Magic of Stella

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Magic of Stella
Magic of Stella.jpg
Sampul volume manga pertama
ステラのまほう
(Sutera no Mahō)
Manga
PengarangCloba.U
PenerbitHoubunsha
DemografiSeinen
MajalahManga Time Kirara Max
TerbitOktober 2012 – sekarang
Volume6
Seri anime
SutradaraShin'ya Kawatsura
ProduserSachi Kawamoto
Hiroyuki Kobayashi
Ito Masaki
Fuminori Yamazaki
Jiro Nakagawa
Isotani Tokuchi
SkenarioFumihiko Shimo
MusikRio Kohyama
Mako Kuwahara
StudioSilver Link
Lisensor
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, MBS, TVA, BS11
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 3 Oktober 2016 19 Desember 2016
Episode12 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Magic of Stella (bahasa Jepang: ステラのまほう, Hepburn: Sutera no Mahō) adalah seri manga 4-panel Jepang oleh cloba.U, yang diserialisasikan dalam majalah manga seinen Houbunsha, Manga Time Kirara Max sejak edisi Oktober 2012.[2][3] Itu telah dikumpulkan dalam enam volume tankōbon pada Januari 2018. Sebuah serial televisi anime adaptasi oleh Silver Link ditayangkan di Jepang antara Oktober dan Desember 2016.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setelah mendaftar di SMA, Tamaki Honda bergabung dengan sebuah klub untuk membuat permainan dōjin yang dikenal sebagai SNS Club (kependekan dari "Some dead fish eyes Not enough sun Shuttle run Club" (死んだ魚の目日照不足シャトルラン部, Shinda sakana no me Nisshō busoku Shatoru ran-bu)). Bergabung dengan programmer Shiina, penulis Ayame, dan komposer Kayo, Tamaki mulai bekerja sebagai ilustrator untuk pertandingan klub berikutnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tamaki Honda (本田 珠輝, Honda Tamaki)
Pengisi suara: Maria Naganawa[4]
Tokoh utama, yang menjadi ilustrator SNS Club. Sebagai penggemar shōnen manga, gaya seninya cenderung memiliki fokus pada laki-laki yang tampak kasar. Dia sangat menyukai ayahnya.
Shiina Murakami (村上 椎奈, Murakami Shiina)
Pengisi suara: Rie Murakawa[4]
Presiden SNS Club yang bertindak sebagai programmer. Dia sering bersuara lembut dan pesimis.
Ayame Seki (関 あやめ, Seki Ayame)
Pengisi suara: Ari Ozawa[4]
Penulis skenario dari SNS Club. Dia memiliki sejarah menulis cerita dewasa dengan nama pena "Iris" yang agaknya membuatnya malu.
Kayo Fujikawa (藤川 歌夜, Fujikawa Kayo)
Pengisi suara: Aoi Yūki[4]
Komposer Klub SNS. Dia bekerja paruh waktu sebagai pelayan di sebuah restoran keluarga.
Yumine Fuda (布田 裕美音, Fuda Yumine)
Pengisi suara: Ryōko Maekawa[4]
Sahabat Tamaki yang merupakan anggota Klub Ilustrasi sekolah. Dia adalah fujoshi yang suka menggambar seni Yaoi.
Minaha Iino (飯野 水葉, Iino Minaha)
Pengisi suara: Ayaka Imamura
Seorang anggota Klub Ilustrasi yang mulai membantu dengan permainan SNS Club sebagai artis kedua. Dia mengagumi Iris, tetapi tidak yakin bahwa Ayame benar-benar dia.
Natsu Iino (飯野 夏, Iino Natsu)
Pengisi suara: Yō Taichi
Teman sekelas Tamaki dan kakak perempuan Minaha.
Haruma Seki (関 春馬, Seki Haruma)
Pengisi suara: Akira Sekine
Adik Ayame.
