Radiohead

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Radiohead
Informasi latar belakang
AsalAbingdon, Oxfordshire, Inggris
GenreRock alternatif
Elektronika
Rock eksperimental
Tahun aktif1985–sekarang
LabelXL, TBD (2007–sekarang)
Parlophone, Capitol (1992–2005)
Situs webwww.radiohead.com
AnggotaThom Yorke
Jonny Greenwood
Ed O'Brien
Colin Greenwood
Phil Selway

Radiohead adalah sebuah grup musik eksperimental rock alternatif asal Britania Raya, terbentuk pada tahun 1985. Band ini terdiri dari Thom Yorke (vokal utama, gitar ritmis, piano), Jonny Greenwood (gitar utama, keyboard, penyintesis modular, Ondes Martenot, glockenspiel, dan lain-lain), Ed O'Brien (gitar, vokal, perkusi tambahan), Colin Greenwood (gitar bas, penyintesis, Phil Selway (drum, perkusi).

Radiohead merilis singel pertama mereka, "Creep", pada tahun 1992. Pada awalnya lagu ini tidak sukses, tetapi menjadi hits di seluruh dunia beberapa bulan setelah rilisnya album debut mereka, Pablo Honey (1993). Popularitas Radiohead naik di Britania Raya dengan rilisnya album studio kedua mereka, The Bends (1995). Album ketiga Radiohead, OK Computer (1997), membawa ketenaran dan kesuksesan internasional. Terkenal karena produksinya yang kompleks dan tema-tema alienasi modern, OK Computer sering diakui sebagai rekaman landmark tahun 1990-an dan salah satu album terbaik dalam musik populer.

Kid A (2000) dan Amnesiac (2001) menandai perubahan gaya musikal Radiohead, menggabungkan musik elektronik, jazz, musik klasik dan Krautrock. Meskipun Kid A membuat bingung pendengarnya, itu kemudian mendapatkan pujian luas dari para kritikus musik. Hail to the Thief (2003), sebuah campuran rock yang didominasi gitar, elektronik dan lirik-lirik yang terinspriasi dari perang, adalah album terakhir band ini untuk label rekaman mayor mereka, EMI. Radiohead secara independen merilis album ketujuh mereka, In Rainbows (2007), awalnya sebagai unduh digital di mana para pelanggan bisa menetapkan harga mereka sendiri, dan selanjutnya dalam format fisik yang sukses dalam kritik dan tangga album di seluruh dunia. Radiohead merilis album kedelapan mereka, The King of Limbs (2011) dalam format yang beragam. Pada Mei 2016, setelah mengeluarkan dua singel, Radiohead merilis album kesembilan mereka, A Moon Shaped Pool.

Pada 2011, Radiohead telah menjual lebih dari 30 juta album di seluruh dunia. Penghargaan yang mereka dapatkan termasuk enam Grammy Awardsdan empat Ivor Novello Awards. Tujuh single Radiohead telah mencapai peringkat 10 besar di UK Singles Chart: "Creep" (1992), "Street Spirit (Fade Out)" (1996), "Paranoid Android" (1997), "Karma Police" (1997), "No Surprises" (1998), "Pyramid Song" (2001) and "There There" (2003). "Creep" dan "Nude" (2008) merupakan lagu mereka yang berhasil masuk peringkat 40 besar di Billboard Hot 100 Amerika. Rolling Stone menyebut Radiohead sebagai salah satu dari 100 artis terhebat sepanjang masa, dan pembaca Rolling Stone memilih mereka sebagai artis terbaik kedua dekade 2000-an. Lima album Radiohead telah dimasukkan dalam daftar 500 album terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone, dan band ini adalah artis yang paling banyak dinominasikan dalam sejarah Mercury Prize, dengan lima nominasi. Mereka dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2019

History[sunting | sunting sumber]

1985–1992: Formation and first years[sunting | sunting sumber]

