Nick O'Malley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Nicholas O'Malley
Nick omalley at MSG.jpg
Nick O'Malley bersama Arctic Monkeys di Madison Square Garden pada 22 Maret 2012
Latar belakang
Nama lahirNicholas O'Malley
Nama lainNick
Lahir5 Juli 1985 (umur 33)
Sheffield, England
GenreIndie rock, psychedelic rock, garage rock, post-punk revival
PekerjaanMusisi, penulis lagu
InstrumenVokal, gitar bass, gitar
Tahun aktif2006-sekarang
LabelDomino
Artis terkaitArctic Monkeys, The Dodgems
Instrumen khusus
Fender Precision Bass
Rickenbacker 3000

Nicholas "Nick" O'Malley (lahir 5 Juli 1985) adalah bassist dan backing vokalis band asal Sheffield Arctic Monkeys.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

O'Malley menyatakan bahwa ia mengambil gitar bass pada usia 16, setelah ambisi untuk bermain gitar dan drum ditolak oleh ayahnya.[1] Sebelum bergabung dengan Arctic Monkeys, O'Malley bermain gitar bass di band garage rock lokal The Dodgems.

Arctic Monkeys[sunting | sunting sumber]

O'Malley dirancang sebagai pengganti semetara untuk bassist Andy Nicholson ketika yang terakhir mengumumkan ia tidak akan mengikuti band ini di tur Amerika Utara pada Mei 2006,[2] saat bekerja di sebuah Asda.[3] O'Malley mengatakan bahwa dia belajar seluruh album debut band dalam dua hari bermain intensif di mana dia "cukup banyak bahkan tidak meninggalkan rumah."[4] Rekaman pertamnya dengan band yaitu single "Leave Before the Lights Come On", di mana ia bermain gitar bass.

Penampilan pertamanya dengan band datang pada 25 Mei, ketika band memainkan pertunjukan rahasia di "Old Blue Last" pub di London timur.[2] 120 kapasitas tempat itu dilihat sebagai kesempatan untuk O'Malley untuk memiliki uji coba sebelum band manggung di Amerika Utara pertama di Vancouver pada 27 Mei dan festival di depan 15-20.000 orang.[4]

O'Malley sempat patah tangan saat mengikuti beberapa kejenakaan saat mabuk dengan mantan teman band The Dodgems nya hanya seminggu setelah setuju untuk mengisi untuk Nicholson -"Kami berjalan pulang dari pub, roadie kami (Adam Guest) menangkapnya (O'Malley) dan menariknya ke dinding tetangga kita. Ini cukup tinggi dan ia mendarat di tangan kanannya" frontman The Dodgems Phillip Goodwin seperti dikutip dari Angry Ape.[5]

Meskipun O'Malley hanya diperkirakan akan terus berlanjut sampai Nicholson telah sepenuhnya pulih, keberangkatan Nicholson dari band melihat pengumuman bahwa O'Malley akan menjadi anggota tetap band. Saat ia menjadi anggota tetap, ia menyatakan dalam sebuah wawancara dengan TV Q bahwa ia telah lebih dikenal sebelum ia bergabung dengan band:"Ini tidak pernah merasa seperti hal tekanan besar."

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

O'Malley tinggal di Los Angeles dengan pasangan yang sudah lama dengannya Kelly Boss, seorang koki di cafe. Pasangan ini sambut oleh seorang anak, Hearst, pada Maret 2014.

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Bass
Amps
  • Ashdown CTM-300 [6] (2013-present)
  • Ampeg SVT-VR [7]
Pedal
  • Skychord Truck Loud Overdrive
  • Electro-Harmonix Micro POG
  • Zvex Woolly Mammoth Fuzz[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ARCTIC MONKEYS US, stasyfish: Nick O'Malley for Bass Magazine, 2014". Arcticmonkeysus.tumblr.com. Diakses tanggal 2014-08-24. 
  2. ^ a b "Arctic Monkeys play gig in tiny pub". NME. 25 May 2006. Diakses tanggal 2006-07-10. 
  3. ^ "Nick O'Malley in his ASDA uniform". Nickomalleyisabeautifulman.tumblr.com. 21 January 2012. Diakses tanggal 2014-08-09. 
  4. ^ a b Sculley, Alan (11 May 2007). "Chill out: Arctic Monkeys blast into Boston this weekend". The Eagle-Tribune. Diakses tanggal 2007-05-13. 
  5. ^ [1] Archived 20070927194600 di angryape.com Galat: URL arsip tidak dikenal
  6. ^ http://ashdownmusic.com/news/51/Nick-OMalley-chooses-Ashdown/
  7. ^ http://www.dolphinmusic.co.uk/article/1516-how-to-sound-like-the-arctic-monkeys-a-complete-gear-guide.html
  8. ^ http://equipboard.com/pros/nick-o-malley/#effects-pedals