Amasia (benua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Amasia adalah Superbenua yang di masa depan dengan penyatuan antara Amerika Utara dan Asia. Amasia adalah benua hipotetis (kemungkinan) sehinggga belum ditentukan apakah Superbenua ini benar-benar terbentuk atau tidak. Amasia diperkirakkan akan terbentuk sekitar 50 - 200 juta tahun dari sekarang (masa depan). Amasia merupakan gabungan antara Asia, Afrika, dan Amerika.

Pembentukan (skenario alternatif)[sunting | sunting sumber]

Dalam prediksi, ini berawal dari Subduksi Pasifik di bawah Amerika Utara dan Eurasia yang jika terjadi secara terus menerus akan menutup (melenyapkan) Samudra Pasifik. Prediksi ini dibenarkan dengan Punggung Tengah Samudera Atlantik yang mendorong Lempeng Amerika Utara (beserta benuanya) terdorong hingga berbalik arah dari Samudra Atlantik ke Samudra Pasifik. Kejadian ini akan mengakibatkan meluasnya Samudra Atlantik.

Proses penutupan Samudra Pasifik sendiri akan dimulai dengan mendekatinya Amerika Utara menuju Asia melintasi Samudra tersebut, juga meluasnya Samudra Atlantik hingga lebih besar dari Samudra Pasifik sendiri dalam perkiraan. Dengan mendekatinya Amerika Utara ke Asia, akan menyebabkan kedua benua menyatu dan membentuk Superbenua yang dikenal dengan "Amasia".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]