Para anggota Radiohead bertemu saat menghadiri Abingdon School, sebuah sekolah independen untuk anak laki-laki di Abingdon, Oxfordshire. Gitaris dan penyanyi Thom Yorke dan bassis Colin Greenwood berada di tahun yang sama, gitaris Ed O'Brien dan drummer Philip Selway tahun di atas, dan multi-instrumentalis Jonny Greenwood, saudara Colin, dua tahun di bawah. Pada tahun 1985, mereka membentuk On a Friday, nama yang mengacu pada hari latihan mereka yang biasa di ruang musik sekolah. Jonny adalah yang terakhir bergabung, pertama pada harmonika dan kemudian keyboard, tetapi segera menjadi gitaris utama; dia sebelumnya berada di band lain, Illiterate Hands, dengan musisi Nigel Powell dan saudara laki-laki Yorke, Andy Yorke. Menurut Colin, anggota band memilih instrumen mereka karena mereka ingin bermain bersama, bukan karena minat tertentu: "Itu lebih merupakan sudut kolektif, dan jika Anda dapat berkontribusi dengan meminta orang lain memainkan instrumen Anda, maka itu benar-benar keren."

Band tidak menyukai suasana sekolah yang ketat—kepala sekolah pernah menuduh mereka menggunakan ruang latihan pada hari Minggu—dan menemukan ketenangan di departemen musik. Mereka memuji guru musik mereka karena memperkenalkan mereka pada jazz, soundtrack film, musik avant-garde pascaperang, dan musik klasik abad ke-20. Oxfordshire dan Thames Valley memiliki kancah musik independen yang aktif pada akhir 1980-an, tetapi itu berpusat pada band-band shoegazing seperti Ride dan Slowdive. Berdasarkan kekuatan demo awal, On a Friday ditawari kontrak rekaman oleh Island Records, tetapi mereka memutuskan bahwa mereka tidak siap dan ingin masuk universitas terlebih dahulu

On a Friday memainkan pertunjukan pertama mereka pada tahun 1987, di Oxford's Jericho Tavern. Meskipun semua kecuali Jonny telah meninggalkan Abingdon pada tahun 1987 untuk masuk universitas, On a Friday terus berlatih pada akhir pekan dan hari libur, tetapi tidak bermain manggung selama empat tahun. Di Universitas Exeter, Yorke bermain dengan band Headless Chickens, membawakan lagu-lagu termasuk materi Radiohead masa depan. Dia juga bertemu seniman Stanley Donwood, yang kemudian menciptakan karya seni untuk Radiohead.

Pada tahun 1991, On a Friday berkumpul kembali di Oxford, berbagi rumah di sudut Magdalen Road dan Ridgefield Road. Mereka merekam demo lain, yang menarik perhatian Chris Hufford, produser Slowdive dan salah satu pemilik Oxford's Courtyard Studios. Dia dan mitra bisnisnya Bryce Edge menghadiri konser di Jericho Tavern; terkesan, mereka menjadi manajer On a Friday. Pada akhir tahun 1991, Colin bertemu dengan perwakilan EMI A&R Keith Wozencroft di Our Price, toko kaset tempat Colin bekerja, dan menyerahkan salinan demo terbaru mereka, Manic Hedgehog EP. Wozencroft terkesan dan menghadiri pertunjukan mereka.

November itu, On a Friday tampil di Jericho Tavern di hadapan penonton yang mencakup beberapa perwakilan A&R; itu hanya pertunjukan kedelapan mereka, tetapi mereka telah menarik minat dari beberapa perusahaan rekaman. Pada 21 Desember 1991, On a Friday menandatangani kontrak rekaman enam album dengan EMI. Atas permintaan EMI, band ini mengubah nama mereka; "Radiohead" diambil dari lagu "Radio Head" di album Talking Heads True Stories (1986). Yorke mengatakan nama itu "meringkas semua hal tentang menerima barang ... Ini tentang cara Anda menerima informasi, cara Anda merespons lingkungan tempat Anda berada."

1992–1994: "Creep", Pablo Honey and kesuksesan awal[sunting | sunting sumber]

Radiohead merekam EP debut mereka, Drill, dengan Hufford dan Edge di Courtyard Studios. Dirilis pada Mei 1992, kinerja grafiknya dalam tangga album sangat buruk. Karena sulit bagi label besar seperti EMI untuk mempromosikan band di Inggris, di mana label independen mendominasi tangga lagu indie, manajer Radiohead merencanakan agar Radiohead menggunakan produser Amerika dan melakukan tur secara agresif di Amerika, kemudian kembali untuk membangun pengikut di Inggris. Paul Kolderie dan Sean Slade, yang pernah bekerja dengan band indie Amerika Pixies dan Dinosaur Jr., diminta untuk memproduseri album debut Radiohead, yang direkam dengan cepat di Oxford pada 1992. Dengan dirilisnya single debut mereka, "Creep", pada bulan September itu, Radiohead mulai mendapat perhatian di media musik Inggris, namun tidak semuanya mendapatkan respin positif; NME menggambarkan mereka sebagai "alasan hati-lili untuk sebuah band rock", dan "Creep" dimasukkan dalam daftar hitam oleh BBC Radio 1 karena lagunya "terlalu depresi".

