John James Rickard Macleod

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
John James Rickard Macleod

John James Rickard Macleod (6 September 187616 Maret 1935) adalah seorang dokter berkebangsaan Skotlandia dan penerima Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran.

Macleod lahir di Clunie, Perth and Kinross, Skotlandia. Ia adalah putera dari Robert Macleod.

Pada 1898 ia menerima gelar kedokterannya dari Universitas Aberdeen dan bekerja selama satu tahun di Universitas Leipzig. Pada 1899 ia tunjuk sebagai demonstrator fisiologi pada Sekolah Kedokteran Rumah Sakit London dan pada 1902 ia menjadi dosen biokimia di sana. Pada 1903 ia diberi gelar profesor fisiologi pada Universitas Western Reserve di Cleveland, Ohio. Tahun 1918, ia dipilih menjadi profesor fisiologi pada Universitas Toronto, Kanada.

Karya utama Macleod pada metabolisme karbohidrat dan kerja sama dengan Frederick Banting serta Charles Best dalam penemuan insulin yang digunakan untuk perawatan pasien kencing manis. Karya ini dihargai dengan penerimaan Nobel pada 1923.

Ia juga menulis sebelas buku, termasuk Recent Advances in Physiology (1905); Diabetes: its Pathological Physiology (1925); dan Carbohydrate Metabolism and Insulin. (1926)

Sebuah auditorium di Gedung Ilmu Kedokteran Universitas Toronto dinamakan dari nama J.J.R. Macleod.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]