Comic Girls

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Comic Girls
Sampul dari Comic Girls volume 1 oleh Houbunsha
こみっくがーるず
(Komikku Gāruzu)
GenreKomedi, potongan kehidupan
Manga
PengarangKaori Hanzawa
PenerbitHoubunsha
MajalahManga Time Kirara Max
DemografiSeinen
TerbitMei 2014 – sekarang
Volume7
Anime
SutradaraYoshinobu Tokumoto
SkenarioNatsuko Takahashi
MusikKenichiro Suehiro
StudioNexus
PelisensiCrunchyroll
Tayang 05 April 2018 21 Juni 2018
 Portal anime dan manga

Comic Girls (Bahasa Jepang: こみっくがーるず Komikku Gāruzu, Bahasa Indonesia: Gadis-gadis Komik) adalah seri manga empat panel Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kaori Hanzawa. Manga tersebut pertama kali dimuat di majalah Manga Time Kirara Max dari perusahaan Houbunsha pada edisi Mei 2014. Manga ini kemudian diadaptasi ke serial televisi anime oleh Nexus dan ditayangkan di Jepang antara April hingga Juni 2018.

Alur[sunting | sunting sumber]

Kaoruko Moeta, seorang mangaka empat panel yang menggunakan nama pena "Kaos", merupakan siswa baru di sebuah SMA. Setelah manganya berada di peringkat bawah survei pembaca, editor komiknya merekomendasikan agar dia masuk asrama yang dikhususkan untuk para mangaka. Teman satu asrama Kaoruko antara lain adalah seorang mangaka shōjo yang bernama Koyume Koizuka, seniman manga romantis remaja Ruki Irokawa, dan seniman manga shōnen Tsubasa Katsuki. Gadis-gadis itu saling mendukung saat mereka berusaha untuk membuat seri manga terbaik.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Kaoruko Moeta (萌田 薫子, Moeta Kaoruko) / Kaos (かおす, Kaosu)
Pengisi suara: Hikaru Akao[1]
Seorang mangaka empat panel yang pemalu. Ia pindah ke Asrama Bunhousha untuk membuat manganya menjadi lebih baik lagi. Karena dia terlihat jauh lebih muda dari anak SMA pada umumnya, penampilannya sering dijadikan lelucon dan objek perhatian oleh orang lain.
Koyume Koizuka (恋塚 小夢, Koizuka Koyume) / Koisuru Koyume (恋スル小夢)
Pengisi suara: Kaede Hondo[1]
Seorang mangaka shōjo yang biasanya tampil dengan usahanya dalam menggambar anak laki-laki. Dalam seri, Koyume tampak menyukai Tsubasa. Dia tidak memiliki pengalaman dalam percintaan, jadi dia selalu gugup tentang kualitas manga romantisnya dan perlakuan anehnya untuk Tsubasa yang tak lain adalah sesama gadis seperti dirinya.
Ruki Irokawa (色川 琉姫, Irokawa Ruki) / Big Boobies♥Himeko (爆乳♥姫子, Bakunyū♥Himeko)
Pengisi suara: Saori Ōnishi[1]
Seorang mangaka serial "Ecchi". Dia awalnya ingin menggambar manga bertema hewan lucu untuk anak-anak, tetapi kemampuannya untuk menggambar wanita berpayudara besar membuat dirinya terpaksa menggambar manga erotis.
Tsubasa Katsuki (勝木 翼, Katsuki Tsubasa) / Wing V. (ウィング・V, Wingu Bui)
Pengisi suara: Rie Takahashi[1]
Seorang mangaka serial shonen dengan penampilan kekanak-kanakan. Dia terlihat sering menghayati peran salah satu karakternya untuk mengerjakan manga-nya. Karena penampilannya yang agak tampan, gadis-gadis lain sering jatuh cinta padanya sehingga membuatnya sangat populer di sekolah. Salah satu contoh yang paling menonjol adalah Koyume. Dia berasal dari keluarga kaya. Ia sebenarnya menjaga rambutnya tetap panjang, dan memiliki kepribadian yang berbeda saat di rumah.