Teru Hyakutake (百武 照, Hyakutake Teru)
Pengisi suara: Chinatsu Akasaki
Mantan ilustrator dan presiden sebelumnya dari SNS Club yang saat ini masih kuliah.
Marika Shimizu (清水 マリカ, Shimizu Marika)
Pengisi suara: Shino Shimoji
Teman sekelas Tamaki, yang setengah kaukasia.

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi serial anime oleh Silver Link ditayangkan di Jepang antara 3 Oktober 2016 dan 19 Desember 2016 dan disiarkan secara bersamaan oleh Daisuki dan Anime Network.[5][6][7][8] Lagu pembuka adalah "God Save The Girls" oleh Shino Shimoji, sedangkan lagu penutupnya adalah "Yonaka Jikaru" (ヨナカジカル, Midnight Radical) oleh Maria Naganawa dan Ryōko Maekawa.[9] Anime ini akan dirilis dalam empat volume Blu-ray & DVD 3 episode.[10] Sentai Filmworks telah melisensikan anime di Amerika Utara.[11]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tanggal siaran
1"Start Line"
"Sutāto Chiten" (スタート地点)
3 Oktober 2016 (2016-10-3)
Setelah memasuki SMA dan melihat-lihat klub yang berbeda, Tamaki Honda dan temannya Yumine Fuda menemukan SNS Club, yang berspesialisasi dalam membuat dōjin permainan. Mencoba permainan puzzle yang dibuat oleh klub, Tamaki mendengar bahwa permainan itu sebagian besar merupakan karya kakak kelas yang lulus tahun sebelumnya. Sementara Yumine memutuskan untuk tetap bersama Illustration Club, Tamaki, meskipun mendengar betapa sulitnya pengembangan game, memutuskan untuk bergabung dengan SNS Club, menjadi artis barunya ketika grup tersebut memutuskan untuk membuat visual novel.
2"Game-Making is Fun!"
"Tanoshī Sōsaku" (たのしい創作)
10 Oktober 2016 (2016-10-10)
Penulis skenario Ayame Seki mencoba melihat sketsa Tamaki, tetapi menjadi ragu untuk menunjukkan kisah lamanya. Setelah pertemuan klub dengan presiden dan programmer Shiina Murakami, Tamaki secara tidak sengaja mengambil buku catatan Ayame yang berisi skenario orang dewasa yang ditulisnya beberapa waktu lalu. Khawatir tentang memamerkan gambarnya kepada teman-teman satu klubnya, Tamaki meminta Yumine untuk menunjukkan kepada mereka buku catatannya di tempatnya, mengetahui bahwa komposer Kayo Fujikawa berteman dengan artis yaoi yang ia kagumi. Meskipun Tamaki memiliki gaya seni yang memiliki tampilan shonen yang direbus, gadis-gadis mendorongnya untuk terus menggambar seni yang dia sukai, dengan penawaran Yumine untuk membantu mengajarinya menggambar secara digital.
3"Transmitter Item"
"Densō Aitemu" (伝送アイテム)
17 Oktober 2016 (2016-10-17)
Selama Golden Week, para gadis pergi ke rumah Tamaki di pedesaan untuk membantu Ayame menyelesaikan skenarionya untuk pertandingan berikutnya. Sementara Tamaki belajar cara menggunakan tablet grafis, Shiina memberitahunya tentang bagaimana presiden mereka sebelumnya mendirikan SNS Club. Malamnya, Ayame menyajikan konsep ceritanya yang agak unik, yang entah bagaimana disetujui.
4"Skill Up"
"Sukiru Appu" (スキルアップ)
24 Oktober 2016 (2016-10-24)
Ketika Tamaki mencoba menggambar ekspresi yang berbeda, dia menerima saran dari teman-teman sekelasnya Marika Shimizu dan Natsu Iino. Sementara masih khawatir, Tamaki menerima dorongan tak terduga dari mantan presiden klub, Teru, yang menyumbangkan sejumlah uang untuk klub untuk membeli pemindai untuk Tamaki. Setelah Tamaki basah kuyup dalam hujan sambil mengambil buku sketsanya, gadis-gadis itu mampir ke rumah Ayame, di mana Tamaki mendapat beberapa saran seni dari adik lelaki Ayame, Haruma dan Nobuhito.