Radiohead merilis album debut mereka, Pablo Honey, pada Februari 1993. Album ini mencapai posisi nomor 22 di tangga album Inggris, karena "Creep" dan singel lanjutannya "Anyone Can Play Guitar" dan "Stop Whispering" gagal menjadi hit. "Pop Is Dead", sebuah single non-album, juga terjual dengan buruk; O'Brien kemudian menyebutnya "kesalahan yang mengerikan". Beberapa kritikus membandingkan Radiohead dengan gelombang musik grunge yang populer di awal 1990-an, menjuluki mereka "Nirvana (grup musik)-lite", dan Pablo Honey gagal membuat dampak kritis atau komersial pada rilis awalnya.

Pada awal 1993, Radiohead mulai menarik pendengar di tempat lain. "Creep" telah sering diputar di radio Israel oleh DJ berpengaruh Yoav Kutner, dan pada bulan Maret, setelah lagu tersebut menjadi hit di sana, Radiohead diundang ke Tel Aviv untuk pertunjukan pertama mereka di luar negeri. Sekitar waktu yang sama, "Creep" mulai diputar di stasiun radio AS dan naik ke nomor dua di tangga lagu rock modern Amerika. Pada saat Radiohead memulai tur Amerika Utara pertama mereka pada bulan Juni 1993, video musik untuk "Creep" sedang diputar di MTV. Lagu ini mencapai posisi 34 di tangga lagu Billboard Hot 100 Amerika, dan mencapai posisi tujuh di UK Singles Chart inggris ketika EMI merilisnya kembali pada bulan September. Untuk membangun kesuksesan, Radiohead memulai tur AS sebagai band pembuka untuk tur konser Belly (rapper) dan PJ Harvey, diikuti oleh tur Eropa sebagai pembuka band James.

1994–1995: The Bends, pengakuan dari kritikus, dan meningkatnya basis penggemar[sunting | sunting sumber]

Radiohead mulai mengerjakan album kedua mereka pada tahun 1994 dengan produser veteran Abbey Road Studios John Leckie. Ketegangan meninggi, dengan harapan yang meningkat untuk menyamai kesuksesan dari lagu "Creep". Demi mencari penyegaran, mereka melakukan tur ke Timur Jauh, Australasia dan Meksiko dan menemukan kepercayaan diri yang lebih besar untuk menampilkan musik baru mereka secara langsung. EP dan single My Iron Lung, dirilis pada tahun 1994. Itu adalah kolaborasi pertama Radiohead dengan produser masa depan mereka Nigel Godrich, yang saat itu bekerja di bawah Leckie sebagai insinyur audio, dan artis Stanley Donwood, yang nantinya akan memproduksi semua karya seni Radiohead. Dipromosikan melalui stasiun radio alternatif, penjualan My Iron Lung lebih baik dari yang diharapkan, dan menyarankan bahwa band telah membangun basis penggemar.

Setelah memperkenalkan lebih banyak lagu baru dalam tur, Radiohead selesai merekam album kedua mereka pada akhir 1994, dan merilis The Bends pada Maret 1995. Album ini didorong oleh riff padat dan atmosfer halus dari tiga gitaris, dengan penggunaan keyboard yang lebih banyak daripada album debut mereka. Itu menerima ulasan yang lebih positif untuk penulisan lagu dan penampilannya. Ketika sebelumnya Radiohead dipandang sebagai orang asing di dalam komunitas Britpop yang tengah mendominasi media dan tangga musik pada saat itu, mereka akhirnya sukses di negara asalnya dengan The Bends, dengan singel "Fake Plastic Trees", "High and Dry", "Just", dan "Street Spirit (Fade Out)" berhasil mendapat kesuksesan pada tangga lagi. "High and Dry" menjadi hit menengah, tetapi basis penggemar Radiohead yang berkembang tidak cukup untuk dapat mengulangi kesuksesan dari lagu "Creep" di seluruh dunia. The Bends menempati peringkat No 88 di tangga album Amerika, menjadi album Radiohead dengan posisi terendah di sana. Jonny Greenwood mengatakan The Bends telah menjadi "titik balik" untuk Radiohead: "Itu mulai muncul dalam jajak pendapat orang-orang sebagai album [terbaik] pada akhir tahun. Saat itulah kami mulai merasa bahwa kami membuat pilihan yang tepat untuk menjadi sebuah band ." Di tahun-tahun berikutnya, The Bends muncul di banyak daftar publikasi sebagai album terbaik sepanjang masa, terutama masuk dalam daftar 500 album terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone edisi 2012 pada posisi 111.