Ririka Hanazono (花園莉々香, Hanazono Ririka)
Pengisi suara: Aya Endo[2]
Ibu rumah tangga di Asrama Bunhousha yang merupakan mantan seniman manga yuri.
Mayu Amisawa (編沢 まゆ, Amisawa Mayu)
Pengisi suara: Minami Tsuda[2]
Ia merupakan seorang editor untuk Kaoruko.
Miharu Nijino (虹野 美晴, Nijino Miharu)
Pengisi suara: Ayaka Nanase[2]
Seorang guru wali kelas yang cukup garang di kelas Kaoruko. Ia merupakan mantan seniman manga yaoi dan penggemar Tsubasa Katsuki.
Suzu Fūra (怖浦 すず, Fūra Suzu)
Pengisi suara: Reina Ueda[2]
Seorang mangaka horor yang menyukai jeritan orang lain. Dia adalah senior bagi angkatan Ruki dan Kaoruko.
Haruko Moeta (萌田 はる子, Moeta Haruko)
Pengisi suara: Mamiko Noto[1]
Ia adalah ibu dari Kaoruko Moeta

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Comic Girls adalah manga serial empat panel yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kaori Hanzawa. Manga ini pertama kali dirilis di manga manga seinen Houbunsha yang bernama Manga Time Kirara Max pada edisi Mei 2014.[3] Komik ini kemudian memulai serialisasi di majalah yang sama pada edisi Agustus 2014.[4]

No.Tanggal rilis ISBN
1 27 April 2015[5]ISBN 978-4-8322-4566-2
2 27 April 2016[5]ISBN 978-4-8322-4687-4
3 27 Juni 2017[5]ISBN 978-4-8322-4849-6
4 27 Maret 2018[5]ISBN 978-4-8322-4931-8
5 25 April 2019[5]ISBN 978-4-8322-7085-5
6 27 April 2020[5]ISBN 978-4-8322-7187-6
7 26 Maret 2021[5]ISBN 978-4832272637

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi serial televisi anime 12 episode kemudian dibuat oleh Nexus dan ditayangkan di Jepang pada tanggal 5 April hingga 21 Juni 2018.[6] Serial ini disutradarai oleh Yoshinobu Tokumoto, dengan komposisi seri oleh Natsuko Takahashi, desain karakter oleh Keiko Saito, dan musik oleh Kenichiro Suehiro. Lagu pembukanya adalah "Memories" dan lagu penutupnya adalah "Namida wa Misenai" (涙はみせない, I Can't Show You My Tears). Kedua lagu itu dibawakan oleh Comic Girls (grup yang dibentuk oleh Hikaru Akao, Kaede Hondo, Saori nishi, dan Rie Takahashi).[7][8] Serial kemudian ini disiarkan oleh Crunchyroll di seluruh dunia kecuali Asia dan sebagian Eropa.[9]

No. Judul[10][a] Tanggal siaran[11]
1"I Got the Worst Results on the Survey?!"
Transkripsi: "Ankēto Biri desu ka!?" (Jepang: アンケートビリですか!?)
5 April 2018 (2018-04-05)
Setelah mendapatkan hasil yang buruk dari sebuah survei, Kaoruko Moeta, seorang mangaka empat koma yang menggunakan nama samaran Kaos, pindah ke Asrama Wanita Bunhousha untuk berlatih sehingga dia dapat meningkatkan kemampuannya. Setelah tiba, Kaoruko berkenalan dengan teman sekamar barunya, seorang seniman manga shōjo bernama Koyume Koizuka yang berjuang dengan menggambar anak laki-laki, sebelum bertemu dengan penulis serial Ruki Irokawa dan Tsubasa Katsuki. Malamnya, Kaoruko dan Koyume belajar tentang bagaimana Ruki ingin menggambar manga anak-anak, tetapi malah menggambar manga cinta remaja yang cabul, sebelum membantu Tsubasa menyelesaikan manga shcnennya tepat waktu untuk tenggat waktunya.
