Bambang Santoso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
H.
Bambang Santoso
Bambang Santoso Senator DPD RI.jpg
Anggota DPD RI dari Bali
Masa jabatan
1 Oktober 2019 – 1 Oktober 2024
PresidenJoko Widodo
Informasi pribadi
Lahir1 Desember 1969 (umur 50)
Bendera Indonesia Jepara
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
Partai politikIndependent
PasanganRusmalina
Anak4
Alma materPendidikan Guru Agama Negeri Kudus
STAIS Lan Taboer
Universitas Terbuka
Universitas Warmadewa
PekerjaanPengusaha
Tokoh Masyarakat
Dai
Anggota DPD RI
Anggota MPR RI
Situs webwww.dpd.go.id
www.bambangsantoso.id

H. Bambang Santoso, S.Pd.I atau yang disapa Haji Bambang Santoso adalah sosok dai, tokoh masyarakat muslim Bali dan juga pengusaha yang telah lama berkecimpung dalam berbagai organisasi dan lembaga non pemerintah. (lahir di Jepara, Jawa Tengah, 1 Desember 1969; umur 50 tahun) H. Bambang Santoso dinobatkan sebagai wakil muslim pertama dalam sejarah yang duduk di kursi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia DPD-RI mewakili Bali untuk periode 2019-2024[1][2]. Kemenangannya diharapkan membawa angin segar toleransi dan mengangkat pulau Bali sebagai contoh pulau kebhinekaan di Indonesia.

Bambang Santoso adalah ketua Dewan Masjid Indonesia DMI provinsi Bali[3] dan juga ketua Majelis Ulama Indonesia MUI provinsi Bali bidang kemakmuran masjid.[4]

Setelah terpilih dan dilantik sebagai anggota DPD-RI dan MPR-RI di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, 1 Oktober 2019 lalu, Bambang Santoso berikrar dan bertanda tangan bahwa selama ia menjabat akan menghibahkan 100% gaji pokoknya kepada salah satu lembaga independen di Provinsi Bali agar disalurkan dan dirasakan masyarakat kemanfaatannya lebih luas.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Profil Pribadi[sunting | sunting sumber]

Bambang Santoso adalah putra bungsu dari keluarga yang sangat sederhana. Ia merantau ke Bali dan merintis usahanya dari nol bersama istrinya yang berasal dari Klungkung Bali. Ia dikenal sosok yang aktif dalam setiap kegiatan. Ia juga dikenal sebagai ketua takmir Masjid Baitul Makmur Denpasar Bali, masjid termakmur dan teramai jamaah salat subuhnya di Indonesia.[5][6]

Bambang Santoso bersama JK dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo
Bambang Santoso Bersama Jusuf Kalla dan Istri JK , Mufidah Jusuf Kalla pada Acara Ulang Tahun JK di Kediamannya (2013)

Selain itu Bambang Santoso juga dikenal akrab dengan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, ia sering menjumpai Jusuf Kalla baik di rumahnya maupun di istana wakil presiden untuk membahas soal keummatan dan masjid.

Kiprah di Masyarakat[sunting | sunting sumber]

Sebelum ditunjuk oleh MUI Provinsi Bali sebagai calon anggota DPD-RI mewakili umat Bali 2018 silam, Bambang Santoso sudah lebih dulu berkhidmat dan berjibaku kepada rakyat Bali.

Delegasi Perdamaian Bali

Ia pernah menjadi delegasi dari Bali mewakili umat Islam Bali saat ricuh dan bentrokan antar warga Balinuraga (warga Bali asli) dan warga desa Agong, Lampung Selatan yang sempat viral 2012 akhir silam.[7]

Penyejuk Suasana

Ia pernah ikut menentramkan emosi warga Bali sekaligus penyejuk saat insiden Nyepi di Bali ketika baku hantam antara seorang muslim dan pecalang setempat 2017 silam. Tampak seperti insiden kecil, sementara berita tersebut tersebar ke seantero Indonesia dan memicu emosi umat Islam.[8]

Media Penyambung Lidah

Ia juga ikut andil sebagai media penyambung lidah dan silaturahim antara aparat keamanan dan para tokoh muslim di Bali saat insiden persekusi Ust. Abdul Somad (UAS) yang membuat heboh seluruh umat Islam di Indonesia khususnya di Bali akhir 2017 silam.[9][10]

Delegasi Muhibbah Da'i Serumpun dan Pelopor Gerakan Islam Moderat

Kunjungan ke 5 negara di ASEAN guna membangun silaturahmi dan menyerukan gerakan Islam Wasathy / Islam Moderat yang menolak keras paham radikal dan ekstrimisme.[11]

Penyedia Komunikasi

Ia ikut ambil andil sebagai penyedia komunikasi sekaligus bekerjasama bersama POLDA Bali dalam meningkatkan KAMTIBNAS 2018 lalu.[12]

Menggadaikan Sertifikat Tanah dan Rumah

Ia pernah menggadaikan sertifikat tanah dan rumahnya kepada pihak bank untuk membebaskan lahan kuburan muslim Kampung Jawa di Denpasar 2016 silam.

Kunci Keberhasilan Setiap Problem

Ia pernah bersama Kakanwil ATR/BPN Prov. Bali mengunjungi dan menyelesaikan probematika tanah warga kampung Bukit Tabuan di pedalaman Karangasem, Bali (2018).

Ia pernah menyelesaikan tanah wakaf seluas 3.5 hektar di Kec. Melaya, Kab. Jembrana Bali (2017).

Ia adalah kunci dalam pengupayaan kepastian legalitas tanah pemukiman di desa Pebuahan. Kab. Jembrana sebanyak 274 sertifikat (2019).

