Fate/kaleid liner Prisma Illya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fate/kaleid liner Prisma Illya
Fatekaleid liner Prisma Illya Vol.1.jpg
Sampul depan Fate/kaleid liner Prisma Illya volume pertama
Fate/kaleid liner プリズマ☆イリヤ
GenreGadis penyihir[1]
Manga
PengarangHiroshi Hiroyama
PenerbitKadokawa Shoten
DemografiSeinen
MajalahComp Ace
Terbit26 September 200726 November 2008
Volume2
Manga
Fate/kaleid liner Prisma Illya 2wei!
PengarangHiroshi Hiroyama
PenerbitKadokawa Shoten
DemografiSeinen
MajalahComp Ace
Terbit26 April 200926 Maret 2012
Volume5
Manga
Fate/kaleid liner Prisma Illya 3rei!!
PengarangHiroshi Hiroyama
PenerbitKadokawa Shoten
DemografiSeinen
MajalahComp Ace
Terbit26 Mei 2012 – sekarang
Volume10
Seri anime
SutradaraShin Ōnuma
Takashi Sakamoto
Miki Minato
SkenarioKenji Inoue
Hazuki Minase
MusikTatsuya Kato
StudioSilver Link
Lisensor
Hanabee
Saluran
asli
Tokyo MX, Sun TV, TVQ, CTC, TV Saitama, GBS, MTV, tvk, BS11, AT-X, Niconico
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 13 Juli 2013 14 September 2013
Episode10 + OVA (Daftar episode)
Seri anime
Fate/kaleid liner Prisma Illya 2wei!
SutradaraShin Ōnuma
Masato Jinbo
SkenarioKenji Inoue
Hazuki Minase
MusikTatsuya Kato
StudioSilver Link
Lisensor
Hanabee
Saluran
asli
Tokyo MX, Sun TV, TVQ, CTC, TV Saitama, GBS, MTV, tvk, BS11, AT-X
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 10 Juli 2014 11 September 2014
Episode10 + OVA (Daftar episode)
Permainan
Prisma Illya
PengembangKadokawa Games
PenerbitKadokawa Games
Genre
PlatformNintendo 3DS
Rilis31 Juli 2014
Seri anime
Fate/kaleid liner Prisma Illya 2wei Herz!
SutradaraShin Ōnuma
Masato Jinbo
SkenarioKenji Inoue
Hazuki Minase
MusikTatsuya Kato
StudioSilver Link
Lisensor
Saluran
asli
Tokyo MX, Sun TV, TVQ, CTC, TV Saitama, GBS, MTV, tvk, BS11, AT-X
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 25 Juli 2015 26 September 2015
Episode10 (Daftar episode)
Seri anime
Fate/kaleid liner Prisma Illya 3rei!
SutradaraShin Ōnuma
Masato Jinbo
Ken Takahashi
SkenarioKenji Inoue
Hazuki Minase
MusikTechnoboys Pulcraft Green-Fund
StudioSilver Link
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, Sun TV, TVQ, Chiba TV, tvk, TV Saitama, BS11
Tayang 6 Juli 2016 21 September 2016
Episode12 (Daftar episode)
Film
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Fate/kaleid liner Prisma Illya (Fate/kaleid liner プリズマ☆イリヤ, Fate/kaleid liner purizuma iriya) adalah seri manga Hiroshi Hiroyama (dikenal dengan nama KALMIA), yang diserikan dalam majalah Comp Ace Kadokawa Shoten sejak 2008 hingga 2008. Seri ini merupakan seri tambahan novel visual Fate/stay night dari Type-Moon, dengan Illyasviel von Einzbern sebagai tokoh utama. Karakter lain dari Fate/stay night dan sekuelnya juga tampil. Sebuah seri sekuel berjudul Fate/Kaleid liner Prisma Illya 2wei! (Fate/kaleid liner プリズマ☆イリヤ ツヴァイ!) diserikan sejak 2009 hingga 2012. Seri manga ketiga yang berjudul Fate/Kaleid liner Prisma Illya 3rei!! (Fate/kaleid liner プリズマ☆イリヤ ドライ!!) diserikan pada 2012.