5"Countdown"
"Kauntodaun" (カウントダウン)
31 Oktober 2016 (2016-10-31)
Shiina dan Ayame merawat Tamaki setelah dia terserang flu. Setelah Tamaki pulih, para gadis menemukan bahwa mereka tidak dapat memasuki Summer Comiket, sehingga Ayame mendaftar mereka untuk acara lain yang berlangsung dalam enam hari. Dengan waktu terbatas untuk menyelesaikan permainan mereka, para gadis memiliki sesi semalam di ruang klub mereka, di mana mereka menjadi khawatir tidak dapat menghubungi Kayo, hanya untuknya menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Berkat upaya semua orang, gadis-gadis menyelesaikan permainan mereka, "Magic of Stella", sebelum berangkat ke acara tersebut.
6"Exhibition Sale"
"Sokubai-kai" (そくばいかい)
7 November 2016 (2016-11-7)
Dengan Shiina turun dengan dingin pada menit terakhir, Tamaki dan Ayame ditugaskan untuk mempromosikan permainan mereka di acara tersebut. Awalnya terintimidasi oleh karya seni orang lain, Tamaki senang ketika pelanggan pertamanya meminta agar dia menggambar sketsa untuknya. Setelah acara tersebut, para gadis mengadakan pesta bungkus untuk permainan mereka, di mana mereka memainkan King's Game.
7"First Memory"
"Hajimete no Omoide" (はじめての思い出)
14 November 2016 (2016-11-14)
Saat mencoba membuat lirik untuk sebuah lagu, Kayo meminta bantuan dari Tamaki, yang menganggap dia sedang menulis puisi cinta dan mulai mendapatkan ide-ide liar. Belakangan, Tamaki mengenang bagaimana ia pertama kali berteman dengan Yumine selama sekolah dasar. Ingin bermain dengan Yumine, yang tidak punya teman karena kesehatannya yang buruk, Tamaki mulai merancang permainan papannya sendiri yang bisa mereka mainkan bersama. Alhasil, Yumine jadi lebih banyak tersenyum dan segera berteman dekat dengan Tamaki. Kembali di masa sekarang, Tamaki didekati oleh seorang gadis aneh.
8"Don't Underestimate Debugging?"
"Debaggu Nametara Dame da yo?" (デバッグなめたらダメだよ?)
21 November 2016 (2016-11-21)
Minaha Iino, seorang seniman dari Klub Ilustrasi, menantang Tamaki untuk menggambar karakter dari novel Ayame, akhirnya mengakui kekalahan. Setelah memainkan game mereka sendiri, Minaha datang ke SNS Club untuk melaporkan bug yang ditemukan dalam game, mengeluh tentang situs web mereka yang tidak bersemangat. Sementara bersikap dingin terhadap Ayame, tidak menyadari bahwa dia sebenarnya penulis yang dia kagumi, Iris, Minaha menawarkan untuk membantu merapikan situs web mereka, menyarankan bahwa Tamaki menggambar beberapa gambar profil untuk semua anggota.
9"Skill Up 2"
"Sukiru Appu Sono 2" (スキルアップその2)
28 November 2016 (2016-11-28)
Ketika Tamaki mendapati dirinya dalam kemerosotan seni, Ayame berhasil menghiburnya, membuat Shiina tidak yakin apakah dia melakukan pekerjaannya sebagai presiden klub. Ketika Ayame melepas kacamatanya untuk membuat kesan, Minaha mulai melihatnya sebagai Iris dan bergabung dengan SNS Club sebagai artis kedua, dengan klub sekarang sedang mempersiapkan permainan untuk Musim Panas Comiket. Kemudian, setelah melakukan beberapa gambar dengan Marika, Tamaki mendapat beberapa saran dari Natsu dan Minaha tentang cara meningkatkan gambarnya. Ketika Tamaki menghabiskan seluruh malam menggambar, dia lupa untuk belajar untuk tes kompetensi pada hari berikutnya.
