Amagi Brilliant Park

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Amagi Brilliant Park
Amagi Brilliant Park light novel volume 1 cover.jpg
Sampul novel ringan volume pertama, menampilkan Seiya Kanie dan Isuzu Sento
甘城ブリリアントパーク
(Amagi Buririanto Pāku)
GenreFantasi, Komedi romantis
Novel ringan
PengarangShoji Gatoh
IlustratorYuka Nakajima
PenerbitFujimi Shobo
DemografiMale
Terbit20 Februari 2013 – sekarang
Volume7
Novel ringan
Amagi Brilliant Park: Maple Summoner
PengarangKeishō Yanagawa
IlustratorYuka Nakajima
PenerbitFujimi Shobo
DemografiMale
Terbit20 Oktober 2014 – sekarang
Volume3
Manga
PengarangShoji Gatoh
IlustratorKimitake Yoshioka
PenerbitFujimi Shobo
DemografiShōnen
MajalahMonthly Dragon Age
TerbitMaret 2014 – sekarang
Volume2
Manga
Amagi Brilliant Park? Fumo
PengarangShoji Gatoh
IlustratorKōji Azuma
PenerbitFujimi Shobo
DemografiShōnen
MajalahMonthly Dragon Age
TerbitJuni 2014 – sekarang
Seri anime
SutradaraYasuhiro Takemoto
ProduserShinji Horikiri
Shunsuke Matsumura
Tomohito Nagase
Yoshihisa Nakayama
Yuichi Yamada
SkenarioFumihiko Shimo
MusikShinkichi Mitsumune
StudioKyoto Animation
Lisensor
Sentai Filmworks
Saluran
asli
TBS, BS-TBS
Tayang 6 Oktober 2014 25 Desember 2014
Episode13
Animasi video orisinal
SutradaraYasuhiro Takemoto
SkenarioFumihiko Shimo
MusikShinkichi Mitsumune
StudioKyoto Animation
Lisensor
Sentai Filmworks
Rilis26 Juni 2015
Durasi25 menit
Manga
Amagi Brilliant Park the animation
PengarangAmaBri Restoration Committee
IlustratorAmi Hakui
PenerbitKadokawa
DemografiShōnen
MajalahComicWalker
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Amagi Brilliant Park (甘城ブリリアントパーク, Amagi Buririanto Pāku) adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Shoji Gatoh dan diilustrasikan oleh Yuka Nakajima. Saat ini terdapat tiga adaptasi manga dari serial ini yang diterbitkan oleh Fujimi Shobo dan Kadokawa. Serial novel ringan ini telah diadaptasi dalam bentuk serial anime televisi yang diproduksi oleh Kyoto Animation. Serial anime tersebut tayang di Jepang dari 6 Oktober hingga 25 Desember 2014.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seiya Kanie adalah pemuda yang tampan dan perfeksionis, dipaksa oleh seorang gadis bernama Isuzu Sento untuk mengunjungi sebuah taman hiburan bernama Amagi Brilliant Park, yang sedang mengalami masalah finansial serius dan akan segera ditutup. Pegawai pada taman bermain tersebut sebenarnya merupakan pengungsi dari sebuah dunia sihir bernama Maple Land, dan taman hiburan tersebut merupakan sarana untuk mengumpulkan energi sihir yang berasal dari rasa gembira para pengunjung di taman tersebut. Taman hiburan tersebut merupakan satu-satunya cara yang dimiliki para pengungsi untuk mempertahankan keberadaan mereka di dunia manusia.

Untuk menyelamatkan taman hiburan tersebut dari penutupan, Seiya direkrut menjadi manajer yang baru oleh sang pemilik, Latifah Fleuranza, putri dari Maple Land yang pernah Seiya temui saat masih anak-anak. Namun, untuk menyelamatkan lahan dari sebuah agensi perumahan, mereka hanya memiliki waktu 3 bulan untuk menarik pengunjung sebanyak 250.000 orang, hal yang mustahil dicapai dengan keadaan taman saat ini.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Seiya Kanie (可児江 西也, Kanie Seiya)
Pengisi suara: Kōki Uchiyama
Seiya adalah tokoh utama dalam cerita ini. Dia adalah seorang siswa SMA yang perfeksionis, memiliki ketajaman mental, kecerdasan, refleks yang sangat baik, dan sering bertingkah narsis. Semasa kecilnya, ia pernah terlibat dalam industri hiburan dengan nama panggung Seiya Kodama. Menurut Isuzu, dia adalah seorang anak yang akan membuat setiap orang orang tua bangga. Namun, Seiya telah mengatakan bahwa ia sudah berhenti sejak lama. Dia menerima kekuatan sihir dari Latifah sehingga ia bisa mendengarkan suara hati seseorang, meskipun kekuatan ini hanya dapat bekerja sekali pada setiap orang. Setelah beberapa lama ia mulai membuka diri pada para pegawai di taman hiburan, terutama Isuzu, menceritakan tentang ketakutan dan kekurangan yang ia miliki. Dia pernah bertemu Latifah ketika ia masih kecil, tetapi ia tidak dapat mengingat hingga ia mendengar tentang kutukan yang dimiliki sang putri. Nama yang ia miliki diambil dari Kanye West.[1]
Isuzu Sento (千斗 いすず, Sento Isuzu)
Pengisi suara: Ai Kakuma
Seorang pengawal kerajaan yang membawa muzzleloader ajaib bernama Steinberger dan memaksa Seiya untuk pergi "berkencan" dengannya ke Amagi Brilliant Park. Dia memiliki kepribadian yang tabah dan jarang menunjukkan emosi. Ia juga sangat sensitif. Ia memiliki perasaan terhadap Seiya, tetapi menolak untuk menyatakannya. Ia adalah manajer dari Amagi Brilliant Park sebelum kedatangan Seiya, dan manajer yang buruk karena hampir seluruh staf sangat takut padanya. Pembawaannya sebagai penjaga kerajaan mengakibatkan kecenderungannya untuk cepat menggunakan kekerasan dengan mengancam orang lain atau menembakkan senapannya. Muzzleloader ajaib yang ia miliki dapat disimpan ke dalam tubuhnya. Ia dapat menggunakan berbagai macam peluru dengan efek yang berbeda-beda seperti menghapus ingatan atau hanya menyebabkan nyeri. Setelah Seiya menjadi manajer, Isuzu menjadi sekretarisnya dan akhirnya mengembangkan perasaan padanya, meskipun ia masih tidak menyukai sikap arogan Seiya.
Latifah Fleuranza (ラティファ・フルーランザ, Ratifa Furūranza)
Pengisi suara: Yukiyo Fujii
Seorang putri dari Maple Land. Dia memberikan Seiya kekuatan sihir dengan cara menciumnya. Menurut Triken, dia adalah keponakan Moffle dan memiliki kemiripan dengan adiknya. Karena beberapa keadaan termasuk tubuh yang lemah, dia tidak bisa meninggalkan area taman yang telah dibatasi dengan penghalang sihir. Dalam novel ringan, mata Latifah buta. Ia dikutuk oleh seorang penyihir, yang membuat tubuhnya kekurangan Animus, kekuatan hidup Maple Land, dan kutukan memperbaharui ulang ingatan dan usianya setiap tahun, yang berarti ia telah hidup dalam usia 14 tahun selama lebih dari satu dekade. Nama yang ia miliki diambil dari Queen Latifah.[1]

