Universitas Warmadewa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Warmadewa
Didirikan17 Juli 1984
JenisPerguruan Tinggi Swasta
RektorProf. Dewa Putu Widjana
LokasiDenpasar, Bali,
pendiriYayasan KORPRI Bali
Situs webhttp://www.warmadewa.ac.id/
Logo Unwar

Universitas Warmadewa atau biasa disingkat Unwar merupakan salah satu perguruan tinggi di Denpasar, Bali. Berada di lingkungan Kopertis Wilayah VIII di bawah naungan Yayasan Korpri Bali. Nama universitas diusulkan oleh Gubernur Bali saat itu, Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (alm) untuk menghormati dan mengenang seorang raja Bali sebelum pemerintahan Majapahit, Sri Kesari Warmadewa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Tanggal 12 November 1983, dalam acara Rapat Kerja Daerah Korpri Bali di Kertasabha Denpasar, Ketua Unit Korpri Universitas Udayana Drs. Putu Kuna Winaya mengusulkan pendirian Universitas Korpri, dengan prinsip dasar "biaya pendidikan terjangkau dan mutu terjamin" yang kemudian dikembangkan menjadi "bermutu, berintegritas dan berwawasan lingkungan". Usulan pendirian Universitas Korpri ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menampung aspirasi masyarakat yang belum terakomodasi di Perguruan Tinggi Negeri. Setelah mendapat ijin Korpri Pusat, Ketua Pengurus Korpri Bali (Drs. Sembah Subhakti) dan Ketua Korpri Unit Universitas Udayana (Drs. Putu Kuna Winaya) sepakat untuk membentuk Universitas Korpri.

Pada bulan Juni 1984, dilakukan penyusunan proposal pendirian Universitas Korpri dengan melibatkan unsur Korpri Universitas Udayana dan Korpri Pemerintah Daerah, sekaligus menetapkan Badan Pendiri yang terdiri dari Drs. Sembah Subhakti, Prof Drs. Putu Kuna Winaya, I Ketut Widjana,SH, dan I Wayan Waya, SH.

Pada tanggal 17 Juli 1984, Universitas Warmadewa resmi didirikan dan kepengurusan yayasan ditetapkan susunannya pada Rapat Korpri Bali tanggal 30 Juli 1984. Setelah kelengkapan Badan-Badan Yayasan terbentuk, selanjutnya dilaporkan kepada Kopertis Wilayah VIII, bahwa Universitas Korpri telah berdiri dengan nama Universitas Warmadewa. Nama Universitas Warmadewa diberikan oleh Gubernur Bali pada waktu itu, Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, sebagai bentuk apresiasi terhadap raja Bali zaman sebelum Majapahit dari Dinasti Warmadewa. Pada tanggal 15 Agustus 1984, Prof. dr. I Gusti Agung Gde Puthra ditetapkan sebagai Rektor Pertama Universitas Warmadewa. Perkuliahan perdana dilakukan di halaman Kampus Unud pada tanggal 17 September 1984 yang sampai sekarang diperingati sebagai hari lahirnya Universitas Warmadewa.

Sesuai SK Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali No. 05/ Yas.Korp/VII/84, Universitas Warmadewa terdiri atas 6 (enam) fakultas dan 1 (satu) pendidikan non-gelar, antara lain;

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Sastra
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  5. Fakultas Pertanian
  6. Fakultas Teknik
  7. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.[1]

Dalam perkembangan selanjutnya Koordinator Kopertis Wilayah VIII memberi persetujuan pembukaan unit fakultas/jurusan/program studi di lingkungan Universitas Warmadewa dan memberikan izin operasional terhadap 18 Program Studi yang diasuh dengan surat No. 187/Kop.VIII/B/02/1985 tanggal 10 Nopember 1985.

Sejak 25 November 1986, sesuai dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0825/0/1986, Unwar telah ditetapkan dalam Status Terdaftar bagi ke-6 (enam) fakultas dan terakhir berdasarkan SK Mendikbud RI No. 455/0/1991 tanggal 8 Agustus 1991, No. 0641/0/1991 tanggal 13 Desember 1992 serta SK Dirjen Dikti No. 81/Kep/1992 tanggal 2 April 1992 seluruh Fakultas/ Jurusan/ Program Studi di lingkungan Universitas Warmadewa telah berstatus "Diakui".

Saat ini, Universitas Warmadewa dengan motto: "Guna Widya Sewaka Nagara" memiliki 14 Progam Studi Sarjana (S1) dan 3 Program Pascasarjana (S2) yaitu: Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum, dan Magister Linguistik yang telah memiliki Ijin Operasional. Sedangkan Program Studi S1 Psikologi, S2 Magister Ilmu Pemerintahan (MIP), dan Magister Administrasi Publik (MAP) sedang dalam proses pengusulan ke Dikti Kemendikbud RI.[2]

Fakultas Kedokteran[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2009, Fakultas Kedokteran Universitas Warmadewa (FKIK Unwar) menyelenggarakan pendidikan kedokteran dengan izin Menteri Pendidikan Nasional No 63/D/T/2009 tanggal 20 Januari 2009. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan No 305/E/O/2013 tanggal 23 Juli 2013 memberikan izin FKIK Unwar untuk menyelenggarakan pendidikan program sarjana (S1) dan program profesi dokter. Terakreditasi oleh LAM-PTKes peringkat B (Baik) untuk tahap sarjana (S1) SK No 0411/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2017 dan B (Baik) untuk tahap proses dokter SK No. 0412/LAM-PTKes/Akr/Pro/VII/2017.

