Alfred G. Gilman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alfred Goodman Gilman
Alfred Goodman Gilman, Institut Kesehatan Nasional
Lahir1 Juli 1941
New Haven, Connecticut
KebangsaanAmerika Serikat
Dikenal atasG-protein
PenghargaanTahun 1994 menerima Nobel bidang Fisiologi atau Kedokteran
Karier ilmiah
BidangFarmakologi

Alfred Goodman Gilman (lahir 1 Juli 1941) adalah seorang biokimiawan Amerika Serikat. Gilman lulus dari Yale dengan S. Si. dalam biokimia pada tahun 1962. Lalu ia memasuki program dokter dan doktor di Case Western Reserve University di Cleveland, Ohio di mana ia belajar dengan penerima Nobel Earl Sutherland. Gilman lulus dari Case Western pada 1969, lalu berstudi pascadoktoral di National Institutes of Health dengan penerima Nobel Marshall W. Nirenberg dari 1969 hingga 1971.

Pada 1971 Dr. Gilman menjadi profesor di University of Virginia di Charlotesville, Virginia. Pada 1981, ia menjadi KaBag Farmakologi di Southwestern Medical Center University of Texas di Dallas, Texas. Ia dipilih sebagai anggota National Academy of Sciences pada 1986. Di samping Hadiah Nobel, ia memenangkan Albert Lasker Award for Basic Medical Research pada 1989.

Ia menerima Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada 1994 dengan Martin Rodbell untuk penemuan mereka tentang protein G. Gilman-lah yang sesungguhnya menemukan protein yang berinteraksi dengan GTP untuk mengawali pensinyalan kaskade dalam sel.