Maleficent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Maleficent (karakter)
Maleficent.jpg
Maleficent dan gagak peliharaannya,

Diablo.

Penampilan perdana Sleeping Beauty (1959)
Pencipta Walt Disney Pictures
Pengisi suara Eleanor Audley (Sleeping Beauty),
Lois Nettleton (House of Mouse),
Susan Blakeslee (Kingdom Hearts series),
Toshiko Sawada (Kingdom Hearts series (versi Jepang))
Informasi terkait
Nama alias
Saudara
Binatang peliharaan
Rekan
Musuh

Maleficent adalah peri kegelapan dan merupakan tokoh antagonis utama dalam film Sleeping Beauty tahun 1959, dianimasikan oleh Marc Davis, dan disuarai oleh Eleanor Audley, yang pernah menyuarai Lady Tremaine, ibu tiri yang jahat dalam film Cinderella. Ia sering menyebut dirinya sebagai "Mistress of all Evil", dan kadang-kadang muncul dalam serial House of Mouse.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Maleficent melambangkan kejahatan. Dia kejam, dan akan melakukan apapun untuk mencapai tujuannya. Perkataannya yang paling terkenal adalah "You poor simple fools. Thinking you could defeat ME!? Me, The Mistress of ALL EVIL!", yang menunjukkan bahwa dia agak narsis. Dia memikirkan dirinya sendiri di atas orang lain, bahkan memanggil sekutu-sekutunya sebagai "hewan peliharaannya".

Penampilan fisik[sunting | sunting sumber]

Maleficent adalah wanita tinggi, elegan dengan kulit hijau pucat, mata kuning, bibir merah, dan dagu panjang. Ia memakai gaun hitam dengan sedikit warna ungu, dengan kerah dan ujung gaunnya berbentuk sayap kelelawar. Ia juga memakai cincin emas bundar dengan batu hitam di tengahnya. Kedua tanduknya adalah simbol dari sihir gelapnya. Kedua tanduk tersebut berasal dari headdress yang dipakainya (atau jika itu adalah benar-benar tanduknya). Ia memiliki tongkat dengan bola hijau yang bercahaya di ujung atasnya di mana mantera-manteranya keluar. Beberapa kekuatan yang ia punya adalah teleportasi, membuat petir dan kilat dan mengarahkannya ke arah musuh. Semua pasukannya adalah makhluk-makhluk berbentuk goblin dan troll. Ia punya hewan peliharaan, seekor burung gagak, Diablo, meskipun namanya tidak pernah disebutkan.

Peran di film Sleeping Beauty[sunting | sunting sumber]