Pada tahun 1995, Radiohead kembali melakukan tur ke Amerika Utara dan Eropa, kali ini sebagai band pembuka R.E.M. (grup musik), salah satu band idola mereka yang pada saat itu merupakan salah satu band rock terbesar di dunia. Buzz yang dihasilkan oleh selebrity terkenal yang menjadi fans mereka seperti vokalis band R.E.M. Michael Stipe, bersama dengan video musik khas untuk "Just" dan "Street Spirit", membantu mempertahankan popularitas Radiohead di luar Inggris. Video live pertama mereka, Live at the Astoria, dirilis pada 1995.

1995–1998: OK Computer and Kesuksesan Internasional[sunting | sunting sumber]

Radiohead memutuskan untuk memproduksi sendiri album mereka berikutnya dengan Godrich, dan mulai bekerja pada awal 1996. Pada bulan Juli mereka telah merekam empat lagu di studio latihan mereka, Canned Applause, sebuah gudang apel di pedesaan dekat Didcot, Oxfordshire. Pada bulan Agustus 1996, Radiohead melakukan tur sebagai band pembuka untuk Alanis Morissette. Mereka melanjutkan rekaman album bukan di studio tetapi di St. Catherine's Court, sebuah rumah besar abad ke-15 di dekat Bath. Sesi rekamannya santai, dengan band bermain sepanjang hari, merekam di ruangan yang berbeda, dan mendengarkan The Beatles, DJ Shadow, Ennio Morricone dan Miles Davis untuk inspirasi.

Radiohead merilis album ketiga mereka, OK Computer, pada Mei 1997. Banyak yang beranggapan jika band ini bereksperimen dengan struktur lagu dan menggabungkan pengaruh ambient, avant-garde dan elektronik, mendorong Rolling Stone untuk menyebut album sebagai "tour de force untuk art-rock yang menakjubkan". Beberapa membandingkan OK Computer secara tematis dengan album terlaris milik band Pink Floyd The Dark Side of the Moon (1973), meskipun Yorke mengatakan lirik album terinspirasi dari hasil mengamati "kecepatan" dunia pada 1990-an. Lirik Yorke, mewujudkan karakter yang berbeda, telah mengungkapkan apa yang disebut majalah "blues pada akhir milenium" berbeda dengan lagu-lagu dari album The Bends yang lebih pribadi. OK Computer pun menerima pujian kritis yang sangat luas.

OK Computer adalah album pertama Radiohead yang menempati peringkat nomor satu di Inggris, dan membuat mereka meraih kesuksesan secara komersial di seluruh dunia. Meskipun menempati peringkat 21 di tangga album Amerika, album ini akhirnya mendapat pengakuan yang luar biasa di sana, mengantar Radiohead menerima penghargaan Grammy Awards pertama mereka, memenangkan Album Alternatif Terbaik dan masuk nominasi untuk Album terbaik Tahun Ini. Lagu "Paranoid Android", "Karma Police" dan "No Surprises" dirilis sebagai singel, di mana "Karma Police" paling sukses secara internasional. OK Computer kemudian masuk dalam daftar sebagai album Inggris "terbaik". Pada tahun yang sama, Radiohead menjadi salah satu band pertama di dunia yang memiliki situs web, dan mengembangkan pengikut online yang setia; dalam beberapa tahun, ada lusinan situs penggemar yang didedikasikan untuk mereka.

