William Arthur Lewis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk tokoh lain yang bernama sama silakan lihat Arthur Lewis

Sir William Arthur Lewis (23 Januari 1915 - 15 Juni 1991) adalah ekonom Saint Lucia yang dianugerahi Penghargaan Nobel Ekonomi 1979 bersama Theodore William Schultz.

William Arthur Lewis, anak ke-4 dari George Ferdinand dan Ida Louisa Lewis, lahir di Castries. Arthur menempuh pendidikan di Castries Anglican Primary School dan memenangkan beasiswa ke St. Mary's College sebelum berusia 10 tahun. Dari St. Mary's College ia memenangkan beasiswa pemerintahan pada tahun 1932, ke British University, dan meninggalkan pulau itu pada tahun 1933 pada usia 18 untuk mendapatkan gelar sarjana muda di University of London.

Arthur mengembangkan minat untuk bidang ekonomi dan lulus pada tahun 1937 dengan penghormatan kelas satu dan kemudian memenangkan beasiswa dari London School of Economics untuk mendapatkan gelar Ph.D. dalam ekonomi industri.

Arthur berhasil meraih Ph.D. pada tahun 1940 dan mengajar di London School of Economics hingga 1947. Pada tahun yang sama ia menikahi Gladys Jacobs dari Grenada. Antara 1948-1956, ia diangkat sebagai profesor di University of Manchester dan menjadi Profesor Stanley Jevons dalam Ekonomi Politik. Selama masa ini, ia mengunjungi kembali dan bekerja di sejumlah negara Afrika dan Asia. Ia juga menjabat sebagai konsultan bagi Komisi Karibia, Colonial Advisory Economics Council, kelompok ahli PBB untuk negara tertinggal, dan kepada pemerintah Nigeria.

Antara 1960-1982, Profesor Lewis bertugas di Princeton University sebagai Profesor Urusan Umum dan Internasional, dan kemudian sebagai Profesor James Madison untuk Ilmu Ekonomi Politik. Ia dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1963. Sir Arthur juga menjabat sebagai Wakil Penasihat University of the West Indies, Rektor University of Guyana, dan Ketua Bank Pembangunan Karibia. Setelah mundur dari Universitas Princeton pada tahun 1983, ia diangkat sebagai pimpinan American Economics Association.

Sir Arthur menerbitkan 81 artikel profesional antara 1941-1988, dan menulis 10 buku. Ke-81 esai dan karya kumpulannya dikumpulkan bersama dalam buku 3 jilid yang disunting oleh Dr. Patrick Emmanuel dari Universitas Hindia Barat, Institute of Social and Economic Research, dan terbit tahun 1995. Ketiga jilid itu semuanya diberi kata pengantar dengan laporan otobiografi atas kehidupan Sir Arthur.

Sir Arthur meninggal pada hari Sabtu, 15 Juni 1991 dan dimakamkan di halaman Sir Arthur Community College.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]