Di Sleeping Beauty, Maleficent muncul sebagai antagonis. Ia mengutuk Aurora, "Before the sun sets on her sixteenth birthday, she shall prick her finger, on the spindle of a spinning wheel, and die!", tapi, Merryweather, peri ke-3 yang belum memberikan hadiahnya ke Aurora, meringankan kutukan Maleficent, "Sweet princess, if through this wicked witch's trick, a spindle should your finger prick, a ray of hope there still may be in this, the gift I give to thee. Not in death, but just in sleep, and from this slumber, when true love's kiss, the spell shall break". Dan ketiga peri baik langsung membuat rencana: mereka akan menyamar sebagai wanita-wanita petani dan membawa Aurora dari raja Stefan dan ratunya, dan ketiga peri tersebut akan memberi nama samaran, Briar Rose. Mereka tinggal bersama Briar Rose (Aurora) selama 16 tahun. Rencana mereka sukses, karena Maleficent tidak berhasil mencari Aurora. Akhirnya ia menyuruh Diablo untuk mencari Aurora. Diablo berhasil menemukan Aurora saat melihat ada cahaya biru dan pink yang keluar dari cerobong asap tempat pondok Aurora & ketiga peri tinggal. Ia juga mendengar pembicaraan Aurora & ketiga peri tentang siapa Aurora sebenarnya, dan Aurora berjanji dengan pangeran Phillip kalau ia nanti akan mengunjungi Aurora. Mengetahui hal ini, Diablo segera memberitahu Maleficent. Begitu Aurora & ketiga peri sampai di istana, Maleficent sudah menunggu Aurora di kamarnya, dalam wujud api yang segera berubah menjadi bola api, yang menghipnotis Aurora sampai di suatu menara di mana bola api tersebut berubah menjadi mesin pemintal dan kutukan Maleficent pun terlaksanakan. Untuk memastikan Aurora tidak bangun, Maleficent dan pasukan-pasukannya pergi ke pondok Aurora & 3 peri untuk menjebak pangeran Phillip. Rencananya berhasil, dan ia segera membawa sang pangeran ke sarangnya, The Forbidden Mountains. Di sana, ia memanas-manasi Phillip sebelum ia kembali ke menaranya, bilang "For the first time in sixteen years, I shall sleep well.". Begitu ketiga peri membebaskan Phillip - termasuk Merryweather mengubah Diablo menjadi patung - Maleficent menghalangi jalan Phillip ke istana Aurora dengan menumbuhkan semak duri. Phillip berhasil menembus semak duri dengan bantuan ketiga peri. Begitu tahu sang pangeran berhasil menembus semak duri, Maleficent langsung memindahkan dirinya dari sarangnya ke istana Aurora, menantang Phillip dengan berubah menjadi naga besar. Meskipun awalnya ia berhasil menjatuhkan perisai Phillip, ketiga peri memberi kekuatan mereka di dalam pedang pangeran Phillip, yang langsung ia lempar ke arah perut Maleficent dalam bentuk naga, mengenai jantungnya. Begitu jatuh, ia memutuskan untuk langsung melahap sang pangeran, tapi pangeran Phillip berhasil menghindar. Dan karena ia dalam wujud naga besar, berat badannya membuat lembah menjadi runtuh dan ia langsung jatuh, mati. Dan yang tersisa hanyalah bagian dari pakaiannya, dengan pedang pangeran Phillip masih menancap di sisa pakaian tersebut.

Peran di serial Kingdom Hearts[sunting | sunting sumber]

Kingdom Hearts Birth by Sleep[sunting | sunting sumber]

Mirip seperti di film Sleeping Beauty, Maleficent mengutuk Aurora pada saat Aurora berumur 16 tahun. Di sini Maleficent bertemu Terra, Ven, & Aqua, 3 ksatria dari dunia lain dengan keyblade sebagai senjata mereka. Terra adalah ksatria pertama yang mengunjungi dunia Sleeping Beauty (di sini namanya Enchanted Dominion). Waktu Terra sampai di menara di mana Aurora tidur, Maleficent memberi tahu Terra tentang tujuan & rekrut dari Master Xehanort untuk menidurkan Aurora. Rencana berhasil, Maleficent menghipnotis Terra untuk mengambil hati Aurora dari tubuhnya dengan keybladenya. Setelah kejadian itu, Terra meninggalkan Enchanted Dominion & pergi ke dunia selanjutnya. Maleficent juga membuat jebakan untuk Pangeran Phillip, agar Aurora tidak pernah bangun dari tidurnya. Ven, ksatria kedua yang sampai di sini setelah kepergian Terra. Ven & ketiga peri langsung ke Forbidden Mountain (tempat tinggal Maleficent) untuk mencari hati Aurora yang telah diambil dari tubuhnya (Ven & ketiga peri tidak tahu kalau Terra dihipnotis Maleficent untuk mengambil hati Aurora). Ven berhasil melepaskan hati Aurora yang terkurung. Ven & ketiga peri ketahuan oleh Maleficent & ia menantang Ven untuk bertempur dengannya. Ven menang, selagi Maleficent memberi tahu Ven & Aqua (yang baru saja sampai di Enchanted Dominion (Aqua juga melihat hati Aurora yang berhasil kembali ke tubuh Aurora)) kalau Terra yang mengambil hati Aurora (Maleficent tidak memberitahu mereka kalau ia yang menghipnotis Terra untuk melakukannya). Kedua ksatria tersebut tidak percaya, meski Ven ragu. Maleficent menawarkan mereka untuk bergabung dengannya, tapi mereka menolak mentah-mentah. Setelah itu, Ven meninggalkan Enchanted Dominion. Maleficent langsung menjatuhkan Aqua di ruang bawah tanah & ia bertemu Pangeran Phillip yang dirantai. Ketiga peri langsung membebaskan Pangeran Phillip & ia langsung melawan semua pasukan Maleficent dengan dibantu Aqua. Selesai, kelima protagonis tersebut langsung keluar, meninggalkan Forbidden Mountain, Maleficent menteleportasi dirinya sebelum mereka sempat masuk ke istana. Ia segera mengubah dirinya dalam wujud naga untuk bertarung dengan Phillip & Aqua. Pertarungan terus berlanjut, sampai ketiga peri menyihir pedang Phillip yang langsung dilempar ke dada Maleficent & menancapnya, membuat Maleficent lemah & kembali ke bentuk manusianya. Selagi Phillip masuk ke istana untuk membangunkan Aurora, Maleficent meninggalkan dunianya sendiri, sebelum ia memberitahu Aqua kalau ia akan kembali. Ia juga mengatakan selama masih ada cahaya, maka kegelapan juga akan masih ada. Selagi Aurora & Phillip berdansa di dalam istana, Maleficent meninggalkan Enchanted Dominion. Di bagian terakhir Birth by Sleep, ia membebaskan Pete dari penjara, memulai persekutuan mereka.

