Arctic Monkeys

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Arctic Monkeys
Arctic Monkeys heads.jpg
Arctic Monkeys, arah jarum jam dari kiri atas: Nick O'Malley, Jamie Cook, Matt Helders and Alex Turner.
Latar belakang
Nama lain The Death Ramps
Asal Sheffield, England
Genre
Tahun aktif 2002 (2002)–sekarang
Label Domino
EMI (in Brazil)
Warner (US distributor)
Situs web arcticmonkeys.com
Anggota Alex Turner
Jamie Cook
Nick O'Malley
Matt Helders
Mantan anggota Andy Nicholson

Arctic Monkeys merupakan grup musik rock asal Inggris, band ini juga dikenal dengan nama The Death Ramps. Dibentuk tahun 2002 di High Green, distrik Sheffield, Inggris. Arctic Monkeys beranggotakan Alex Turner (Vocal utama, gitar utama, kibor), Jamie Cook (Rhythm gitar), Nick O'Malley (Bass, backing vocal), Matt Helders (Drum, perkusi, backing vocal). Anggota band sebelumnya Andy Nicholson (Bass) dan Glyn Jones (Vocal utama).

Berawal dari Alex Turner yang diberi gitar oleh orang tua nya sebagai hadiah natal. Mulailah Alex belajar memainkan gitar, waktu itu dia belajar chord lagu-lagu Oasis yang memang terkenal saat itu. Bosan main gitar sendirian, dia mengajak teman SMA nya Andy Nicholson dan Matt Helders serta Jamie Cook tetangganya untuk membuat band. Saat pertama kali bermain bersama di studio, rupanya Andy sudah membawa guitar bass, Jamie sudah main gitar bersama Alex sebelumnya, jadi Matt terpaksa harus main drum. Sebelum Alex yang menjadi vocalis di band, mereka punya vocalis utama namanya Glyn Jones, tapi hanya bertahan sesaat, Glyn harus keluar dari band karena ingin melanjutkan kuliah.

Arctic Monkeys yang digembar-gemborkan sebagai salah satu band pertama yang datang ke perhatian publik melalui Internet (melalui situs berbasis fan bukan dari band), dengan komentator menyarankan mereka mewakili kemungkinan perubahan dalam cara dimana band-band baru yang dipromosikan dan dipasarkan.[7]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal tahun dan kontrak rekaman (2003-05)[sunting | sunting sumber]

Band mulai berlatih di Yellow Arch Studios, Neepsend [8][9] dan untuk pertama kali tampil di The Grapes di pusat kota Sheffield. Setelah beberapa pertunjukan pada tahun 2003, band mulai merekam demo di 2fly studios,[10] Sheffield. Ada 17 lagu yang didemokan di semua dan kumpulan, yang sekarang dikenal sebagai Beneath the Broadwalk EP. Nama Beneath the Broadwalk diambil dari nama Broadwalk, tempat mereka merekamnya. Band mulai tumbuh dalam popularitas di seluruh Utara Inggris, menerima perhatian dari BBC Radio dan pers tabloid Inggris. Seorang fotografer amatir lokal, Mark Bull, memfilmkan pertunjukan band dan membuat video musik "Fake Tales of San Francisco".

Pada Mei 2005, Arctic Monkeys merilis single pertama mereka Five Minutes with Arctic Monkeys yang berisi hanya 2 lagu, yakni "Fake Tales of San Francisco" dan "From the Ritz to the Rubble" yang dirilis terbatas dengan 500 CD saja. Ketika bermain di Festival Reading dan Leeds, nama mereka semakin dikenal oleh banyak orang.

Akhirnya, mereka menandatangani untuk Domino pada bulan Juni 2005. Single pertama mereka dengan Domino "I Bet You Look Good on the Dancefloor" dirilis pada 17 Oktober 2005 dan langsung memuncaki nomor 1 di UK Singles Chart, mengalahkan Sugababes dan Robbie Williams. Dua minggu sebelum ini, mereka membuat penampilan pertama mereka di sampul NME. Mereka membuat single kedua "When the Sun Goes Down" (sebelumnya berjudul "Scummy Man") yang dirilis pada 16 Januari 2006, juga langsung memuncaki nomor 1 di UK Singles Chart, dan berhasil terjual 38,922 copy dan mengambil alih posisi itu dari Shayne Ward. Band sukses dengan keuntungan kecil saat itu.

