Donal Bebek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Donal Bebek
Donald duck stor 121201c.jpg
Donal Bebek
Penampilan perdana The Wise Little Hen (Silly Symphonies) tahun 1934[1]
Pencipta Walt Disney
Pengisi suara Clarence Nash (1934-1985), Tony Anselmo (1985-sekarang)
Informasi terkait
Nama alias
Saudara Gober Bebek, Kwik, Kwek, dan Kwak, Hortensia Bebek, Dumbella Bebek, Kweker Bebek, Untung Angsa, Didi Bebek, Nenek Bebek, Agus Angsa
Binatang peliharaan
Rekan
Musuh Pokijan, Gerombolan Siberat, Untung Angsa, Mimi Hitam

Donal Bebek adalah salah satu karakter Disney yang merupakan seekor bebek yang sering ditampilkan mengenakan baju pelaut biru / kelasi tanpa celana. Donal tampil pertama kali pada tanggal 9 Juni 1934 dalam kartun "The Wise Little Hen".

Menurut kartun Donald Gets Drafted (1942), nama lengkap Donal Bebek adalah Donal Fauntleroy Bebek (nama tengahnya merupakan referensi untuk topi pelautnya yang merupakan aksesoris untuk baju Fauntleroy). Situs Disney juga menyatakan bahwa namanya adalah Donal Fauntleroy Bebek dan sebuah episode dalam film Quack Pack juga menyatakan hal yang sama.[2]

Karakter Donal dengan suara khasnya merupakan hasil kerja dari pengisi suaranya, yaitu Clarence "Ducky" Nash. Karyanya inilah yang berhasil mengangkat Donal dan tertanam pada pemirsanya sebagai karakter dengan ciri khas yang unik.

Sifat Donal yang paling terkenal adalah sifatnya yang mudah marah. Dia juga sering dipecat dan berganti-ganti pekerjaan, namun itu menunjukan bahwa dia lebih terampil dari karakter Disney lain karena dapat bekerja hampir di segala bidang.

Hari ulang tahun Donal diakui jatuh pada tanggal 9 Juni 1934,[3] hari saat Donal muncul pertama kali, tapi dalam film The Three Caballeros, ulang tahunnya jatuh pada hari Jumat ke-13, bahkan, menurut kartun Donald's Happy Birthday, ulang tahun Donal jatuh pada tanggal 13 Maret.

Suara Donal yang terkenal disuarai oleh Nash, namun ia mengisi suara Donal hanya sampai tahun 1985, sejak tahun 1985, Donal disuarai oleh Tony Anselmo yang telah dilatih oleh Nash sendiri.[4]

Donal Bebek dalam film animasi[sunting | sunting sumber]

Kehadiran awal[sunting | sunting sumber]

Debut Donal Bebek pada Film The Wise Little Hen.
Gambar Donal pada saat pembukaan salah satu kartun Donal

Menurut Leonard Maltin, Donal dibuat oleh Walt Disney saat mendengar Clarence Nash mengucapkan suara bebeknya saat menceritakan "Mary had a little lamb". Miki Tikus telah kehilangan beberapa penggemarnya sejak menjadi model peran untuk anak-anak dan Disney ingin agar ada karakter yang bisa memberikan gambaran karakter dengan sifat negatif.

Donal muncul dalam film Silly Symphonies dalam cerita The Wise Little Hen pada tanggal 9 Juni, 1934. The Wise Little Hen mengisahkan tentang seekor ibu ayam betina dengan anak-anak ayamnya yang meminta bantuan kepada Peter Pig dan Donal Bebek untuk memanen hasil kebun jagungnya. Tapi mereka selalu beralasan dengan berpura-pura sakit perut. Ketika jagung sudah dipanen, induk ayam tidak membuat kue jagung. Ia tidak memberi Donal dan Peter kue tersebut, malah memberi obat sakit perut. Tadinya pihak Disney semula berniat menjadikan Peter Pig sebagai bintang, namun yang menjadi bintang pada film itu justru adalah Donal Bebek. [5]

Bert Gillett, sutradara film The Wise Little Hen[5], membawa Donal kembali dalam kartun Miki Tikus, The Orphan's Benefit pada tanggal 11 Agustus 1934. Donal semakin terkenal pada film ini, dan dia disukai oleh banyak orang karena kekocakannya dalam film ini. Donal semakin terkenal dan terus meningkat popularitasnya. Karakter ini mulai muncul hampir di semua kartun Miki Tikus. Pada kartun tahun 1935 yang berjudul Konser Band, Donal berkali-kali mengganggu Orkestra Miki Tikus yang membawakan lagu The William Tell Overture dengan memainkan lagu Turkey in the Straw. Dalam film inilah Donal benar-benar menjadi bintang.

Tahun 1936, Donal mulai membintangi kartunnya sendiri, kartunnya yang pertama pada tanggal 9 Januari 1937 adalah Don Donald. Cerita ini juga memperkenalkan pacar Donal, Desi Bebek (di dalam film ini disebut Donna Bebek. Keponakan Donal, Kwik, Kwek, dan Kwak, muncul pada tanggal 15 April 1938 dalam film Donald's Nephews, disutradai oleh Jack King (namun mereka sudah diperkenalkan oleh Al Taliaferro lebih dahulu melalui komik strip).