Kingdom Hearts[sunting | sunting sumber]

10 tahun setelah Birth by Sleep, Maleficent kembali. Kali ini, Maleficent punya kendali terhadap Heartless untuk menghancurkan berbagai dunia, termasuk dunianya sendiri. Memimpin sekelompok Disney Villains & memakai reruntuhan di Hollow Bastion sebagai dasar operasi mereka, Maleficent mencari ketujuh Princesses of Heart, sekelompok gadis-gadis murni yang tidak ada kegelapan di hati mereka. Para Princesses of Heart ini dicari untuk membuka pintu menuju Kingdom Hearts, sebuah dunia dengan berbagai pengetahuan tentang hati & sumber dari semua hati. Maleficent sudah menawan Aurora (karena Aurora adalah salah satu dari ketujuh Princesses of Heart). Setelah semua Princesses of Heart tertawan, Maleficent merekrut Riku dengan membujuknya kalau Sora sudah tidak peduli dengan ia & Kairi, menggantikan mereka dengan Donal & Gufi. Setelah Maleficent dikalahkan oleh Sora, Riku, dirasuki oleh Heartless milik Ansem, menusuk Maleficent di hatinya, mengubah Maleficent ke wujud naganya. Sekali lagi ia berhasil dikalahkan, Maleficent menghilang & cuma ada sisa pakaiannya, Ansem memberi tahu kalau Maleficent tidak sadar kalah sebenarnya para Heartless memanfaatkannya.

Kingdom Hearts: Chain of Memories[sunting | sunting sumber]

Maleficent muncul sebagai ingatan Sora & Riku di Castle Oblivion. Di cerita Sora, Maleficent menculik Belle (Princesses of Heart selain Aurora) & memakainya sebagai umpan agar hati murni Belle bisa dimanfaatkan Maleficent untuk tujuan jahatnya, tapi rencananya gagal & ia dihancurkan Sora. Di cerita Riku, Maleficent membujuk Riku untuk menyerap kegelapan di hatinya, tapi Riku menghancurkan Maleficent agar ia tidak menyerap kegelapan.

Kingdom Hearts II[sunting | sunting sumber]

Setahun setelah Kingdom Hearts, Diablo mengambil sisa pakaian Maleficent di menara Yen Sid. Ingatan ketiga peri membuatnya hidup kembali. Maleficent segera bersatu dengan Pete, karena di game sebelumnya Pete melakukan perjalanan ke berbagai dunia untuk membuatkan Maleficent sebuah pasukan Heartless yang sangat kuat. Masih dengan rencana yang sama untuk mengambil Kingdom Hearts, Maleficent membangun dasar operasi yang baru, juga dendamnya terhadap Sora, Donal, & Gufi. Rencana Maleficent di sini ia akan mengambil alih Timeless River (Disney Castle versi masa lalu), mengirim Pete ke berbagai dunia untuk merekrut Disney Villains, lama & baru, seperti Jafar, Ursula, Hades, Scar, Captain Barbossa, & Oogie Boogie.

