Busou Shoujo Machiavellianism

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Busou Shoujo Machiavellianism
Armed Girl's Machiavellism, volume 1.jpg
Sampul dari volume pertama manga yang menampilkan Rin Onigawara (tengah) dan Nomura Fudo (kanan bawah)
武装少女マキャヴェリズム
(Busō Shōjo Makyaverizumu)
GenreAksi, Komedi
Manga
PengarangYūya Kurokami
IlustratorKaruna Kanzaki
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahMonthly Shōnen Ace
DemografiShōnen
Terbit25 Maret 2014 – sekarang
Volume10 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraHideki Tachibana
ProduserJōtarō Ishigami
SkenarioKento Shimoyama
MusikHiromi Mizutani (Team-MAX)
StudioSilver Link
Connect
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, KBS, TV Aichi, Sun TV, TVQ, BS11
Saluran bahasa Inggris
Tayang 5 April 2017 21 Juni 2017
Episode12 + OVA (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Busou Shoujo Machiavellianism (武装少女マキャヴェリズム, Busō Shōjo Makyaverizumu) adalah sebuah serial manga yang diilustrasikan oleh Karuna Kanzaki dan dikarang oleh Yuya Kurokami. Cerita ini memulai serialisasinya di majalah Monthly Shonen Ace milik Kadokawa pada Maret 2014.[1] Adaptasi anime oleh Silver Link dan Connect mengudara dari April hingga Juni 2017.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Akademi Privat Aichi, sebuah sekolah dimana sebelumnya merupakan sekolah khusus perempuan, menjadi sekolah campuran. Murid perempuannya, dilandasi oleh ketakutan akan laki-laki, diperbolehkan membawa senjata ke dalam sekolah. Ketika peraturan itu dibentuk, dibentuk pula sebuah kelompok yang bernama "Lima Pedang Tertinggi". Setelah beberapa generasi, Lima Pedang Tertinggi berubah menjadi sebuah kelompok yang memperbaiki murid yang bermasalah. Sejalan dengan itu, pihak Akademi Aichi mulai menerima siswa semacam itu agar dapat diperbaiki.

Fudo Nomura dipindahkan ke Akademi Aichi setelah ia berkelahi di sekolahnya yang sebelumnya. Dan sekarang Nomura dihadapkan kepada dua pilihan oleh Lima Pedang Tertinggi, yaitu keluar dari sekolah atau diperbaiki disana, yaitu dengan berpakaian maupun berperilaku layaknya perempuan, Nomura menolak dan bertarung dengan mereka untuk mempertahankan kebebasannya.[3]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Fudo Nomura (納村 不道, Nomura Fudō)
Pengisi suara: Tasuku Hatanaka (Jepang); Scott Gibbs (Inggris)[2]
Seorang murid yang baru saja pindah ke Akademi Aichi. Nomura menginginkan kebebasan dan membenci untuk disuruh melakukan sesuatu yang berlawanan dengan keinginannya. Dalam perkelahian sebelumnya, dia berhasil mengalahkan 40 orang dan selanjutnya ia dikeluarkan dari sekolah lamanya dan dipaksa memasuki Akademi Privat Aichi. Dia menggunakan sarung tangan anti-pisau dan teknik miliknya, yaitu Spirit Bullet (Peluru Jiwa), sebuah serangan dari telapak tangannya yang sangat kuat. Dia memiliki sebuah tujuan untuk mengumpulkan seluruh stempel dari seluruh Lima Pedang Tertinggi. Dia adalah seorang anak yatim dan tidak mengingat kedua orangtuanya. Ia mempelajari seni berpedang Jigen-ryū.
Rin Onigawara (鬼瓦 輪, Onigawara Rin)
Pengisi suara: Yūki Takada (Jepang); Kira Vincent-Davis (Inggris)[2]
Pemimpin dari Lima Pedang Tertinggi. Dia memakai sebuah topeng oni dan dikenal juga sebagai seseorang yang tidak kenal ampun dimana kebanyakan murid pindahan di kelasnya keluar sekolah. Dia menyimpan perasaan ke Nomura setelah keduanya tidak sengaja berciuman. Ia mempelajari seni berpedang Kashima Shinden Jikishinkage-ryū.