Donal Bebek semasa Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Donal membuat kopi pada film Der Fuehrer's Face.

Lucu tidak tenang. Hal ini tidak aneh karena di era yang sama terlihat lahirnya dan berkembangnya Bugs Bunny juga popularitas Donal yang melonjak. Pada tahun 1949, Donal telah mengalahkan Miki Tikus sebagai karakter disney yang paling populer. Sebelum tahun 1941, Donal telah hadir dalam 50 kartun, sedangkan di antara tahun 1941 dan 1965, Donal telah hadir dalam 100 kartun.

Pada masa Perang Dunia II Donal Bebek juga digunakan sebagai propaganda berbentuk film, terutama pada film Der Fuehrer's Face yang muncul pada tanggal 1 Januari 1943. Didalam film itu, Donal bekerja di pabrik artileri di "Nutzi Land" (Nazi Jerman). Dia harus berjuang dengan waktu kerja yang sangat panjang, jumlah makanan yang sangat sedikit, dan harus memuja dan berkata Hail Hitler setiap dia melihat wajah Führer (Adolf Hitler). Terdapat banyak gambar Führer di tempat itu, contohnya saat Donal bekerja menutup amunisi, tiba-tiba muncul foto Führer, sehingga dia harus bekerja sambil berkata Hail Hitler. Bahkan, saat terdapat foto Führer yang terbalik, ia harus memujanya dengan keadaan terbalik dan berkata Hail Hitler. Foto Führer pun terus muncul dan sangat banyak, bahkan amunisi yang muncul dari yang sangat kecil sampai yang sangat besar, tentu saja hal ini membuat Donal sungguh menderita. Akhirnya Donal terbangun dan ternyata itu hanyalah mimpi buruk. Pada akhirnya, Donal melihat bayangan dan berkata Hail Hit.. namun ternyata itu adalah Patung Liberty dan lalu Donal bersyukur menjadi warga Amerika Serikat. Film Der Fuehrer's Face memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Pendek pada tahun 1943, namun kini kartun ini telah dilarang beredar di televisi.

Donal Menghormati Fuhrer pada film Der Fuehrer's Face

Kartun lain yang ada pada periode perang berkisah tentang kehidupan Donal di Angkatan Darat Amerika Serikat. Ia harus melakukan wajib militer dalam pelatihan di bawah sersan Boris. Misi pertama Donal adalah mensabotase lapangan udara Jepang. Kartun-kartun tersebut adalah:

No. Nama film Tanggal debut
1 Donald Gets Drafted 1 Mei 1942
2 The Vanishing Private 25 September 1942
3 Sky Trooper 6 November 1942
4 Fall Out Fall In 23 April 1943
5 The Old Army Game 5 November 1943
6 Commando Duck 2 Juni 1944

Pada film Donald Gets Drafted juga terdapat kisah saat pemeriksaan fisik Donal sebelum menjadi pasukan. Menurut pemeriksaan, tinggi Donal pendek dan tidak dapat membedakan biru dan hijau (buta warna). Selain itu, sersan Boris juga berkomentar bahwa Donal tidak disiplin.

Donal muncul sebagai maskot di Skuadron Petarung ke-309 Army Air Corps[6] dan United States Coast Guard Auxiliary yang menunjukan Donal sebagai bajak laut yang siap untuk mempertahankan pantai Amerika Serikat dari para penyerang[7]. Donal juga muncul sebagai maskot dari Skuadron Petarung ke-415, Skuadron Petarung ke-438, Skuadron Pembombardmen ke-479, Pembombardmen ke-531.

Dari kiri ke kanan: Joe Carioca, Panchito Pistoles dan Donal Bebek

Pada tahun 1984, selama perayaan ulang tahun ke-50 Donal, US Army mengangkat Donal menjadi sersan karena filmnya selama Perang Dunia II. Upacara untuk Donal sama dengan upacara pengangkatan militer lainnya, dengan Donal mengenakan seragam militer dan menerima sertifikat serta lencana sersan, setelah itu ia memeluk Desi Bebek dalam kegembiraan.

Selama Perang Dunia 2 berlangsung, film animasi Disney dilarang beredar di Eropa yang diduduki Nazi Jerman. Oleh sebab itu, diputuskan untuk mendapat penonton baru dari Amerika Selatan. Donal memutuskan untuk berlibur ke negara-negara Amerika Latin dengan asistennya, selanjutnya dibuatlah 2 film animasi. Yang pertama adalah Saludos Amigos, disinilah Donal bertemu dengan Joe Carioca. Film kedua adalah The Three Caballeros. Pada film tersebut, ia bertemu dengan Panchito Pistoles.

Animasi setelah Perang Dunia II (1946-1979)[sunting | sunting sumber]

Banyak film-film Donal yang dibuat setelah Perang Dunia II berkisah tentang sang bebek yang diganggu oleh karakter-karakter lainnya. Donal berkali-kali diserang, diganggu dan diejek oleh keponakannya, lalu oleh Kiki dan Koko, selain itu ia juga diperlakukan hal yang sama oleh karakter lainnya seperti Humphrey si Beruang, Buzz si Lebah, "Serangga Botol", Burung Aracuan, "Louie si Singa Gunung", bahkan koloni semut. Hal ini membuat pengaruh terhadap artis-artis Disney yang akhirnya membuat cerita dengan tema "Donal menjadi korban perilaku yang buruk dari tokoh lainnya". Kemarahan Donal menjadi sangat kejam, sehingga menuai kritik karena film itu menjadi tidak lucu sama sekali.

