebagai pelindung rombongan Satou.
Iona (イオナ)
Pengisi suara: Rika Kinugawa
Seorang prajurit dari pasukan teritorial kota Seiryuu dan berteman dengan Zena, Lilio dan Ruu. Ia memakai baju zirah dan menggunakan pedang.
Lilio (リリオ, Ririo)
Pengisi suara: Yuki Nagano
Seorang prajurit dari pasukan teritorial kota Seiryuu dan berteman dengan Zena, Iona, dan Ruu. Senjata utamanya adalah panah.
Ruu (ルウ)
Pengisi suara: Wakana Kowaka
Seorang prajurit dari pasukan teritorial kota Seiryuu dan berteman dengan Zena, Lilio, dan Iona.
Martha (マーサ, Māsa)
Pengisi suara: Nanami Atsugi
Putri Mosa dan seorang pelayan di Gate Inn di kota Seiryuu. Meskipun baru berusia 13 tahun, ia terlihat seperti remaja pertengahan dan sangat kaya.
Mosa (モーサ, Mōsa)
Pengisi suara: Yūko Gotō
Pemilik penginapan di Gate Inn dan ibu Martha.
Yuni (ユニ)
Pengisi suara: Ryōna Kuchioka
Seorang gadis muda yatim piatu yang bekerja di sekitar Gate Inn. Ia berteman dengan Pochi dan Tama serta belajar membaca bersama mereka menggunakan kartu bergambar Satou.
Ohna (オーナ, Ōna)
Pengisi suara: Rie Suegara
Seorang pendeta di kuil Parion di kota Seiryuu yang memuja Dewi Parion.
Boido (ボイド)
Pengisi suara: Kōji Seki
Kepala imam di kuil Zaicuon di kota Seiryuu. Ia adalah pria licik yang mencoba mengelabui masyarakat agar percaya bahwa setengah manusia adalah iblis. Ia dibunuh oleh iblis yang menciptakan penjara bawah tanah di kota Seiryuu di mana Satou menyelamatkan Liza, Tama dan Pochi.
Nidoren (ニドーレン)
Pengisi suara: Shintaro Tanaka
Seorang pedagang budak yang terjebak dalam penjara bawah tanah di kota Seiryuu. Satou menyelamatkannya dan kemudian membeli Arisa dan Lulu darinya.
Nadi (ナディ)
Pengisi suara: Satomi Satō
Seorang wanita manusia yang bekerja di toserba.
Yusaratōya Bolenan (ユサラトーヤ・ボルエナン, Yusaratōya Boruenan)
Pengisi suara: Yoshitaka Yamaya
Manajer toserba dan biasa dipanggil "Yuuya". Ia adalah elf berambut hijau yang merupakan anggota dari subspesies elf dengan telinga lebih pendek, perbedaan yang sangat sensitif. Ia berbicara dengan kalimat pendek dan berhubungan dengan Mia.
Mize (ミゼ)
Pengisi suara: Shinya Takahashi
Seekor tikus ksatria dan pemimpin dari para penunggang tikus yang dikenal di seluruh kerajaan sebagai "Helm Merah". Ia membantu Mia setelah ia melarikan diri dari Cradle. Namun, ia dan kelompoknya diserang oleh Zen dan ia terluka parah hingga kehilangan telinganya.
Dryad (ドライアド)
Pengisi suara: Chitose Morinaga
Monster yang ditemui Satou di Cradle yang hanya membutuhkan makanan dan air untuk bertahan hidup. Ia mampu memindahkan orang antar lokasi di dalam Cradle. Setelah Cradle dihancurkan, ia memberitahu Satou bahwa ia dapat ditemukan di manapun di dalam hutan.