Whatever People Say I Am, That's What I'm Not (2006)[sunting | sunting sumber]

Band selesai merekam album debut mereka Whatever People Say I Am, That's What I'm Not di Chapels Studios di Lincolnshire pada bulan September 2005 dengan Jim Abbiss sebagai produsernya. Whatever People Say I Am, That's What I'm Not menjadi album pertama penjualan tercepat dalam sejarah Inggris dengan penjualan 363,735 copy pada minggu pertama. memecahkan rekor sebelumnya dari 306,631 copy dipegang oleh Popstars oleh Hear'Say, dan terjual lebih kopi pada hari pertama. Cover album yang di modeli Chris McClure, seorang teman mereka yang sedang memegang rokok. Citra pada CD itu sendiri adalah sebuah tembakan dari asbak penuh Rokok.[11] Band manajer produk menyangkal tuduhan, dan menyarankan sebaliknya. "Anda dapat melihat gambar dari merokok tidak dia lakukan di dunia yang baik."Aku suk oasis dan aku benci Arctic Monkeys" Begitu ujar Alex Turner tidak membuang waktu dalam rekaman materi baru, dan merilis lima-lagu EP pada 24 April 2006, Who the Fuck Are Arctic Monkeys?, hanya tiga bulan setelah album debut memecahkan rekor mereka telah dikritik oleh beberapa kalangan, para kritikus menilai band ini akan sukses di masa depan.

Setelah merilis EP di Inggris, band mengumumkan bahwa Andy Nicholson akan tidak ambil bagian dalam tur band di Amerika Utara akan datang karena cedera pergelangan tangan dan akhirnya memutuskan untuk keluar dari band, dan akan membuat proyeknya sendiri. Dalam sebuah pernyataan pada website resmi mereka, band mengatakan: "Kami sangat sedih untuk memberitahu semua orang bahwa Andy tidak lagi dengan band". Juga menegaskan bahwa Nick O'Malley, mantan bassis The Dodgems disusun pada sebagai bassis sementara untuk tur Amerika Utara. Tak lama setelah itu, Nick O'Malley dikukuhkan sebagai pengganti resmi Andy Nicholson.

Arctic Monkeys merilis single pertama tanpa Andy yakni "Leave Before the Lights Come On" yang dirilis pada tanggal 14 Agustus 2006. Memuncak pada nomor 4 di UK Singles Chart, dan menjadi single pertama band ini yang tidak menyentuh chart no.1 Band ini di tampilkan di Leeds Festival ketika Nicholson bertemu dengan teman-teman mantan band nya dan bassist penggantian nya, O'Malley. Hanya asli anggota band, Nicholson, hadir pada upacara penghargaan Whatever People Say I Am, That's What I'm Not dan memenangkannya di Mercury Prize 2006 2 minggu kemudian.[12]

Favourite Worst Nightmare (2007)[sunting | sunting sumber]

Album kedua band, Favourite Worst Nightmare dirilis pada 23 April 2007, seminggu setelah merilis single "Brianstorm". Seperti pendahulunya, album ini langsung memuncaki no.1 di UK Albums Chart. Turner menggambarkan lagu di album "sangat berbeda dari sebelumnya", menambahkan sedikit suara seperti lagu "From the Ritz to the Rubble" dan "The View from the Afternoon".[13] Rahasia ini dimainkan di Sheffield Leadmill pada 10 Februari 2007, debut lagu-lagu baru tujuh (enam dari Favourite Worst Nightmare)[14] dan satu lainnya. Tinjauan awal dirilis sangat positif, dan menggambarkannya sebagai "sangat, sangat cepat dan sangat, sangat keras".[15] Sementara itu, band terus mengambil penghargaan dari seluruh dunia, yaitu Best New Artist di Amerika Serikat di PLUG independen Music Awards, penghargaan "Album of the Year" di Jepang, Irlandia dan Amerika Serikat, penghargaan untuk "Best Album" dan "Terbaik musik DVD" di NME Awards 2007. Mereka berakhir tahun oleh "Best British Band" dan "Best British Album" pada BRIT Awards 2008. Untuk tahun kedua berturut-turut, band dinominasikan untuk Mercury Prize tahunan, meskipun mereka gagal untuk mencocokkan mereka dengan tahun 2006.

