Arcade Fire

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Arcade Fire
AsalMontreal, Quebec, Kanada
GenreIndie rock
Art rock
Post-punk revival
Baroque pop
Tahun aktif2003–sekarang
LabelMerge, Rough Trade, City Slang
Artis terkaitBell Orchestre
Final Fantasy
Situs webArcadeFire.com
AnggotaWin Butler
Régine Chassagne
Richard Reed Parry
William Butler
Tim Kingsbury
Sarah Neufeld
Jeremy Gara
Owen Pallett
Marika Anthony Shaw
Colin Stetson
Kelly Pratt
Mantan anggotaHoward Bilerman
Josh Deu
Brendan Reed
Myles Broscoe
Dane Mills
Tim Kyle

Arcade Fire merupakan sebuah grup musik asal Kanada yang bermarkas di Montreal, Quebec. Grup musik ini beranggotakan 11 orang yaitu suami dan istri Win Butler dan Régine Chassagne, bersama dengan adik laki-laki Win yakni William Butler, Richard Reed Parry, Tim Kingsbury, dan Jeremy Gara. Line-up tur band saat ini juga termasuk mantan anggota group Sarah Neufeld, pemain perkusi Tiwill Duprate dan pemain saksofon Stuart Bogie. Album pertamanya ialah Funeral dirilis tahun 2004.

Didirikan pada tahun 2000 oleh teman dan teman sekelas Butler dan Josh Deu, band ini menjadi terkenal pada tahun 2004 dengan merilis album debut mereka Funeral yang mendapat pujian. Album studio kedua mereka, Neon Bible, memenangkan Penghargaan Meteor Music 2008 untuk Album Internasional Terbaik dan Penghargaan Juno Award 2008 untuk Album Alternatif Tahun Ini. Album studio ketiga mereka, The Suburbs, dirilis pada 2010 dengan mendapat pujian dan kesuksesan. Album ini menerima banyak penghargaan, termasuk Penghargaan Grammy ke-53 2011 untuk Album terbaik, Penghargaan Juno Award 2011 untuk Album Terbaik dan Penghargaan Brit Awards 2011 untuk Album Internasional Terbaik. Pada tahun 2013, Arcade Fire merilis album keempat mereka, Reflektor, dan membuat film Her, di mana anggota band Win Butler dan Owen Pallett dinominasikan dalam kategori Best Original Score di Academy Awards ke-86. Pada tahun 2017, band ini merilis album studio kelima mereka Everything Now.

Semua studio album mereka telah menerima nominasi untuk Album Musik Alternatif Terbaik di Penghargaan Grammy. Funeral secara luas dianggap oleh kritikus musik sebagai salah satu album terbaik tahun 2000-an. Karya band ini juga tiga kali masuk nominasi nominasi Polaris Music Prize: pada 2007 untuk Neon Bible, 2011 untuk The Suburbs, dan 2014 untuk Reflektor.

Band ini digambarkan sebagai Indie rock, Art rock, Dance-rock, dan Barok. Mereka memainkan gitar, drum, gitar bass, piano, biola, biola, cello, double bass, xylophone, glockenspiel, keyboard, synthesizer, French horn, akordeon, harpa, mandolin dan hurdy-gurdy, dan membawa sebagian besar instrumen ini dalam tur; anggota band multi-instrumentalis berganti tugas selama pertunjukan.

History[sunting | sunting sumber]

2001–2003: Formation and early work[sunting | sunting sumber]

Win Butler dan Josh Deu mendirikan Arcade Fire di Montreal sekitar tahun 2001, setelah pertama kali bertemu di Phillips Exeter Academy sebagai siswa sekolah menengah. Ide musik Butler dan Deu mulai berkembang dan inkarnasi pertama dari band lahir saat mereka masing-masing kuliah di Universitas McGill dan Universitas Concordia. Duo ini mulai berlatih materi mereka di McGill di mana mereka bertemu Régine Chassagne, seorang mahasiswa musik yang mereka minta untuk bergabung dengan mereka. Deu mengenang, "Win dan saya bermain gitar. Semua orang bermain gitar. Kami tidak memiliki musik untuk ditunjukkan kepadanya, tetapi dia akhirnya mengatakan ya untuk bergabung dengan kami, dan saya tidak tahu mengapa. Mungkin ada sedikit percikan dengan Win." Di pertengahan tahun 2001, band ini terdiri dari Butler, Chassagne, Deu, multi-instrumentalis Tim Kile (kemudian dari Wild Light), bassis Myles Broscoe (kemudian dari Les Angles Morts, Crystal Clyffs, dan AIDS Wolf), gitaris/drummer Dane Mills (kemudian Crackpot) dan multi-instrumentalis Brendan Reed (kemudian Les Angles Morts dan anggota pendiri Clues), yang tinggal bersama Butler dan Chassagne di lingkungan Mile End Montreal pada saat itu dan merupakan kolaborator dengan mereka dalam penulisan lagu dan pengaturan (2001–2003).