Adaptasi seri televisi anime sebanyak 10 episode oleh Silver Link disiarkan pada Tokyo MX pada antara Juli dan September 2013. Musim kedua anime, dengan mengadaptasi manga sekuel Fate/kaleid liner Prisma Illya 2wei!, disiarkan pada antara Juli dan September 2014. Musim ketiga anime yang berjudul Fate/kaleid liner Prisma Illya 2wei Herz! disiarkan pada Juli 2015. Musim keempatnya yang berjudul Fate/kaleid liner Prisma Illya 3rei! disiarkan pada antara Juli dan September 2016. Film animasinya dirilis pada tahun 2017.

Sebuah adaptasi permainan video yang berjudul Prisma Illya (プリズマ☆イリヤ), yang diluncurkan oleh Kadokawa Games untuk Nintendo DS, dirilis di Jepang pada 31 Juli 2014.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Illyasviel von Einzbern merupaka seorang siswa sekolah dasar pada umumnya yang menjadi gadis penyihir ketika tongkat sihir Ruby menjadikannya sebagai tuan yang paling cocok daripada Rin Tohsaka, penyihir aslinya, yang ditugaskan oleh penyihir bernama Zelretch untuk mengumpulkan tujuh Class Card yang berisi roh heroik (heroic spirit) yang melegenda. Rin yang mengalami kesulitan untuk mengubah keputusan Ruby tersebut harus membantu Illya dalam tugasnya mengumpulkan kartu-kartu tersebut. Dalam petualangan Illya, dia berhadapan dengan anak perempuan bernama Miyu, yang merupakan teman dan musuhnya dalam waktu bersamaan, yang merupakan tuan baru dari tongkat sihir Sapphire yang sebelumnya meninggalkan tuan lamanya sekaligus musuh Rin, Luvia Edelfelt.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Illyasviel von Einzbern (イリヤスフィール・フォン・アインツベルン, Iriyasufīru fon Aintsuberun)
Pengisi suara: Mai Kadowaki (Jepang); Cynthia Martinez (Inggris)
Berbeda dengan perannya dalam "Fate/stay night", Illya memiliki masa kecil yang normal, tumbuh tanpa pengetahuan sihir atau Perang Cawan Suci. Dia tinggal bersama saudara lelakinya Shirou Emiya dan dirawat oleh pembantunya Leysritt dan Sella ketika orangtuanya Kiritsugu Emiya dan Irisviel von Einzbern sedang tidak ada. Dia adalah penggemar anime bertema gadis penyihir. Ketika dia menemukan tongkat sihir Magical Ruby, Illya disesatkan dan dipaksa menjalani kontrak untuk menjadi gadis penyihir. Dia juga cukup naif dan riang dibandingkan dengan versi aslinya.
Magical Ruby (マジカルルビー, Majikaru Rubī)
Pengisi suara: Naoko Takano (Jepang); Joanne Bonasso (Inggris)
Sebuah tongkat sihir yang menjadikan penggunanya seorang gadis penyihir. Walaupun Ruby pada awalnya milik Rin, tingkah laku Rin yang kurang akur dengan Luvia menyebabkannya meninggalkan Rin dan menjadikan Illya sebagai tuan barunya. Sapphire memanggilnya "Nee-san". Ruby memiliki kepribadian yang nakal, dan selalu menggoda Illya untuk kesenangannya.
Miyu Edelfelt (美遊・エーデルフェルト, Miyu Ēderuferuto)
Pengisi suara: Kaori Nazuka (Jepang); Caitlynn French (Inggris)
Anak perempuan misterius yang dipilih oleh Sapphire sebagai tuan barunya dan kemudian diadopsi oleh Luvia. Ia menjalani tugasnya sebagai gadis penyihir dengan serius dan pada awalnya meremehkan kemampuan Illya. Namun seiring dengan petualangan bersama Illya, ia menjadi terbuka dan sangat menjaga Illya.
Magical Sapphire (マジカルサファイア, Majikaru Safaia)
Pengisi suara: Miyu Matsuki (season 1 and 2wei!), Yumi Kakazu[2] dalam 3rei! dan seterusnya (Jepang); Molly Searcy (Inggris)
Sebuah tongkat sihir, adik perempuan dari Ruby, yang menjadikan Miyu seorang gadis penyihir. Sapphire, pada awalnya, adalah milik Luvia, tetapi, seperti Ruby, ia menjadi tidak nyaman karena Luvia selalu berseteru dengan Rin.
Rin Tohsaka (遠坂 凛, Tōsaka Rin)
Pengisi suara: Kana Ueda (Jepang); Carli Mosier (Inggris)
Gadis penyihir yang dikirim oleh Kischur Zelretch Schweinorh ke Jepang untuk mengumpulkan "Class Card" dengan menggunakan kemampuan gadis penyihir. Setelah ditinggalkan oleh Ruby karena Illya, Rin memaksa Illya membantunya untuk mengumpulkan kartu-kartu tersebut.
Luviagelita Edelfelt (ルヴィアゼリッタ・エーデルフェルト, Ruviazeritta Ēderuferuto)
Pengisi suara: Shizuka Itō (Jepang); Shelly Calene-Black (Inggris)
Gadis penyihir yang berada yang ditugaskan bersama Rin untuk mengumpulkan "Class Card". Setelah Sapphire meninggalkannya, Luvia langsung mengadopsi tuan baru Sapphire, Miyu, dan membimbingnya dalam mengumpulkan kartu-kartu tersebut. Ia menggunakan kekayaannya dengan sembarangan, dengan membangun sebuah rumah megah di seberang rumah Illya, tempat ia dan Miyu tinggal.
Kuro (クロ) / Chloe von Einzbern (クロエ・フォン・アインツベルン, Kuroe fon Aintsuberun)
Pengisi suara: Chiwa Saitō (Jepang); Kira Vincent-Davis (Inggris)
Anak perempuan misterius yang mirip dengan Illya, berkulit gelap, berambut putih dan bermata emas, muncul sesudah Illya dan Miyu mengoleksi semua "Class Card". Ia merupakan tokoh antagonis dan memiliki tujuan utama untuk menghancurkan Illya tanpa alasan yang jelas. Keberadaannya kemudian diketahui merupakan sisi lain dari Illya yang sebelumnya telah disegel sehingga Illya dapat hidup sebagai anak normal. Ia harus mendapatkan "mana" (kekuatan sihir) dari orang lain dengan cara menciumnya agar ia tetap hidup.