Zen (ゼン)
Pengisi suara: Masuo Amada
Seorang penyihir yang kuat berubah menjadi raja mayat hidup. Ia sebagai orang yang bereinkarnasi dan terlahir kembali menjadi keluarga bangsawan yang penuh kasih di dunia fantasi. Ia dikhianati oleh seorang bangsawan yang cemburu, yang menginginkan istrinya dan menyebabkan kematiannya, eksekusi keluarganya serta pemerkosaan dan kematian istrinya. Keinginan kuatnya untuk membalas dendam menyebabkannya bangkit sebagai mayat hidup kuat yang membalas kematian keluarganya dengan membunuh tidak hanya bangsawan yang bertanggung jawab, tetapi seluruh keluarga besarnya juga. Kisah terdistorsi hidupnya dalam drama yang ditonton Satou menghadirkannya sebagai penjahat dan bangsawan sebagai pahlawan. Saat ia menantang Satou untuk kontes kekuatan dan kemauan untuk hak asuh Misanaria, keinginan sebenarnya adalah untuk mati di tangan pahlawan sejati. Setelah Satou lolos, Satou membunuhnya, mengakhiri kehidupan abadinya. Sebelum ia menghilang, ia memperingatkan Satou untuk menjaga Arisa dan tidak membiarkannya melakukan kesalahan yang sama seperti yang dilakukannya.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Hiro Ainana pertama kali menerbitkan Death March Kara Hajimaru Isekai Kyōsōkyoku sebagai novel web di situs konten buatan pengguna Shōsetsuka ni Narō pada tahun 2013,[10] sebelum menerbitkannya kembali sebagai novel ringan dengan ilustrasi oleh shri.[11] Volume pertama dirilis oleh majalah Fujimi Shobo pada bulan Maret 2014.[1][11] Penerbit Yen Press mendapatkan lisensi novel ini untuk wilayah Amerika Utara pada tanggal 20 Mei 2016.[11]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 17 Maret 2014[12]ISBN 978-4-04-070084-724 Januari 2017[13]ISBN 978-0-31-650463-8
2 16 Juli 2014[14]ISBN 978-4-04-070307-723 Mei 2017[15]ISBN 978-0-31-650797-4
3 20 November 2014[16]ISBN 978-4-04-070308-419 September 2017[17]ISBN 978-0-31-655608-8
4 18 April 2015[18]ISBN 978-4-04-070596-530 Januari 2018[19]ISBN 978-0-31-655609-5
5 20 Agustus 2015[20]ISBN 978-4-04-070707-522 Mei 2018[21]ISBN 978-0-31-655610-1
6 10 Desember 2015[22]ISBN 978-4-04-070708-218 September 2018[23]ISBN 978-0-31-655612-5
7 9 April 2016[24]ISBN 978-4-04-070872-022 Januari 2019[25]ISBN 978-1-97-530155-2
8 10 Agustus 2016[26]ISBN 978-4-04-072018-021 Mei 2019[27]ISBN 978-1-97-530157-6
9 10 Desember 2016[28]ISBN 978-4-04-072126-224 September 2019[29]ISBN 978-1-97-530159-0
10 10 April 2017[30]ISBN 978-4-04-072257-321 Januari 2020[31]ISBN 978-1-97-530161-3
11 10 Agustus 2017[32]ISBN 978-4-04-072405-826 Mei 2020[33]ISBN 978-1-97-530163-7
12 10 Desember 2017[34]ISBN 978-4-04-072409-620 Oktober 2020[35]ISBN 978-1-97-530165-1
Ex 10 Januari 2018[36]ISBN 978-4-04-072576-5
13 10 Maret 2018[37]ISBN 978-4-04-072575-82 Maret 2021[38]ISBN 978-1-97-531839-0
14 10 Juli 2018[39]ISBN 978-4-04-072800-122 Juni 2021[40]ISBN 978-1-97-532080-5
15 10 November 2018[41]ISBN 978-4-04-072793-616 November 2021[42]ISBN 978-1-97-532082-9
16 3 Maret 2019[43]ISBN 978-4-04-072802-55 April 2022[44]ISBN 978-1-97-532084-3
17 9 Agustus 2019[45]ISBN 978-4-04-073243-526 Juli 2022[46]ISBN 978-1-97-532086-7
18 9 November 2019[47]ISBN 978-4-04-073244-221 Februari 2023[48]ISBN 978-1-97-534395-8
19 10 Maret 2020[49][50]ISBN 978-4-04-073245-9
ISBN 978-4-04-073445-3 (SE)
20 Juni 2023[51]ISBN 978-1-97-534397-2
20 10 Juli 2020[52]ISBN 978-4-04-073246-612 Desember 2023[53]ISBN 978-1-97-534399-6