Nick O'Malley menggantikan Andy Nicholson (2007 - sekarang)

Pada 29 April 2007, Favourite Worst Nightmare masuk pada pada no.1 di UK Albums Chart. Semua 12 lagu dari album ini masuk ke "200 UK Single Charts" Pada 27 April 2007, mereka memiliki total 18 track di atas 200. "Fluorescent Adolescent" dan "505" masing-masing masuk grafik di atas 75, No. 60 dan No. 74. Band ini kemudian merilis "Fluorescent Adolescent" dan masuk UK Singles Chart.

Singel ketiga dari Favourite Worst Nightmare, "Teddy Picker" dirilis pada 3 Desember 2007. Ini masuk "UK Single Charts" di urutan no.20. Sebelum rilis ini band ini merilis jumlah yang sangat terbatas 250 vinil dengan nama samaran The Death Ramps yang berisi dua dari sisi-b dari "Teddy Picker" .

Arctic Monkeys ikut Festival Glastonbury pada 22 Juni 2007, yang disiarkan pada BBC2. Saat konser ini mereka mengajak Dizzie Rascal dan mengkover lagu soundtrack James Bond milik Shirley Bassey Diamonds Are Forever.[16] Band juga bermain sebuah pertunjukan besar di Dublin Malahide Castle pada 16 Juni 2007. Band juga direncanakan untuk bermain Festival musik batas kota Austin pada bulan September 2007. Festival lainnya di Eropa termasuk Rock Werchter pada tahun 2007. Band dimainkan dua pertunjukkan di Cardiff International Arena pada 19 dan 20 Juni 2007 yang didukung oleh teman-teman lokal dari band, Mereka juga bermain dua pertunjukan London di Alexandra Palace pada tanggal 8 dan 9 Desember 2007. Pada 1 September 2007 band bersikeras mengambil hari berlibur ke Ibiza untuk bersenang - senang. Mereka tampil di depan 700 orang di bar di tepi pantai. Band memainkan pertunjukan terakhir mereka Tour pada 17 Desember 2007 di Manchester Apollo, yang difilmkan untuk DVD live At The Apollo yang dirilis di bioskop-bioskop tahun berikutnya.

Humbug (2008–10)[sunting | sunting sumber]

Setelah beristirahat singkat selama berkeliling dan direkam dengan proyek lainnya The Last Shadow Puppets bersama Miles Kane, band ini mencatat total 24 lagu, 2 dalam sesi rekaman di Rancho De La Luna dengan Josh Homme, di awal musim gugur, 2008. dan 12 di New York sesi rekaman dengan James Ford di musim semi, 2009, mengikuti tur Januari mereka dari Selandia Baru dan Australia. Selama tur ini, menyanyikan "Crying Lightning, "Pretty Visitors", Dangerous Animal , dan Potion Approaching (yang di kenal dengan lagu Go-Kart) dengan debut langsung di tur mereka. Dalam sebuah artikel Tinjauan pada ClashMusic.com, penulis Simon Harper mengklaim bahwa band ini memiliki "Melawan harapan dari yang dunia harapkan".

Matt Helders (kiri), Alex Turner (tengah) , dan Jamie Cook (kanan) di konser tahun 2009

Pada situs yang sama, Alex Turner mengungkapkan bahwa band telah mendengarkan Nick Cave, Jimi Hendrix dan Cream saat menulis album baru. Humbug ini dirilis pada 19 Agustus 2009, dan seperti kedua pendahulunya, album langsung pergi ke no.1 UK Albums Chart. Single pertama mereka "Crying Lightning" di rilis pada 6 Juli 2009 melalui iTunes. Pada 12 Juli 2009, single "Crying Lightning" berada di posisi no.12 di UK Singles Chart, dan no.1 di UK Indie Chart. Sementara Single mereka yang kedua "Cornerstone" dirilis pada 16 November 2009 yang banyak menuai kritik, Arctic Monkeys pun makin meredup, namun pencapaiannya membuat lagu ini diam di no.94 UK Singles Chart.

