Atlantika (benua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Atlantika)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
letak Atlantika pada peta Amerika Selatan-Afrika. Atlantika saat ini menjadi bagian dari Amerika Selatan dan Afrika.

Atlantika (bahasa Yunani: Ατλαντικα ; Atlantika) adalah benua kuno yang terbentuk sekitar 2 miliar tahun yang lalu (2000 juta tahun lalu)[butuh rujukan] selama era Paleoproterozoikum. Atlantika terbentuk dari berbagai kraton yang saat ini lokasinya terletak di terletak di Afrika Barat dan timur Amerika Selatan. Atlantika lebih tepatnya terbentuk setelah pecahnya Kenorland. Nama tersebut diperkenalkan oleh Rogers 1996, Karena benua ini terbentuk Di Samudra Atlantik bagian Selatan. Sekitar 1,9 -1,8 miliar tahun yang lalu daratan-daratan dunia mulai menyatu (termasuk Atlantika) dan akhirnya pun membentuk Superbenua Nena yang merupakan kelanjutan dari Kenorland.

Kraton-kraton di Afrika kebanyakan merupakan bagian dari Atlantika, antara lain: Kraton Kongo, Zimbabwe, Tanzania dan Afrika Barat, Kalaharia. Kraton-kraton di Amerika Selatan juga ada yang merupakan bagian dari benua Atlantika, antara lain: Amazonia, Sāo Fransisko, Rio Apa, Sāo Luís, dan Río de la Plata. Kraton-kraton ini dianggap awal pembentukannya berawal dari Atlantika.

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Atlantika terbentuk hampir bersamaan dengan Pembentukan Nena karena Atlantika terbentuk kurang dari 2 miliar tahun yang lalu selama era Arkean . Pembentukannya hampir bersamaan dengan kraton - kraton lainnya (salah satunya ialah Kraton Kongo). Akan tetapi kraton - kraton yang terbentuk bersamaan dengan Atlantika menjadi bagian dari Atlantika sendiri (membentuk satu kesatuan dengan Atlantika).

Perpecahan[sunting | sunting sumber]

proses perpecahan Pannotia sekitar 550 juta tahun yang lalu dimana Atlantika bergabung dengan Gondwanaland barat.

Atlantika bergabung dengan Nena sekitar 1.9 - 1.8 miliar tahun yang lalu. Ketika 1.8 miliar tahun yang lalu, Nena mulai digantikan oleh Superbenua baru, yakni Columbia yang bertahan hingga 1.5 miliar tahun yang lalu. Atlantika diperkirakkan berpisah dari Columbia sekitar 1.6 hingga 1.4 miliar tahun yang lalu.

Sekitar 1.1 miliar tahun yang lalu, Rodinia terbentuk dan Atlantika menjadi bagian dari Superbenua tersebut. Rodinia terpecah sekitar 750 juta tahun yang lalu dan terbentuk tiga benua baru, yakni Protolaurasia, Protogondwana (Barat dan Timur) dan Kraton Kongo . Atlantika menjadi pusat dari Protogondwana bagian Timur hingga akhir era Neoproterozoikum (sebelum, selama dan akhir dari Pannotia). Atlantika secara resmi bubar (pecah) pada akhir Neoproterozoikum. Hingga saat ini, sisa sisa deformasi Atlantika masih ada disekitar sisi pantai Samudra Atlantik (lebih tepatnya pantai Timur Amerika Selatan dan pantai Barat Afrika).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Alkmim, Fernando F .; Marshak, Stephen; Pedrosa-Soares, Antônio Carlos; Peres, Guilherme Gravina; Cruz, Simone Cerqueira Pereira; Whittington, Alan (1 September 2006). "Evolusi kinematik dari orogen Araçuaí-Kongo Barat di Brasil dan Afrika: tektonik Nutcracker selama pertemuan Neoproterozoikum Gondwana". Penelitian Prakambrium . 149 (1-2): 43–64. Bibcode : 2006PreR.149 ... 43A . doi : 10.1016 / j.precamres.2006.06.007 .

Lihat pula[sunting | sunting sumber]