21 10 November 2020[54]ISBN 978-4-04-073865-921 Mei 2024[55]ISBN 978-1-97-534401-6
22 9 April 2021[56]ISBN 978-4-04-073866-6
23 9 Juli 2021[57]ISBN 978-4-04-074156-7
Ex2 10 Agustus 2021[58]ISBN 978-4-04-074190-1
24 10 Februari 2022[59][60]ISBN 978-4-04-074302-8
ISBN 978-4-04-074305-9 (SE)
25 9 Mei 2022[61]ISBN 978-4-04-074550-3
26 9 September 2022[62]ISBN 978-4-04-074663-0
27 10 Januari 2023[63]ISBN 978-4-04-074817-7
28 9 Juni 2023[64]ISBN 978-4-04-075006-4
29 9 Februari 2024[65]ISBN 978-4-04-075155-9

Manga[sunting | sunting sumber]

Ayamegumu mulai membuat seri adaptasi manga di majalah Age Premium milik Fujimi Shobo pada bulan Desember 2014.[1][11][66] Age Premium berhenti publikasi dengan edisi ke-49 pada tanggal 9 Juli 2016 dan manga ini adalah salah satu dari lima judul yang ditransfer ke Monthly Dragon Age.[67] Lisensi manga ini didapatkan oleh Yen Press.[11]

Akira Segami merilis manga prekuel yang berjudul Death March Kara Hajimaru Isekai Kyōsōkyoku Ex: Arisa Ōjo no Isekai Funtōki (デスマーチからはじまる異世界狂想曲 Ex アリサ王女の異世界奮闘記, Death March Kara Hajimaru Isekai Kyōsōkyoku EX: Arisa Ōjo no Isekai Funtōki) dan diadaptasi dari cerita pendek dengan nama yang sama di Death March Kara Hajimaru Isekai Kyōsōkyoku Ex[36] di majalah manga shōnen milik Fujimi Shobo, Monthly Dragon Age, pada tanggal 9 Februari 2018.[68][69] Manga ini berakhir pada tanggal 9 Juli 2018.[70]

Sebuah manga spin-off gourmet oleh Tsurumi, berjudul Death March Kara Hajimaru Isekai Kōfukukyoku, akan mulai diserialisasikan di majalah Monthly Dragon Age edisi Februari 2022 yang dirilis pada tanggal 8 Januari 2022. Manga ini akan berpusat di sekitar karakter Phantom Chef Lulu.[71]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 18 April 2015[72]ISBN 978-4-04-070576-722 November 2016[73]ISBN 978-0-31-655276-9
2 5 Desember 2015[74]ISBN 978-4-04-070784-621 Maret 2017[75]ISBN 978-0-31-646923-4
3 9 Agustus 2016[76]ISBN 978-4-04-070991-818 Juli 2017[77]ISBN 978-0-31-643962-6
4 10 Desember 2016[78]ISBN 978-4-04-072114-919 Desember 2017[79]ISBN 978-0-31-641402-9
5 10 Agustus 2017[80]ISBN 978-4-04-072387-730 Oktober 2018[81]ISBN 978-1-97-530203-0
6 9 Desember 2017[82]ISBN 978-4-04-072527-722 Januari 2019[83]ISBN 978-1-97-530205-4
7 9 Agustus 2018[84]ISBN 978-4-04-072837-730 April 2019[85]ISBN 978-1-97-530412-6
8 9 Maret 2019[86]ISBN 978-4-04-073091-212 November 2019[87]ISBN 978-1-97-535952-2
9 9 Oktober 2019[88]ISBN 978-4-04-073354-826 Mei 2020[89]ISBN 978-1-97-531112-4
10 9 Mei 2020[90]ISBN 978-4-04-073650-13 Februari 2021[91]ISBN 978-1-97-532010-2
11 9 Desember 2020[92]ISBN 978-4-04-073899-45 Oktober 2021[93]ISBN 978-1-97-533649-3
12 9 Juli 2021[94]ISBN 978-4-04-074169-723 Agustus 2022[95]ISBN 978-1-97-534487-0
13 9 Februari 2022[96]ISBN 978-4-04-074426-121 Februari 2023[97]ISBN 978-1-97-535998-0
Antologi 9 Februari 2022[98]ISBN 978-4-04-074436-0
14 9 Agustus 2022[99]ISBN 978-4-04-074634-020 Juni 2023[100]ISBN 978-1-97-536901-9
15 9 Maret 2023[101]ISBN 978-4-04-074900-619 Maret 2024[102]ISBN 978-1-97-538793-8
16 6 Oktober 2023[103]ISBN 978-4-04-075166-5
17 9 Mei 2024[104]ISBN 978-4-04-075433-8