Keluarga Einzbern[sunting | sunting sumber]

Shirou Emiya (衛宮 士郎, Emiya Shirō)
Pengisi suara: Noriaki Sugiyama (Jepang); Patrick Poole (Inggris)
Saudara laki-laki tiri Illya, seorang anak laki-laki biasa yang sering kali terlibat dalam situasi yang kurang menguntungkan. Illya dan Chloe saling suka antara keduanya dan ia cukup populer di antara para gadis, termasuk Rin, Luvia, Sakura Matou, Caren, dan Moriyama Nanami, walaupun ia tidak menyadari hal itu. Shirou cenderung diperlakukan dengan buruk oleh orang-orang di sekitarnya, meskipun dia mengakui bahwa dia sudah terbiasa seperti itu.
Sella (セラ, Sera) and Leysritt (リーゼリット, Rīzeritto)
Pengisi suara: Haruhi Nanao (Jepang); Beth Lazarou (musim 1), Tiffany Grant (musim 2) (Inggris) (Sella)
Pengisi suara: Miho Miyagawa (Jepang); Meaghan Avocato (Inggris) (Leysritt)
Sella dan Leysritt adalah pelayan di rumah tangga Einzbern dan pengurus utama Illya dan Shirou. Sella adalah wanita yang mudah kesal dengan gangguan dalam rumah, tetapi mendedikasikan diri untuk Illya dan menjalankan tugasnya dengan serius. Sebaliknya, Leysritt berkarakter santai dan tidak ragu-ragu untuk melalaikan tugasnya dan meminta Shirou melakukannya. Namun demikian, dia sangat antusias dan simpatik terhadap Illya dan Shirou. Sella memiliki kecenderungan untuk berpikir bahwa Shirou adalah seorang lolicon dan siscon, dan mengalahkannya setiap kali dia memiliki momen mesumnya.
Irisviel von Einzbern (アイリスフィール・フォン・アインツベルン, Airisufīru fon Aintsuberun) dan Kiritsugu Emiya (衛宮 切嗣, Emiya Kiritsugu)
Pengisi suara: Sayaka Ohara (Jepang); Maggie Flecknoe (Inggris) (Irisviel)
Pengisi suara: Rikiya Koyama (Jepang); David Matranga (Inggris) (Kiritsugu)
Orang tua Illya dan Shirou, yang keduanya sering jauh dari rumah dan bekerja keras untuk memastikan anak-anak mereka dapat menjalani kehidupan biasa. Irisviel adalah seorang wanita eksentrik yang sangat mencintai Illya dan Shirou dan memiliki keterampilan yang cukup untuk melumpuhkan Chloe dengan satu pukulan. Dia sering jauh dari rumah, hanya mengungkapkan bahwa dia dan suaminya bekerja keras untuk memungkinkan anak-anak menjalani kehidupan biasa. Meskipun berada jauh, dia dan Illya berbagi hubungan dekat. Meskipun dia adalah keturunan dari magi yang panjang, dia dan Kiritsugu meninggalkan keluarga Einzbern tak lama setelah Illya lahir. Kiritsugu belum membuat penampilan formal dalam serial ini, meskipun Shirou menyatakan keinginannya untuk kembali, karena dia merasa tertekan oleh kehadiran wanita yang luar biasa di rumahnya.

