Karl von Frisch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Karl Ritter von Frisch (lahir 20 November 1886 – meninggal 12 Juni 1982 pada umur 95 tahun) adalah seorang etnolog Austria yang menerima Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada 1973, bersama dengan Niko Tinbergen dan Konrad Lorenz.

Ia belajar zoologi dengan Richard von Hertwig dan menggantikannya sebagai profesor zoologi di Munich, Jerman. Ia mempelajari indera lebah, mengenali mekanisme komunikasi mereka dan menunjukkan sensitivitas mereka pada cahaya ultraviolet dan polarisasi. Di antara karyanya adalah studi persepsi sensorik lebah madu dan merupakan salah satu tokoh pertama yang menerjemahkan arti tarian lebah. Teori ini dipertentangkan oleh ilmuwan lain dan disambut dengan sikap skeptis saat itu. Hanya sekarang karyanya terbukti sebagai analisis teoretis yang akurat (lihat rujukan majalah Nature).

Pada 1973 ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran untuk prestasinya dalam fisiologi perilaku komparatif dan merintis karya dalam komunikasi antara serangga.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar dan rujukan[sunting | sunting sumber]