Kingdom Hearts coded[sunting | sunting sumber]

Mengikuti kejadian-kejadian di KH II, Pete mengirim Maleficent ke dunia data yang dibuat dari jurnal Jiminy Cricket. Maleficent pertama kali muncul di data Agrabah, di mana ia menghancurkan keyblade milik data Sora & memanggil sekelompok Shadows untuk menyerang data Sora. Data Sora menemuinya & mengalahkannya di data Hollow Bastion dalam bentuk naganya, tapi ia berhasil lolos. Maleficent terakhir terlihat di episode terakhir, bersama Pete, bertarung dengan Darkside selagi dunia data mulai terhapus. Data Sora segera menyelamatkan mereka berdua, tapi kedua penjahat tersebut ikut terhapus sebelum ia berhasil menyelamatkan mereka. Tapi mereka berhasil diselamatkan oleh Data-Riku dan kembali ke dunia nyata dengan selamat.

Kingdom Hearts 3D: Dream Drop Distance[sunting | sunting sumber]

Maleficent dan Pete kembali ke Disney Castle untuk menculik Ratu Minnie, mengirim Diablo dengan surat dan mahkota Minnie di Mysterious Tower untuk memanggil Mickey, Donald, dan Goofy, yang segera menemuinya di perpustakaan. Maleficent menceritakan pertemuannya kepada Master Xehanort bertahun-tahun yang lalu dan bagaimana dia mempelajari tujuh cahaya murni yang bisa membuatnya menguasai seluruh dunia. Maleficent lalu memaksa Mickey untuk memberikan akses ke dunia-dunia digital, tapi Mickey menolak. Maleficent segera menyerang Mickey, tapi Lea berhasil menggagalkan serangannya dan membantu Minnie lepas dari Pete. Maleficent dan Pete segera meninggalkan Disney Castle, tapi bersumpah akan kembali ke dunia-dunia digital. Ternyata pertemuan Maleficent dengan Master Xehanort adalah untuk membantunya dalam rencananya menciptakan X-blade.


Maleficent[sunting | sunting sumber]

Di Tahun 2014 sutradara Robert Stromberg kembali mengangkat Maleficent sebagai tokoh utama sekaligus judul filmnya. Kali ini yang menjadi tokohnya adalah Angelina Jolie. Plot cerita masih mengikuti cerita seperti sebelumnya dimana Maleficent mengutuk Aurora dan Aurora pun tumbuh dengan tiga orang peri yang diutus oleh Raja Stefan. Namun di akhir cerita karakter Maleficent yang selalu jahat sedikit berubah dari pakemnya. Maleficent pun tetap memiliki sisi baiknya dan ingin mencabut kembali kutukannya. Sayang kutukannya tersebut tidak dapat ditariknya kembali. Maleficent bersama gagaknya pun menjadi peri yang menjaga Aurora sampai masa kutukannya berkahir. Aurora pun berkenalan dengan pangeran Philip dari kerajaan seberang. Di penghujung akhir masa kutukannya yakni di ulang tahunnya yang ke 16, kekuatan jahat menuntun Aurora hingga akhirnya ujung jarinya tertusuk jarum pemintal. Aurora pun jatuh pada kutukannya. Pangeran Philip yang di harapkan dapat melepaskan kutukannya dengan Ciuman Cinta Sejati di bawa oleh Maleficent menuju ke dalam kerajaan Raja Stefan. Dan sampailah Pangeran Philip di Kamar Aurora di mana didalam ruangan tersebut ada tiga peri yang menemaninya. Dan akhirnya diciumlah Putri Aurora oleh Pangeran Philip. Namun tetap tidak terjadi apa-apa terhadap Putri Aurora. Muncul pertanyaan apakah Pangeran Philip bukan cinta sejatinya ataukah "Ciuman Cinta Sejati" itu hanya mitos dan tak pernah ada?. Maleficent kemudian masuk ke kamar Putri Aurora sembari menyesali kealpaanya telah menjatuhi kutukannya dan tak dapat menjaga melewati masa kutukannya. Diciumlah Putri Aurora untuk terakhir kali. Keajaiban muncul, Putri Aurora terbangun dari tidurnya. Cinta yang tulus itu ternyata ada pada Maleficent. Ciuman dari hati yang tulus itulah yang akhirnya mengakhiri kutukannya. Aurora di akhir menjadi Ratu di Kerajaan Peri Negeri Moors sebagai penerus Malevicent. (garb)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]