Gary Becker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gary Becker
Chicago School of Economics

Gary Becker speaking in Chicago, May 24, 2008
Lahir 2 Desember 1930
Pottsville, Pennsylvania, A.S.
Meninggal 03 Mei 2014 (umur 83)
Chicago, Illinois, A.S.
Kebangsaan Amerika Serikat
Institusi Universitas Chicago
(1968–sekarang)
Universitas Columbia
(1957–1968)
Bidang Ekonomi sosial
Alma mater Universitas Princeton
Universitas Chicago
Kontribusi Analisis modal manusia
Teorema Rotten kid
Penghargaan 1967 John Bates Clark Medal
1992 Penghargaan Nobel dalam Ekonomi
1997 Pontifical Academy of Sciences
2004 John von Neumann Award
2007 Presidential Medal of Freedom
Informasi di IDEAS/RePEc

Gary Stanley Becker (lahir 2 Desember 1930 – meninggal 3 Mei 2014 pada umur 83 tahun) adalah seorang ekonom dan pemenang Hadiah Nobel. Becker masuk Universitas Princeton, di mana ia pertama kali tertarik dalam ilmu ekonomi. Ia melanjutkan studinya dalam ilmu ekonomi di Universitas Chicago. Pada 1957, Becker menerbitkan sebuah buku dari disertasinya yang menghubungkan ekonomi dengan sosiologi. Ia memasukkan teori ekonomi untuk mengevaluasi efek diskriminasi pada pekerjaan dan gaji kaum minoritas. Ia membuktikan bahwa diskriminasi lebih merugikan perusahaan, karena akan menyebabkan kurang kompetitif dan banyak kehilangan konsumsi pasar.

Becker tetap di University of Chicago selama beberapa tahun sebagai profesor asisten, namun memutuskan pindah ke Manhattan pada 1957. Di sana ia menjadi profesor di Universitas Columbia dan bekerja untuk National Bureau of Economic Research. Becker tetap di New York selama 12 tahun berikutnya untuk mengadakan penelitian dan mengajar. Di Columbia University itulah Becker, bersama dengan Jacob Mincer, mulai melakukan penelitian lanjutan pada modal manusia dan menunjukkan bahwa pendidikan adalah aset masyarakat.

Pada 1970, Becker kembali ke Universitas Chicago, di mana ia berkolaborasi dengan George Stigler pada ekonomi politik dan keluarga. Pada 1981, ia menerbitkan A Treatise on the Family, kumpulan artikel dengan isu-isu seputar pernikahan hingga tingkat kelahiran. Lebih lanjut, Becker meneliti hubungan antara pertumbuhan ekonomi masyarakat serta konsumsi dan ukuran keluarga.

Becker dianugerahi Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel pada 1992 karena "telah memperluas jangkauan analisis ekonomi mikro hingga kisaran luas pada perilaku dan interaksi manusia, termasuk perilaku nonpasar.” Karyanya termasuk artikel-artikel perkembangan pada ekonomi diskriminasi, kejahatan, obat terlarang, dan interaksi sosial. Ia juga telah dianugerahi Seidman Award dan penghargaan sosial pertama Award of Merit dari National Institute of Health. Becker juga menerima John Bates Clark Award dari American Economic Association pada 1967; ia menjadi ketua perkumpulan itu pada 1987.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]