OK Computer diikuti oleh tur dunia Against Demons selama setahun, termasuk sebagai penampil utama Radiohead di Festival Glastonbury untuk pertama kali pada tahun 1997. Terlepas dari masalah teknis yang hampir menyebabkan Yorke meninggalkan panggung, pertunjukan tersebut diakui dan mematenkan posisi Radiohead sebagai musisi dengan pertunjukan live terbesar. Grant Gee, sutradara dari video "No Surprises", memfilmkan band dalam tur untuk film dokumenter 1999 Meeting People Is Easy. Film ini menggambarkan ketidakpuasan band dengan industri musik dan pers, menunjukkan kelelahan mereka selama tur. Sejak dirilis, OK Computer sering diakui sebagai album terpenting dalam dekade 1990-an dan era dari Generasi X, dan salah satu album terbesar dalam sejarah musik.

Legacy and influence[sunting | sunting sumber]

Radiohead telah menjual lebih dari 30 juta album di seluruh dunia pada tahun 2011. Karya mereka menempati posisi tinggi dalam polling pendengar dan daftar kritikus musik sebagai yang terbaik dalam dekade 1990-an dan 2000-an. Pada tahun 2005, Rolling Stone menobatkan mereka sebagai artis terbesar ke-73 sepanjang masa; Jonny Greenwood dan O'Brien keduanya termasuk dalam daftar gitaris terbaik Rolling Stone, dan Yorke masuk dalam daftar penyanyi terbaik mereka. Lima album Radiohead telah dinominasikan untuk Mercury Prize, membuat Radiohead menjadi artis yang paling banyak dinominasikan dalam sejarah penghargaan tersebut. Mereka masuk dalam daftar sebagai band terbesar sepanjang masa oleh Spin (ke-15) dan salah satu artis terhebat oleh VH1 (ke-29). Mereka juga ditempatkan sebagai band Inggris terbaik ketiga dalam sejarah oleh Harry Fletcher dari Evening Standard. Radiohead dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2019. Pada tahun 2009, pembaca Rolling Stone memilih Radiohead sebagai artis terbaik kedua pada dekade 2000-an, di belakang Green Day Pada tahun 2021, pembaca Pitchfork memilih tiga album Radiohead masuk dalam list sepuluh album terbesar dalam 25 tahun sebelumnya, termasuk Kid A di nomor satu.

Radiohead disebut-sebut sebagai salah satu band rock terkemuka abad ke-21. Album mereka dari dekade 90-an The Bends dan OK Computermenginspirasi generasi artis Inggris, termasuk Coldplay, Keane, James Blunt dan Travis (band). Pada tahun 2008, Rolling Stone menempatkan Yorke sebagai vokalis terbesar ke-66 sepanjang masa dan salah satu penyanyi paling berpengaruh di generasinya. Pendekatan eksperimental Radiohead dikreditkan telah memperluas musik rock alternatif. Menurut jurnalis AllMusic Stephen Thomas Erlewine, pada awal abad ke-21, Radiohead menjadi "batu ujian untuk segala hal yang berani dan penuh petualangan dalam rock", menggantikan David Bowie, Pink Floyd dan Talking Heads. Pada tahun 2003, kritikus Village Voice Robert Christgau menulis bahwa Radiohead adalah "satu-satunya band muda yang berdiri yang menggabungkan konsensus kritis dengan kemampuan untuk mengisi tempat yang lebih besar dari Hammerstein Ballroom". Gavin Haynes dari NME menggambarkan Radiohead pada tahun 2014 sebagai "The Beatles dari generasi kami". Pada tahun 2020, akademisi Daphne Brooks menggambarkan Radiohead sebagai "band rock kulit putih paling hitam yang muncul selama 30 tahun terakhir", mengutip pengaruh jazz hitam mereka, pengaruh pada artis kulit hitam, dan "dunia lain introspektif" mereka, yang paralel dengan karya hitam radikal. seniman

Kid A dikreditkan karena memelopori penggunaan Internet untuk streaming dan mempromosikan musik. Perilaku bayar apa yang Anda inginkan untuk In membeli album Rainbows dikreditkan sebagai langkah besar untuk distribusi musik; Forbes menulis bahwa itu "membantu menempa template untuk rilis album tidak konvensional di era internet", mengungguli artis seperti Beyoncé dan Drake. Berbicara pada pelantikan Radiohead ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, penyanyi David Byrne memuji musik dan inovasi rilis Radiohead, yang katanya telah mempengaruhi seluruh industri musik.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]