2"Back to School"
Transkripsi: "Kyō Kara Gakkō deshita" (Jepang: 今日から学校でした)
12 April 2018 (2018-04-12)
Ruki dan Tsubasa membawa Kaoruko dan Koyume ke kota untuk membeli perlengkapan seni baru. Gadis-gadis itu segera memulai semester baru mereka di sekolah khusus perempuan, dengan Koyume berakhir di kelas yang berbeda dari yang lain sementara Kaoruko berjuang untuk dikelilingi oleh teman sekelas baru.
3"Jiggle Jiggle Bounce"
Transkripsi: "Punipuni Poyon desu ne" (Jepang: プニプニポヨンですね)
19 April 2018 (2018-04-19)
Saat Kaoruko berjuang untuk menulis manga bertemakan makanan, para gadis memutuskan untuk mengadakan kontes sketsa untuk membantu meningkatkan gambarnya. Untuk tujuan ini, Ruki menjadikan Koyume sebagai modelnya, yang justru berakhir ke percakapan canggung tentang ukuran payudara. Merasa rendah diri dibandingkan dengan gadis-gadis lain, Kaoruko akhirnya melewatkan makan untuk mengerjakan papan ceritanya dan justru kelelahan karena tindakannya tersebut. Untuk membantunya sembuh, ibu asrama Ririka Hanazono menghubungi orang tua Kaoruko untuk membuatkannya makanan yang menenangkan baginya. Namun pada akhirnya, manga bertemakan makanan terbaru Kaoruko masih belum disetujui.
4"Scuffling Wildly Rendezvous"
Transkripsi: "Kunzu Hoguretsu Randevū" (Jepang: くんずほぐれっランデヴー)
26 April 2018 (2018-04-26)
Gadis-gadis menjadi khawatir karena Ruki begadang berturut-turut, jadi mereka mencoba membantunya dengan manuskrip erotisnya. Menemukan konten yang terlalu ekstrim untuk dibantu, Kaoruko malah mengajari Ruki cara membuat seni digital di komputer barunya. Setelah manganya dijual, Ruki panik ketika editornya memintanya untuk mengadakan sesi tanda tangan. Setelah beberapa dorongan dari Tsubasa dan Ririka, Ruki berhasil menghadapi acara tersebut dan senang bertemu dengan semua penggemarnya.
5"Amisawa-san, Do You Cosplay?"
Transkripsi: "Amisawa-san Kosupure surun desu ka?" (Jepang: 編沢さん コスプレするんですか?)
3 Mei 2018 (2018-05-03)
Koyume membawa semua orang ke pantai hingga pada akhirnya, semua teman-temannya kemudian lebih tertarik untuk berlatih menggambar daripada bermain di laut. Koyume berusaha untuk meyakinkan mereka agar bersenang-senang daripada berlatih menggambar. Setelah itu, Ruki pergi berbelanja pakaian dengan Koyume yang mana ia dengan cepat menyadari bahwa Koyume sangat naksir pada Tsubasa dan menyarankan mereka pergi berkencan ke taman hiburan bersama. Meskipun tidak bisa mengaku, Koyume menerima beberapa nasihat dari Tsubasa atas kekhawatirannya bahwa dia tertinggal dari semua orang.
6"I'll Go Shave All My Hair Off!"
Transkripsi: "Marugari ni Shitekimasu" (Jepang: 丸刈りにしてきます)
10 Mei 2018 (2018-05-10)
Kaoruko memiliki rasa takut terhadap sesosok hantu yang ternyata bukan lain adalah Suzu Fūra, seorang seniman manga horor yang benar-benar menyukai cara Kaoruko berteriak. Meskipun awalnya takut dengan perilaku aneh Suzu, Kaoruko segera menyadari kecantikannya yang tersembunyi dan berteman dengannya. Kemudian, guru wali kelas Miharu Nijino yang sebenarnya merupakan otaku rahasia yang menyukai cosplay, mempertanyakan Tsubasa mengenai perilakunya yang biasa tidur di kelas. Ia menjadi terkejut setelah mengetahui bahwa Tsubasa adalah penulis manga favoritnya.