Mary Kikakujou (亀鶴城 メアリ, Kikakujō Meari)
Pengisi suara: Sayaka Kitahara (Jepang); Maggie Flecknoe (Inggris)[2]
Seorang murid campuran Prancis-Jepang dan salah seorang anggota Lima Pedang Tertinggi. Dia sangat pandai dalam permainan anggar menggunakan pedang rapier miliknya. Setelah pertarungannya dengan Nomura, sepertinya ia menaruh perasaan kepada Nomura setelah gagal dalam merayu Nomura untuk memegang payudaranya. Kapanpun ia merasa kebingungan ataupun bahagia, ia cenderung menggunakan bahasa Prancis.
Satori Tamaba (眠目 さとり, Tamaba Satori)
Pengisi suara: Nozomi Nishida (Jepang); Allison Sumrall (Inggris)[2]
Salah seorang anggota dari Lima Pedang Tertinggi. Ia memeras Nomura untuk mengalahkannya, tetapi ia malah mengalahkan dirinya sendiri. Dia mempelajari seni berpedang Keishi-ryū Kidachi Kata.
Warabi Hanasaka (花酒 蕨, Hanasaka Warabi)
Pengisi suara: Rina Hidaka (Jepang); Juliet Simmons (Inggris)[2]
Merupakan salah seorang anggota dari Lima Pedang Tertinggi dan memiliki sebuah beruang yang bernama Kyoubou dan anaknya, Domou. Setelah Nomura mengalahkan Rin dan Mary, ia membuat 'Warabinpik', sebuah acara yang bertujuan untuk memperbaiki murid di sekolah tersebut, terutama Rin, Mary, dan Nomura, tetapi acara tersebut gagal. Dia akhirnya menyusun agar pengikutnya untuk mengeksekusi rencana dadakan untuk mengundang Nomura menuju atap untuk menemuinya. Dia, Kyoubou dan pengikutnya yang terdekat dikalahkan oleh Nomura, Rin, dan Mary. Nantinya ia membantu Nomura untuk masuk ke dalam asrama perempuan untuk mencari Satori setelah Nomura berada dalam kesulitan karena rencana pemerasan yang dilakukan oleh Satori. Dia mempelajari seni berpedang Taisha-ryū.
Tsukuyo Inaba (因幡 月夜, Inaba Tsukuyo)
Pengisi suara: Natsumi Hioka (Jepang); Luci Christian (Inggris)[2]
Seorang murid jenius yang aslinya masih sekolah dasar tetapi ia meloncat kelas. Ia buta dan yang paling kuat diantara Lima Pedang Tertinggi. Sangat mahir dalam melakukan Iaido. Dia dan Nomura mempelajari seni berpedang yang sama, meskipun Nomura mempelajari Jigen-ryū, Tsukuyo mempelajari seni turunannya, yaitu Yakumaru Jigen-ryū .
Kirukiru Amou (天羽 斬々, Kirukiru Amō)
Pengisi suara: Eriko Matsui (Jepang); Carli Mosier (Inggris)[2]
Murid pindahan yang dimasukan ke Akademi Aichi dikarenakan ia memimpin sebuah kelompok yang berpartisipasi dalam sebuah perkelahian besar. Nantinya ia dikenal dengan nama "Ratu" setelah mengalahkan dua anggota Lima Pedang Tertinggi, yaitu Rin dan Mary dengan mudahnya. Sebelum dipindahkan, ia berkelahi dengan Nomura. Ia jatuh cinta kepada Nomura setelah ia dikalahkan dalam pertarungan satu lawan satu, ketika Nomura menolak menjadi anak buahnya. Ia menjadi sangat cemburu ketika ia melihat Nomura berciuman dengan Rin. Setelah ia bertarung dengan Lima Pedang Tertinggi dan Nomura, dia dikeluarkan dari Akademi Aichi dan dipaksa pindah ke Akademi Privat Hokkai. Ia mempelajari Karate, terutama seni Uechi-ryu.