Akademi Homurahara[sunting | sunting sumber]

Taiga Fujimura (藤村 大河, Fujimura Taiga)
Pengisi suara: Miki Ito (Jepang); Allison Sumrall (Inggris)
Guru wali kelas Illya dan Miyu di sekolah.
Mimi Katsura (桂 美々, Katsura Mimi)
Pengisi suara: Satomi Satō (Jepang); Brittney Karbowski (Inggris)
Anak perempuan dalam lingkaran pertemanan Illya, yang merupakan siswa kehormatan di sekolahnya. Dia memiliki seorang adik laki-laki.
Issei Ryuudou (柳洞 一成, Ryūdō Issei)
Pengisi suara: Mitsuaki Madono (Jepang); Bryson Baugus (Inggris)
Pewaris Ryuudou Temple, dan merupakan teman dekat Shirou Emiya.
Tatsuko Gakumazawa (嶽間沢 龍子, Gakumazawa Tatsuko)
Pengisi suara: Emiri Katō (Jepang); Emily Neves (Inggris)
Anak perempuan bertubuh pendek dalam lingkaran pertemanan Illya. Ia merupakan sumber masalah dalam kelompoknya.
Suzuka Kurihara (栗原 雀花, Kurihara Suzuka)
Pengisi suara: Kanae Itō (Jepang); Nancy Novotny (Inggris)
Seorang anak perempuan berambut hitam dalam lingkaran pertemanan Illya yang mempunyai pikiran rasional dalam kelompoknya.
Nanaki Moriyama (森山 那奈亀, Moriyama Nanaki)
Pengisi suara: Mariya Ise (Jepang); Juliet Simmons (Inggris)
Seorang anak perempuan berambut merah jambu dalam lingkaran pertemanan Illya. Ia tidak menyukai Luvia dan Rin karena berada di tengah-tengah percintaan kakak perempuan (kakak perempuannya menyukai Shirou Emiya). Ia merupakan anak jenius karena memiliki kemahiran pada bela diri gaya Gakumazawa. Karena kemalasannya, ia tidak mengasah kemampuannya dengan baik.
Caren Hortensia (カレン・オルテンシア, Karen Orutenshia)
Pengisi suara: Ami Koshimizu (Jepang); Courtney Lomelo (Inggris)
Perawat di sekolah Illya, yang mengawasi Illya, Miyu, dan Chloe. Ia merupakan perwakilan Gereja dan memiliki hubungan dengan "Class Card".

