Air terjun Tirto Kemanten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Air Terjun Tirto Kemanten
Tirto Kemanten Waterfall, Kalibaru, Banyuwangi, Indonesia in 2014.jpg
Air Terjun Tirto Kemanten pada tahun 2014
Informasi umum
Lokasi Bendera Indonesia Kalibaruwetan, Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur

Air terjun Tirto Kemanten atau lebih dikenal dengan nama Air terjun Wonorejo berdasarkan nama dusunnya, merupakan salah satu kawasan wisata yang berlokasi di Dusun Wonorejo, Kota Kalibaruwetan, Kalibaru, Banyuwangi. Air terjun berada di lereng Gunung Raung.[1] Air terjun ini terdiri dua air terjun berukuran hampir sama yang tingginya sekitar 10 meter dan posisinya berdekatan hanya dipisahkan oleh batu besar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penduduk sekitar menamakan air terjun ini sebagai Tirto Kemanten karena ada dua aliran air yang sepintas mirip jejeran pengantin pria dan wanita. Air terjun Tirto Kemanten ditemukan oleh Mbah Citro Wardoyo yang membuka lahan (babad alas) dan menjadikan tempat ini sebagai tingkat terakhir dari tujuh air terjun di lereng Gunung Raung jalur Kalibaru, Banyuwangi.[1]

Sebuah keluarga berfoto di depan Air Terjun Tirto Kemanten

Air terjun ini pernah mengalami longsor sehingga terjadi kerusakan. Dampaknya kerusakan tersebut cukup terasa karena mengakibatkan kawasan ini menjadi sepi pengunjung.

Fasilitas wisata[sunting | sunting sumber]

Selain memiliki pemandangan yang asri, wisata air terjun Wonorejo berdekatan dengan perkebunan kopi dan coklat. Jalur perkebunan menuju ke lokasi air terjun cukup terjal dan kurang bagus, terutama di musim hujan. Wisatawan yang menginap di Margo Utomo Resort/Cottage bisa memanfaatkan fasilitas mobil jeep yang disediakan hotel tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Jebeng Thulik: Paguyuban Duta Wisata & Budaya Kabupaten Banyuwangi. 28 September 2011. Air Terjun Wonorejo Kalibaru.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]