Simon Kuznets

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Simon Smith Kuznets (Pinsk, Kekaisaran Rusia (kini di Belarus), 30 April 1901Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, 8 Juli 1985) terkenal atas studinya tentang pendapatan nasional dan komponen-komponennya. Kuznets adalah guru besar ilmu ekonomi di Universitas Pennsylvania (1930-54), Johns Hopkins (1954-60), dan Harvard (1960-71). Ia adalah presiden American Economic Association pada 1954.

Karya[sunting | sunting sumber]

Kuznets mengubah cara pengukuran PDB. Dengan karya yang bermula pada 1930-an dan terus-menerus selama beberapa dasawarsa, Kuznets menghitung pendapatan nasional sejak 1869. Meskipun bukan ekonom pertama yang mencobanya, karya Kuznets terbilang sempurna dan teliti yang mengatur standar bidang ini. Karyanya didanai oleh lembaga nirlaba National Bureau of Economic Research, yang telah bermula pada 1920. Kuznets kemudian membantu U.S. Department of Commerce untuk menstandardisasi pengukuran Produk Nasional Bruto. Namun di akhir 1940-an, ia berpecah dengan departemen itu karena menolak menggunakan PDB untuk mengukur pekerjaan rumah tangga karena ini merupakan komponen produksi yang penting.

Kemudian, Kuznets membantu mengembangkan revolusi Keynes. Pengukuran Kuznets juga membantu melanjutkan studi ekonometri yang didirikan oleh Ragnar Frisch dan Jan Tinbergen. Kuznets mendekati karya ini dengan menuruti fakta dan berharap memahami fenomena ekonomi melalui pengukuran kuantitatif. Ia telah memulainya sejak tinggal di Rusia: ia adalah kepala BPS di Ukraina di masa Bolshevik sebelum pindah ke Amerika Serikat di usia 21.

Salah satu penemuan Kuznets lainnya adalah efek pertumbuhan ekonomi dalam distribusi pendapatan. Di negeri miskin, Kuznets menemukan bahwa pertumbuhan ekonomi menambah disparitas pendapatan antara orang kaya dan orang miskin. Di negeri yang makmur, pertumbuhan ekonomi mempersempit perbedaan itu. Di samping itu, Kuznets menganalisis dan mengkuantifikasi sifat berulang produksi dan harga dalam jangka waktu 15-20 tahun. Siklus perdagangan demikian sering disebut sebagai "siklus Kuznets" meski dipertentangkan.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Kuznets memperoleh Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel. Banyak ekonom yang percaya bahwa Kuznets memperoleh Hadiah Nobel Ekonomi 1971 untuk penghitungan pendapatan nasional. Namun kenyataannya, ia mendapatkan penghargaan itu untuk karya empiris dalam pertumbuhan ekonomi. Dalam karya ini Kuznets mengidentifikasi era ekonomi baru—yang disebutnya "pertumbuhan ekonomi modern"—yang bermula di Eropa Barat di paruh terakhir abad ke-18.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]