Portal:Wayang/Ramayana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Selamat datang di Portal:
Halaman Utama   Mahabharata   Ramayana
Adegan dalam Ramayana

Ramayana, adalah sebuah wiracarita dari India yang digubah oleh Walmiki atau Balmiki. Kisah cerita epos ini memiliki alur yang sangat sederhana. Seorang putera mahkota kerajaan Kosala bernama Rama, yang merupakan titisan atau awatara Bhatara Wisnu di dunia, terusir dari kerajaannya sendiri. Sebenarnya ia berhak untuk menjadi raja, menggantikan ayahnya Prabu Dasarata, tetapi ayahnya sudah menjanjikan kepada istrinya yang lain untuk mewariskan tahta mahkota kepada putera keduanya yaitu Bharata. Di kemudian hari, Rama yang menikah dengan Sita diusir dari kerajaan atas keinginan ibu tirinya. Ia kemudian mengembara bersama istri dan Laksamana, adik Rama. Ramayana terdapat pula dalam khazanah sastra Jawa dalam bentuk kakawin Ramayana, dan gubahan-gubahannya dalam bahasa Jawa Baru yang tidak semua berdasarkan kakawin ini. Dalam bahasa Melayu didapati pula Hikayat Seri Rama yang isinya berbeda dengan kakawin Ramayana dalam bahasa Jawa kuna. Di India dalam bahasa Sanskerta, Ramayana dibagi menjadi tujuh kitab atau kanda.

sunting   

Artikel pilihan

Rama

Dalam agama Hindu, Rama atau Ramacandra adalah seorang raja legendaris yang terkenal dari India yang konon hidup pada zaman Tretayuga, keturunan Dinasti Surya atau Suryawangsa. Ia berasal dari Kerajaan Kosala yang beribukota Ayodhya. Menurut pandangan Hindu, ia merupakan awatara Dewa Wisnu yang ketujuh yang turun ke bumi pada zaman Treta Yuga. Sosok dan kisah kepahlawanannya yang terkenal dituturkan dalam sebuah sastra Hindu Kuno yang disebut Ramayana, tersebar dari Asia Selatan sampai Asia Tenggara. Terlahir sebagai putera sulung dari pasangan Raja Dasarata dengan Kosalya, ia dipandang sebagai Maryada Purushottama, yang artinya "Manusia Sempurna". Setelah dewasa, Rama memenangkan sayembara dan beristerikan Dewi Sita, inkarnasi dari Dewi Laksmi. Rama memiliki anak kembar, yaitu Kusa dan Lawa. (Selengkapnya...)

sunting   

Gambar pilihan

Lukisan Ramayana


Lukisan dari Museum Seni San Diego. Dalam gambar tampak Rama, Laksmana, dan Sita saat menjalani kehidupan di hutan.

sunting   

Kitab Ramayana

Rama membunuh Subali

Saptakanda dalam Ramayana:

Rama melawan Rahwana
  • Sundarakanda: Kisah penjelajahan Hanoman ke Alengka untuk mencari dan menemui Sita.
  • Yuddhakanda: Kisah pertempuran antara pasukan Rama melawan pasukan Rahwana di Alengka. Akhirnya Rahwana gugur setelah tubuhnya ditembus panah Rama.
  • Uttarakanda: Kisah dibuangnya Sita ke tengah hutan. Sita tinggal di asrama Walmiki, lalu melahirkan Kusa dan Lawa, putera kembar Rama.
sunting   

Kategori

sunting   

Tokoh Ramayana

sunting   

Artikel-artikel

Cartella blu.jpg
Rujukan di internet
Xmag.png
sunting    

Situs dalam Bahasa Inggris:

Cartella blu.jpg
Tahukah anda...
Question mark alternate.svg
sunting    
Jembatan dalam Ramayana

Jembatan Rama