Bomis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bomis merupakan sebuah perusahaan dot-com yang didirikan oleh Jimmy Wales dan Tim Shell pada tahun 1996. Kegiatan utamanya ialah penjualan iklan-iklan dalam portal pencarian Bomis.com, serta pemberi dukungan kepada Nupedia dan Wikipedia yang merupakan proyek-proyek ensiklopedia bebas. Sejak tahun 2006, Shell adalah Ketua Pegawai Eksekutif untuk Bomis.

Dalam website Bomis.com, Bomis menciptakan dan menghosting gelang web berdasarkan istilah-istilah pencarian yang popular. Gelang-gelang itu pada suatu masa dikategorikan secara umum sebagai "Wanita", "Hiburan", "Olahraga", "Dewasa", "Lain-lain" dan "Fiksi sains".[1] Kategori "Dewasa", "Wanita" dan "Hiburan" adalah kategori yang terpopuler dan sering diperbarui. Selain itu, Bomis juga menghost sebuah salinan direktori pencarian "Proyek Direktori Terbuka" yang dimiliki oleh America Online. Hasil daripada halaman-halaman pencarian berkait dikelola oleh pengiklanan dan pemasaran gabungan.

Bomis mengelola sebuah web yang diberi nama Bomis Premium di premium.bomis.com sehingga 2005. Web ini memberikan pelanggan-pelanggan capaian untuk gambar-gambar foto erotik yang menonjolkan 403 orang model yang berbeda-beda (54,658 gambar pada jumlahnya), dan video-video model dalam kesemua keadaan penanggalan pakaian dan lagak-lagak yang tidak senonoh.[2] Sehingga pertengahan 2005, Bomis juga menonjolkan Laporan Wanita Bomis, blog gratis, penerbitan berita dan ulasan mengenai orang yang terkenal, model-model, serta hiburan dewasa.

Laporan Wanita terpaut secara kentara ke Bomis Premium, dan sering memberikan laporan terbaru tentang model-model baru yang menyertai Bomis. Bomis juga mengelola nekkid.info yang merupakan tempat menyimpan gratis gambar-gambar foto erotik yang terpilih[3] [4] serta menghostkan Mesin pencari Wanita yang merupakan "mesin pencari wanita yang tepat". Mesin pencari itu itu mengindekskan berbagai-bagai gambar-gambar foto dari kategori fotografi glamor ke kategori pornografi. Hal tersebut yang diiklankan dalam Bomis.com pada Maret 2006, menggunakan alamat IP yang sama dengan premium.bomis.com, serta bomis.com sebagai layanan utamanya.

Sebagai tambahan kepada pencariannya, Bomis juga menyediakan perkhidmatan penyedia web yang mendukung pandangan-pandangan politik untuk pendukung-pendukung objektivisme atau kebebasan, termasuknya "Freedom's Nest" (terjemahan: "Sarang Kebebasan"),[5], pangkalan data untuk buku-buku dan petikan-petikan, serta "Kami yang Hidup" ("We the Living") yang merupakan web untuk komunitas pendukung objektivisme yang kini tidak berfungsi lagi.

Peranan dalam penciptaan Nupedia dan Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2005, Bomis lebih dikenal untuk dukungannya terhadap penciptaan Nupedia dan Wikipedia yang merupakan proyek-proyek ensiklopedia bebas dalam Italian. Jimmy Wales memulai Nupedia pada tahun 2000, dan Larry Sanger dipekerjakan untuk mengurus proyek itu dan menyunting bahan-bahannya. Selepas mengembangkan Nupedia selama setahun, sebuah wiki yang diberinama "Wikipedia" telah dicipta sebagai cara untuk mendapatkan draf-draf baru untuk Nupedia. Sedangkan pada mulanya, Wikipedia bertujuan bertindak sebagai proyek 'pembekal' untuk Nupedia. Namun, Wikipedia bertumbuh dengan lebih pesat berbanding portal induknya dari segi ukuran serta perhatian disebabkan oleh pemblokiran yang tidak begitu ketat untuk penyumbangan artikel.

Untuk tempo yang singkat, Bomis membekalkan pelayan-pelayan web dan lebar jalur untuk proyek-proyek itu. Ia juga membiayai gaji Sanger untuk peranannya sebagai ketua penyunting projek (sehingga tahun 2002), dan memiliki aset utama seperti nama-nama domain. Bagaimanapun,dengan semakin meningkat kepopularan Wikipedia, keengganan untuk menampilkan iklan dalam web itu — bersama-sama dengan keinginan untuk membayangkan semangat sikap terbuka dan keberkecualian yang diutamakan dalam Wikipedia — telah menimbulkan sebuah model pemilikan yang alternatif.

Yayasan Wikimedia diumumkan secara resmi pada 20 Juni 2003, dan semua aset yang berkaitan (dari segi harta intelektuan dan perangkat komputer) dipindahkan atau disumbangkan kepada organisasi tidak untung ini. Sesaat itu, Larry Sanger telah meninggalkan projek itu, tetapi Jimmy Wales mengekalkan peranan yang utama dalam lembaga Yayasan, bersama-sama pengguna-pengguna yang dipilih daripada komuniti Wikipedia. Yayasan Wikimedia kini membiayai operasi Wikipedia (dan proyek-proyek kembarnya) terutamanya melalui sumbangan dari pembaca-pembacanya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]