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime diumumkan melalui sampul volume keempat manga pada tanggal 10 Desember 2016.[105] Seri ini disutradarai oleh Shin Ōnuma dan diproduksi oleh Silver Link and Connect dengan naskah yang ditulis oleh Kento Shimoyama, sementara Shoko Takimoto mendesain karakternya dan MONACA menyusun musik di DIVE II Entertainment. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 11 Januari hingga tanggal 29 Maret 2018 di AT-X, Tokyo MX, BS11 dan Sun TV.[2][9] Seri ini berjalan selama 12 episode dan mencakup 3 volume pertama dari novel ringan ini.[106] Lagu pembukanya adalah "suraidoraido" (スライドライド, Slide Ride) oleh Run Girls, Run!, sedangkan lagu penutupnya adalah "Suki no sukiru" (スキノスキル) oleh Wake Up, Girls!.[107] Crunchyroll mendapatkan lisensi seri ini,[108] sedangkan Funimation mendapatkan lisensi seri ini dengan dubbing bahasa Inggris.[109]

No.Judul [a]Tanggal tayang asli
1"The Catastrophe That Started with a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru tenpenchii" (デスマーチからはじまる天変地異)
11 Januari 2018 (2018-01-11)
Ichirō Suzuki adalah seorang programmer game yang tengah menjalani rutinitas kerjanya bagai di tengah-tengah pawai maut. Setelah bekerja keras, akhirnya ia bisa tidur setelah terjaga selama 30 jam. Dan saat ia membuka mata, ia melihat hamparan tanah luas seperti Grand Canyon. Dan di bidang pandangnya, ada layar menu yang mengingatkannya pada game buatannya. Tak lama kemudian, pasukan lizardman tiba-tiba muncul di hadapannya.
2"Exploring a City That Started With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru shinai sansaku" (デスマーチからはじまる市内散策)
18 Januari 2018 (2018-01-18)
Di tengah-tengah pertempuran melawan wivern, seorang prajurit sihir bernama Zena Marienteil terhempas karena efek reaksi sihirnya sendiri. Satou atau Ichirō Suzuki melompat dan menangkap Zena yang jatuh, tetapi akhirnya ia dihujani pertanyaan yang dipenuhi kecurigaan oleh teman-teman Zena. Meskipun Satou berhasil mengelabui mereka dengan bantuan keterampilannya, untuk bisa membuat surat identitas, ia memutuskan untuk pergi ke kota Seiryuu, kota yang dihuni manusia dan beberapa ras lain.
3"Love That Started With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru ren'ai jijō" (デスマーチからはじまる恋愛事情)
25 Januari 2018 (2018-01-25)
Untuk menanggapi niat baik Zena, Satou memutuskan untuk berkeliling kota Seiryuu bersamanya. Satou mencicipi berbagai macam hidangan unik yang belum pernah ia rasakan sebelumnya seperti sayap naga goreng dan roti Seiryuu. Kemudian, ia mendengar fakta keberadaan pedang suci dan ras iblis dari Zena saat mereka naik pedati. Satou merasa janggal dengan kata "iblis" itu. Di tengah perjalanan, mereka melihat manusia binatang yang dituduh sebagai iblis dan dilempari batu oleh para warga kota. Tak tahan melihat hal itu, Satou dan Zena bergegas menghentikan mereka, tetapi hal itu memicu peristiwa tak terduga.
4"Labyrinth Exploration That Started With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru meikyū tansaku" (デスマーチからはじまる迷宮探索)
1 Februari 2018 (2018-02-01)
Untuk bisa keluar dari labirin dan menemukan Zena yang terpisah darinya, Satou menyusuri labirin tersebut. Bersama gadis budak yang ia namai "Pochi", "Tama" dan "Liza", mereka mengalahkan berbagai macam monster dan meningkatkan level. Setelah berhasil menyelamatkan Zena dari serangan slime, Satou dan teman-temannya merasa gembira. Namun, iblis yang mendadak muncul di depan mereka menyela kegembiraan tersebut. Mereka berusaha mati-matian melawan iblis itu. Tak hanya kebal terhadap serangan fisik, iblis itu juga menyerang dengan "tuah" dan "sihir kegelapan" yang kuat. Namun, Satou menunjukkan perbedaan kekuatan yang luar biasa kepada iblis itu dan menyudutkannya.