Pada bulan Februari 2010, mereka merilis single ke-3 mereka, yakni "My Propeller" (seharusnya single Pretty Visitors yang di rilis).

Arctic Monkeys memulai Tur Humbug dunia mereka pada Januari 2009 termasuk tampil di Festival Reading dan Leeds. Mereka tampil di Serbia, Amerika Utara, Kanada, dan masih banyak lagi. Mereka menghentikan turnya di Mexico pada 22 April 2010.

Suck It and See (2011–12)[sunting | sunting sumber]

vokalis Alex Turner di Lollapalooza di Chicago, Agustus 2011

Majalah Inggris NME melaporkan pada bulan Januari 2011 bahwa band ini akan bekerja sama dengan produser James Ford sekali lagi, dan akan merilis album studio keempat di akhir musim semi.[17] Q magazine melaporkan bahwa album mereka ke-4 "Lebih mudah dihafal" dibandingkan Humbug.[18] Album ini direkam di Sound City Studios, Los Angeles, pada tahun 2010 dan 2011.[19]

Pada 4 Maret 2011, mereka menyebut salah satu lagu di situs mereka "Brick by Brick" dengan vokal oleh Matt Helders. Helders menjelaskan bahwa ini bukanlah satu, hanya membuat orang penasaran tentang album baru mereka. Pada 10 Maret 2011 band mengungkapkan album ini diberi nama Suck It and See dan dirilis pada 6 Juni 2011.

Album keempat mereka merilis single pertama "Don't Sit Down 'Cause I Moved Your Chair" dirilis pada 11 April, dan Brick by Brick sebagai B-Side. Pada 17 April, single ini masuk no.29 UK Singles Chart. Band memperbolehkan penggemar mereka untuk mendengarkan seluruh album di situs web mereka, sebelum memutuskan tentang membelinya atau tidak.

Suck It and See dirilis pada 6 Juni 2011 dan langsung masuk no.1 UK Albums Chart, dan membuat Arctic Monkeys menjadi band yang kedua dalam sejarah untuk debut empat album berturut-turut di UK Albums Chart.

Single Ke-2 mereka "The Hellcat Spangled Shalalala" di rilis pada 14 Agustus. single mereka seharusnya di rilis lebih cepat, tapi karena album mereka paling banyak di curi pada saat kerusuhan London 2011, produsernya pun mengundurkannya.

Pada Oktober 2011, mereka merilis single ke-3 mereka yakni "Suck It and See" dengan menampilkan Matt Helders dan Brena McDow dalam video tersebut. Pada bulan Juli 2011, mereka merilis EP saat konser iTunes London Festival 2011.

Arctic Monkeys memulai pada Mei 2011 mengikuti Festival Benicassim 2011 bersama The Strokes, Arcade Fire, dan Primal Screams. Mereka mengkonfirmasi pada 7 Februari bahwa mereka bermain di Don Valley Bow bersama Miles Kane, Anna Calvi, Dead Sons dan Mabel Love. Mereka bermain di Lollapalooza pada 5–7 Agustus 2011. Pada tanggal 21 Agustus, mereka juga bermain Lowlands, Belanda.

Pada 27 Oktober, mereka merilis video baru "Evil Twin" yang menjadi B-side "Suck It and See"

"Black Treacle" dirilis pada 23 Januari 2012.

AM (2013-14)[sunting | sunting sumber]

Arctic Monkeys tampil di Festival INmusic pada 25 Juni 2013. Konser itu merupakan bagian dari AM Tour.

Pada 26 Februari 2012, mereka merilis single "R U Mine?" di Youtube.[20] Dan merilis lagu Electricity sebagai B-sidenya.