Episode[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tanggal tayang asli[3]
1"Birth! A Magical Girl!"
"Tanjō! Mahō Shōjo!" (誕生!魔法少女!)
13 Juli 2013 (2013-7-13)
Illya dipilih oleh Kaleidostick Ruby menjadi gadis penyihir baru.
2"Who?"
"Dare?" (誰?)
20 Juli 2013 (2013-7-20)
Seorang lawan muncul, sesaat ketika Illya menemui kesulitan mengumpulkan kartu Rider di bawah instruksi Rin.
3"Girl Meets Girl"
"Gāru Mītsu Gāru" (ガール ミーツ ガール)
27 Juli 2013 (2013-7-27)
Miyu Edelfelt, seorang siswa pindahan misterius, bergabung dalam kelas Illya. Apakah dia teman atau musuh?
4"We Lost"
"Makemashita" (負けました)
3 Agustus 2013 (2013-8-3)
Illya dan teman-teman dikalahkan oleh Caster. Mereka harus mencari cara untuk mempertajam kerja sama agar menang.
5"There are two options?"
"Sentakushi wa futatsu…?" (選択肢は2つ…?)
10 Agustus 2013 (2013-8-10)
Tidak ada waktu untuk merayakan kemenangan yang mereka peroleh dengan susah payah, karena kartu Saber tiba-tiba muncul mengalahkan Rin dan Luvia. Menghadapi lawan terkuat mereka, opsi mana yang akan dipilih Illya dan Miyu?
6"A Blank, and the End of Night…"
"Kūhaku yoru no owari" (空白 夜の終わり)
17 Agustus 2013 (2013-8-17)
Illya meminta kekuatan kartu Archer untuk mengalahkan Sabre.
7"Triumph and Escape"
"Shōri to Tōsō" (勝利と逃走)
24 Agustus 2013 (2013-8-24)
Illya tinggal di rumah agar pulih dari demam. Malam itu mereka berusaha menangkap kartu Assassin.
8"The Normal Girl has Returned"
"Futsū no Onna no ko ni modorimasu" (普通の女の子に戻ります)
31 Agustus 2013 (2013-8-31)
Karena tertekan, Illya mengatakan pada Rin bahwa dia ingin mengundurkan diri dari menjadi gadis penyihir. Tetapi nasib memiliki sesuatu yang berbeda untuknya.
9"End it Here"
"Koko de Owaraseru" (ここで終わらせる)
7 September 2013 (2013-9-7)
Miyu mencoba untuk mengambil kartu terakhir sendirian dengan menggunakan kekuatan Saber.
10"Kaleidoscope" (Kaleidoscope)14 September 2013 (2013-9-14)
Illya dan Miyu harus menggabungkan kekuatan mereka untuk mengalahkan Berserker yang dengan Noble Phantasm memungkinkannya mendapatkan kebangkitan instan.
11 (OVA)"Dance at the Sports Festival!"
"Undōkai de Dansu!" (運動会 DE ダンス!)
3 Maret 2014 (2014-3-3)
Percaya kesucian guru mereka berada dalam bahaya, Illya dan Miyu harus mencoba belajar menari untuk memenangkan festival olahraga untuk kelas mereka.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Seri ini ditulis oleh Hiroshi Hiroyama dan diserikan dalam majalah Comp Ace Kadokawa Shoten sejak September 2007. Seri sekuelnya berjudul Fate/Kaleid liner Prisma Illya 2wei! (Fate/kaleid liner プリズマ☆イリヤ ツヴァイ!) diserikan sejak 2009 hingga 2012. Seri manga ketiga berjudul Fate/Kaleid liner Prisma Illya 3rei!! (Fate/kaleid liner プリズマ☆イリヤ ドライ!!) diserikan pada 2012. Pada tahun 2010, bab khusus diserikan dalam Comp Ace untuk merayakan hari jadi ke-5 majalah tersebut dengan menampilkan gabungan antara Prisma Illya dan Magical Girl Lyrical Nanoha.

Anime[sunting | sunting sumber]

Musim pertama adaptasi seri televisi anime, yang berjumlah 10 episode oleh Silver Link]], ditayangkan di Jepang pada 13 Juli hingga 14 September 2013.[4][5] Seri ini ditayangkan bersamaan oleh Crunchyroll. Episode tersebut dialirkan seminggu sebelumnya di Niconico. Lagu pembuka anime ini adalah "Starlog" oleh ChouCho, sedangkan lagu penutupnya adalah "Prism Sympathy" oleh StylipS. Lagu penutup pada episode 9 adalah "Tsunagu Kizuna – Tsutsumu Kodoku" (ツナグキズナ・ツツムコドク, Connected Bonds Seals Loneliness) oleh StylipS. Anime ini kemudian dilisensikan di Amerika Utara oleh Sentai Filmworks, yang merilisnya dalam format Blu-ray dan DVD pada 2 September 2014.[6]

Musim kedua, Fate/Kaleid liner Prisma Illya 2wei!,[7] ditayangkan pada 10 Juli hingga 11 September 2014.[8] Lagu pembukanya adalah "Moving Soul" oleh Minami Kuribayashi, sedangkan lagu penutupnya adalah "Two By Two" oleh Yumeha Kouda.