Formasi awal band bubar pada musim panas 2002, ketika mereka melakukan perjalanan ke pertanian keluarga Butler di Mount Desert Island, Maine untuk merekam EP self-titled mereka. Ketegangan antara Butler dan bassis Myles Broscoe membuat yang terakhir keluar dari band setelah sesi rekaman. Richard Reed Parry, yang telah terdaftar untuk membantu rekaman band, mulai berkolaborasi dengan mereka selama sesi dan akan bergabung dengan band tidak lama kemudian. Sekitar waktu yang sama, Joshua Deu meninggalkan band untuk melanjutkan studinya; dia terus berkolaborasi dalam aspek visual band. Pada musim dingin tahun 2003, band ini merayakan perilisan EP-nya dengan pertunjukan di Casa del Popolo di Montreal. Sebelum penonton yang datang melebihi kapasitas, penampilan band berakhir (di tengah encore) dengan argumen antara Butler dan Reed, yang meninggalkan band dari atas panggung. Mills memberi tahu teman-teman yang berkumpul di kerumunan bahwa dia menganggap band telah bubar, dengan demikian mengundurkan diri dari band juga. Setelah ledakan di atas panggung, saudara laki-laki Butler, William Butler (subjek dari lagu Arcade Fire awal "William Pierce Butler") dan Tim Kingsbury dibawa untuk menggantikan Reed dan Mills sehingga band dapat melanjutkan, dan mereka mulai mempromosikan EP self-titled. Rilisan pertama (sering disebut oleh penggemar sebagai Us Kids Know EP) dijual sebelum konser dimulai. Setelah band mencapai ketenaran, EP itu kemudian di-remaster dan dirilis secara penuh.

Howard Bilerman bergabung dengan band sebagai penabuk drum pada musim panas 2003, dan mereka mulai bermain pertunjukan bersama, dan merekam album yang akhirnya menjadi Funeral. Janji yang ditunjukkan oleh band baru dalam pertunjukan live awal mereka memungkinkan mereka untuk mendapatkan kontrak rekaman dengan label rekaman independen, Merge Records, sebelum akhir tahun pertama mereka bersama.

2004–2006: Funeral[sunting | sunting sumber]

Funeral dirilis pada September 2004 di Kanada dan Februari 2005 di Inggris Raya. Album tersebut menerima berbagai pujian dan menduduki banyak daftar sebagai album terbaik diakhir tahun dan diakhir dekade. Menurut situs Metacritic, album ini memiliki penampilan kedua terbanyak masuk Top 10 sebagai album terbaik dekade 2000-an, hanya di belakang Kid A dari Radiohead.Dalam versi terbaru dari 500 album terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stones, album ini berada di peringkat #151.

Album ini mendapat pujian dan kesuksesan. Itu muncul di banyak daftar sepuluh album terbaik untuk tahun 2004 dan 2005 (karena rilis internasional yang tertunda), dengan Pitchfork, Filter, No Ripcord, dan The MTV2 2005 Review memahkotainya sebagai album terbaik tahun ini. NME menamai Funeral sebagai yang kedua dalam daftar album terbaik 2005 mereka. NME juga menobatkan "Rebellion (Lies)" sebagai lagu terbaik kedua. Pada November 2005, Funeral telah mendapat sertifikasi Gold di Kanada dan Inggris, dan terjual lebih dari setengah juta kopi di seluruh dunia, jumlah yang sangat besar untuk rilis independen dengan penampilan di televisi atau radio yang minimal. Album ini menjadi album pertama Merge Records di tangga album Billboard 200 dan album dengan penjualan terbesar label hingga saat ini, melampaui In the Airplane Over the Sea milik Neutral Milk Hotel dan telah terjual lebih dari 1 juta copi diseluruh dunia.