10"Precision Machinery"
"Seimitsu Kikai" (精密機械)
5 Desember 2016 (2016-12-5)
Tamaki sekali lagi bertemu Teru, yang menyelinap ke sekolah dan memberi Tamaki gaya rambut yang berbeda. Kemudian, setelah Tamaki berdebat dengan Shiina tentang keinginan untuk meningkatkan seninya, dia panik ketika dia secara tidak sengaja menjatuhkan laptop Shiina, tampaknya merusaknya. Ketika mencoba untuk memberanikan diri untuk berterus terang, Tamaki pergi ke tempat Shiina untuk meminta maaf, menemukan bahwa laptop itu hanya kehabisan baterai. Ketika Ayame dan Minaha muncul untuk sesi menginap dadakan, Shiina mengingat janji yang dibuatnya dengan Teru.
11"Having a Problem, Young Lady?"
"Okomari desu ka, Ojō-san" (お困りですかお嬢さん)
12 Desember 2016 (2016-12-12)
Natsu, yang dinyatakan sebagai kakak perempuan Minaha, menyeretnya pergi karena melewatkan jam malam. Dengan Minaha dilarang berpartisipasi dalam kegiatan klub di bawah tekanan dari keluarganya, Tamaki dan Ayame memutuskan untuk pergi ke rumahnya untuk mencoba meyakinkan Natsu dan neneknya. Setelah diskusi sengit tentang apakah menggambar benar-benar diperlukan, Natsu menawarkan untuk membantu meyakinkan neneknya dengan syarat bahwa baik Tamaki dan Minaha mendapat skor yang cukup tinggi pada ujian berikutnya. Karena Tamaki tetap khawatir dengan apa yang dikatakan Natsu, dia menerima dorongan dari Teru, yang membantunya mengingat mengapa dia mulai menggambar sejak awal. Kemudian, Minaha pergi ke rumah Tamaki untuk mengerjakan permainan hanya untuk menyadari bahwa dia tidak akan bisa kembali ke jam malamnya, jadi dia akhirnya menghabiskan malam bersama Teru.
12"Back to the Starting Line"
"Mō Ichido Sutāto Chiten" (もう一度スタート地点)
19 Desember 2016 (2016-12-19)
Para gadis tiba di Summer Comiket untuk mempromosikan permainan mereka, dengan banyak teman mereka juga muncul. Di antara pelanggan adalah gadis yang Tamaki temui di acara sebelumnya. Setelah acara tersebut, para gadis pergi ke pantai untuk merayakan. Setelah menonton beberapa anak bermain, Tamaki ingat alasannya untuk bergabung dengan klub dan mendorong teman satu timnya untuk membuat permainan berdasarkan idenya.

Episode OVA[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tanggal siaran
OVA1"Kayo's Birthday (First Half)"
"Kayo no Tanjōbi (Tochū made)" (歌夜のたんじょうび(とちゅうまで))
24 Februari 2017 (2017-2-24)
Berlangsung sebelum seri, Shiina dan Amane datang ke rumah Kayo untuk merayakan ulang tahunnya, menjadi prihatin dengan bagaimana dia bertindak baru-baru ini.