Nono Mozunono (百舌鳥野 のの, Mozunono Nono)
Pengisi suara: Miku Itō (Jepang); Shanae'a Moore (Inggris)[2]
Murid baru di Akademi Aichi sekaligus tangan kanan Rin.
Chouka U Baragasaki (蝶華・U・薔薇咲, Barazaki U Chōka)
Pengisi suara: Akane Kohinata (Jepang); Meg McDonald (Inggris)[2]
Murid baru di Akademi Aichi sekalligus tangan kanan Mary. Ia sebenarnya adalah orang Jepang, ia mengenakan wig dan lensa kontak untuk mengubah penampilannya untuk menyesuaikan dengan gaya penampilan barat.
Sassa Kurasaki (倉崎 佐々, Kurosaki Sasa)
Pengisi suara: Miharu Hanai (Jepang); Catherine Thomas (Inggris)[2]
Salah satu teman sekelas Nomura dan Rin.
Ui Migii (右井 右井, Migii Ui)
Pengisi suara: Shiori Mutō (Jepang); Elissa Cuellar (Inggris)[2]
Salah satu teman sekelas Nomura dan Rin.
Tsunemi Touko (ツネミトコ, Tōko Tsunemi)
Pengisi suara: Miharu Sawada (Jepang); Chelsea McCurdy (Inggris)[2]
Salah satu pengikut terdekat Warabi.
Kinue Tanukihara (タヌキハラ キヌエ, Tanukihara Kinue)
Pengisi suara: Yūki Yamada (Jepang); Katelyn Barr (Inggris)[2]
Salah satu pengikut terdekat Warabi. Ia menggunakan gada kembar sebagai senjatanya.
Nico Saruwatari (猿渡 ニコ, Saruwatari Nico)
Pengisi suara: Natsumi Yamada (Jepang); Alexandra Bedford (Inggris)[2]
Murid perempuan di Akademi Aichi yang menyerupai seorang laki-laki. Ia terkadang terlihat mengenakan kacamata hitam dan kaus olahraga.
Kyoubou (キョーボー, Kyōbō)
Pengisi suara: Saki Fujita (Jepang); Joanne Bonasso (Inggris)[2]
Beruang peliharaannya Warabi. Tampaknya ia mulai tertarik kepada Nomura setelah dikalahkan dua kali. Memiliki seorang anak yang bernama Doumo
Misogi Tamaba (眠目 ミソギ, Tamaba Misogi)
Pengisi suara: Nozomi Nishida (Jepang); Kelley Peters (Inggris)[2]
Kakak kembar Satori. Nama aslinya adalah Satori. Ketika kecil, ia berkeputusan untuk menjadi Satori, dan alhasil Satori menjadi Misogi. Ia mencuri identitas Satori yang membuat seluruh keluarganya percaya bahwa dirinya adalah Satori dan begitu juga sebaliknya, ini dilakukan untuk mencuri hak Satori sebagai penerus sekolah berpedang keluarganya. Sekarang ia mengikuti bayangan Satori.
Kusuo Masukodera (増子寺 楠男, Masukodera Kusuo)
Pengisi suara: Tetsuharu Ōta (Jepang); Andrew Love (Inggris)[2]
Murid laki-laki di Akademi Aichi. Seperti laki-laki di sekolah tersebut (kecuali Nomura), ia berperilaku layaknya perempuan agar diakui di sekolah tersebut. Dia juga adalah teman sekamarnya Nomura.
Koharu Narukami (鳴神 虎春, Narukami Koharu)
Pengisi suara: Eri Kitamura (Jepang); Brittney Karbowski (Inggris)[2]
Pemilik Akademi Aichi sekaligus kakak tiri Tsukuyo. Dia yang menugaskan Tsukuyo untuk mengawasi Nomura.
