Albert Aalbers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bank DENIS yang dibangun pada tahun 1936 adalah karya Aalbers.

Albert Frederik Aalbers (Rotterdam, 13 Desember 1897 – Rotterdam, 1961) adalah seorang arsitek Belanda, yang aktif berkarya di Belanda dan Hindia Belanda.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sejak tinggal di Hindia Belanda dari tahun 1928, ia sukses sebagai arsitek. Bersama dengan Henri Maclaine Pont dan Prof. Charles Prosper Wolff Schoemaker (Aalbers memulai kariernya dari biro arsitektur milik Schoemaker), ia termasuk dalam 3 arsitek besar di Hindia Belanda. Karya-karyanya berupa vila, hotel, teater, dan bangunan kantor yang elegan dan modern di Bandoeng yang dibangun setelah tahun 1930 memancarkan aura kontemporer. Sebagai teknisi inovatif, ia berusaha mencari solusi masalah teknis secara tak ortodoks dan awalnya bereksperimen dengan bangunan sistem. Ia memasukkan unsur Indonesia asli ke dalam karya-karyanya dan ia terilhami oleh Frank Lloyd Wright.

Salah satu karya terkenalnya di Bandoeng adalah gedung Bank DENIS (sekarang Bank Jabar Banten) yang dibangun tahun 1936 serta Hotel Savoy Homann yang dibangun pada tahun 1940, yang diilhami dari garis arus samudra. Pemerintah Indonesia mempertimbangkan untuk mendaftarkan bangunan-bangunan ini ke Situs Warisan Dunia UNESCO. Kulit luar bangunan-bangunan tersebut dilestarikan dengan baik, sementara bagian dalamnya dimodifikasi dan dimodernisasi serta tetap berfungsi sama.

Perang Dunia II mengakhiri kesuksesan Aalbers sebagai arsitek. Setelah perang berakhir, ia kembali ke Belanda dan cukup sukses meskipun tidak terkenal. Masa-masa pendudukan Jepang telah banyak memengaruhi kesehatannya dan ia meninggal 18 tahun setelah kembali ke Belanda.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]