Bengt Ingemar Samuelsson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bengt Ingemar Samuelsson (lahir 21 Mei 1934) ialah seorang biokimiawan Swedia.

Ia lahir di Halmstad, Swedia selatan dan belajar di Universitas Stockholm, di mana ia menjadi profesor tahun 1967. Bersama Sune K. Bergström dan John Vane ia menerima Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 1982 untuk penemuan prostaglandin dan zat terkait.

Tentang peran prostaglandin dalam tubuh, Samuelsson menjelaskan, "Prostaglandin merupakan sistem kontrol untuk sel yang ikut serta pada banyak fungsi biologis. Ada kemungkinan memanipulasi sistem ini yang tak berujung-pangkal dalam pengembangan obat."

Awalnya ia bermiat meneliti metabolisme kolesterol untuk kepentingan mekanisme reaksi. Menyusl karya struktural pada prostaglandin, bersama Sune Karl Bergström ia terutama tertarik dalam transformasi produk asam arakidonat, yang menimbulkan identifikasi endoperoksida, tromboksan, dan leukotrin, dan kelompoknya terlibat dalam mempelajari kimia, biokimia, dan biologi senyawa-senyawa itu beserta fungsinya dalam sistem kontrol biologis. Penelitian itu sudah diterapkan di sejumlah daerah klinis, khususnya trombosis, peradangan, dan alergi.

Bidang ini berkembang sejak hari itu. Antara 1981-1995 sekitar 3.000 kertas kerja per tahun diterbitkan yang secara terbuka menggunakan istilah "prostaglandin" atau istilah terkait seperti "prostasiklin", "leukotrin", dan "tromboksan" di judulnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]