Yukino Fujibayashi (藤林 祥乃, Fujibayashi Yukino)
Pengisi suara: Mamiko Noto (Jepang); Joanne Bonasso (Inggris)[2]
Kepala sekolah dari Akademi Aichi. Ia juga menjadi pelayan sekaligus penjaga dari Koharu.
Eva Maria Rose (エヴァマリアローズ, Eva Maria Rose)
Pengisi suara: Saki Fujita (Jepang); Casey Magin (Inggris)[2]
Pengurus asrama perempuan, ia merawat Tsukuyo atas perintah Koharu.
Doumou (ドモモ, Dōmō)
Pengisi suara: Saki Fujita (Jepang); Natalie Jones (Inggris)[2]
Anak termuda dari Kyoubou, ia ditampilkan sangat mahir dalam bersembunyi.
Dousetsu Kirisaki (桐崎道津, Kirisaki Dōsetsu)
Pengisi suara: Chiharu Shigematsu
Teman Nomura di sekolahnya yang sebelumnya. Nomura mengulurkan tangannya kepada dia, ia mengajak Nomura untuk berkeliling sekolah. Amou, dilandasi kecemburuan, menampar wajahnya. Nantinya terungkap bahwa tujuan Nomura untuk keluar dari Akademi Aichi adalah untuk menemui dan memastikan bahwa dirinya baik.
Omugi (大隈, Omugi)
Pengisi suara: Chiharu Shigematsu (Jepang); Joe Daniels (Inggris)[2]
Teman Kusou, ia selalu terlihat bersama Hiko. Dia, Hiko, dan Kusuo merupakan pencerita untuk kredit akhir.
Hiko (ヒコ, Hiko)
Pengisi suara: Tomoya Kousaka (Jepang); Gareth West (Inggris)[2]
Merupakan teman dari Omugi. Ia dan Kusuo merupakan pencerita untuk episode ekstra terakhir.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Karuna Kanzaki, sebagai pengilustrasi, dan Yuya Kurokami, sebagai pengarang, memulai serial ini pada majalah shōnen milik Kadokawa Shoten, yaitu majalah Monthly Shōnen Ace edisi bulan Mei 2014 pada 25 Maret 2014. Nantinya, tiga bab pertama tersedia di situs ComicWalker. Hingga saat ini, seri ini sudah dibukukan dalam sembilan tankōbon.

No.Tanggal rilis JepangISBN Jepang
1 25 Oktober 2014[4]ISBN 978-4-04-102229-0
2 26 Februari 2015[5]ISBN 978-4-04-102877-3
3 25 Juli 2015[6]ISBN 978-4-04-103449-1
4 26 Februari 2016[7]ISBN 978-4-04-104088-1
5 26 Juli 2016[8]ISBN 978-4-04-104537-4
6 25 Maret 2017[9]ISBN 978-4-04-104538-1
7 25 November 2017 (edisi dengan BD)[10]
25 November 2017 (edisi regular)[11]
ISBN 978-4-04-105638-7 (edisi dengan BD)
ISBN 978-4-04-106307-1 (edisi regular)
8 26 Juli 2018[12]ISBN 978-4-04-106929-5
9 25 Juni 2019[13]ISBN 978-4-04-106930-1

Anime[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2016, Twitter sang ilustrator, Karuna Kanzaki, mencuitkan bahwa akan adanya sebuah "pengumuman penting" tentang serial ini yang akan diumumkan di dalam majalah Monthly Shōnen Ace edisi Agustus 2016 yang terbit pada 26 Juni 2016.[14] Pada 19 Juni 2016, Kadokawa mengumumkan bahwa serial tersebut mendapatkan adaptasi anime yang akan dianimasikan oleh Silver Link dan Connect. Animenya disutradarai oleh Hideki Tachibana dan ditulis oleh Kento Shimoyama. Desain karakter ditangani oleh Shoko Takimoto dan musiknya akan dikomposisi oleh Hiromi Mizutani dari Team-MAX. Animenya mengudara dari April 2017 hingga Juni 2017. Sebuah OVA dirilis bersamaan dengan manga volume ketujuh pada 25 November 2017. Sentai Filmworks melisensi serial ini di Amerika Utara. MVM Films akan merilis serial ini di Inggris.

