Kingdom Hearts II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kingdom Hearts II
Cover large.jpg

Pengembang Square Enix
Penerbit Square Enix, Buena Vista Games
Perancang Tetsuya Nomura
Seri Seri Kingdom Hearts
Platform PlayStation 2
Genre RPG-aksi
Mode Single player
Rating CERO: All Ages
ESRB: Everyone 10+
PEGI: 12+
OFLC: PG
Media digital/distribusi 1 DVD-ROM
Kebutuhan sistem

1 DualShock 2 Controller, Memory Card (8Mb)

Kingdom Hearts II (キングダムハーツII Kingudamu Hātsu Tsū?) adalah sebuah game RPG yang dikembangkan oleh Square Enix dan didistribusikan oleh Buena Vista Games, disutradai oleh Tetsuya Nomura, designer karakter-karakter game terkenal seperti Final Fantasy VII. Kingdom Hearts II pertama kali diterbitkan tahun 2005 di Jepang untuk konsol PlayStation 2. Dalam waktu sebulan setelah penerbitannya, Kingdom Hearts II telah terjual satu juta kopi di Amerika Utara.

Kingdom Hearts II adalah kelanjutan dari game RPG PlayStation 2 Kingdom Hearts. Cerita terpusat pada petualangan sekelompok pahlawan yang mencari teman mereka yang hilang dengan bantuan dari karakter-karakter ciptaan Disney dan Square Enix lainnya.

Musik dalam game ini digubah oleh Yoko Shimomura, yang juga menggubah musik untuk game Kingdom Hearts I, dan musik tema "Passion" ("Sanctuary" untuk rilis internasional) yang kemudian dinyanyikan oleh Utada Hikaru.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Kingdom Hearts II dimulai satu tahun kemudian setelah Kingdom Hearts: Chain of Memories. Sora beserta teman-teman perjalanannya, Donald dan Goofy, tertidur selama setahun untuk mendapatkan ingatan mereka yang hilang .Sementara, Roxas yang terjebak di dalam simulasi virtual Twilight Town yang dibuat oleh DiZ (Darkness Is Zero) supaya Roxas dapat bergabung dengan diri aslinya dan mendapatkan kembali ingatannya. DiZ melakukan ini untuk membalaskan dendamnya pada Organization XIII. Tiba-tiba Twilight Town virtual diserang oleh Nobody yang dapat mengancam keberadaan rencana DiZ, tetapi akhirnya Roxas bergabung dengan Sora.

Sora, Donald dan Goofy bangun di Twilight Town yang sebenarnya dan diutus oleh King Mickey dan Yen Sid untuk perjalanan lain. Tujuan perjalanan mereka adalah untuk menghentikan rencana Organization XIII, yang mengendalikan para Nobody-tubuh yang ditinggalkan ketika hati berubah menjadi Heartless, serta menemukan Riku. Sora mendapatkan baju baru yang membuat Sora dapat bergabung dengan anggota kelompoknya untuk mendapatkan kekuatan spesial, dikenal juga dengan Drive Form. Di saat yang sama, Maleficent bangkit dan bergabung dengan Pete untuk melanjutkan keinginannya akan kekuatan.

Sora melakukan banyak perjalanan ke dunia Disney, baik yang lama dan yang baru, dan menyelesaikan masalah yang dilakukan oleh Organisasi XIII, Heartless, Maleficent dan Pete, dan penjahat lokal. Pada saat yang sama, Kairi diculik oleh Organization XII. Selama kunjungan ke Hollow Bastion, mereka bertemu dengan King Mickey, yang mengungkap siapa Ansem. Pada kenyataannya, Ansem yang dilawan oleh Sora adalah Heartless dari Xehanort, murid dari Ansem the Wise. Rencana Organization XIII akhirnya diketahui; mereka mencari kekuatan dari Kingdom Hearts, yakni jumlah hati dari Heartless yang Sora hancurkan dengan Keybladenya.

Melalui pintu rahasia dari Twilight Town virtual, Sora, Donald, dan Goofy tiba di the World That Never Was, markas Organization XIII, dengan Kingdom Hearts yang seperti bulan. Disana Sora menemukan Kairi dan Riku, dan juga menunjukan hubungan natural antara Sora dan Roxas. Mickey bertemu DiZ, yang menunjukan bahwa dirinya Ansem the Wise. Ansem the Wise menggunakan alat untuk menghancurkan kekuatan Kingdom Hearts, tetapi terjadi overload dari kekompleksan yang tidak terhingga dari Kingdom Hearts dan menyebabkan alat itu meledak dan Ansem the Wise akhirnya meninggal.

Klimaksnya terjadi ketika Sora dan Riku melawan Xemnas, yang menggunakan kekuatan Kingdom Hearts. Setelah Xemnas dikalahkan, Sora dan Riku kembali ke Destiny Island, rumah mereka. Game ini berakhir ketika Sora, Riku dan Kairi membaca surat misterius dari Mickey.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Sora

Seorang anak laki-laki berusia 15 tahun yang menjadi tokoh utama di Kingdom Hearts II yang menyelamatkan dunia dari kegelapan tanpa batas ketika dia menyegel pintu menuju Kingdom Hearts. Ceria, naif, tetapi begitu kuat, dia menjelajahi dunia dengan temannya Donald dan Goofy dalam mencari The Door to the Light. Sora menyadari bahwa selama setahun belakangan ini dia tertidur di dalam sebuah alat yang aneh yang berbentuk pod dan dia tidak dapat mengingat kenapa dia bisa berada disana.

Donald adalah seorang penyihir kerajaan. Bersama Goofy, mereka meninggalkan Disney Castle untuk mencari King Mickey. Dalam pencarian itu mereka bertemu Sora dan menjadi sahabat. Setelah mereka membantu Sora menyelamatkan dunia dari kegelapan, Donald dan Goofy kembali mencari King Mickey. Tapi sebelum mereka menemukan King Mickey, mereka bertiga tertidur lelap.

Goofy adalah ksatria kerajaan. Bersama Donald ketika mencari King Mickey, mereka bergabung dengan Sora, untuk mematuhi perintah Raja mengikuti pembawa kunci. Setelah menyelamatkan dunia dari kegelapan, Goofy kembali mencari King Mickey. Tapi seperti Donald dan Sora, dia tertidur lelap sebelum menemukan Raja.

Roxas adalah seorang anak laki-laki yang berusia sekitar 15 tahun yang pendiam dan tinggal di Twilight Town. Dia tinggal di kota yang ideal, tidak menginginkan yang lain selain menikmati hari-hari terakhir di liburan musim panas bersama tiga sahabatnya, Hayner, Pence, Olette. tetapi, mimpi yang aneh menghantuinya-seorang anak laki-laki seumurannya dengan rambut spiky berwarna coklat, membawa benda seperti kunci raksasa. Ketika semua yang terjadi di kotanya semakin aneh, Roxas semakin berhubungan dengan semua misteri ini, dan membuka rahasia dari masa lalunya yang menyakitkan.

Xehanort merupakan boss terbesar yang akan ditemui di Kingdom Hearts: Birth By Sleep yanag akan diperanankan oleh Ventus, Aqua dan Terra sebagai tokoh utama yang akan dimainkan. Klimaks akan dijumpai ketika Aqua melawan Ventus dan disaat Terra(Roh) melawan tubuhnya sendiri yang dikendalikan oleh Xehanort.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]