Band ini memesan klub-klub kecil untuk tur 2004 mereka, tetapi permintaan konser yang semakin banyak memaksa mereka banyak merubah tempat pertunjukan, jauh melampaui harapan band, dan tur berlanjut hingga pertengahan 2005 di seluruh Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Summer Sonic Festival di Jepang, dan Hillside Festival di Guelph. Arcade Fire beristirahat di sepanjang musim panas tahun 2005, band ini membuat penampilan festival utama di Halifax Pop Explosion, Coachella Valley Music and Arts Festival, the Sasquatch! Festival Musik, Lollapalooza, Festival Vegoose, Festival Reading dan Leeds di Inggris, Electric Picnic di Irlandia, dan Lowlands Festival di Belanda.

Funeral dan singel "Cold Wind" masing-masing dinominasikan untuk Penghargaan Grammy untuk Album Rock Alternatif Terbaik dan Penulisan Lagu Terbaik untuk Film, Televisi, atau Media Visual Lainnya (Six Feet Under, Vol. 2: Everything Ends). Pada tanggal 2 April 2006, di Halifax, Nova Scotia, Arcade Fire menerima Juno Award untuk Songwriters Of The Year untuk tiga lagu dari Funeral: "Wake Up", "Rebellion (Lies)", dan "Neighborhood #3 (Power Out) ". Band ini dinominasikan untuk tiga Brit Awards: Best International Group, Best International Album, dan Best International Breakthrough Act. Pada tanggal 27 Desember 2005, Funeral menduduki peringkat No.1 di "50 Album Terbaik Tahun Ini" oleh MTV2 di Inggris. Pada tanggal 22 Oktober 2007, Funeral menduduki peringkat No.8 dalam buku Bob Mersereau The Top 100 Album Kanada. Pada akhir 2009, Pitchfork menempatkan album No.2 dalam daftar 200 album teratas tahun 2000-an, di belakang Kid A dari Radiohead.

2006–2010: Neon Bible[sunting | sunting sumber]

Lagu pertama yang dirilis secara resmi dari Neon Bible adalah "Intervention" pada Desember 2006 di ITunes. Hasil dari rilis ini didedikasikan untuk Partners in Health. Kesalahan mengakibatkan lagu kedua, "Black Wave/Bad Vibrations", muncul di iTunes untuk waktu yang singkat. Album ini bocor ke jaringan Peer-to-peer pada 26 Januari 2007, dan secara resmi dirilis 5 Maret 2007 di Inggris dan 6 Maret di Amerika Utara. Neon Bibledebut di nomor 1 di Canadian Albums Chart dan Tangga Album Irlandia, dan nomor 2 di tangga album Billboard 200 AS dan Tangga Album Top 40 UK Albums Chart inggris untuk minggu tanggal 12 Maret 2007. Album ini juga menempati peringkat 1 di tangga album Rock dan Indie di AS. Single pertama, "Black Mirror", mencapai posisi No. 1 di chart R3-30 CBC Radio 3 selama lima minggu berturut-turut, dari 22 Maret hingga 19 April 2007, dan merupakan single pertama oleh band mana pun yang mampu menempati puncak chart untuk waktu yang lama selama dua minggu di atas grafik. Album ini mendapat banyak pujian (bahkan diperdebatkan sebagai kandidat kuat untuk album terbaik tahun ini), dan karena kesuksesan tersebut membuat band ini ditasbihkan sebagai band paling menarik di bumi oleh majalah musik Inggris Q (majalah). Paste (majalah) memilihnya sebagai salah satu dari lima album terbaik tahun 2007. Penulis Trouser Press Jason Reeher menempatkan Neon Bible "di antara rekaman rock indie terbaik sepanjang masa."

Tur Neon Bible berlanjut hingga September 2007 dengan 25+ konser yang dijadwalkan di Amerika Utara dan Eropa hingga pertengahan November. Di Paris band melakukan sesi video Take-Away Show yang direkam oleh Vincent Moon. Band ini melakukan tur ke Australia dan Selandia Baru untuk pertama kalinya pada awal 2008 sebagai bagian dari festival Big Day Out 2008. Pada tanggal 14 Oktober 2007, Win Butler dan Régine Chassagne membuat penampilan tamu kejutan di pertunjukan Bruce Springsteen di Ottawa, memainkan "State Trooper" dan "Keep the Car Running". Band berkomitmen untuk memberikan Partners in Health $1,00, £1,00, atau €1,00 dari setiap tiket yang terjual pada tur Eropa dan Amerika Utara 2008. Pada Februari 2008, Win Butler mengumumkan di jurnal band bahwa tur Neon Bible telah berakhir, setelah satu tahun tur dan total 122 pertunjukan (termasuk 33 musik festival) di 75 kota dan 19 negara. Para kritikus menyambut Neon Bible yang diproduksi sendiri dengan pujian. Publikasi seperti NME dan IGN memuji album ini karena sifatnya yang megah.