5"The Crazy Princess That Started With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru ranshin ōjo" (デスマーチからはじまる乱心王女)
8 Februari 2018 (2018-02-08)
Setelah berhasil keluar dari labirin, Satou menjadi tuan Pochi, Tama dan Liza secara resmi melalui kontrak perbudakan. Selain itu, si pedagang budak, Nidoren, juga menawarkan gadis bernama Lulu dan Arisa kepadanya. Arisa menyapa Satou dengan senyuman menawan di wajahnya. Tak lama kemudian, Satou menyadari bahwa Arisa juga memahami bahasa Jepang. Sambil memendam rasa penasaran di dalam hati, Satou memutuskan untuk menjalin kontrak dengan mereka. Namun, hal itu memicu kejadian mengejutkan di penginapan saat malam.
6"City Defense That Began With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru toshi bōei" (デスマーチからはじまる都市防衛)
15 Februari 2018 (2018-02-15)
Satou dan Zena pergi ke toserba untuk menemui Nadi agar bisa mencari tempat tinggal baru yang bisa dihuni manusia binatang seperti Liza, Tama dan Pochi. Namun, Satou tak nyaman dengan tempat tinggal yang ditawarkan. Sambil menunggu Nadi mencari tempat tinggal lain, Satou dan Zena memutuskan untuk pergi menonton pertunjukan drama di panggung terbuka. Wajah Zena memerah saat berpikir bahwa mereka sedang berkencan, tetapi akhirnya mereka berdua bertemu Arisa, Liza dan gadis lain. Pertunjukan drama itu berjudul "Tragedi Marquis Muno". Drama itu bercerita tentang cinta tragis antara majus biasa dan seorang putri, tetapi Satou berpikir bahwa perkembangan ceritanya terlalu dipaksakan. Namun, ternyata ada alasan di balik semua itu.
7"Camping Lessons That Began With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru yaei kunren" (デスマーチからはじまる野営訓練)
22 Februari 2018 (2018-02-22)
Satou menolong pemimpin kavaleri ras Beurit sekarat yang dikenal dengan sebutan "Helm Merah". Dan ternyata, kavaleri tersebut melindungi seorang elf muda bernama Mia. Satou membawa mereka ke tempat Yusaratoya dan Nadi di toserba. Mia tidak terluka, tetapi ia sangat lemah karena kekurangan makanan. Keesokan harinya, Mia membuka matanya, tetapi ia sangat menyukai Satou dan tak mau berpisah darinya. Setelah meninggalkan toserba, Satou memulai persiapannya untuk menjelajahi dunia. Namun, ia merasa seperti diawasi oleh seseorang.
8"Immortality That Began With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru furōfushi" (デスマーチからはじまる不老不死)
1 Maret 2018 (2018-03-01)
Satou dan teman-temannya mengetahui fakta bahwa Mia telah diculik oleh seorang majus dan dibawa ke sebuah fasilitas yang disebut "terungku". Namun, bersamaan dengan sambaran petir, muncullah sesosok makhluk mirip bayangan yang diselimuti aura mencekam. Ia adalah majus yang menculik Mia dan ia ingin merebut Mia. Semua orang yang ada di toserba ditelan oleh gelombang kengerian yang dipancarkan musuh. Satou mengaktifkan keterampilan "resistensi rasa takut" untuk bertahan dan menunggu kesempatan melawannya.
9"Deeply Held Attachment That Started With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru jōshotenmen" (デスマチからはじまる情緒纏綿)
8 Maret 2018 (2018-03-08)
Satou menaklukkan "terungku" demi merebut Mia dari cengkeraman tangan Zen si raja Undead. Namun, saat berhadapan dengan musuh terakhir, Satou diserang goblin dan homunculus. Selain itu, Zen juga memberikan sihir penguat kepada goblin dan homunculus agar mereka bisa melampaui batas kekuatan. Saat melawan musuh yang bisa mengancam nyawa jika dilawan sembarangan, Satou mendapatkan berbagai macam keterampilan baru seperti "teknik tombak", "deteksi bahaya" dan "penghancur senjata". Pada akhirnya, Zen mengungkapkan masa lalu serta tujuannya di hadapan Satou yang memiliki gelar "pahlawan".
