Kana, Galilea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kana adalah nama sebuah kota di provinsi Galilea pada abad pertama Masehi, yang disebut dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen, khususnya dalam Injil Yohanes. Di kota ini Yesus Kristus dicatat melakukan mujizat-Nya yang pertama, dengan mengubah air menjadi anggur dalam suatu pesta pernikahan. Kisah ini dimuat dalam Injil Yohanes pasal 2.[1]

Perkawinan di Kana[sunting | sunting sumber]

Letak kota Kana di Shepherd's Historical Atlas, 1923. Masih ada keraguan mengenai lokasi sebenarnya.

Di kalangan orang Kristen dan pakar Alkitab khususnya bagian Perjanjian Baru, kota Kana ini terkenal karena peristiwa mujizat Yesus Kristus yang pertama.[2] Meskipun tidak dicatat di ketiga Injil yang lain, dalam Injil Yohanes, mujizat ini penting karena merupakan yang pertama dari tujuh tanda bahwa Yesus Kristus itu Anak Allah dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.[3] Masih menjadi perdebatan apakah kisah ini merupakan peristiwa nyata atau hanya suatu perumpamaan rohani (alegori). Sebagai alegori, hikmat dari kisah ini adalah pengharapan dan kabar sukacita seperti yang dikatakan oleh pemimpin pesta perkawinan kepada pengantin laki-laki:

"Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang".(Yohanes 2:10).

Juga dapat diartikan bahwa meskipun saat paling gelap adalah menjelang terbitnya fajar, hal yang baik akan datang. Makna yang lebih umum adalah kedatangan Yesus membawa harapan, dan dalam Injil ini di pasal 14 dikatakan Yesus adalah pokok anggur yang sejati.[4] Kehadiran Yesus dalam pesta perkawinan dan penggunaan kuasa ajaib untuk menyelamatkan pesta itu dari malapetaka (kehabisan minuman anggur) diartikan sebagai persetujuan Yesus akan institusi perkawinan, yang kemudian dibahas oleh rasul Paulus dalam suratnya yang pertama kepada jemaat di Korintus, pasal 7.[5] Juga digunakan sebagai argumen melawan ajaran yang melarang minum anggur (teetotalisme).[6]

Rujukan lain[sunting | sunting sumber]

  • Disebutkan bahwa sewaktu kembali dari Yudea melalui Samaria, Yesus tiba di kota Kana, di mana kemudian seorang pegawai istana raja Herodes di Kapernaum yang anaknya sedang sakit, meminta tolong untuk menyembuhkan anak itu (Yohanes 4:46).
  • Kota ini juga disebutkan pada (Yohanes 21:2) sebagai tempat asal Natanael, salah seorang dari 12 murid Yesus, yang disebut Bartolomeus di Injil-injil lain.
  • Di luar Injil Yohanes, kota ini tidak disebutkan di kitab-kitab lain dalam Alkitab.

Perkiraan lokasi[sunting | sunting sumber]

Saat ini belum diketahui pasti lokasi sebenarnya dari kota Kana. Injil Yohanes ditujukan kepada orang-orang Kristen Yahudi yang nampaknya mengenal tanah Israel, sehingga tidak ada penjelasan khusus mengenai kota ini, yang rupanya cukup terkenal.

Ada 4 perkampungan modern di Galilea yang dianggap sama dengan kota Kana di abad pertama Masehi:

  1. Kafr Kanna, Israel;
  2. Kenet-el-Jalil, Israel;
  3. Ain Kana, Israel; dan
  4. Qana, Libanon.

Menurut Catholic Encyclopedia tahun 1913, sebuah tradisi yang berasal dari abad ke-8 menempatkan kota Kana ini dengan lokasi kota Arab modern Kafr Kanna, sekitar 7 km sebelah timur laut kota Nazaret, Israel. Namun akhir-akhir ini muncul dugaan lokasinya ada di reruntuhan desa Kenet-el-Jalil (yang juga dikenal sebagai Khirbet Kana), sekitar 9 km lebih ke utara, dan Ain Kana, yang lebih dekat ke Nazaret serta secara etimologi lebih cocok. Desa Qana, di Libanon selatan dianggap oleh banyak orang Libanon, Kristen dan Islam sebagai tempat yang sebenarnya, dan menjadi tempat ziarah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yohanes 2:1-11
  2. ^ Towner, W. S. (1996). Wedding. In P. J. Achtermeier (Ed.), Harper Collins Bible dictionary (pp. 1205-1206). San Francisco: Harper
  3. ^ Yohanes 2:11
  4. ^ Smith, D. M. (1988). John. In Mays, J. L. (Ed.), Harper's bible commentary (pp. 1044-1076). San Francisco: Harper.
  5. ^ 1 Korintus 7
  6. ^ Geisler, N. L. (1982), A Christian Perspective on Wine-Drinking. Bibliotheca Sacra, 49

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 32°44′42″LU 35°20′18″BT / 32,745°LU 35,33833°BT / 32.74500; 35.33833