2010–2012: The Suburbs[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan pertama yang diumumkan setelah rehat adalah festival musik Oxegen pada 2010 yang berlangsung di Irlandia pada bulan Juli. Band ini mengumumkan bahwa mereka akan memainkan lagu-lagu dari album baru dalam penampilan utama mereka di Festival Reading dan Leeds pada Agustus 2010, dengan Win Butler mengatakan, "Kami sangat menantikan untuk memainkan lagu-lagu baru secara langsung... [itu] seperti seorang penemu yang muncul dari ruang bawah tanahnya setelah bekerja selama satu tahun." Album ketiga mereka The Suburbs menempati peringkat No. 1 di Irish Albums Chart irlandia,UK Albums Chart inggris, and Canadian Albums Chart. Album tersebut juga berhasil memuncaki tangga album Billboard 200 Amerika setelah berhasil menjual 156.000 unit CD di minggu pertama. Album ini berhasil mendapatkan sertifikat platinum di inggris dan canada, serta Gold di Amerika, dan telah terjual lebih dari 1,5 juta keping.

Arcade Fire berhasil ini memenangkan Penghargaan Grammy untuk Album Terbaik 2011, Album Internasional Terbaik dan Group Internasional Terbaik di Brit Awards 2011, Album Terbaik, Group Terbaik and Penulis lagu terbaik untuk "Ready to Start" di Juno Award 2011, dan Polaris Music Prize 2011 untuk album Kanada terbaik. Dua minggu setelah memenangkan Album Terbaik pada Penghargaan Grammy, album ini melonjak dari No. 52 ke No. 12 di tangga album Billboard 200.

2013–2015: Reflektor[sunting | sunting sumber]

Arcade Fire dan Mercury Records mengkonfirmasi bahwa mereka akan merilis album keempat pada akhir tahun 2013. Pada bulan Desember 2012, manajer band Scott Rodger menegaskan bahwa Arcade Fire berada di studio dan bekerja dengan produser reguler mereka Markus Dravs dan James Murphy, vokalis band LCD Soundsystem. Situs web pre-order resmi Arcade Fire menetapkan tanggal rilis pada 28 Oktober 2013.

Reflektor debut pada peringkat #1 di Chart Album Kanada, terjual 49.000 keping. Ini menandai peningkatan dari minggu debut album mereka sebelumnya. Album ini terjual 241.000 keping di Kanada dan mendapat sertifikat 3x platinum. Di Amerika, album meraih peringkat #1 di Billboard 200, dengan 140.000 keping terjual dalam minggu pertama. hingga per Desember 2014, Reflektor telah terjual sebanyak 367.000 keping di AS. Album ini juga berhasil menempati peringkat satu di tangga album inggris dengan penjualan 45,252 dalam minggu pertama dan telah mendapat sertifikat Gold atas penjualan lebih dari 100.000 keping.

2016– : Everything Now[sunting | sunting sumber]

Arcade Fire menandatangani kontrak rekaman dua album dengan Columbia Records pada Mei 2017. Pada tanggal 31 Mei, band ini merilis sebuah single baru "Everything Now" pada vinyl edisi terbatas 12" di Primavera Sound Festival di Barcelona. Arcade Fire juga akan tampil di festival tersebut pada awal Juni 2017. Sehari kemudian, Arcade Fire mengumumkan album studio kelima mereka Everything Now, yang dirilis pada 28 Juli 2017, dan merilis video musik untuk "Everything Now". Pada Juli 2017, "Everything Now" menjadi singel pertama Arcade Fire yang mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard (tangga lagu Adult Alternative Songs airplay chart). Pada Oktober 2017, manajer lama Scott Rodger berpisah dengan band.

Everything Now berhasiil menempati peringkat #1 di tangga album Billboard 200 Amerika dengan penjualan 100.000 unit setara album, di mana 94.000 di antaranya adalah penjualan fisik album. Ini adalah album nomor satu ketiga Arcade Fire di Amerika.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]