10"Hunting Song That Started With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru shuryō gakkyoku" (デスマーチからはじまる狩猟楽曲)
15 Maret 2018 (2018-03-15)
Setelah berhasil menyelamatkan Mia, Satou dan teman-temannya memutuskan untuk mengantar Mia ke desa elf di sebelah tenggara Kerajaan Shiga. Mereka mengerjakan berbagai macam tugas yang jarang dilakukan di alam terbuka, menangkap mangsa dan memasaknya, memodifikasi bantal duduk pedati, menjelajahi tempat asing serta melanjutkan perjalanan mereka. Setelah terbiasa dengan dunia lain itu, Satou memutuskan untuk mempelajari mantra sihir dan ruang penyimpannya saat memiliki waktu luang.
11"The Fantasy Conspiracy That Started With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru gensō inbō" (デスマーチからはじまる幻想陰謀)
22 Maret 2018 (2018-03-22)
Satou dan teman-temannya melanjutkan perjalanan mereka yang meriah serta penuh kegembiraan. Saat berada di dekat gerbang kota Kainona, mereka bertemu dengan seorang pria yang menendang petani dari atas kudanya. Setelah melihat Satou dan teman-temannya, pria itu memelototi mereka dan pergi. Pria itu adalah prajurit penyeleweng yang mereka temui di kota Seiryuu. Satou memberikan ramuan sihirnya kepada petani itu. Setelah melihat efek ramuan sihir yang luar biasa, Satou memutuskan untuk membuat ramuan itu sendiri. Setelah berhasil membuat ramuan penyembuh, Satou menuju ke wilayah Count Kuhanou, kota Noukee, untuk membeli bahan-bahan. Sesampainya di sana, ia terlibat dengan semacam konspirasi.
12"A Trip to the Underworld That Started With a Death March"
Transkripsi: "Desumāchi kara hajimaru i (se)-kai ryojō" (デスマーチからはじまる異(世)界旅情)
29 Maret 2018 (2018-03-29)
Satou bertemu dengan seorang penyihir tua dan muridnya yang bernama Inenimaana di Hutan Ilusi. Mereka memiliki sebuah pakta dengan Count Kuhanou untuk menyerahkan 300 ramuan sihir khusus agar bisa melindungi hutan. Namun, karena konspirasi penyihir berambut perak dan pria penyeleweng yang pernah mereka temui di kota Seiryuu, ramuan sihir yang dibawa Inenimaana pecah di jalan. Mereka harus bisa membuat ramuan sihir dan botolnya sebelum matahari terbenam. Memanfaatkan kemampuan yang tak biasa, Satou dan teman-temannya bergegas membuat ramuan dan botolnya untuk melindungi Hutan Ilusi, tetapi perjuangan mereka kacau saat bawahan penyihir jahat itu menghancurkan tanur.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Green, Scott (20 Mei 2016). "Yen Press Licenses "KonoSuba" and "Death March to the Parallel World Rhapsody!"". Crunchyroll. Diakses tanggal 21 Mei 2016. 
  2. ^ a b "Death March to the Parallel World Rhapsody Anime Reveals January Premiere, Cast for Satō". Anime News Network. 28 September 2017. Diakses tanggal 28 September 2017. 
  3. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody Anime Casts Rie Takahashi as Zena". Anime News Network. 29 September 2017. Diakses tanggal 29 September 2017. 
  4. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody Anime Casts Hiyori Kono as Pochi". Anime News Network. 30 September 2017. Diakses tanggal 30 September 2017. 
  5. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody Anime Casts Kaya Okuno as Tama". Anime News Network. 1 Oktober 2017. Diakses tanggal 1 Oktober 2017. 
  6. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody Anime Casts Minami Tsuda as Liza". Anime News Network. 2 Oktober 2017. Diakses tanggal 2 Oktober 2017. 
  7. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody Anime Casts Aoi Yūki as Arisa". Anime News Network. 3 Oktober 2017. Diakses tanggal 3 Oktober 2017. 
  8. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody Anime Casts Marika Hayase as Lulu". Anime News Network. 4 Oktober 2017. Diakses tanggal 4 Oktober 2017. 
