Emil Adolf von Behring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Emil Adolf von Behring

Emil Adolf von Behring
Lahir 15 Maret 1854
Hansdorf
Meninggal 31 Maret 1917 (umur 63)
Marburg, Hesse-Nassau
Kebangsaan Jerman
Bidang Fisiologi, Imunologi
Dikenal atas Difteri antitoksin / serum
Penghargaan Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran (1901)

Emil Adolf von Behring, atau terlahir Adolf Emil Behring (lahir 15 Maret 1854 – meninggal 31 Maret 1917 pada umur 63 tahun) adalah seorang dokter dan ahli fisiologi Jerman.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Behring dilahirkan di Hansdorf, Eylau. Ia belajar ilmu kedokteran pada tahun 1874 hingga 1878 di Army Medical College di Berlin, Jerman. Setelah itu ia bekerja sebagai dokter militer dan kemudian menjadi profesor ilmu kesehatan pada Fakultas Kedokteran Universitas Marburg hingga akhir hidupnya.

Behring menemukan antitoksin difteri. Ia sangat terkenal dengan sumbangannya pada immunologi dan mencapai puncak ketika mendapat Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran untuk pertama kalinya pada 1901. Penghargaan tersebut diberikan atas pengembangan terapi serum difteri. Peneltiannya tersebut juga mengembangkan terapi serum untuk tetanus bersama Emile Roux.

Behring meninggal di Marburg, Jerman. Namanya diabadikan pada Dade Behring, perusahaan yang bergerak dalam bidang diagnostik klinik dan pabrik obat di Marburg dinamai Behringswerke. Selain itu namanya dihormati pada Hadiah Emil von Behring dari Universitas Marburg.

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Behring meninggal dunia di Marburg, Hessen-Nassau, pada tanggal 31 Maret 1917. Namanya diabadikan pada nama perusahaan Dade Behring, sebuah perusahaan terbesar di dunia yang mengkhususkan pada diagnosa klinis, pada nama perusahaan CSL Behring, produsen bioterapi berasal dari plasma, pada nama perusahaan Behringwerke AG di Marburg, Novartis Behring. Selain itu, namanya juga diabadikan untuk Penghargaan Emil von Behring dari Universitas Marburg, sebuah penghargaan tertinggi bidang kedokteran di Jerman.

Medali Hadiah Nobel yang diterimanya sekarang dipamerkan di Museum Palang Merah Internasional/Bulan Sabit Merah di Jenewa.

Beberapa karya[sunting | sunting sumber]

  • Die Blutserumtherapie (1892)
  • Bekämpfund der Infektionskrankheiten (1894)
  • Beiträgen zur experimentellen Therapie (1906)