David Baltimore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
David Baltimore
DavidBaltimore2008.JPG
Baltimore in 2008
Lahir 07 Maret 1938
New York City, New York, USA
Kebangsaan United States
Bidang Biology
Institusi Massachusetts Institute of Technology
Rockefeller University
California Institute of Technology
Alma mater Swarthmore College
Rockefeller University
Dikenal karena Reverse transcriptase
Baltimore classification
Penghargaan Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran (1975)

David Baltimore (lahir di New York City, Amerika Serikat, 7 Maret 1938; umur 76 tahun) adalah seorang ahli biologi dari Amerika Serikat.

Ia seorang lulusan Swarthmore College (sarjana, 1960) ini menerima gelar Ph.D. dari Rockefeller University pada 1964. Dari 1965 hingga 1968, Baltimore bekerja di Salk Institute for Biological Studies di La Jolla, California. Pada 1968, Baltimore menerima kedudukan di MIT sebagai profesor kolega mikrobiologi; ia naik sebagai Profesor Biologi di Massachusetts Institute of Technology pada 1972. Sejak 1973, ia menjadi Profesor Mikrobiologi American Cancer.

Pada 1975, pada usia 37, saat di Institut Teknologi Massachusetts, ia menerima Hadiah Nobel dalam Kedokteran, bersama dengan Howard Temin dan Renato Dulbecco, untuk penemuan pada transkriptase berkebalikan, yang mengubah RNA ke dalam DNA. Karya ini menumbangkan dogma yang bertahan hingga awal 1970-an: bahwa DNA berubah ke RNA, yang pada gilirannya menghasilkan protein. Transkriptase berkebalikan ialah faktor penting dalam reproduksi retrovirus seperti HIV.

Selama di MIT, Baltimore mendirikan Whitehead Institute for Biomedical Research. Ia adalah organizer konferensi Asilomar mengenai DNA rekombinan pada 1975.

Bagi sebagian besar tokoh nonsains, Baltimore terkenal dalam peristiwa kejahatan ilmiah. Pada 1986, Baltimore menjadi salah satu pengarang karya ilmiah mengenai kekebalan dengan Thereza Imanishi-Kari dll. Setelah Imanishi-Kari didakwa memalsukan data, awalnya Baltimore menolak menarik kembali kertas itu (meski akhirnya dilakukannya juga). Karena penelitian itu didanai oleh pemerintah federal Amerika Serikat melalui National Institutes of Health, masalah itu diambil alih oleh Kongres AS, di mana secara agresif diikuti oleh anggota perwakilan John Dingell di antara lainnya. Karena kontroversi yang berlanjut, pada 1991 Baltimore dipaksa turun dari jabatan pimpinan Universitas Rockefeller, yang ia diangkat hanya setahun lebih awal. Pada 1996, seorang panel ahli yang ditunjuk oleh pemerintah federal membersihkan nama Imanishi-Kari dari kejahatan.

Baltimore berpengaruh besar pada kebijakan nasional dalam masalah yang berkaitan dengan DNA rekombinan dan wabah AIDS. Baltimore diangkat sebagai pimpinan California Institute of Technology pada 1997. Ia adalah anggota dewan editor Encyclopædia Britannica.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]