  9. ^ a b c "Death March to the Parallel World Rhapsody Anime Reveals More of Cast, January 11 Debut". Anime News Network. 5 Desember 2017. Diakses tanggal 5 Desember 2017. 
  10. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲". Shōsetsuka ni Narō (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 September 2016. 
  11. ^ a b c d e "Yen Press Licenses Konosuba, Death March to the Parallel World Rhapsody Manga, Light Novels". Anime News Network. 20 Mei 2016. Diakses tanggal 21 Mei 2016. 
  12. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲 [Death March to the Parallel World Rhapsody]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  13. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 1 (light novel)". Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. [pranala nonaktif permanen]
  14. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲2 [Death March to the Parallel World Rhapsody 2]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  15. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 2 (light novel)". Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. [pranala nonaktif permanen]
  16. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲3 [Death March to the Parallel World Rhapsody 3]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  17. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 3 (light novel)". Yen Press. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. [pranala nonaktif permanen]
  18. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲4 [Death March to the Parallel World Rhapsody 4]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  19. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 4 (light novel)". Yen Press. Hachette Book Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-15. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  20. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲5 [Death March to the Parallel World Rhapsody 5]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  21. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 5 (light novel)". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-11. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  22. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲6 [Death March to the Parallel World Rhapsody 6]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  23. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 6 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. [pranala nonaktif permanen]
  24. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲7 [Death March to the Parallel World Rhapsody 7]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  25. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 7 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  26. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲8 [Death March to the Parallel World Rhapsody 8]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  27. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 8 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. [pranala nonaktif permanen]
  28. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲9 [Death March to the Parallel World Rhapsody 9]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  29. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 9 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  30. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲10 [Death March to the Parallel World Rhapsody 10]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  31. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 10 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  32. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲11 [Death March to the Parallel World Rhapsody 11]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  33. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 11 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  34. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲12" [Death March to the Parallel World Rhapsody 12]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  35. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 12 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  36. ^ a b "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 Ex" [Death March to the Parallel World Rhapsody Ex]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  37. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲13" [Death March to the Parallel World Rhapsody 13]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  38. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 13 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  39. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 14" [Death March to the Parallel World Rhapsody 14]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  40. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 14 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  41. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 15" [Death March to the Parallel World Rhapsody 15]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  42. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 15 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  43. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 16" [Death March to the Parallel World Rhapsody 16]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  44. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 16 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  45. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 17" [Death March to the Parallel World Rhapsody 17]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  46. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 17 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 10 Februari 2022. 
  47. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 18" [Death March to the Parallel World Rhapsody 18]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  48. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 18 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 9 September 2022. 
  49. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 19" [Death March to the Parallel World Rhapsody 19]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  50. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 19 ドラマCD付き特装版" [Death March to the Parallel World Rhapsody 19 Drama CD]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  51. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 19 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 10 Januari 2023. 
  52. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 20" [Death March to the Parallel World Rhapsody 20]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  53. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 20 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 6 Oktober 2023. 
  54. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 21" [Death March to the Parallel World Rhapsody 21]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  55. ^ "Death March To The Parallel World Rhapsody, Vol. 21 (Light Novel)". Hachette Business Portal. Hachette Book Group. Diakses tanggal 14 Januari 2024. 
  56. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 22" [Death March to the Parallel World Rhapsody 22]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  57. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 23" [Death March to the Parallel World Rhapsody 23]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  58. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 Ex2" [Death March to the Parallel World Rhapsody Ex2]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  59. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 24" [Death March to the Parallel World Rhapsody 24]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  60. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 24 ドラマCD付き特装版" [Death March to the Parallel World Rhapsody 24 Drama CD]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  61. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 25" [Death March to the Parallel World Rhapsody 25]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 22 Maret 2022. 
  62. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 26" [Death March to the Parallel World Rhapsody 26]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 27 Juli 2022. 
  63. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 27" [Death March to the Parallel World Rhapsody 27]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 25 November 2022. 
  64. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 28" [Death March to the Parallel World Rhapsody 28]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 1 Mei 2023. 
  65. ^ "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 29" [Death March to the Parallel World Rhapsody 29]. カドカワBOOKS. Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 14 Januari 2024. 
  66. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲2 [Death March to the Parallel World Rhapsody 2]. Kadokawa Store (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 21 Mei 2016. 
  67. ^ "Age Premium Online Manga Magazine Shuts Down". Anime News Network. 8 Juli 2015. Diakses tanggal 21 Mei 2016. 
