Cosman Citroen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

C. Citroen
LahirCosman Citroen
(1881-08-26)26 Agustus 1881
Amsterdam, Belanda
Meninggal15 Mei 1935(1935-05-15) (umur 53)
Surabaya, Hindia Belanda
KebangsaanBelanda
PekerjaanArsitek
Karya terkenalLawang Sewu

Cosman Citroen (26 Agustus 1881 – 15 Mei 1935) adalah seorang arsitek Belanda.[1] Ia mendesain banyak bangunan di Hindia Belanda, termasuk markas Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Citroen adalah anak dari Levie Citroen (lahir 12 November 1855), seorang pemotong berlian di Amsterdam, serta Sara Levie Coltof (lahir 26 Februari 1852). Keluarga ini mempunyai enam orang anak.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Sociëteit Concordia (Komunitas Concordia)

Citroen menerima pelajaran arsitektur di Sekolah Tinggi Keguruan di Amsterdam dan mendapatkan gelarnya untuk mengajar Teknik. Selama tiga belas tahun ke depannya (1902-1915) dia bekerja di firma arsitektur milik J.F. Klinkhamer dan B.J. Ouëndag.

Pada tahun 1907 ia membantu mendesain markas Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij, NIS) dan bekerja sebagai kepala kantor perusahaan. Di 1915 ia pindah ke Hindia Belanda. Pada tahun 1917 dia membuat rancangan kantor pusat kota dan mendesain bangunan Rumah Sakit Darmo. Dia adalah anggota dari beberapa komite, seperti komite pelarangan pembangunan dan Pelayanan Riset Arkeologi (Archaeological Advisory Service). Dia juga merupakan pimpinan Museum Asosiasi Antik di Surabaya, dan selama tahun-tahun terakhir hidupnya, dia bekerja sebagai advisor arsitektur di kota Surabaya. Dia mengerjakan rancangan urban ekspansi kota Surabaya, termasuk rancangan kota Ketabang.

Dalam perannya sebagai arsitek, ia ditugaskan untuk membuat rencana renovasi sebuah komunitas Concordia milik Perusahaan British Petroleum (BP). Bangunan lain yang didesain Citroen adalah sebuah rumah di Jalan Sumatra (kini konsulat Amerika Serikat), rumah-rumah di Lawang, rancangan jalan untuk Koepang dan sebuah overpass di Pasar Besar. Dia meninggal setelah sebuah operasi pada umur 53, akibat serangan jantung. Dia dimakamkan di Kembang Kuning.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b [1]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • 'Architect C. Citroen deceased "in the Algemeen Handelsblad, May 17, 1935
  • C. Lemon. His career ', in the Indian Gazette, May 16, 1935

Pranala luar[sunting | sunting sumber]