Lempeng Pasifik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bentuk dasar Lempeng Pasifik di Samudra Pasifik.
Lempeng Pasifik, ditunjukkan dalam warna kuning muda.

Lempeng Pasifik adalah lempeng terbesar dari 7 batas tektonik utama. Dengan ukuran 102.900.000 km2 lebih dari dua kali lipat ukuran Lempeng Amerika Selatan. Lempeng Pasifik berada di dasar laut Samudra Pasifik.

Lempeng tektonik aneh karena sering terdiri dari kerak samudera dan kerak benua. Seperti contoh, Lempeng Pasifik mendasari Samudra Pasifik dengan Kepulauan Hawaii diposisikan ditengah. Lempeng Pasifik membentang di sepanjang pantai barat Amerika Utara hingga Alaska. Di tepi barat, ia menjangkau sampai ke pantai timur pulau-pulau Jepang dan Indonesia.

Lempeng ini membentuk sebagian besar Cincin Api Pasifik. Pola sepatu kuda dari lempeng tektonik ini memiliki beberapa gempa dan gunung api paling parah di Bumi. Rata-rata, Lempeng Pasifik bergerak dengan kecepatan 5 - 10 cm per tahun. Namun Lempeng Pasifik, Lempeng Cocos, Lempeng Nazca, dan Lempeng Antarktika bergerak lebih dari 10 cm yang merupakan laju pergerakan tercepat dari semua lempeng tektonik.[1]

Lempeng Tektonik[sunting | sunting sumber]

Subduksi di sepanjang batas luar Samudra Pasifik menghasilkan busur besar gempa bumi dan aktivitas gunung berapi, yang dikenal sebagai "Cincin Api". Titik panas di bawah Lempeng Pasifik di dekat ujung barat Pasifik Amerika Serikat memunculkan Kepulauan Hawaii. Lempeng Pasifik berperan sebagai semacan "museum" paleo-geologi bawah laut. Dengan demikian, itu berisi wilayah terbesar dengan sisa-sisa pemain geologi tertua di bawah dasar laut di dalam palung lautan Asia. Ada bukti bahwa lempeng kecil Juan de Fuca, Nazka, dan Cocos adalah sisa lempeng sebelumnya yang disebut Farallon. Sebuah peta geologis dasar laut Samudra Pasifik mengungkapkan sekuens geologis selama jutaan tahun, dan informasi rumah bahwa mereka membentuk Cincin Api pada batas laut terbesar. Lempeng Pasifik dapat menunjukkan kronologi dasar laut Pasifik dengan langkah tangga, dengan yang tertua disubstitusi ke Palung Asia Pasifik sendini 145 juta tahun yang lalu. Hari ini, Lempeng Pasifik bersama Cekungan Pasifik, menyusut. Ini terjadi ketika Amerika Utara dan Selatan bergerak ke barat, memperluas Samudra Atlantik dengan mengorbankan luasnya Pasifik sendiri.[2]

Batas-batas lempeng[sunting | sunting sumber]

Ke utara di sisi timur ada batas divergen dengan Lempeng Penjelajah, Juan de Fuca dan Gorda yang berturut-turut membentuk Punggung Penjelajah, Juan de Fuca dan Gorda. Ke tengah di bagian sisi timur ada batas peralihan dengan Lempeng Amerika Utara sepanjang Patahan San Andreas dan batas dengan Lempeng Cocos. Ke selatan di bagian timur ada batas divergen dengan Lempeng Nazca yang membentuk Tanjakan Pasifik Timur.

Di bagian selatan ada batas divergen dengan Lempeng Antartika yang membentuk Punggung Pasifik-Antartika.

Di bagian barat ada batas konvergen yang mensubduksi di bawah Lempeng Eurasia ke utara dan Lempeng Filipina di tengah yang membentuk Parit Mariana. Di selatan, Lempeng Pasifik memiliki batas yang kompleks namun umumnya konvergen dengan Lempeng Indo-Australia, yang mensubduksi di bawahnya ke utara Selandia Baru. Patahan Alpen menandai batas peralihan antara 2 lempeng, dan lebih lanjut ke utara Lempeng Indo-Australia mensubduksi di bawah Lempeng Pasifik.

Di bagian utara ada batas konvergen yang mensubduksi di bawah Lempeng Amerika Utara yang membentuk Parit Aleut dan Kepulauan Aleut di dekatnya.

Lempeng Pasifik memuat interior hot spot dalam yang membentuk Kepulauan Hawaii.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pacific Plate: Movement and Direction of the Pacific Tectonic Boundary". Earth How (dalam bahasa Inggris). 2018-10-19. Diakses tanggal 2019-11-01. 
  2. ^ "What Is The Pacific Plate?". WorldAtlas (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-08.