Pada tanggal 27 Juli 2012, Arctic Monkeys bermain di Upacara Pembukaan Olimpiade Musim Panas 2012, menampilkan "I Bet You Look Good on the Dancefloor" dan sebuah cover dari lagu The Beatles "Come Together". Setelah upacara pembukaan, versi mereka "Come Together" memasuki UK Singles Chart. Ini kemudian memuncak di nomor 21, menjadi charting single tertinggi sejak tahun 2009 "Crying Lightning".[21]

Pada AM Tour perdana di selenggarakan di Ventura, California 22 Mei 2013. Mereka menyanyikan lagu debut, yakni "Do I Wanna Know?". Mereka juga melakukan hal yang sama ketika konser di Houston, Texas pada 1 Juni 2013. Namun, ketika mereka menyayambangi Hultsfred Festival di Swedia, mereka menyanyikan lagu Mad Sounds 14 Juni. 4 hari kemudian mereka merilis video klip "Do I Wanna Know?" lewat Facebook mereka.

Pada 29 Juni, mereka mengumumkan nama album mereka adalah AM yang dirilis 9 September 2013. Mereka berkolaborasi dengan Josh Homme dari Queens of the Stone Age, Pete Thomas, dan Bill Ryder-Jones. Mereka juga tampil di Festival Glastonbury pada 28 Juni dan membawakan "Mad Sounds" dan "Do I Wanna Know?".

Pada 11 Agustus, mereka merilis lagu "Why'd You Only Call Me When You're High?" dengan B-side "Stop The World I Wanna Get Off With You". Lagu ini masuk ke UK Singles Chart Top 10 di urutan no.8 sejak "Fluorescent Adolescent" pada 2007.

Pada perilisan album AM tanggal 9 September 2013 dijual sebanyak 157.000 copy album.[22] Mereka juga membuat rekor dalam sejarah permusikan Indie. Yakni band indie pertama yang berhasil menempati UK Albums Chart no.1 secara 5 album berturut-turut.[23] Mereka di nominasikan dari 3 kategori Mercury Prize 2013.[24] Dan memenangkan Best British Group dan Best British Album untuk BRIT Awards 2014.[25]

Musik Gaya[sunting | sunting sumber]

Band ini terkenal selalu berganti genre pada setiap albumnya,hal ini memang sudah biasa di musik Inggris. Alex Turner berkata bahwa album Whatever People Say I Am, That's What I'm Not dan Favourite Worst Nightmare adalah Garage Rock dan Post-punk revival. Pada album pertama, Alex berkata "Album ini sedikit bergenre 'kebebasan' dalam hal musik". Contohnya "Dancing Shoes" yang bermakna "Ketika seorang manusia yang mendapatkan sesuatu yang nikmat dan bagus, tapi enggan memberitahu ke orang lain".[26]

Pada Favourite Worst Nightmare lagu "Fluorescent Adolescent" dan "Do Me A Favour" ingin Alex samakan temanya dalam lyric lagu tersebut. Lagu itu bermakna nostalgia, pertumbuhan remaja pada zaman tersebut, dan pertemanan serta permusuhan.

Pada album ketiga Humbug Josh Homme ingin suara yang bertemakan padang pasir, kebebasan, dan perjalanan. Bisa di contohkan pada lagu "Crying Lightning" , "Pretty Visitors", dan "Dance Little Liar", dan memberi abstrak lebih tebal dalam sebuah musik.

Pada album keempat mereka Suck It And See band mengeksplorasi gaya, pencampuran mereka dengan jatuh tempo baru ditemukan. Turner mengatakan: "Saya pikir album baru adalah keseimbangan antara tiga album terakhir. Tapi ada sedikit sudut pandang aku pada lagu-lagu awal dan rasa humor, tetapi juga ada. Sedikit hal-hal 'Humbug' yang merupakan jenis di sudut".[27] Kritik mencatat pengaruh dari band-band rock Inggris dari tahun 1960-an, serta The Smiths, dan lebih lambat, bertema cinta balada fitur lebih banyak pada album daripada cepat, lagu berbatu yang menggambarkan suara band.

