Phil Selway

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Philip Selway
Nama lahirPhillip James Selway
GenreRock alternatif, art rock, musik elektronik, folk rock
PekerjaanMusisi, penulis lagu, drummer, vokal
InstrumenDrum, drum machine, perkusi, gitar
Tahun aktif1985–sekarang
LabelXL Recordings, TBD, Bella Union
Artis terkaitRadiohead, 7 Worlds Collide, Solo - "Familial"
Situs webwww.philipselway.com

Philip James Selway (lahir 23 Mei 1967) adalah seorang musisi dan penulis lagu dari Inggris, terkenal sebagai drummer dari grup musik rock alternatif Radiohead. Dia juga bermain drum dan menjadi backing vokal, bersama dengan gitar dan vokal sesekali, untuk 7 Worlds Collide. Selway terkenal dengan presisi dan kecakapannya dalam berbagai time signature, menjadikannya berada di peringkat ke-26 sebagai drummer terbaik sepanjang masa menurut Gigwise pada tahun 2008.

Selway merilis album solo pertamanya, Familial, pada tanggal 30 Agustus 2010.

Radiohead[sunting | sunting sumber]

Sebelum Radiohead menjadi sukses, Selway mempelajari Sastra Kehidupan dan Pemikiran (Bahasa Inggris dan Sejarah) di Liverpool Polytechnic's CF Mott Campus di dekat Prescot sebelum diubah namanya menjadi Liverpool John Moores University. Sebelumnya dia bekerja di tur berbagai musisi, dan juga sebagai guru Bahasa Inggris. Pada awal tahun 90-an, Selway meninggalkan Radiohead (yang dulu disebut Shindig atau On a Friday) untuk pindah ke Irlandia, dan akhirnya kembali pada Radiohead.

Ketukan dan keberagaman permainan drumnya membantu memberikan suara bagi Radiohead. Tekniknya pada album - album Radiohead terdahulu, seperti Pablo Honey dan The Bends, sesuai dengan nuansa rock klasik gaya asli Radiohead. Sejak berkembangnya ke-eksperimental-an dan rasa atmosferik pada karya - karya terbaru Radiohead telah dilengkapi dengan perubahan Selway menjadi lebih mendalam, dengan teknik pengulangan, dan seringkali menampilkan suara motorik. Salah satu penampilan terbaiknya adalah pada festival Glastonbury tahun 2003 pada lagu Idioteque, dimana improvisasi dan eksekusinya dari lagu tersebut mendapatkan pengakuan besar.

Di samping bermain drum di grup musiknya, Selway juga kadang-kadang menjadi backing vokal dalam penampilan live mereka, seperti pada "There There", "2+2=5", "I Will" dan "Go to Sleep". Sejak album Kid A, dia juga berkontribusi dalam memprogram drum machine.

Selway telah mempelajari drum di Drumtech, London, bersama dengan sesama anggota Radiohead Ed O'Brien di bawah pengawasan Francis Seriau.