Edmond H. Fischer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dr. Edmond Henri Fischer (lahir 6 April 1920) adalah seorang biokimiawan Swiss-Amerika.

Edmond H. Fischer lahir di Shanghai. Pada usia 7 tahun, ia pindah ke Swiss di mana ia menjalani seluruh studi, menerima gelar B.S. dalam kimia dan biologi dan gelar Ph. D. dalam kimia organik dari Universitas Jenewa. Setelah beberapa tahun sebagai anggota Rockefeller Foundation dan dosen privat di Université de Genève, ia menghabiskan setahun di Institut Teknologi California. Pada tahun 1953, ia bergabung dengan Bagian Biokimia Universitas Washington, di mana kini ia menjadi profesor emeritus.

Selama 6 bulan kedatangannya di Seattle, ia mengawali studi kolaboratif dengan Edwin Gerhard Krebs pada pengaturan fosforilasi glikogen. Fischer dan Krebs meneruskan mendefinisikan serangkaian reaksi pada kaskade yang menimbulkan aktivasi/inaktivasi enzim ini saat digerakkan oleh hormon dan kalsium. Sejak itu, mereka bekerja pada pengaturan proses selular yang berbeda oleh fosforilasi protein reversibel. Menjelang akhir kariernya, laboratorium Dr. Fischer tertarik meneliti tentang identifikasi, karakterisasi, dan regulasi sejumlah protein intrasel dan reseptor tirosin fosfatase dan peranannya dalam transduksi sinyal, progresi dan trasformasi siklus sel.

Dr. Fischer telah bertugas di sejumlah dewan penasihat ilmiah, termasuk di NIH dan NSF, Muscular Dystrophy Association, Lembaga CIBA-GEIGY Friedrich Miescher, Biozentrum Universitas Basel, Lembaga Imunologi Basel, Scientific Governors of the Scripps Research Institute dan Lembaga Ilmiah Weizmann.

Dr. Fischer adalah anggota kolega asing sejumlah akademi ilmiah dan dianugerahi gelar doctor honoris causa dari sejumlah universitas di AS dan luar negeri. Ia menerima Medali Werner dari Masyarakat Kimia Swiss (1952), Prix Jaubert (1968), Senior Passano Award (1988) dan Steven C. Beering Award (1991). Pada tahun 1992, Dr. Fischer dan Krebs menerima Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran untuk penemuan yang terkait fosforilasi protein reversibel sebagai mekanisme pengaturan biologis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]