Via et veritas et vita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Motto tersebut dalam lambang kota Arad, Rumania.

Via et veritas et vita (Latin Klasik: [ˈwi.a ˈweːritaːs ˈwiːta], Latin Gerejawi: [ˈvi.a ˈveritas ˈvita]) adalah sebuah frase Latin yang artinya "jalan dan kebenaran dan hidup". Kata-kta tersebut diambil dari versi Vulgata dari Yohanes 14:6, dan diucapkan oleh Yesus Kristus untuk merujuk kepada dirinya sendiri.

Kata tersebut, dan terkadang varian asindetiknya via veritas vita, dipakai sebagai motto berbagai lembaga pendidikan dan pemerintahan.

Perjanjian Baru[sunting | sunting sumber]

Tanda Yohanes 14:6 di sepanjang U.S. Route 66, Shamrock, Wheeler County, Texas

Frase tersebut muncul dalam ayat 6 pasal 14 Injil Yohanes, sebagai bagian dari Amanat Perpisahan Yesus pada Perjamuan Terakhir:

Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."

Dalam Vulgata Latin, ayat 6 menyatakan 'dicit ei Iesus ego sum via et veritas et vita nemo venit ad Patrem nisi per me.[1]

Frase "jalan" juga ditemukan dalam Kis 9:2 dan Kis 19:23 sebagai istilah untuk menyebut gereja perdana.

Referensi[sunting | sunting sumber]