Musim ketiga, Fate/kaleid liner Prisma Illya 2wei Herz!, disiarkan pada 25 Juli hingga 26 September 2015.[9][10] Lagu pembuka pada musim ini berjudul "Wonder Stella" (ワンダーステラ) oleh fhána, sedangkan lagu penutupnya adalah "Happening☆diary" (ハプニング☆ダイアリー) oleh Yumeha Kouda (episode 1–5), dan "Wishing Diary" (episode 6–10), juga dipentaskan oleh Yumeha Kouda.

Musim keempat, Fate/Kaleid liner Prisma Illya 3rei!!, disiarkan pada antara 6 Juli hingga 21 September 2016.[11] Peran Sapphire dipilih ulang karena Miyu Matsuki, pengisi suara sebelumnya, meninggal pada 27 Oktober 2015.[12] Yumi Kakazu diumumkan menjadi pengisi suara Sapphire yang baru. Lagu pembuka pada musim ini berjudul "Asterism" oleh ChouCho, sedangkan lagu penutupnya adalah "WHIMSICAL WAYWARD WISH" oleh TECHNOBOYS PULCRAFT GREEN-FUND dan Yumeha Kouda. Lagu penutup pada episode 9 berjudul "Cuddle" oleh ChouCho.

Film[sunting | sunting sumber]

Sebuah film animasi berdasarkan seri manga dan anime tersebut dirilis pada 26 Agustus 2017. Ōnuma dan Silver Link menjadi pengarah dan produser film ini.[13]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi permainan video dikembangkan dan dirilis oleh Kadokawa Games untuk Nintendo 3DS dengan nama Prisma Illya (プリズマ☆イリヤ) dirilis di Jepang pada 31 Juli 2014 dalam edisi reguler dan terbatas.[14] Permainan tersebut menceritakan alur yang terdapat dalam seri manga dan anime.[15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fate/Kaleid Liner Prisma Illya's Short Promo Streamed". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). 8 Mei 2013. Diakses tanggal 30 Juli 2016. 
  2. ^ 電撃オンライン. アニメ『プリズマ☆イリヤ ドライ!!』イリヤや美遊のビジュアルが公開。キャスト陣やスタッフ情報も発表. 電撃オンライン (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 13 Januari 2019. 
  3. ^ "Fate/ kaleid liner プリズマ★イリヤ". Media Arts Database (dalam bahasa Jepang). Agency for Cultural Affairs. Diakses tanggal 21 Juli 2016. 
  4. ^ "Fate/Kaleid Liner Prisma Illya Manga Gets Anime" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. 11 Maret 2012. Diakses tanggal 8 Juli 2012. 
  5. ^ "Fate/ kaleid liner プリズマ★イリヤ". Media Arts Database (dalam bahasa Jepang). Agency for Cultural Affairs. Diakses tanggal 21 Juli 2016. 
  6. ^ "North American Anime, Manga Releases, August 31-September 6". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 April 2016. 
  7. ^ "2nd Season of Fate/kaleid liner Prisma Illya Anime Green-lit". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 April 2016. 
  8. ^ "Fate/kaleid liner プリズマ ★イリヤ 2wei!". Media Arts Database (dalam bahasa Jepang). Agency for Cultural Affairs. Diakses tanggal 21 Juli 2016. 
  9. ^ "Fate/kaleid liner Prisma Illya Gets TV Anime Sequel in 2015" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. 10 September 2014. Diakses tanggal 10 September 2014. 
  10. ^ "Fate/kaleid liner プリズマ ★イリヤ 2wei Herz!". Media Arts Database (dalam bahasa Jepang). Agency for Cultural Affairs. Diakses tanggal 21 Juli 2016. 
  11. ^ "Fate/kaleid liner Prisma Illya 3rei!! Anime's 2nd Video Unveils Cast, Staff, July 6 Premiere". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). 6 Mei 2016. Diakses tanggal 8 Mei 2016. 
  12. ^ "Voice Actress Miyu Matsuki Passes Away" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. 1 November 2015. Diakses tanggal 16 November 2015. 
  13. ^ Komatsu, Mikikazu (24 Februari 2017). "Key Visual for "Fate/kaleid liner Prisma☆Illya" Film Revealed for Release in 2017". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 24 Februari 2017. 
  14. ^ "Fate/Kaleid Liner Prisma Illya Game Delayed 1 Month". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 13 Januari 2019. 
  15. ^ "Fate/kaleid liner Prisma Illya Manga Gets 3DS Action Adventure Game". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 13 Januari 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]