Mary Pickford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mary Pickford

Mary Pickford (8 April 1892 – 29 Mei 1979), memiliki nama asli Gladys Louise Smith yang dibaptis secara Katolik Roma dengan nama Gladys Marie Smith adalah seorang aktris Kanada-Amerika yang memenangkan Oscar dan salah satu pendiri United Artists bersama dengan D.W.Grffith, Charlie Chaplin dan Douglas Fairbanks tahun 1919. Organisasi ini sekarang dimiliki oleh MGM dan diberikan kepada Tom Cruise.United Artist memiliki keuntungan, sehingga Pickford mengakui bahwa keuntungannya dapat digunakan untuk membeli lapangan golf.

Ia adalah salah satu pioner terbaik di industri film. Ia menikah 3 kali yaitu dengan Owen Moore, Douglas Fairbanks dan Charles "Buddy" Rogers.

Pickford merupakan pemenang Oscar perempuan pertama. Pickford memiliki hubungan baik dengan Charlie Chaplin, mereka mengunjungi Indonesia pada tahun 1920-an. Pickford juga bersahabat dengan Lillian Gish dan Mabel Normand.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Douglas Fairbanks adalah salah satu aktor terkenal di Hollywood dengan panggilan "Everybody's Hero". Fairbanks memainkan salah satu tokoh heroik terkenal pertama kali yaitu Zorro. Fairbanks juga menjadi Robin Hood, tetapi kariernya jatuh ketika masa Talkies. Kemudian sebagai hadiah Fairbanks memberikan Pickford sebuah bangunan yaitu "Pickfair". Pernikahan pertamanya adalah dengan aktor Owen Moore, yang bermain dengan Pickford di Cinderella.

Mary Pickford memiliki 2 saudara yaitu Jack Pickford dan Lottie Pickford. Ibu Mary merupakan seorang aktris, Charlotte Hennesy. Pengaruhnya dalam pembuatan film sangat besar. Mary Pickford lahir di Toronto, Ontario, Kanada pada tanggal 8 April 1892. Dia memulai karier dalam dunia teater sejak usia 7 tahun bersama keluarganya.

Perjalanan Karir[sunting | sunting sumber]

Ia bergabung dengan David Bellasco dan tampil dalam "The Warrens of Virginia" dan masuk ke dalam dunia perfilman pada tahun 1909. Ia bekerja dengan "American Mustocope & Biograph" yang diarahkan oleh D.W.Griffith. Selanjutnya ia bergabung dengan IMP Film and Co, dan terakhir dengan Famous Film Players Company dengan Adolph Zukor .Pickford juga memiliki lembaga perfilman sendiri, "Mary Pickford and Co."

Pickford banyak bermain dalam film sebagai anak-anak yang menyebabkan ia sangat terkenal. Pada akhir 1920-an Pickford merasa bosan bermain peran kanak-kanak, sehingga ia mengadakan iklan yang bertulisan "Mary Pickford want you to pick her a character", tetapi para fans tetap ingin ia bermain sebagai anak kecil,sehingga ia tetap lanjut bermain sebagai kanak-kanak sampai ia berusia 30 tahun .Selama ia terkenal, pesaingnya adalah Charlie Chaplin. Pickford terkenal di 4 benua yang menyebabkan ia mendapatkan banyak surat penggemar.

The Pickfair adalah tempat di mana ia tinggal, diberikan oleh Douglas Fairbanks untuk tinggal besama Pickford. Pada saat pembukaan banyak atris dan orang terkenal yang ia undang, seperti Albert Einstein dan Amelia Earhart. Ia tetap tinggal di sana sampai ia meninggal. Sebelum meninggal, ia memiliki harapan agar film yang pernah ia bintangi untuk dibakar .Beberapa orang menolak keinginan Pickford, mereka tidaK ingin Pickford membakar film yang pernah ia buat sehingga hal tersebut tidak terjadi. Mary juga ingin memilki 2 kewarganegaraan yang akhirnya terwujud. Sehingga Pickford memiliki 2 kewarganegaraan, yaitu Kanada-Amerika. Ia menjadi warga Amerika setelah ia menikahi Fairbanks.

Pickford terkenal karena memainkan peran anak kecil seperti di "The Poor Little Rich Girl" dan "Pollyanna". Selain menjadi artis, Pickford juga membuat berbagai film. Pickford juga menjadi bintang iklan untuk kosmetik seperti "Pompeii"

Salah satu film berbicara/talkies yang terkenal adalah The Taming of the Shrew (1929) bersama dengan Douglas Faibanks. Awalnya film ini dibuat dalam versi silent, lalu mereka merekam suara dan memasukkannya ke dalam rekaman sehingga itu menjadi film talkies yang pernah mereka buat. Dalam proses pembuatan, dilaporkan tidak ada kejadian buruk sehingga dipastikan Fairbanks dan Pickford bekerja dengan baik. Pickord memainkan Catherine. Pada tahun 1931, secara resmi mereka berpisah. Pada tahun tersebut Mary menyadari bahwa masanya di Hollywood mungkin akan selesai, ia segera mencari pekerjaan lain. Hal tersebut susah karena ketika Pickford masih kanak -kanak, ia tidak pernah menyelesaikan pendidikannya karena kesibukannya sebagai pemain peran di teater. Pickford juga membantu Fairbanks menghadapi ketakutannya terhadap talkies, ia mengajak Fairbanks untuk mengisi acara radio bersama.

Ketika Pickford menikah dengan Charles "Buddy" Rogers, ia mengadopsi dua anak. Ketika diwawancara, salah satu anaknya berkata bahwa sebenarnya ia adalah orang baik tetapi mereka punya hubungan yang tegang. Kemungkinan akibat Pickford sejak kecil ditinggalkan ayahnya, sehingga kedua adiknya menganggap Mary adalah panutan mereka dan terlebih lagi ia harus tegas untuk mengatur adik-adiknya.

Pickford memiliki banyak nama terkenal seperti, "The Girl with Golden Hair", "The Glad Girl", "Little Mary" dan "America's Sweetheart". Pickford sudah membintangi lebih dari 200 film pada saat ia terkenal hingga meninggal pada 29 Mei 1979.

Selain itu nama Mary Pickford dipakai untuk minuman dan di Amerika ada "Mary Pickford Theatre". Mary Pickford juga memiliki bintang di Hollywood.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film fitur[sunting | sunting sumber]

Paramount (1914–1916)[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]