Pada film Fun and Fancy Free yang muncul pada tanggal 27 September 1947, terdapat 2 bagian, yaitu "Bongo", namun Donal muncul dalam bagian cerita "Mickey and the Beanstalk", cerita yang menceritakan kembali Kisah Jack dan Kacang Ajaib, dengan Miki Tikus, Donal dan Gufi sebagai petani yang mencapai Istana Raksasa di langit dengan bantuan kacang ajaib.


Kehadiran Donal Bebek pada film Donald in Mathmagic Land.

Film Donal setelah Perang Dunia II juga ditampilkan dalam bentuk film pendidikan, contohnya Donald in Mathmagic Land (1959), dan muncul sebagai figuran dalam berbagai proyek-proyek Disney seperti contohnya The Reluctant Dragon (1941) dan Disneyland television show (1959). Acara Disneyland television show ini pun melahirkan karakter baru yang merupakan Paman dari Donal, yaitu Profesor Otto pada tahun 1961.

Film Donal Bebek tahun 1980-sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1985, Clarence Nash meninggal, oleh sebab itu ia digantikan oleh Tony Anselmo, yang telah dilatih oleh Nash sendiri Suara Tony Anselmo untuk Donal muncul pertama kali dalam film Who Framed Roger Rabbit.

Donal juga muncul dalam banyak acara televisi yang berbeda dan film animasi pendek. Dia memainkan peran dalam film Lagu Natal Miki dan Good Morning, Mickey!, selain itu, ia juga hadir sebagai figuran dalam film A Goofy Movie. Pada film Who Framed Roger Rabbit, Donal melakukan duel bermain piano dengan karakter Warner Bros., Daffy Bebek.

Donal juga muncul sebagai figuran dalam film Bonkers yang muncul pada tanggal 19 November 1993. Donal juga hadir dalam film:

Quack Pack[sunting | sunting sumber]

Penggambaran modern Donal Bebek, Desi Bebek, dan Kwik, Kwek, dan Kwak pada film Quack Pack

Donal mendapatkan film animasinya sendiri, yaitu Quack Pack yang muncul pada tanggal 2 September 1996. Pada film ini juga terdapat keluarga bebek dengan gambar yang sudah modern. Donal tidak lagi memakai baju pelaut dan topi pelautnya, namun ia mengenakan baju Hawaii. Kwik, Kwek, dan Kwak kini sudah remaja, dengan penampilan, suara dan karakter yang berbeda. Desi tidak lagi memakai baju pinknya dan memiliki tipe rambut yang berbeda. Namun, terdapat keanehan pada film ini, tidak ada anggota keluarga bebek lainnya yang muncul, dan Profesor Otto yang muncul dalam film ini, selain itu penduduk Kota Bebek adalah manusia, bukan bebek, atau binatang lainnya.

DuckTales[sunting | sunting sumber]

Donal tidak banyak memainkan peran dalam film seri animasi DuckTales yang muncul pada tanggal 18 September 1987. Pada film itu, Donal dikisahkan bergabung dengan angkatan laut, dan harus menitipkan keponakannya, Kwik, Kwek, dan Kwak, kepada Paman Gober, yang selanjutnya harus mengurus mereka. Peran Donal di seluruh seri film ini sangat terbatas, dan ia hanya muncul dalam sedikit episode.

Mickey Mouse Works dan House of Mouse[sunting | sunting sumber]

Donal juga memainkan peran penting dalam film Mickey Mouse Works dan House of Mouse. Ia memiliki kartunnya sendiri dalam film Mickey Mouse Works, selain itu pada saat judul kartun tersebut Mickey Mouse Works muncul, ia selalu muncul dengan berbagai cara untuk menunjukan tulisan "starring Donald Duck"(contohnya menaiki balon udara). Pada film House of Mouse, ia bersama Miki Tikus dan temannya yang lain mengurus sebuah klub malam. Klub tersebut selalu menampilkan film kartun Donal, Miki, Pluto, Mini, Desi, Gufi dan Profesor Otto.

Donal dalam komik[sunting | sunting sumber]

Sampul komik Donal Bebek tahun 1949 yang terdapat dalam cerita yang terkenal, Lost in the Andes. Gambar sampul dan cerita dibuat oleh Carl Barks.

Saat kartun Donal menikmati popularitas tinggi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, komik-komik Donal baik yang mingguan ataupun bulanan menikmati popularitas terhebatnya di banyak negara-negara Eropa, terutama di Norwegia dan Finlandia, dan juga Denmark, Jerman, Italia, Belanda, dan Swedia. Kebanyakan dari komik itu diproduksi oleh Perusahaan Disney cabang Italia dan oleh Perusahaan Disney Egmont di Denmark, Norwegia, Finlandia dan Swedia.

