Kraton Kongo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kraton - kraton yang ada di Amerika Selatan serta Afrika. Kraton Kongo berada di Afrika (dengan nama Congo dalam gambar tersebut) selama Gondwana (tidak diperlihatkan dataran Gondwana lainnya).

Kraton Kongo adalah adalah kraton kuno era Prakambrium yang terletak di Afrika. Ia (bersama dengan Kraton Kaapvaal, Zimbabwe, Tanzania, dan Afrika Barat) merupakan benua atau kraton tua di bumi sehinggga membuat dataran Afrika memiliki batuan kuno dan salah satu batuannya merupakan tertua di bumi (setelah di Australia). Kraton - kraton ini terbentuk antara 3,6 hingga 2 miliar tahun yang lalu (yang tertua Kaapvaal).

Kraton Kongo mengambil hampir sebagian Afrika barat tengah yang membentang dari RDK hingga Sudan dan Angola. Selain itu, ia menjadi bagian dari negara-negara Afrika lainnya seperti Gabon, Kamerun, serta Republik Afrika tengah. Ia juga meliputi sedikit daerah Zambia. Kraton Kongo pada awalnya merupakan bagian dari benua Atlantika (bersama dengan Kraton Zimbabwe, Tanzania dan Afrika Barat).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]