Staf Amagi Brilliant Park[sunting | sunting sumber]

Moffle (モッフル, Moffuru)
Pengisi suara: Ayako Kawasumi
Seorang peri permen dalam bentuk tikus bertopi, dan maskot utama Amagi Brilliant Park. Ia memiliki ketidaksukaan terhadap Seiya. Ia adalah paman Latifah dan sangat protektif padanya.
Macaron (マカロン, Makaron)
Pengisi suara: Ryōko Shiraishi
Seorang peri musik dalm bentuk domba yang merupakan salah satu maskot di taman hiburan ini. Ia memiliki kepribadian mudah marah.
Tirami (ティラミー, Tiramī)
Pengisi suara: Ai Nonaka
Seorang peri bunga dalam bentuk anjing Pomerania berwarna merah muda yang merupakan salah satu maskot di taman hiburan tersebut. Ia memiliki kepribadian yang mesum.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan volume pertama diterbitkan oleh Fujimi Shobo pada 20 Februari 2013. Sebuah serial novel ringan spin-off, ditulis oleh Keishō Yanagawa dengan judul Amagi Brilliant Park: Maple Summoner, pertama kali diterbitkan oleh Fujimi Fantasia Bunko pada 18 Oktober 2014.

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga oleh Kimitake Yoshioka memulai serialisasi pada majalah manga shōnen Monthly Dragon Age pada edisi Maret 2014.[2] Sebuah manga empat panel dengan ilustrasi oleh Kōji Azuma dengan judul Amagi Brilliant Park? Fumo (甘城ブリリアントパーク?ふも) memulai serialisasi di majalah Monthly Dragon Age pada edisi Juni 2014.[3] manga ketiga dengan judul Amagi Brilliant Park the animation (甘城ブリリアントパークthe animation), ditulis oleh AmaBri Restoration Committee (甘ブリ再生委員会, Amaburi Saisei Iinkai) dan diilustrasikan oleh Ami Hakui, memulai serialisasi di situs web ComicWalker.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi dalam bentuk serial anime televisi dengan 13 episode, diproduksi oleh Kyoto Animation dan didireksi oleh Yasuhiro Takemoto[4] tayang dari 6 Oktober hingga 25 Desember 2014. Lagu tema pembukanya adalah "Extra Magic Hour" (エクストラ・マジック・アワー, Ekusutora Majikku Awā) oleh Akino dan bless4.[5] Lagu tema penutupnya adalah "Elementalio de Aimashō!" (エレメンタリオで会いましょう!, Erementario de Aimashō!) oleh Brilliant4, yang terdiri dari pengisi suara beberapa tokoh pada serial ini yaitu Yuka Aisaka, Tomoyo Kurosawa, Shiori Mikami, dan Minami Tsuda.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "ラノベ質問状 : 「甘城ブリリアントパーク」 賀東招二が遊園地で着想 ヒップホップの影響も" (dalam bahasa Jepang). Mainichi Shimbun. 1 Agustus 2014. Diakses tanggal 8 Oktober 2014. 
  2. ^ "Shoji Gatoh's Amagi Brilliant Park Gets Manga in Dragon Age" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. February 2, 2014. Diakses tanggal February 2, 2014. 
  3. ^ 月刊ドラゴンエイジ 2014年6月号 (dalam bahasa Jepang). Tohan Corporation. Diakses tanggal October 9, 2014. 
  4. ^ a b "Yuka Aisaka, Tomoyo Kurosawa, Shiori Mikami, Minami Tsuda Perfom Amagi Brilliant Park Ending Theme" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. 2 September 2014. Diakses tanggal 7 September 2014. 
  5. ^ "Amagi Brilliant Park 1st Promo Previews Opening Theme" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. 15 Agustus 2014. Diakses tanggal 19 September 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]