Mario Capecchi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mario Capecchi
Mario Capecchi UTHSCSA.JPG
Lahir 6 Oktober 1937 (umur 77)
Bendera Italia Verona, Italia
Bidang Genetika
Institusi Harvard School of Medicine
Universitas Utah
Alma mater Antioch College, Ohio
Universitas Harvard
Dikenal karena Knockout mouse
Penghargaan Albert Lasker Award for Basic Medical Research (2001)
Penghargaan Wolf dalam Kedokteran (2002)
Nobel prize medal.svg Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran (2007)

Mario Renato Capecchi (lahir di Verona, Italia, 6 Oktober 1937; umur 77 tahun) adalah seorang genetikawan molekuler berkebangsaan Amerika Serikat yang dilahirkan di Italia dan pemenang bersama Penghargaan Nobel dalam Fisiologi tahun 2007. Saat ini ia adalah Profesor Luar Biasa genetika manusia dan biologi di Sekolah Kedokteran Universitas Utah.

Tahun awal[sunting | sunting sumber]

Mario Capecchi dilahirkan di Verona, Italia pada 1937 dari Luciano Capecchi, seorang penerbang Italia yang kemudian dilaporkan hilang dalam tugas selagi mengoperasikan senapan anti-pesawat di Libya, dan Lucy Ramberg, dilahirkan di Amerika dari seorang pelukis Impresionis Lucy Dodd Ramberg dan arkeologis Jerman Walter Ramberg.

Pada Perang Dunia II, ibu Mario Capecchi dikirim ke kamp konsentrasi Dachau sebagai hukuman karena merupakan anggota dari kelompok anti Fasis, meninggalkan anaknya yang baru berumur 4 tahun ke asuhan keluarga petani Italia. Meskipun ibunya telah menjual harta-benda dan diberikan kepada keluarga petani tersebut untuk mengasuh anaknya namun uang tersebut habis dalam setahun dan keluarga tersebut tak mampu lagi merawat Capecchi. Capecchi bertahan hidup di jalanan di utara Italia selama empat tahun ke depan.

Pada 1945, ibunya dibebaskan dari kamp oleh pasukan AS yang kemudian mencari anaknya dan menemukannya setahun kemudian dalam keadaan sekarat karena kekurangan gizi di sebuah rumah sakit.

Ibu dan anak tersebut kemudian pindah ke Pennsylvania, Amerika Serikat. Di sana mereka tinggal di tempat paman Cappechi dari pihak ibu, Edward Ramberg, seorang fisikawan di RCA.

Capecchi menerima gelar B.S.nya dalam bidang kimia dan fisika pada 1961 dari Antioch College di Ohio. Dia menerima gelar Ph.D.nya dalam bidang biofisika pada 1967 dari Universitas Harvard dengan tesis doktor di bawah bimbingan James D. Watson. Capecchi pernah menjadi anggota Junior Fellow of the Society of Fellows di Universitas Harvard dari 1967 sampai 1969. Pada 1969 dia menjadi Asisten Profesor di Departemen Biokimia Sekolah Medis Harvard. Dia dipromosi menjadi Profesor Associate pada 1971. Pada 1973 dia bergabung ke Universitas Utah. Sejak 1988 Capecchi juga pernah menjadi seorang investigator di Howard Hughes Medical Institute. Dia adalah seorang anggota National Academy of Sciences.

Knockout mouse[sunting | sunting sumber]

Mario Capecchi terkenal karena kerjanya dalam penargetan gen sel punca dari embrio tikus yang memungkinkan teknologi transgenik termasuk kloning dan modifikasi genetika. Hasil kerja ini dicapai melalui usaha Martin J. Evans dan Oliver Smithies yang meneliti knockout mouse. Hasil kerja mereka membuat mereka dianugerahi Penghargaan Nobel 2007 untuk kedokteran atau fisiologi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]