Menurut data tentang komik Disney di seluruh dunia, komik-komik Amerika, Italia dan Denmark disebar ke beberapa negara. Hampir di antara semua negara dibawah, publikasi komik Donal masih terus berlanjut: Australia, Amerika Serikat, Arab Saudi, Austria, Belgia, Belanda, Brazil, Bulgaria, Ceko, Denmark Kepulauan Faroe), Estonia, Finlandia, Guyana, Hungaria, India, Indonesia, Inggris, Islandia, Israel, Italia, Jerman, Kolombia, Latvia, Lithuania, Meksiko, Mesir, Norwegia, Perancis, Polandia, Portugis, Romania, Russia, Slovenia, Spain, Swedia, Thailand, Republik Rakyat Tiongkok, Turki, Yunani, dan bekas Yugoslavia

Perkembangan awal[sunting | sunting sumber]

Meskipun sebuah publikasi Disney yang bernama Mickey Mouse Annual pada tahun 1931 menyebutkan sebuah karakter bernama Donal Bebek, karakter ini muncul pertama kali di komik pada koran yang berdasarkan pada film pendek The Wise Little Hen dan dipublikasi tahun 1934, untuk beberapa tahun kemudian, Donal muncul dalam beberapa strip Disney, dan pada tahun 1936, dia telah berkembang menjadi salah satu karakter paling populer di komik strip Silly Symphonies . Ted Osborne adalah penulis utama komik strip tersebut, bersama Al Taliaferro sebagai artisnya. Osborne dan Taliaferro juga memperkenalkan beberapa karakter pembantu Donal, termasuk keponakannya, Kwik, Kwek, dan Kwak.

Pada tahun 1937, sebuah penerbit Italia bernama Mondadori membuat cerita pertama Donal Bebek dalam bentuk buku komik. Cerita 18 halaman yang dibuat oleh Federico Pedrocchi adalah cerita pertama yang mengisahkan Donal sebagai petualang, bukan sebagai pelawak. Perusahaan penerbit Fleetway di Inggris juga mulai mempublikasi buku komik Donal Bebek.

Perkembangan dibawah Taliaferro[sunting | sunting sumber]

Sebuah komik strip harian yang bernama Donald Duck yang digambar oleh Taliaferro dan cerita ditulis oleh Bob Karp mulai muncul di Amerika Serikat pada tanggal 2 Februari 1938. Taliaferro dan Karp membuat lebih banyak karakter untuk Dunia Donal Bebek. Anjing St. Bernard bernama Lubas, dan keluarganya termasuk sepupunya Agus Angsa dan Nenek Bebek. Juga munculnya pacar dari Donal, Desi Bebek. Taliaferro juga memberi Donal sebuah mobil, yaitu mobilnya yang berwarna merah berplat nomor 313 dengan jenis mobil Belchfire Runabout tahun 1934, pada sebuah cerita pada tahun 1938.

Publikasi dibawah Carl Barks[sunting | sunting sumber]

Carl Barks mengunjungi Finlandia bulan Juni tahun 1994

Pada tahun 1942, Western Publishing mulai membuat komik dan cerita tentang Donal dan karakter Disney lainnya. Bob Karp bekerja pada awal, membuat sebuah cerita bernama Donald Duck Finds Pirate Gold. Penerbit baru berarti ilustrator baru, seperti Carl Barks and Jack Hannah. Barks nantinya akan terus membuat komik dengan tema berburu harta karun.

Kota Bebek, tempat tinggal Donal Bebek. Ini adalah Kota Bebek yang terlihat dalam film DuckTales.

Barks langsung mengambil alih publikasi atas versi buku komik Donal Bebek baik penulis dan ilustrator. Dibawah penanya, versi komik Donal Bebek bercabang lebih jauh dari rekan animasinya, menjadi lebih banyak tema petualangan, tingkat kemarahannya dikurangi, dan lebih pandai. Boris adalah karakter satu-satunya dari komik strip Miki Tikus yang muncul dalam Dunia Donal Bebek. Namun, di Kota Bebek,Donal bukanlah karakter utama yang selalu ditampilkan, melainkan Paman Gober yang lebih mendominasi muncul.

Barks juga membuat Kota Bebek untuk tempat tinggal Donal Bebek. Di Kota Bebek juga terdapat beberapa karakter pembantu, contohnya Untung Angsa (1948), Lang Ling Lung (1952), Gober Bebek (1947), Mimi Hitam (1961), Gover Bebek (1956), Gerombolan Siberat (1951), Titi, Tita, dan Tati (1953), Pokijan (1944) dan Roker Bebek (1961). Banyak karakter Taliaferro yang juga muncul dalam cerita buatan Carl Barks, termasuk Kwik, Kwek, dan Kwak. Barks banyak membuat kisah Donal yang berpetualang, dan Gober Bebek menjadi salah satu karakter favoritnya untuk berpasangan dengan Donal Bebek. Popularitas Gober berkembang, dan pada tahun 1952, Gober Bebek akhirnya memiliki komiknya sendiri.

Pada saat ini, Barks lebih mengkonsentrasikan usahanya pada cerita-cerita Gober, dan kemunculan Donal lebih difokuskan pada komedi atau dia menjadi pembantu Gober, karena dia dikisahkan memiliki banyak sekali hutang kepada Pamannya yang sangat kaya.

Donal sebagai Super Donal[sunting | sunting sumber]

Donal Bebek sebagai Super Donal.