7"Is This Heaven!?"
Transkripsi: "Koko wa Tengoku desu ka!?" (Jepang: ここは天国ですか!?)
17 Mei 2018 (2018-05-17)
Kaoruko merasa tidak percaya diri ketika tahu bahwa teman satu kamarnya sendiri, yaitu Koyume diumumkan telah mendapatkan adaptasi serial. Kaouruko lalu mencoba untuk membantu Suzu dengan menggambarkan manga-nya, meskipun isi dari manga tersebut sangat mengerikan. Kemudian, Kaoruko pergi sendiri untuk membeli beberapa kacamata komputer, tetapi segera mendapat bantuan dari yang lain setelah penampilannya menarik perhatian seorang petugas polisi.
8"Woof Meow Meow Woof Festival"
Transkripsi: "Wan Nyan Nyan Wan Matsuri" (Jepang: わんにゃんにゃんわんまつり)
24 Mei 2018 (2018-05-24)
Saat Kaoruko merasa tertekan karena manganya terus-menerus ditolak, dia dan yang lainnya memutuskan mencoba belajar untuk ujian sekolah mereka. Sementara itu, karena editor Kaoruko yang bernama Mayu Amisawa khawatir bahwa dia terlalu keras pada Kaoruko, dia dan Miharu datang ke asrama untuk acara minum bersama Ririka dan berusaha mengamati upaya Kaoruko secara langsung.
9"Kaospiral"
Transkripsi: "Kaosupairaru" (Jepang: かおスパイラル)
31 Mei 2018 (2018-05-31)
Saat serialisasi pertama Koyume mulai dipublikasikan, Tsubasa pergi bersama gadis-gadis lain untuk mendapatkan inspirasi untuk bab kedua untuk manganya. Belakangan, Koyume khawatir berat badannya bertambah dan mati-matian berusaha menurunkannya, yang mana perilakunya mulai berdampak pada manga-nya. Setelah masalah itu terselesaikan, Tsubasa kehilangan manuskripnya di sekolah, mendorong gadis-gadis itu untuk mencarinya yang pada akhirnya mereka menemukan manuskrip Yaoi tua milik Miharu.
10"It's Not Fair That Michiru Gets All The Love"
Transkripsi: "Michiru Bakkari Aisarete Zurui" (Jepang: みちるばっかり愛されてずるい)
7 Juni 2018 (2018-06-07)
Menjelang Natal, Ruki merasa sedih karena kurangnya romansa dalam kehidupan aslinya, sehingga para gadis-gadis tersebut mengadakan pesta ulang tahun kejutan untuk Ruki di Malam Natal. Tidak dapat pulang karena orang tuanya berlibur di Hawaii, Kaoruko menghabiskan Tahun Baru di rumah Tsubasa, di mana dia mengetahui bahwa Tsubasa berasal dari keluarga kaya. Belakangan, Ririka mengadakan acara di mana penghuni asrama membakar papan cerita yang tidak diinginkan untuk memasak ubi.
11"My Life Has Reached Its Peak"
Transkripsi: "Jinsei no Pīku ga Kitan desu" (Jepang: 人生のピークがきたんです)
14 Juni 2018 (2018-06-14)
Perlu mengisi pilihan tambahan pada survei karir mereka, gadis-gadis itu mendiskusikan karir apa yang mungkin mereka miliki jika mereka bukan seniman manga, mengetahui bahwa Ririka pernah menjadi seniman manga tetapi tidak dapat memenuhi harapan. Kemudian, dalam persiapan penutupan asrama untuk musim dingin yang akan segera terjadi, gadis-gadis itu memilah-milah penyimpanan yang berisi banyak bahan referensi dari mantan penghuni yang mendorong Kaoruko untuk berusaha lebih keras. Karena Kaoruko mempresentasikan banyak ide selama pertemuan editor berikutnya sebagai hasilnya, Mayu menyukai cerita yang dia tulis berdasarkan pengalamannya di asrama, yang akhirnya disetujui sebagai manga sisipan.