Ia kunci keberhasilan dalam upaya legalitas tanah sekolah TK. ABA. di Kampung Lebah, Klungkung (2018).

Aktif Bersinergi dengan Para Pejabat Negara

Bambang Santoso Bersama Wapres JK, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri KOMINFO Rudiantara dan para tokoh dan pejabat lainnya.

Ia aktif bertemu tatap muka dan diskusi terkait persoalan yang dihadapi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat muslim.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Jabatan[sunting | sunting sumber]

Di tengah kesibukannya sebagai seorang pengusaha, profil Bambang Santoso juga dikenal aktif di organisasi, lembaga dan yayasan. Diantaranya Ormas Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia, Dewan Masjid Indonesia dan beberapa yayasan masjid di Bali.

Aktivitas Bambang Santoso di beberapa lembaga, organisasi dan yayasan:

Kunjungan Internasional[sunting | sunting sumber]

Delegasi Muhibbah Dai Serumpun 5 Negara 2018. (Menteri PANRB Syafruddin bersama Bambang Santoso, K.H Cholil Nafis, Marissa Haque, K.H Muh. Agus, K.H Ahmad Zubaidi dan Menik Haryani)

Muhibbah Dai Serumpun yang diketuai oleh K.H Cholil Nafis, Ph.D bersama rombongan delegasi lainnya yaitu H. Bambang Santoso (Wakil Ketua MUI Bali), KH. Drs. Ahmad Zubaidi, MA (Sekertaris Komisi Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat),KH. Muhammad Agus Ghofurur Rochim (Wakil Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat), KH. Burhanuddin (Komisi Hubungan Luar Negeri MUI Pusat).

Ikut juga Marissa Grace Haque (Masyarakat Ekonomi Syariah/Indonesia Banking School-Media Partner Komisi Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat), dan Menik Haryani (Selaras Global Amanah - Media Partner Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat) melakukan kunjungan ke 5 negara guna membangun tali silaturahmi[14][15], membentuk kerjasama ikatan da'i serumpun antar negara dan mempelopori gerakan Islam Wasathy (Islam Moderat atau lawan dari Radikalisme dan Ekstrimisme[16]) agar menjadi pemahaman dominan di dunia khususnya di negara-negara ASEAN.[17][18]

Kunjungan ke 5 negara tersebut adalah:

Kunjungan Muhibbah Da'i Serumpun di Thailand (Bambang Santoso bersama Dubes Indonesia untuk Thailand, K.H Cholil Nafis, Marissa Haque dan para delegasi lainnya)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Redaksi (2019-05-07). "Pertama Dalam Sejarah, H Bambang Santoso Wakil Umat Islam di Bali Lolos Empat Besar Di DPD RI" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-07. 
  2. ^ "Pertama Dalam Sejarah, H Bambang Santoso Wakil Umat Islam di Bali Lolos Empat Besar Di DPD RI". D News Radio. 2019-05-07. Diakses tanggal 2019-07-08. 
  3. ^ Indonesia, Dewan Masjid (2017-10-10). "PP DMI-DMI Bali Luncurkan Aksi Kemanusiaan "Gunung Agung" Bali". Dewan Masjid Indonesia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-07. 
  4. ^ a b "Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Lakukan Muhibbah Da'i Serumpun ke 5 Negara". kumparan.com. Diakses tanggal 2019-07-08. 
  5. ^ "Jamaah Salat Subuh Terbanyak di Indonesia". 
  6. ^ "Ketua Takmir Masjid dengan Jamaah Subuh Terbanyak di Indonesia". 
  7. ^ Semeton Bali (2019-04-09), Haji Bambang Santoso Kunjungi Kampung Bali #bali #hajibambang #tokohmuslim, diakses tanggal 2019-07-07 
  8. ^ "Insiden Kecil Warnai Nyepi di Bali". Republika Online. 2017-03-28. Diakses tanggal 2019-07-07. 
  9. ^ redaksi@beritabali.com. "Kasus Ustadz Abdul Somad, Wakapolda Bali Tatap Muka dengan Tokoh Muslim | Beritabali.com". Beritabali.com - Informasi Terkini dari Bali (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-07. 
  10. ^ "Jalin Silaturahmi Waka Polda Bali Laksanakan Giat Tatap Muka Dengan Tokoh Agama Muslim | Polda Bali". www.bali.polri.go.id. Diakses tanggal 2019-07-07. 
  11. ^ https://mui.or.id/berita/10629/mui-siap-promosikan-islam-wasathiyyah-di-asia-tenggara/
  12. ^ Semeton Bali (2019-04-09), Sarasehan Wakapolda Bali dan Haji Bambang Santoso DMI Bali #hajibambang #dpdbali, diakses tanggal 2019-07-07 
  13. ^ "Ketua DMI Bali Apresiasi Program Tata Kelola Manajemen Masjid Profesional". Tribun Bali. Diakses tanggal 2019-07-08. 
  14. ^ "Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Lakukan Muhibbah Da'i Serumpun ke 5 Negara". kumparan.com. Diakses tanggal 2019-07-11. 
  15. ^ "5 Negara ASEAN Ikuti Muhibbah Da'i Serumpun". Panjimas (dalam bahasa Inggris). 2018-05-05. Diakses tanggal 2019-07-11. 
  16. ^ "Islam Itu Moderat". Republika Online. 2019-01-26. Diakses tanggal 2019-07-11. 
  17. ^ "Muhibbah Dai Serumpun, Hari Pertama Mengunjungi Malaysia". kumparan. Diakses tanggal 2019-07-11. 
  18. ^ Online, N. U. "Perkuat Islam Moderat, MUI Sambangi Ulama di Negara-negara ASEAN". NU Online (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-11.