Günter Blobel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Günter Blobel (lahir 21 Mei 1936) adalah biolog Jerman Amerika.

Blobel lahir di Waltersdorf (Niegosławice) di Provinsi Silesia Hilir, Prusia. Ia lulus dari Universitas Tübingen pada 1960 dan menerima Ph.D. dari Universitas Wisconsin-Madison pada 1967. Ia ditunjuk ke Howard Hughes Medical Institute pada 1986.

Blobel dianugerahi Hadiah Nobel Kedokteran 1999 untuk penemuan bahwa protein yang baru disintsis mengandung "tag alamat" yang mengarahkannya ke lokasi yang tepat dalam sel, yang dikenal sebagai sasaran protein.

Blobel juga dikenal atas dukungannya yang langsung dan aktif atas pembangunan kembali Dresden di Jerman, pada 1994 menjadi pendiri dan presiden "Friends of Dresden, Inc" yang bersifat nirlaba. Ia mendanai semua uang Hadiah Nobel untuk perbaikan kembali Dresden, khususnya untuk pembangunan kembali Frauenkirche (selesai pada 2005) dan pembangunan sinagog baru.

Dari 2003, Blobel bekerja di Universitas Rockefeller, New York City. Blobel tinggal di Upper East Side, Manhattan dengan istrinya dan 3 anjing English setter. Ia juga salah satu dewan direktur Nestlé.

Penghargaan ilmiah[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]