  68. ^ "Death March to The Parallel World Rhapsody Novels Get Spinoff Manga". Anime News Network. 13 Januari 2018. Diakses tanggal 13 Januari 2018. 
  69. ^ Segami, Akira (9 Februari 2018). "デスマーチからはじまる異世界狂想曲 Ex アリサ王女の異世界奮闘記". Monthly Dragon Age. Vol. 2018 no. 3. Fujimi Shobo. hlm. 15–54. 
  70. ^ Pineda, Rafael Antonio (11 Juli 2018). "Hisone to Masotan, Death March Arisa Spinoff, Boys Be ~young adult~ Manga End". Anime News Network. Diakses tanggal 11 Juli 2018. 
  71. ^ Pineda, Rafael Antonio (11 Desember 2021). "Death March to the Parallel World Rhapsody Novels Get Gourmet Manga Spinoff". Anime News Network. Diakses tanggal 11 Desember 2021. 
  72. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲 1 [Death March to the Parallel World Rhapsody 1]. Fujimi Shobo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  73. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 1 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  74. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲2 [Death March to the Parallel World Rhapsody 2]. Fujimi Shobo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  75. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 2 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  76. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲3 [Death March to the Parallel World Rhapsody 3]. Fujimi Shobo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  77. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 3 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  78. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲4 [Death March to the Parallel World Rhapsody 4]. Fujimi Shobo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  79. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 4 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  80. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲5 [Death March to the Parallel World Rhapsody 5]. Fujimi Shobo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  81. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 5 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  82. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲6 [Death March to the Parallel World Rhapsody 6]. Fujimi Shobo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  83. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 6 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  84. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲7 [Death March to the Parallel World Rhapsody 7]. Fujimi Shobo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  85. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 7 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  86. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲8 [Death March to the Parallel World Rhapsody 8]. Fujimi Shobo (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  87. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 8 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  88. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲9 [Death March to the Parallel World Rhapsody 9]. Kadokawa Corporation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  89. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 9 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  90. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲10 [Death March to the Parallel World Rhapsody 10]. Kadokawa Corporation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  91. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 10 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  92. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲11 [Death March to the Parallel World Rhapsody 11]. Kadokawa Corporation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  93. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 11 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  94. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲12 [Death March to the Parallel World Rhapsody 12]. Kadokawa Corporation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  95. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 12 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 10 Februari 2022. 
  96. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲13 [Death March to the Parallel World Rhapsody 13]. Kadokawa Corporation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Maret 2022. 
  97. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 13 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 9 September 2022. 
  98. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲 コミックアンソロジー [Death March to the Parallel World Rhapsody Comic anthology]. Kadokawa Corporation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Maret 2022. 
  99. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲14 [Death March to the Parallel World Rhapsody 14]. Kadokawa Corporation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 21 Juni 2022. 
  100. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 14 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 28 Maret 2023. 
  101. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲15 [Death March to the Parallel World Rhapsody 15]. Kadokawa Corporation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 28 Maret 2023. 
  102. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody, Vol. 15 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 19 April 2024. 
  103. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲16 [Death March to the Parallel World Rhapsody 16]. Kadokawa Corporation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 Agustus 2023. 
  104. ^ デスマーチからはじまる異世界狂想曲17 [Death March to the Parallel World Rhapsody 17]. Kadokawa Corporation (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 April 2024. 
  105. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody Light Novel Series Gets Anime". Anime News Network. 8 Desember 2016. Diakses tanggal 8 Desember 2016. 
  106. ^ "Death March to the Parallel World Rhapsody Anime Listed With 12 Episodes". Anime News Network. 12 Januari 2018. Diakses tanggal 12 Januari 2018. 
  107. ^ "'Wake Up, Girls!', 'Run Girls, Run!' Groups Perform Themes for Death March to the Parallel World Rhapsody Anime". Anime News Network. 25 November 2017. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  108. ^ "Crunchyroll Announces Winter 2018 Simulcast License Acquisitions". Crunchyroll. 8 Januari 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Januari 2018. Diakses tanggal 4 Februari 2018. 
  109. ^ "Crunchyroll, Funimation Announce 7 Anime for Winter 2018 Season". Anime News Network. 14 Desember 2017. Diakses tanggal 14 Desember 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]