Meskipun Donal adalah tokoh yang pemalas, ceroboh, dan pemarah, namun ia memiliki identitas rahasia sebagai seorang pahlawan super yang selalu membela kebenaran. Pada tahun 1969, beberapa anak-anak memprotes penerbit Donal Bebek versi Italia, Mondadori karena mereka tidak senang jika Donal selalu menjadi pecundang dalam komik. Penulis Guido Martina dan artis Giovan Battista Carpi menanggapi hal ini dengan menjadikan Donal Pahlawan Super yang disebut sebagai Super Donal. Di Denmark, petualangannya telah dipublikasikan dalam sebuah buku kecil yang berjudul "Jumbobøger". Di Finlandia, Super Donal dipublikasikan dalam cerita "Aku Ankan Taskukirja". Pencipta Super Donal juga memperkenalkan Super Donal dalam cerita sebanyak 60 halaman yang berjudul "Paperinik il diabolico vendicatore" yang dipublikasi dalam 2 bagian pada tanggal 8 Juni dan 15 Juni 1969. Debut cerita dimulai saat Donal mewarisi Villa de Rossa dan disana ia akan menemukan catatan harian Fantomius, penjahat terkenal yang kejahatannya selalu sulit diungkap. Setelah itu ia meminta bantuan Lang Ling Lung untuk memberinya peralatan. Misi pertamanya adalah mencuri tempat tidur milik Gober Bebek. Pada tempat tidur milik Gober Bebek, terdapat uang sebesar $1.000.000 dan membuat Untung yang disalahkan. Setelah itu Gober dan Untung bersama polisi dapat mengikuti jejak pencuri ke Villa de Rossa pada hari berikutnya. Untung yang berusaha membersihkan nama baiknya dengan menginvesitagsi villa, namun "lilin" yang dia gunakan untuk penerangan ternyata adalah sebuah dinamit. Tiba-tiba ia menghancurkan villa dan uang itu berterbangan ke segala arah. Gober menyalahkan Untung dan menyatakana tidak akan menuntutnya jika dia mengumpulkan semua uangnya.

Nantinya ia akan sadar bahwa ia bisa menyelamatkan penduduk Kota Bebek dengan peralatannya dan meminta bantuan Lang Ling Lung yang juga satu-satunya yang mengetahui rahasianya.

Publikasi dibawah Don Rosa[sunting | sunting sumber]

Gambar Donal Bebek dan 3 keponakannya dalam komik buatan Don Rosa

Bekerja untuk penerbit Gladstone[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1985, dia menemukan buku komik produksi penerbit Gladstone di jendela toko komik kecil. Ini adalah komik Amerika Serikat yang pertama yang berisi tentang karakter Disney setelah tahun 1970. Sejak Don Rosa masih kecil, ia sangat suka dengan cerita tentang Donal Bebek dan Gober Bebek. Artis Carl Barks juga senang dengannya dan terus menyukainya selama sisa karirnya. Barks segera memanggil editor Gladstone Byron Erickson dan memberitahunya bahwa Don Rosa adalah salah satu orang Amerika sang lahir untuk menulis dan menggambar komik Gober Bebek. Byron setuju dan membiarkannya mengirim ceritanya, dan Don Rosa mulai menulis cerita pertamanya, Son of the Sun yang dibintangi oleh Gober Bebek, Donal Bebek, Kwik, Kwek, dan Kwak, dan Gover Bebek. Kisah Son of the Sun sukses dan dinominasikan kedalam Harvey Award.

Don Rosa juga menulis beberapa komik lainnya untuk Gladstone sampai tahun 1989. Dia akhirya berhenti bekerja untuk Gladstone karena peraturan dari Disney yang tidak memperbolehkan cerita asli gambaran artis untuk dikembalikan kepada sang artis. Hal ini tidak diterima oleh Don Rosa, karena bagian dari pendapatannya berasal dari menjual ceritanya yang asli, tanpa pendapatan ekstra itu, ia tidak bisa hidup sebagai penggambar buku komik.

Bekerja untuk penerbit Oberon[sunting | sunting sumber]

Setelah ia berhenti bekerja untuk Gladstone, ia bekerja untuk penerbit Belanda, Oberon yang mempublikasi majalah Disney untuk anak-anak yang bernama DuckTales (berdasarkan film animasinya pula) karena Oberon menawarkannya gaji yang lebih besar dibanding saat dia di penerbit Gladstone. Don Rosa hanya membuat 1 naskah, yaitu Back in Time for a Dime, setelah itu penerbit Oberon tidak memintanya untuk membuat lebih banyak lagi, dan juga karena masalah dalam menerima gaji, Don Rosa tidak peduli.

Bekerja untuk penerbit Egmont[sunting | sunting sumber]

Don Rosa mengunjungi Finlandia tahun 1999

Setelah ia bekerja untuk majalah DuckTales, Don Rosa menemukan bahwa penerbit Denmark, Egmont (pada waktu itu disebut Gutenberghus) telah mempublikasi ceritanya dan ingin lebih banyak lagi. Don bergabung dengan Egmont tahun 1990 bersama dengan Byron Erickson, editor Gladstone sebelumnya.

Pada tahun 1991, ia memulai membuat kisah The Life and Times of Scrooge McDuck, sebuah cerita dalam 12 bagian tentang karakter favoritnya. Cerita ini sangat sukses, dan pada tahun 1995, ia memenangkan Eisner Award. Setelah itu,, Don mulai memproduksi bagian yang hilang. Beberapa bagian ekstra tidak diproduksi karena mereka tidak tertarik lagi dengan episode tersebut, namun, penerbit Perancis, Piscou mempublikasi cerita itu, sehingga Don Rosa sejak tahun 1999 memulai bekerja degan Picsou. Kisah ekstra ini disebut dengan Life and times of Scrooge McDuck Companion.