Dalam sebuah wawancara 2012 dengan majalah "NME", vokalis Alex Turner dikutip John Lennon sebagai pengaruh besar lirik. Berbicara tentang Lennon, Turner mengatakan; "Saya ingat ketika saya pertama kali mulai menulis lagu, dan menulis lirik, saya benar-benar ingin bisa menulis lagu "I Am the Walrus", dan saya merasa sangat sulit. Anda mendengarkan itu dan terdengar seperti itu semua omong kosong, tapi sulit untuk menulis hal semacam itu dan membuatnya menarik. Lennon pasti memiliki bakat untuk itu".[28]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Studio

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arctic Monkeys go rap - News". Q. 28 February 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 July 2010. Diakses tanggal 18 July 2011. 
  2. ^ "BBC – Seven Ages of Rock "What the World Is Waiting For"". Seven Ages of Rock. 2007. Diakses tanggal 2 March 2011. 
  3. ^ name="Clash Magazine"
  4. ^ "Track by track review: Arctic Monkeys - AM". Gigwise. accessdate=18 July 2014. 
  5. ^ "Arctic Monkeys' 'AM' a psychedelic synthesis". Dailycal.org. 8 September 2013. Diakses tanggal 18 july 2014. 
  6. ^ "Arctic Monkeys begin work on 'psychedelic' third album & #124; News". Nme.com. 16 July 2008. Diakses tanggal 18 July 2014. 
  7. ^ Laura, Barton (25 October 2005). "The question: Have the Arctic Monkeys changed the music business?". The Guardian (London). Diakses tanggal 5 June 2006. 
  8. ^ Aizlewood, John (27 January 2006). "Monkeys are top of the tree". Evening Standard (London). Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 June 2011. Diakses tanggal 21 June 2012. 
  9. ^ "Artist Profile – Arctic Monkeys". EMI. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2006. Diakses tanggal 7 June 2006. 
  10. ^ "2fly studios". 2fly studios. Diakses tanggal 4 April 2014. 
  11. ^ "Arctic Monkeys eye debut record". BBC News. 24 January 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 June 2006. Diakses tanggal 5 June 2006. 
  12. ^ "Arctic Monkeys win Mercury Prize". BBC News (BBC). 6 September 2006. Diakses tanggal 21 July 2009. 
  13. ^ "Arctic Monkeys say new album is 'very different'". NME. 5 January 2007. Diakses tanggal 13 January 2007. 
  14. ^ "Arctic Monkeys make surprise live return". NME. 11 February 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 February 2007. Diakses tanggal 12 February 2007. 
  15. ^ "Arctic Monkeys set to unleash 'Favourite Worst Nightmare'". Monsters and Critics. 11 April 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 April 2007. Diakses tanggal 11 April 2007. 
  16. ^ "View topic – Glastonbury 2007 ~ Arctic Monkeys Forum Fan Site –". arctic-monkeys.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 July 2011. Diakses tanggal 18 July 2011. 
  17. ^ "Arctic Monkeys releasing Jimmy Ford-produced album this year". NME. 11 January 2011. Diakses tanggal 18 July 2011. 
  18. ^ Q Magazine issue 296 - 'Alex Turner Pens New Songs'
  19. ^ name="Clash Magazine">"Arctic Monkeys - Intellegent indie-rock from Sheffield". Clash. Diakses tanggal 11 March 2011. 
  20. ^ "Arctic Monkeys - R U Mine?". YouTube. Diakses tanggal 25 March 2012. 
  21. ^ Reilly, Jill (27 July 2012). "They look good on the dance floor: Arctic Monkeys set stadium alight, display spectacular fireworks". Daily Mail. Diakses tanggal 27 July 2012. 
  22. ^ "Radio 1 – Charts – The Official UK Top 40 Albums Chart". BBC. 1 January 1970. Diakses tanggal 30 December 2013. 
  23. ^ Nick Clark (15 September 2013). "Arctic Monkeys make history as fifth album AM enters chart at number one – News – Music". The Independent. Diakses tanggal 30 December 2013. 
  24. ^ "News - Barclaycard Mercury Prize". Mercuryprize.com. Diakses tanggal 30 December 2013. 
  25. ^ "Arctic Monkeys and Disclosure's album sales double following Brits success". The Gurdian. 21 February 2014. 
  26. ^ "Arctic Monkeys' debut album in their own words". NME. 
  27. ^ "Arctic Monkeys: ''Suck It And See' is a balance between our first three albums'". NME. 31 May 2011. Diakses tanggal 18 October 2011. 
  28. ^ "Arctic Monkeys' Alex Turner hails John Lennon's lyrics". NME. 2o September 2012. Diakses tanggal 30 August 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]