No. Judul Tanggal rilis[15]
1"Pedang yang agung, Onigawara Rin"
"素晴らしき刃「鬼瓦輪」 (Subarashiki Yaiba, Onigawara Rin)"
5 April 2017 (2017-4-5)[17]
Nomura Fudo dimasukan ke Akademi Aichi. Lima Pedang Tertinggi lebih dari siap untuk menyambutnya.[16]
2"Kekacauan asrama yang suci"
"「貞淑寮」騒乱 (Teishuku Ryō, Sōran)"
12 April 2017 (2017-4-12)[18]
Junior Lima Pedang Tertinggi (Nono dan Choka) membalaskan dendam kepada Nomura. Sementara itu, Rin mendapatkan kunjungan yang tidak diduga-duga.[16]
3"Pedang yang indah, Mary Kikakujo"
"麗しき刃「亀鶴城メアリ」 (Uruwashiki Yaiba, Kikakujō Meari)"
19 April 2017 (2017-4-19)[19]
Nomura terjebak di dalam sisi gelap Mary setelah ia bermain-main dengan Choka. Sementara itu, Rin mencoba membalaskan dendamnya.[16]
4"Warabinpik dimulai!"
"「ワラビンピック」開幕宣言! (Warabinpikku, Kaimaku Sengen!)"
26 April 2017 (2017-4-26)[20]
Rin dan Mary menujukan mata mereka kepada Nomura dan bertarung untuk mendapatkan perhatiannya. Hal satu-satunya yang ingin Warabi lakukan adalah mengalahkan Nomura.[16]
5"Pedang yang dimabuk cinta, Warabi Hanasaka"
"愛狂しき刃「花酒蕨」 (Ai Kuruoshiki Yaiba, Hanasaka Warabi)"
3 Mei 2017 (2017-5-3)[21]
Warabi ingin membalaskan dendamnya kepada Nomura, dan dia tidak akan berhenti meskipun harus bertarung melawan Rin dan Mary.[16]
6"Catatan di dalam sebuah skandal"
"ある「スキャンダル」の覚え書き (Aru Sukyandāru no Oboegaki)"
10 Mei 2017 (2017-5-10)[22]
Rin dan Mary tidak ragu-ragu ketika bertarung melawan Nomura. Sementara itu, Warabi memiliki rencananya sendiri untuk bergerak.[16]
7"Pedang yang mencurigakan, Satori Tamaba"
"妖しき刃「眼目さとり」 (Ayashiki Yaiba, Tamaba Satori)"
17 Mei 2017 (2017-5-17)[23]
Satori menujukan matanya kepada Nomura dan tidak siap untuk melepaskan Nomura dengan mudahnya. Sementara itu, Nomura mencoba mencari jalan keluar dari genggaman Satori. [16]
8"Dia dan crossdressing masalah dia"
"彼氏彼女オネエの「事情」 (Kareshi Kanojo Onē no, Jijō)"
24 Mei 2017 (2017-5-24)[24]
Nomura akhirnya terbebas dari genggaman Satori. Dengan bantuan dari anggota Lima Pedang Tertinggi lainnya, Rin dan Nomura bisa terbuka satu sama lain.[16]
9"Hari ketika cinta mati"
"「愛」が壊れた日 (Ai, ga Kowareta Hi)"
31 Mei 2017 (2017-5-31)[25]
Amou menyadari perbuatan Satori kepada Nomura, dan ia menantangnya bertarung. Ketika pertarungan dimulai, Satori menyadari bahwa ia berada di atas kepalanya.[16]
10"Pedang yang menakutkan, Tsukuyo Inaba"
"恐ろき刃「因幡月夜」 (Osoroshiki Yaiba, Inaba Tsukuyo)"
7 Juni 2017 (2017-6-7)[26]
Pertarungan antara Amou dan Satori berlanjut di atap sekolah. Sementara itu, di halaman sekolah, Nomura ditantang oleh Tsukuyo.[16]
11"Peluru Ajaib yang akan selalu aku ingat"
"胸に残るあの日の「弾丸」 (Mune ni Nokoru Ano Hi no, Dangan)"
14 Juni 2017 (2017-6-14)[27]
Pertarungan antara Amou dan Nomura membawa kembali kenangan masa lalu mereka. Sementara itu, para gadis mencoba merangkai misteri Amou.[16]
12"Perempuan Machiavellianism"
"少女達の「マキャヴェリズム」 (Shōjo-tachi no Makyaverizumu)"
21 Juni 2017 (2017-6-21)[28]
Dengan pertarungan berlanjut, Nomura tidak menahan dirinya. Dan sepertinya ada seseorang yang memiliki keinginan pribadi di dalam pertarungan tersebut.[16]
13 (OVA)"Berdetak! Lima Pedang tamasya ke penginapan"
"ドキッ!「五剣だらけ」の慰安旅行 (Doki! "Goken-darake" no Ian Ryokou)"
25 November 2017 (2017-11-25)[10]
