Craig C. Mello

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Craig Mello)
Craig Mello

Craig C. Mello (lahir 1960) adalah penerima Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran bersama Andrew Z. Fire untuk penemuan RNA interference. Penelitian ini dilakukan di Institusi Carnegie Washington dan dipublikasikan pada 1998.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Mello mendapatkan gelar sarjananya dari Universitas Brown pada 1982 dan PhD dari Universitas Harvard pada 1990. Ia pernah menjadi mahasiswa pascadoktoral pada Pusat Penelitian Kanker Fred Hutschinson di laboratorium Dr. James Priess. Ia kini bekerja di fakultas kedokteran Universitas Massachusetts di Worcester, Massachusetts sejak 1994.

Hadiah Nobel[sunting | sunting sumber]

Pada 2006, Mello dan Fire menerima Nobel untuk penelitian mereka yang dimulai pada 1998, ketika Mello dan Fire bersama rekan mereka (SiQun Xu, Mary Montgomery, Stephen Kostas, Sam Driver) mempublikasikan sebuah makalah[1] pada jurnal Nature. Mereka menjelaskan bagaimana potongan kecil RNA sel menghancurkan mRNA atau RNA duta sebelum dapat memproduksi protein. Hal ini dapat menghilangkan dampak gen tertentu, dan memungkinkan manusia memerangi penyakit seperti AIDS dan kanker.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A. Fire, S.Q. Xu, M.K. Montgomery, S.A. Kostas, S. E. Driver, C.C. Mello: Potent and specific genetic interference by double-stranded RNA in Caenorhabditis elegans. In: Nature. 391/1998, S. 806-811, ISSN 0028-0836