12"Farewell, You Wonderful Manga Artists"
Transkripsi: "Itterasshaimase Rippa na Mangaka-sama-tachi" (Jepang: いってらっしゃいませ 立派な漫画家様たち)
21 Juni 2018 (2018-06-21)
Meskipun mendapatkan respon yang baik pada bagian pertama dari manganya, Kaoruko berjuang dengan bagian kedua, yang jatuh tempo pada hari asrama tutup. Ketika gadis-gadis lain harus pulang lebih awal, Kaoruko terpaksa mencoba dan menyelesaikan manga sendirian. Saat itulah dia dikunjungi oleh ibunya, yang mengingatkan Kaoruko betapa dia telah berubah sejak pertama kali tertarik menggambar. Kunjungan ibunya dan ditambah dengan pesan-pesan obrolan dari teman-temannya, mendorong Kaoruko untuk menyelesaikan manganya tepat waktu. Manga tersebut dipuji oleh Mayu sebagai karya terbaiknya. Saat asrama dibuka kembali pada musim semi, Kaoruko betemu kembali dengan gadis-gadis lain untuk sekali lagi menggambar manga bersama.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Karakter dari seri ini muncul bersama karakter Manga Time Kirara lainnya di dalam permainan RPG seluler tahun 2018 yang bernama Kirara Fantasia.[12][13]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Semua judul bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "Comic Girls Anime Casts Hikaru Akao, Kaede Hondo, Rie Takahashi, Saori Ōnishi". Anime News Network. December 19, 2017. Diakses tanggal December 19, 2017. 
  2. ^ a b c d "Comic Girls Anime Announces Additional Cast Members". Anime News Network. February 17, 2018. Diakses tanggal February 17, 2018. 
  3. ^ "まんがタイムきららMAX 2014年 5月号" (dalam bahasa Japanese). Houbunsha. Diakses tanggal June 17, 2017. 
  4. ^ "まんがタイムきららMAX 2014年 8月号" (dalam bahasa Japanese). Houbunsha. Diakses tanggal June 17, 2017. 
  5. ^ a b c d e f g "こみっくがーるず" (dalam bahasa Japanese). Houbunsha. Diakses tanggal June 17, 2017. 
  6. ^ "Comic Girls TV Anime to Premiere in April". Anime News Network. December 29, 2017. Diakses tanggal December 29, 2017. 
  7. ^ "Kaori Hanzawa's Comic Girls Manga Gets TV Anime". Anime News Network. June 16, 2017. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  8. ^ "Comic Girls TV Anime Unveils Staff, Promo Video". Anime News Network. August 19, 2017. Diakses tanggal August 20, 2017. 
  9. ^ "Crunchyroll to Stream Comic Girls Anime". Anime News Network. April 5, 2018. Diakses tanggal September 6, 2019. 
  10. ^ "ストーリー" (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal April 8, 2018. 
  11. ^ "放送情報" (dalam bahasa Japanese). Tokyo MX. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-15. Diakses tanggal Mei 14, 2018. 
  12. ^ "「きららファンタジア」に「こみっくがーるず」の参戦が決定" (dalam bahasa Jepang). 4Gamer.net. April 23, 2018. Diakses tanggal January 14, 2021. 
  13. ^ "「きららファンタジア」で「こみっくがーるず」の参戦に合わせたイベントが開催" (dalam bahasa Jepang). 4Gamer.net. June 13, 2018. Diakses tanggal January 14, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]