Episode ke-13 yang dirilis bersamaan dengan manga edisi terbatas untuk volume ke-7.[29]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Volume keempat dari serial ini muncul di tangga Oricon Manga pada posisi ke-49, dengan terjual sebanyak 16.180 salinan.[30]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Armed Girl's Machiavellism (manga)". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  2. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x "Armed Girl's Machiavellism (TV)". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  3. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism (Armed Girl's Machiavellianism)". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  4. ^ 武装少女マキャヴェリズム (1) [Armed Girl's Machiavellism (1)]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). 
  5. ^ 武装少女マキャヴェリズム (2) [Armed Girl's Machiavellism (2)]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). 
  6. ^ 武装少女マキャヴェリズム (3) [Armed Girl's Machiavellism (3)]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). 
  7. ^ 武装少女マキャヴェリズム (4) [Armed Girl's Machiavellism (4)]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). 
  8. ^ 武装少女マキャヴェリズム (5) [Armed Girl's Machiavellism (5)]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). 
  9. ^ 武装少女マキャヴェリズム (6) [Armed Girl's Machiavellism (6)]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). 
  10. ^ a b 武装少女マキャヴェリズム (7) オリジナルアニメBD付き限定版 [Armed Girl's Machiavellism (7) OAV]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). 
  11. ^ 武装少女マキャヴェリズム (7) [Armed Girl's Machiavellism (7)]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). 
  12. ^ 武装少女マキャヴェリズム (8) [Armed Girl's Machiavellism (8)]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). 
  13. ^ 武装少女マキャヴェリズム (9) [Armed Girl's Machiavellism (9)]. Kadokawa Shoten (dalam bahasa Jepang). 
  14. ^ Karen Ressler (27 Mei 2016). "Armed Girl's Machiavellism Manga Will Have 'Important Announcement' Next Month". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). 
  15. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  16. ^ a b c d e f g h i j k l "Watch Armed Girl's Machiavellianism - Season 1 - Prime Video". Amazon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  17. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 1". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  18. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 2". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  19. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 3". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  20. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 4". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  21. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 5". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  22. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 6". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  23. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 7". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  24. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 8". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  25. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 9". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  26. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 10". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  27. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 11". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  28. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism Episode 12". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  29. ^ "Busou Shoujo Machiavellianism: Doki! "Goken-darake" no Ian Ryokou". MyAnimeList (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 
  30. ^ "Japanese Comic Ranking, February 22-28". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 November 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]