Selain itu, ia juga banyak membuat karya lain, seperti contohnya silsilah keluarga bebek, ia juga membuat banyak kisah petulangan Donal Bebek dan Gober Bebek.

Tanggapan atas karyanya[sunting | sunting sumber]

Ia sangat terkenal di Eropa, namun di tanah kelahirannya, Amerika Serikat, ia tidak terlalu terkenal.[8] Selain itu, tidak semua fans dari Carl Barks senang dengan apa yang ia lakukan, bahkan beberapa orang menyatakan bahwa Don Rosa telah menghancurkan Dunia yang telah dibuat oleh Barks.

Donal pada masa kecilnya[sunting | sunting sumber]

Terkadang pada beberapa komik berkisah tentang Donal Bebek pada masa kecilnya, yang akrab disebut Doni Bebek. Pada masa kecilnya, dia tinggal bersama dengan Nenek Bebek di Desa Angsa. Dia bersekolah disitu dan berteman dengan beberapa temannya, terutama dengan Barni Luis, Betty Lou, Mili (kadang-kadang namanya dalam bahasa Indonesia di Poket Paman Gober berubah-ubah, contohnya Penny), dan Tom. Donal pada masa kecil memakai baju pelaut seperti saat dia dewasa. Sifat Donal pada masa kecilnya sangat jahil, nakal dan selalu ingin berpetualang.

Publikasi lainnya[sunting | sunting sumber]

Beberapa produk yang bergambar Donal Bebek dan Miki Tikus yang mengenakan pakaian tradisional Jepang.

Penulis-penulis melanjutkan untuk menggunakan Donal dalam ceritanya di seluruh dunia, contohnya beberapa artis dari studio Disney, yang membuat komik yang ditujukan untuk pasar Eropa. 2 dari mereka adalah Dick Kinney dan Al Hubbard yang membuat karakter baru, yaitu sepupu Donal yang selalu menjadi biang kekacauan, Didi Bebek yang muncul pertama kali pada cerita The Health Nut.

Artis Amerika Serikat, Vic Lockman dan Tony Strobl, yang bekerja langsung untuk komik buku Amerika, membuat karakter Mobi Bebek. Strobl adalah salah satu artis Disney yang paling produktif, dan menggambar banyak cerita yang ditulis oleh Barks setelah dia pensiun. Pada tahun 1990, naskah-naskah ini digambar kembali oleh artis Belanda, Daan Jippes.

Giogio Cavazzano dan Carlo Chendi membuat tokoh Humphrey (Umperio Bogarto dalam bahasa Italia) yang merupakan seorang detektif dan memiliki asisten, yaitu Didi Bebek. Giogio Cavazzano dan Carlo Chendi juga membuat karakter bernama Beko, seekor bebek luar angkasa yang mendarat di Bumi dari kapal terbang yang dalam bentuk koin. Namun dia kehilangan kapal terbangnya, dan berteman dengan Gober, sekarang dia diperbolehkan oleh Gober untuk mencari piring terbangnya di Gudang Uang Gober Bebek.

Romano Scarpa, artis Disney yang sangat penting dan berpengaruh, membuat karakter Brigita, seekor bebek wanita yang sangat mencintai Gober. Meskipun ia selalu ditolak Gober, Brigita terus mencoba untuk merebut hatinya. Scarpa juga membuat Dickie Bebek, cucu dari Glittering Goldie (cinta pertama Gober sewaktu dia masih muda di Klondike) dan Kildare Coot, keponakan dari Nenek Bebek.

Artis Italia Corrado Mastantuono membuat karakter Boboh, seekor bebek yang sinis dan suka mengeluh yang bekerja sama dengan Donal dan Lang Ling Lung.

Artis Amerika William van Horn juga memperkenalkan karakter baru: Rumpus McFowl, seorang bebek tua dengan kemalasannya, yang dikatakan sebagai keponakan dari Gober. Namun, Gober akhirnya mengetahui kalau keponakannya Rumpus adalah setengah sanak keluarganya. Nantinya, Rumpus juga mengetahuinya.

Daniel Branca dan penulis naskah Paul Halas dan Charlie Martin yang bekerja untuk editor Denmark, Egmont, membuat karakter Soni Camar, seorang anak yatim piatu teman dari Kwik, Kwek, dan Kwak, dan musuhnya, Mr. Phelps.

Artis Disney paling produktif hari ini adalah Victor Arriagada Rios, yang lebih diketahui dengan nama Vicar. Ia memiliki studionya sendiri. Ia dan asistennya menggambar cerita yang dikirim oleh Egmont. Vicar membuat karakter Una, seorang permaisuri dari zaman batu yang berpetualang di Kota Bebek tahun 1990 dengan menggunakan mesin waktu Lang Ling Lung.

Artis penting lainnya adalah Freddy Milton dan Daan Jippes yang membuat kisah yang dinyatakan oleh beberapa orang bahwa hasilnya sebaik dengan hasil karya Carl Barks.