OVA2"Kayo's Birthday (Second Half)"
"Kayo no Tanjōbi (Tochū kara)" (歌夜のたんじょうび(とちゅうから))
24 Maret 2017 (2017-3-24)
Gadis-gadis pergi berbelanja untuk hadiah ulang tahun untuk Kayo, mengetahui bahwa dia telah kehilangan Teru. Namun Kayo menjadi senang ketika Shiina memberinya hadiah permainan derek, Teru pernah mencoba menangkapnya.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Anime News Network membuat dua editor meninjau episode pertama anime:[12] Theron Martin memuji sutradara Shin'ya Kawatsura dan Silver Link karena membuat adaptasi yang sangat menarik dengan karakter yang memiliki kedalaman yang mengejutkan dan estetika yang indah. Nick Creamer, sementara dicampur pada kualitas animasi menjadi "sebagian besar hanya fungsional," memberikan penghargaan kepada pemeran utama karena merasa membumi sambil masih membawa kebiasaan yang berbeda dan optimis dengan perkembangan seri ke dalam kegiatan sehari-hari klub pembuat game, menyimpulkan bahwa "tidak mungkin melakukan banyak hal bagi mereka yang belum menjadi penggemar kehidupan, tetapi berdiri sebagai contoh genre yang menarik dan solid. Ini bukan pertunjukan tingkat atas, tapi ini adalah upaya yang solid."[12] Rekan editor ANN Amy McNulty mengulas serial anime lengkap pada tahun 2017.[13] Meskipun para pemeran tidak mendapatkan perkembangan yang sama, lelucon yang berlebihan dan kurangnya wawasan tentang pembuatan klub dari permainan, McNulty memuji chemistry di antara para pemain dan cahaya-hati dari komedi dan animasi, menyebutnya "sebuah pertunjukan yang bekerja baik sebagai pesta dan arloji sesekali untuk menghibur Anda pada hari-hari ketika Anda hanya membutuhkan sesuatu yang ringan dan ceria."[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Animax Asia to Air Magic of Stella Anime in October". Anime News Network. 25 September 2017. Diakses tanggal 10 Oktober 2017. 
  2. ^ まんがタイムきららMAX 2012年10月号 (dalam bahasa Japanese). Houbunsha. Diakses tanggal 23 Juli 2016. 
  3. ^ まんがタイムきららMAX 2012年10月号 (dalam bahasa Jepang). Houbunsha. Diakses tanggal July 23, 2016. 
  4. ^ a b c d e "Magic of Stella Game-Making Anime Reveals Cast, Key Visual". Anime News Network. 26 Juni 2016. Diakses tanggal 3 Juli 2016. 
  5. ^ "Magic of Stella Manga Gets TV Anime About Schoolgirls Making Games". Anime News Network. 16 Januari 2016. Diakses tanggal 17 Januari 2016. 
  6. ^ "Magic of Stella Game-Making Anime's Staff, Fall Premiere Revealed". Anime News Network. 18 Maret 2016. Diakses tanggal 18 Maret 2016. 
  7. ^ http://www.theanimenetwork.com/Blog/20161027815/press-release-qmagic-of-stellaq-to-stream-on-anime-network-online
  8. ^ "Daisuki to Stream Long Riders!, Magic of Stella, March comes in like a lion, Occultic;Nine Anime". Anime News Network. 30 September 2016. Diakses tanggal 30 September 2016. 
  9. ^ "Shino Shimoji Performs Opening Theme for Magic of Stella Anime". Anime News Network. 22 Agustus 2016. Diakses tanggal 26 Agustus 2016. 
  10. ^ "Blu-ray&DVD". 
  11. ^ "Sentai Filmworks Licenses Magic of Stella Anime". Anime News Network. 26 Oktober 2016. Diakses tanggal 26 Oktober 2016. 
  12. ^ a b "Magic of Stella - The Fall 2016 Anime Preview Guide". Anime News Network. 10 Oktober 2016. Diakses tanggal 22 Oktober 2017. 
  13. ^ a b McNulty, Amy (31 Januari 2017). "Magic of Stella Episodes 1-12 Streaming". Anime News Network. Diakses tanggal 22 Oktober 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Manga Time Kirara Max