Daniel Kahneman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Daniel Kahneman
Daniel KAHNEMAN.jpg
Lahir 5 Maret 1934 (umur 80)
Tel Aviv, Mandat Britania atas Palestina
Tempat tinggal Amerika Serikat
Kebangsaan Amerika Serikat, Israel
Bidang Psikologi, Ekonomi
Institusi Universitas Princeton 1993–
Universitas California, Berkeley 1986–93
Universitas British Columbia 1978–86
Center for Advanced Study in the Behavioral Sciences 1972–73
Universitas Ibrani Yerusalem 1961–77
Alma mater Universitas California, Berkeley Ph.D, 1961
Universitas Ibrani Yerusalem B.A., 1954
Pembimbing doktoral Susan M. Ervin-Tripp
Dikenal karena Bias kognitif
Ekonomi perilaku
Teori prospek
Penghargaan Lifetime Achievement Award dari American Psychological Association (2007)
Penghargaan Nobel dalam Ekonomi (2002)
Distinguished Scientific Contribution Award dari American Psychological Society (1982)

Daniel Kahneman (lahir 5 Maret 1934; umur 80 tahun) adalah seorang psikolog Amerika Serikat kelahiran Israel yang menerima hadiah Nobel dalam bidang ekonomi. Kahneman bersama dengan Amos Tversky melakukan penelitian mengenai peran persepsi dan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.[1] Hasil penelitian tersebut kemudian berkembang menjadi teori prospek yang menyatukan bidang ilmu psikologi dan ekonomi, yang kini dikenal dengan sebutan ekonomi perilaku (behavioral economics).[1]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Orang tua Kahneman merupakan orang Yahudi asal Lithuania yang kemudian pindah ke Paris, Perancis di awal tahun 1920an. Kahneman sendiri lahir di Tel Aviv pada 1934 ketika ibunya sedang mengunjungi kerabat di sana.[2]

Pada 1946 ia tiba di Mandat Britania untuk Palestina dan belajar di Universitas Ibrani Yerusalem. Selama masa ini di Angkatan Pertahanan Israel ia merancang sistem mewawancarai perekrutan yang berlanjut selama beberapa dasawarsa. Setelah pasukan itu, ia menerima Ph.D. dari Universitas California, Berkeley pada 1961 dan sejak saat itu telah mengajar di banyak perguruan tinggi di seluruh dunia, termasuk almamaternya, Universitas British Columbia, dan Universitas California, Berkeley. Kini ia mengajar di Universitas Princeton dengan kedudukan gabungan di psikologi dan Woodrow Wilson School of Public Affairs.

Nobel ekonomi[sunting | sunting sumber]

Karya Kahneman terutama di bidang psikologi; namun ia menerima Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel 2002 dengan kolaboratornya Amos Tversky (yang meninggal pada 1996) dari Universitas Ibrani. Hadiah itu dianugerahkan "untuk pengintegrasian wawasan dari penelitian psikologi ke dalam ilmu ekonomi, khususnya yang berkenaan dengan pendapat manusia dan pengambilan keputusan di bawah ketidakpastian." Kahneman berpendapat bahwa orang berpikir untung-rugi, namun pada masa pendek. Ketakutan rugi lebih besar dari untung.

Dalam sebuah eksperimen untuk membuktikan teorinya, Tversky dan Kahneman mengambil 2 kelompok orang dan memberi kelompok pertama sebuah cangkir kopi yang menarik, sedangkan kelompok ke-2 tidak diberi apa-apa. Kelompok pertama diizinkan memilih apakah mereka ingin menjaga cangkir itu atau memperdagangkannya untuk mendapat uang. Kelompok ke-2 ditawari pilihan antara cangkir itu atau uang. Mereka berdua menemukan bahwa kelompok ke-2 itu berharap menerima sedikit uang daripada mereka yang harus menyerahkan cangkir yang telah mereka miliki, yang mewakili emosi seseorang, daripada perhitungan rasional dingin yang dipengaruhi pengambilan keputusannya.

Penghargaan lain yang diterima Kahneman adalah Distinguished Scientific Contribution Award dari American Psychological Association pada 1982 dan Hilgard Award for Contributions to General Psychology pada 1995.

Kahneman menerima Hadiah Nobel dengan Vernon Lomax Smith.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) Colin, C; Benson, Nigel; et al (2012). The Psychology Book. DK Publishing. 
  2. ^ (Inggris) Daniel Kahneman - Autobiography, Nobelprize.org. Diakses pada 1 Januari 2013.