Artis Jepang Shiro Amano mengadaptasi Donal kedalam grafik manga dalam permainan Kingdom Hearts.

Donal Bebek dalam permainan video[sunting | sunting sumber]

Kover permainan video Disney's Donald Duck: Goin' Quackers.

Donal Bebek muncul dalam beberapa permainan, baik dalam Sony PlayStation, Sony PlayStation 2, permainan komputer, Nintendo 64, Nintendo GameCube, Sega Dreamcast dan Game Boy Advance. Seperti contohnya, pada permainan Disney's Donald Duck: Goin' Quackers (dirilis tahun 2000, 2001, 2002), yang dapat dimainkan dengan Nintendo 64, Nintendo GameCube, Sony PlayStation, Sony PlayStation 2, dan Sega Dreamcast, ia harus berusaha menaklukan Untung dalam menyelamatkan Desi Bebek. Ia akan menghadapi musuh-musuh dan jalur yang harus dilewati. Pada permainan Kingdom Hearts, yang dapat dimainkan dengan Sony PlayStation 2 (dirilis tanggal 28 Maret 2002). Pada permainan tersebut, Donal menjadi penyihir di Istana Disney dan harus bersama Sora dan Gufi menyelamatkan Raja Miki. Pada permainan itu, Donal disuarai oleh Tony Anselmo untuk versi Bahasa Inggris dan Kōichi Yamadera untuk versi bahasa Jepang. Pada permainan Disney's PK: Out of the Shadows (dirilis 30 November 2002) , ia berperan sebagai Super Donal yang dibawa ke masa depan untuk membantu melawan alien[9]. Permainan lainnya yang pada permainan itu terdapat Donal adalah:

Donal Bebek sebagai maskot[sunting | sunting sumber]

Maskot Angkatan Udara Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Donal muncul sebagai maskot di Skuadron Petarung ke-309 Army Air Corps[10] dan United States Coast Guard Auxiliary yang menunjukan Donal sebagai bajak laut yang siap untuk mempertahankan pantai Amerika Serikat dari para penyerang[11]. Donal juga muncul sebagai maskot dari Skuadron Petarung ke-415, Skuadron Petarung ke-438, Skuadron Pembombardmen ke-479, Pembombardmen ke-531.

Pada tahun 1984, selama perayaan ulang tahun ke-50 Donal, US Army mengangkat Donal menjadi sersan karena filmnya selama Perang Dunia II. Upacara untuk Donal sama dengan upacara pengangkatan militer lainnya, dengan Donal mengenakan seragam militer dan menerima sertifikat serta lencana sersan, setelah itu ia memeluk Desi Bebek dalam kegembiraan.

Maskot tim olahraga Oregon Ducks[sunting | sunting sumber]

Universitas Oregon menggunakan Donal sebagai maskot mereka.

Donal Bebek adalah satu-satunya karakter film populer yang muncul sebagai maskot untuk tim olahraga, dan Donal Bebek digunakan sebagai maskot oleh Universitas Oregon, dan tim olahraga itu bernama Oregon Ducks.

Pada tahun 1984, Donald Bebek menamai tamatan kehormatan Universitas Oregon selama perayaan ulang tahunnya ke 50. Selama kunjungan ke Bandara Kota Eugene, 3000 sampai 4000 fans berkumpul untuk presentasi atas topi akademi dan gaun untuk Donal. 1000 dari area kediaman menandai gulungan selamat untuk Donal, dan dokumen itu adalah bagian dari arsip-arsip Disney.

Sebagai brand produk[sunting | sunting sumber]

Nama dan gambar Donal juga digunakan dalam beberapa produk komersial, salah satunya adalah menjadi brand Donald Duck Orange Juice (jus jeruk Donal Bebek) yang diperkenalkan oleh Citrus World tahun 1940.

Parodi atas Donal Bebek[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1950, sebuah majalah parodi Mad Magazine yang memparodikan Miki Tikus (disebut "Mickey Rodent" dan dibuat oleh "Walt Dizzy") juga memparodikan Donal Bebek dengan nama "Darnold Duck" yang suara bebeknya telah diterjemahkan untuk pembaca.

Donal Bebek dan Holywood Walk of Fame[sunting | sunting sumber]

Bintang Donal Bebek di Hollywood Walk of Fame

Pada tahun 2004, Donal masuk kedalam jajaran Hollywood Walk of Fame di 6840 Hollywood Blvd[12] dan bergabung dengan karakter lainnya seperti Miki Tikus, Bugs Bunny, Woody Woodpecker, The Simpsons, Winnie the Pooh, Kermit, Godzilla dan Putri Salju.

Pembajakan atas Donal Bebek[sunting | sunting sumber]

Arne Anka[sunting | sunting sumber]

Arne Anka, karakter buatan Charlie Christensen yang dituntut Disney karena kemiripannya dengan Donal Bebek

Di Swedia, seorang artis komik bernama Charlie Christensen masuk dalam percekcokan dengan Disney saat kreasinya Arne Anka terlihat mirip dengan Donal Bebek (Arne adalah pemabuk yang pesimis). Tanggapan dari Charlie adalah dengan menggambar komik strip tentang Arne yang mengarang kematiannya, lalu ia melakukan operasi plastik dan muncul lagi sebagai Arne X dengan paruh mirip gagak.

