Awkarin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Karin Novilda
LahirKarin Novilda Sulaiman
29 November 1997 (umur 24)
Jakarta, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Nama lainAwkarin
Pekerjaan
Tahun aktif2014 - sekarang
Orang tua
  • Dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M (bapak)
  • Siti Zuchraida (ibu)
KeluargaZahra Annisya Putri Sulaiman (adik)

Karin Novilda Sulaiman (lahir 29 November 1997)[1] adalah seorang selebriti internet, YouTuber, model, pengusaha dan penyanyi berkebangsaan Indonesia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ia adalah anak pertama dari dua bersaudara. Ayahnya, Mohamad Sulaiman Abidin, merupakan seorang dokter spesialis mata yang berpraktik di Rumah Sakit Siloam Cilandak Barat, Jakarta dan SILC Lasik Center Jakarta, sekaligus TNI Angkatan Laut berpangkat kolonel.[2]

Ibunya yang bernama Siti Zuchraida merupakan seorang dokter gigi di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.[3] Ia memiliki satu orang adik perempuan bernama Zahra Annisya Sulaiman yang lahir pada 23 November 2002.[4]

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia menjadi perintis sekaligus CEO dari A Team Management, yang merupakan manajemen dari kumpulan selebriti internet yang berkarier di media sosial Instagram. Selain itu, ia juga memiliki serentetan bisnis lainnya. Seperti Bad Influence by Awkarin yang merupakan sebuah bisnis pakaian yang menjual sweter dan kaus oblong, bisnis fesyen dengan hijab yang diberi nama Hally by Awkarin, usaha makanan bertajuk Awkenyang yang dijual secara daring, serta organisasi nonprofit bertajuk Awdoption yang bertujuan untuk menolong hewan-hewan yang dibuang dan tak terurus untuk mencarikan pemilik baru yang ingin mengadopsi.

Ia mulai menjadi relawan ketika bertandang ke Palu, Sulawesi Tengah untuk membantu para korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi pada tahun 2018. Selanjutnya, ia bersama organisasi Sekolah Relawan dan Kitabisa.com berkecimpung dalam penggalangan dana untuk membagikan masker terhadap korban kebakaran hutan dan lahan di beberapa daerah di Pulau Kalimantan pada tahun 2019.

Ia juga terjun langsung membagikan sebanyak 3.000 nasi kotak untuk dibagikan kepada para mahasiswa yang ikut serta dalam unjuk rasa dan kerusuhan pada bulan September 2019 di depan gedung DPR. Pada 25 September 2019, ia ikut membersihkan lokasi yang menjadi titik bentrok antara demonstran dan polisi.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Saat pengumuman kelulusan dari jenjang SMP, ia meraih nilai Ujian Nasional dengan rata-rata 9,5 di setiap mata pelajaran dan total nilainya secara keseluruhan adalah 37,9. Bahkan, ia sampai diwawancarai oleh salah satu wartawan dari acara televisi Detak TPI yang ditayangkan di TPI.[6]

Asal usul nama “Awkarin”[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, ia ingin memberi nama akunnya dengan Awkward Karin. Menurut pengakuannya, ia sempat tidak bisa berkomunikasi di depan orang banyak ataupun di depan kamera. Karena itu, ia digolongkan sebagai orang yang awkward menurut Bahasa Inggris, yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai “canggung”. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk memakai nama pengguna @awkwardkarin di salah satu akun media sosialnya. Namun, menurutnya, nama tersebut terlalu panjang. Ia pun menyingkat kata awkward menjadi awk saja. Karena “Karin” merupakan nama depannya, maka huruf K pada kata awk dihilangkan, sehingga terbentuklah nama “Awkarin”.[7]

Hubungan asmara[sunting | sunting sumber]

Ia pernah berpacaran dengan seorang pria bernama Deva Viandhika, yang berakhir karena Deva diduga berselingkuh dengan salah satu sahabat Awkarin. Beberapa bulan kemudian, ia menjalin asmara dengan selebriti internet bernama Gaung Sabda Alam Muhammad, yang lebih dikenal sebagai Gaga Muhammad. Namun, mereka hanya berpacaran selama sekitar lima bulan. Setelah itu, ia sempat berpacaran dengan Oka Mahendra Putra yang sempat menggunakan nama panggung John Hammond. Sebelum Oka meninggal dunia, mereka sudah sempat menyatakan untuk memutuskan hubungan asmara.

Kemudian, ia berpacaran dengan Muhammad Alfi Asyari, yang merupakan anak dari wakil ketua MPR Mahyudin. Hubungan pacaran mereka hanya bertahan selama dua bulan.

Setelah itu, ia menjalani hubungan berpacaran yang berbeda agama untuk pertama kali dalam hidupnya, dengan salah satu selebriti internet dari A Team Managememt, yakni Gangga Kusuma. Setelah beberapa bulan berpacaran, mereka pun putus.

Pada tahun 2020, ia berpacaran dengan Muhammad Sabian Tama, yang merupakan anak dari pendiri NET. Mediatama, sekaligus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju pada era presiden Joko Widodo untuk periode 23 Oktober 2019-23 Desember 2020, yakni Wishnutama. Namun, hubungan mereka kandas pada saat Awkarin merayakan ulang tahunnya yang ke-23 dan juga saat hari jadi peresmian hubungan berpacaran mereka.

Awal tahun 2021, Awkarin pernah diisukan dekat dengan pembalap Sean Gelael yang merupakan anak dari konglomerat sekaligus pemegang Franchisee KFC Indonesia, Ricardo Gelael. Hubungan mereka tidak dipublikasikan hingga isu kedekatan mereka menghilang pada pertengahan tahun 2021.

Pada 29 November 2021, Awkarin resmi dilamar oleh Gangga Kusuma di hari ulang tahunnya. Gangga merupakan seorang musisi dan penulis lagu asal Indonesia. Gangga sendiri pernah menjalin hubungan dengan Awkarin dan hubungan mereka sempat kandas di tengah jalan. Mereka resmi kembali bersama pada September 2021.

Singel[sunting | sunting sumber]

  • Cewek Manis
  • Bad (2016, bersama Young Lex)
  • Candu (2016)
  • Badass (2017)
  • Makan Bang (2017, bersama Young Lex, Masgib dan alm. Oka Mahendra)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Keterangan
2018 Di Antara Cinta dan Guest List N/A Film Indonesia pertama berkonsep live movie reality

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]