Dalam proses pengembangan, Fakultas kedokteran berhasil mendapatkan hibah kompetisi yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti dengan anggaran dari Bank Dunia IBRD Loan No 7737-ID tahun 2011–2014 berjumlah 13 miliar rupiah. Pelaksanaan hibah berhasil memperoleh Rapor Kinerja Baik (96 %) dan dalam skema kemitraaan dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar dan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Mataram memperoleh Sertifikat Terbaik. Pendidikan profesi dokter, sesuai dengan ketentuan, lulusan diharuskan untuk mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) yang diselenggarakan secara nasional. Lulus ujian yang pertama (first taker) menjadi tolak ukur perkembangan institusi. Prosentase kelulusan first taker FKIK Unwar 81 % (di atas angka rata-rata nasional).[3]

Fakultas Teknik[sunting | sunting sumber]

Fakultas Teknik merupakan salah satu dari tujuh fakultas yang ada sejak awal berdirinya Universitas Warmadewa sesuai dengan SK. Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali No. 05/Yas.Korp/VII/84. Izin operasional dari Kopertis Wilayah VIII memberi persetujuan untuk program studi di Fakultas Teknik melalui surat No. 187/Kop.VIII/B/02/1985 tertanggal 10 Nopember 1985. Sejak 25 November 1986, sesuai dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0825/0/1986 telah ditetapkan status Terdaftar bagi Fakultas Teknik dan terakhir berdasarkan SK Mendikbud RI No. 455/0/1991 tertanggal 8 Agustus 1991, No. 0641/0/1991 tanggal 13 Desember 1992 serta SK Dirjen Dikti No. 81/Kep/1992 tanggal 2 April 1992 seluruh Fakultas di lingkungan Universitas Warmadewa telah berstatus "Diakui". Adapun SK Dikti untuk Izin Operasional Program Studi Arsitektur adalah SK No. 2397/D/T/K-VIII/2009 tanggal 1 Juni 2009 dan untuk Program Studi Teknik Sipil adalah SK. No. 2396/D/T/K-VIII/2009 tanggal 1 Juni 2009.[4]

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa, dipimpin oleh seorang dekan dengan tiga orang pembantu dekan:

Dekan: Drs. Wayan Gede Merta, M.Si
Pembantu Dekan:
  1. Ni Nyoman Rusmiati, SE, MM
  2. Gusti Ayu Sugiati, SE
  3. Ida Bagus Komang Suarka, SE

Fakultas Ekonomi memiliki tiga jurusan / program studi:

  • Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
  • Jurusan Manajemen
  • Jurusan Akuntansi

Fakultas Hukum (FH)[sunting | sunting sumber]

Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa berstatus Terakreditasi B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional RI No.364/BAN-PT/SK/Akred/S/IX/2014 tentang Hasil Akreditasi Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)[sunting | sunting sumber]

Fakultas FISIP memiliki 2 jurusan/program studi:

  • Jurusan Ilmu Pemerintahan
  • Jurusan Administrasi Negara

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan memiliki 1 jurusan/program studi:

  • Jurusan Pendidikan Dokter/Profesi Dokter

Fakultas Pertanian (FP)[sunting | sunting sumber]

Fakultas Pertanian memiliki 2 jurusan/program studi:

  • Jurusan Budidaya Pertanian
  • Jurusan Teknologi Pertanian
  • Jurusan Peternakan
  • Jurusan Perikanan

Fakultas Sastra[sunting | sunting sumber]

Fakultas Sastra memiliki 4 jurusan/program studi:

  • Jurusan Sastra Indonesia
  • Jurusan Sastra Inggris
  • Jurusan Arkeologi
  • Jurusan Sejarah

Fakultas Teknik[sunting | sunting sumber]

Fakultas Teknik Universitas Warmadewa, dipimpin oleh seorang dekan dengan tiga orang pembantu dekan.

Dekan: Prof. Dr. Ir. I Wayan Runa, MT.
Pembantu Dekan:
  1. Dr. Ir. I Gusti Agung Putu Eryani, MT.
  2. Dewa Ayu Nyoman Sri Astuti, ST. MT.
  3. Agus Kurniawan, ST. MT.[4]

Fakultas Teknik memiliki 2 jurusan/program studi:

  • Jurusan Arsitektur
  • Jurusan Teknik Sipil

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), di Singaraja pada tahun 1986 diintegrasikan ke Universitas Panji Sakti, karena Peraturan Kopertis Wilayah VIII tidak memperkenankan adanya kelas jauh.
  2. ^ "Sejarah Singkat Universitas Warmadewa". Diakses tanggal 24 Agustus 2018. 
  3. ^ "Profil Fakultas Kedokteran Warmadewa". Diakses tanggal 25 Januari 2019. 
  4. ^ a b "Profil Fakultas Teknik Warmadewa". Diakses tanggal 24 Agustus 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]