Donald Dach[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1991, perusahaan Disney menuntut seorang karikaturis Israel, Dudu Geva karena permasalah hak cipta dan Disney menyatakan bahwa karakter buatan Dudu Geva, "Donald Dach" dalam cerita "Moby Duck" adalah bajakan dari Donal Bebek karena kemiripannya[13]. Pengadilan memutuskan agar Geva membayar denda dan menghilangkan semua bukunya.

Howard the Duck[sunting | sunting sumber]

Disney menekan Marvel karena tokoh yang merupakan salah satu karakter komik Marvel, Howard the Duck mirip dengan Donal Bebek, sehingga karakter tersebut didesain ulang.[14]

Karya[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Buku komik[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

  • Walt Disney's Comics and Stories
  • Donald Duck
  • Uncle Scrooge
  • Uncle Scrooge Adventures
  • Donald Duck Adventures
  • Mickey and Donald
  • DuckTales
  • Donald and Mickey
  • Donald Duck and Mickey Mouse
  • Walt Disney Giant
  • Walt Disney's Comics and Stories Penny Pincher
  • Uncle Scrooge and Donald Duck
  • The Adventurous Uncle Scrooge McDuck

Belanda[sunting | sunting sumber]

  • Donald Duck
  • Donald Duck pocket
  • Donald Duck extra
  • De beste verhalen van Donald Duck albums
  • Donald Duck dubbelpocket
  • Donald Duck vakantieboek
  • Donald Duck mini-pocket

Ceko[sunting | sunting sumber]

  • Kačer Donald

Denmark[sunting | sunting sumber]

  • Anders And & Co.
  • Anders And ekstra.
  • Jumbobog.
  • Mammutbog.

Finlandia[sunting | sunting sumber]

  • Aku Ankka
  • Aku Ankan taskukirja
  • Aku Ankka Sarjisekstra
  • Aku-Palat
  • Roope-setä
  • Iines

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Italia[sunting | sunting sumber]

  • Paperino giornale (1930s)
  • Topolino (libretto)
  • Zio Paperone

Jepang[sunting | sunting sumber]

Jerman[sunting | sunting sumber]

  • Micky Maus Magazin
  • Lustiges Taschenbuch
  • Die tollsten Geschichten von Donald Duck

Latvia[sunting | sunting sumber]

  • Donalds Daks

Lithuania[sunting | sunting sumber]

  • Donaldas ir Kiti

Norwegia[sunting | sunting sumber]

  • Donald Duck & Co.
  • Mikke Mus
  • Donald Duck Pocket / Onkel Skrue Pocket
  • Fantonald

Perancis[sunting | sunting sumber]

  • Le Journal de Mickey
  • Hardi présente Donald
  • Picsou magazine
  • Mickey Parade Geant
  • Super Picsou Géant

Polandia[sunting | sunting sumber]

  • Kaczor Donald

Swedia[sunting | sunting sumber]

  • Kalle Anka & C:o
  • Kalle Ankas Pocket

Slowakia[sunting | sunting sumber]

  • Káčer Donald

Yunani[sunting | sunting sumber]

  • Ντόναλντ
  • Μίκυ Μάους
  • Κόμιξ
  • Κλασικά
  • Αλμανάκο
  • Μίννι

Vietnam[sunting | sunting sumber]

  • Donald và bạn hữu

Ilustrator terkenal[sunting | sunting sumber]

Donal dalam berbagai bahasa[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Donal Bebek". Arsip Disney. Disney. Diakses 30-8-2007. 
  2. ^ "All Hands On Duck". Quack Pack. TV.com. 
  3. ^ "When is Donald Duck's birthday? When did he debut?". Guest Services. Disney. 
  4. ^ "Top Ten Most Famous Cartoon/Comic Characters". Diakses 2007-08-30. 
  5. ^ a b Malone, Patrick A. "The Wise Little Hen". The Encyclopedia of Disney Animated Shorts. Diakses 2007-06-09. 
  6. ^ "309th Fighter Squadron". 31st Figher Group. 
  7. ^ Noble, Dennis L. (2001-06). "The Corsair Fleet". The Beach Patrol and Corsair Fleet. Coast Guard. 
  8. ^ Kutipan: Di Amerika Serikat bahkan tetangganya tidak tau apa yang ia lakukan, ketika ia di Eropa, ia diperlakukan bagaikan bintang musik Rock.
  9. ^ Tentang permainan PK: Out of Shadow di mobygames.com
  10. ^ "309th Fighter Squadron". 31st Figher Group. 
  11. ^ Noble, Dennis L. (2001-06). "The Corsair Fleet". The Beach Patrol and Corsair Fleet. Coast Guard. 
  12. ^ "Donald Duck". Hollywood Icons. Hollywood Chamber of Commerce. 
  13. ^ Becher, Nir. "The Duck". Haaretz. Diakses 30-8-2007. 
  14. ^ Steve Gerber: The Dark Duck Returns: Interviews & Features Archive - Comics Bulletin

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Ariel Dorfman, Armand Mattelart, David Kunzle (trans.), How to Read Donald Duck: Imperialist Ideology in the Disney Comic ISBN 0-88477-023-0 (Anti-Donald Duck Marxist Critique)
  • Walt Disney Productions, Walt Disney's Donald Duck: 50 Years of Happy Frustration, Courage Books, May 1990 ISBN 978-0-89471-530-3.