Gober Bebek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Scrooge McDuck
BarksScrooge.jpg
"Gober Bebek, Bebek Terkaya di dunia", oleh Carl Barks
Penampilan perdana Christmas on Bear Mountain, di majalah Donald Duck Four Color nomor 178 tahun 1947
Pencipta Carl Barks
Pengisi suara Alan Young
Informasi terkait
Nama alias Paman Gober, Bebek Terkaya di Dunia
Saudara Donal Bebek (Keponakan), Kwik, Kwek dan Kwak (Keponakan), Fergus Bebek (Ayah), Downy O'Drake (Ibu), Matilda Bebek (Adik, Hortensia Bebek (Adik), Pothole Bebek (Paman), Jacob Bebek (Paman)
Binatang peliharaan
Rekan Lang Ling Lung, Nona Ketik, Untung Angsa, Desi Bebek, Miki Tikus, James
Musuh Mimi Hitam, Gerombolan Siberat, Roker Bebek, Gover Bebek, Soapy Slick, Tihitam Siberat

Paman Gober Bebek, bernama asli Scrooge McDuck, adalah bebek antropomorfisme Glasgow[1] fiksi yang diciptakan oleh Carl Barks. Karakter ini muncul pertama kali dalam cerita Christmas on Bear Mountain dari majalah Four Color Comics nomor 178, dipublikasikan oleh Dell Comics pada Desember 1947.

Selama beberapa dekade, Gober muncul dari sebagai karakter pendukung menjadi figur utama dunia Bebek, bahkan tercipta nama populer dunia Gober Bebek. Pada tahun 1952, ia diberi serial komiknya sendiri, Uncle Scrooge, yang masih ada hingga kini. Dengan popularitas karakter ini terus meningkat, ia muncul dalam berbagai film dan permainan video. Gober, bersama dengan beberapa karakter Kota Bebek lainnya, menikmati popularitas internasional, terutama di Eropa, dan bukunya telah diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Nama "Gober" berasal dari "Dagobert Duck", adaptasi bahasa Belanda untuk karakter Disney "Scrooge McDuck". Nama Scrooge diambil dari Ebenezer Scrooge, karakter yang berasal dari novel Charles Dickens tahun 1843, A Christmas Carol.[2] Meskipun tidak pernah dikonfirmasi oleh Barks, namun terdapat teori bahwa industrialis Skotlandia Andrew Carnegie yang meninggalkan negaranya ke Amerika Serikat pada usia 13 tahun, menjadi model untuk Paman Gober (dalam The Life and Times of Scrooge McDuck karya Don Rosa, Gober meninggalkan Skotlandia ke Amerika Serikat pada usia 13 tahun).[3] Model lain untuk Gober adalah karakter (tanpa nama) dengan karakteristik Gober: jambang, kacamata dan aksen Skotlandia yang muncul dalam film propaganda Disney semasa Perang Dunia II, The Spirit of '43 tahun 1943.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Carl Barks

Gober, paman dari karakter Donal Bebek, muncul pertama kali dalam Christmas on Bear Mountain pada Desember 1947. Kisah tersebut ditulis dan digambar oleh Carl Barks. Pada Christmas on Bear Mountain,[4] Gober adalah bebek tua yang kaya, berjanggut, berkacamata, dan tinggal di sebuah rumah besar.[5]

Barks awalnya membuat Gober sebagai karakter dalam satu kisah saja, tetapi akhirnya mencoba untuk mengembangkannya lebih jauh. Gober pada penampilan keduanya, The Old Castle's Secret[6] (pertama kali diterbitkan pada Juni 1948), bersama dengan keponakannya mencari harta karun yang tersembunyi di Dismal Downs. "Foxy Relations" (pertama kali diterbitkan pada November 1948) lalu menjadi kisah pertama dimana Gober digelari "Bebek Terkaya di Dunia".

"The Magic Hourglass", pertama kali diterbitkan pada September 1950, menjadi kisah pertama yang mengubah fokus cerita Bebek dari Donal menjadi Gober. Gober dalam "The Magic Hourglass" ditampilkan lebih bercahaya positif dibanding cerita-cerita sebelumnya, tetapi sisi jahatnya masih ada.

"Terror of the Beagle Boys", pertama kali diterbitkan November 1951, memperkenalkan Gerombolan Siberat kepada pembaca. "The Big Bin on Killmotor Hill" memperkenalkan gudang uang Gober Bebek, dibangun di Bukit Killmotor, Kota Bebek.

Pada saat itu, Gober telah menjadi familiar bagi pembaca di Amerika Serikat dan Eropa. Penulis dan artis Disney selain Barks mulai menggunakan Gober dalam cerita mereka, seperti penulis Italia Romano Scarpa. Western Publishing mulai berpikir untuk menggunakan Gober sebagai prontagonis daripada karakter pendukung, lalu meluncurkan Gober dalam komiknya sendiri. Uncle Scrooge #1, berisi cerita "Only a Poor Old Man", diterbitkan pada Maret 1952-1953. Setelah itu, Barks menulis cerita-ceritanya yang lebih panjang dalam Uncle Scrooge, dengan berfokus pada petualangan. Dalam cerita-cerita Gober, Donal dan keponakannya menjadi "asistem" Gober, yang menemani Gober dalam petualangan ke seluruh dunia.

Sejak saat itu, Gober menjadi figur penting dalam dunia komik Bebek, dan membuat munculnya istilah "dunia Gober Bebek".

Setelah Barks pensiun, karakter ini terus dilanjutkan oleh artis-artis lain. Penulis Italia Romano Scarpa memberikan beberapa tambahan kedalam dunia Gober Bebek, seperti karakter Brigita dan Gideon McDuck. Pengembangan besar lalu dilakukan oleh Don Rosa tahun 1987. Ia menganggap Gober sebagai karakter favoritnya.[7] Keno Don Rosa lalu menulis The Life and Times of Scrooge McDuck. Dibawah Rosa, Gober menjadi lebih etis dan tidak pernah curang.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Glasgow claims McDuck as its own". BBC. 1 Oktober 2007. Diakses 2 Oktober 2007. 
  2. ^ Landsburg, Steven E. (12 September 2004). "What I Like About Scrooge". Slate. 
  3. ^ "The Green Mountain Lion, [[April]] [[2007]]". St. Andrews Society of Vermont. April 2007.  Wikilink embedded in URL title (help)
  4. ^  I.N.D.U.C.K.S code: W OS 178-02
  5. ^ Barks, Carl (writer and illustrator). "Christmas on Bear Mountain". Uncle Scrooge #178, Four Color Comics. July 1947.
  6. ^  I.N.D.U.C.K.S code: W OS 189-02
  7. ^ Don Rosa's artwork at I.N.D.U.C.K.S

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Uncle Scrooge McDuck, Carl Barks, Edward Summer, Walt Disney Productions 1981 ISBN 0-89087-290-2
Carl Barks Library, Another Rainbow Publishing 1984
Scrooge McDuck Capitalist and Proud of it!, Goldbrick & Bond, USA-International Publications 2004
How to Read Donald Duck: Imperialist Ideology in the Disney Comic, Dorfman & Mattelart, International General 1975
Carl Barks and the Disney Comic Book, University Press of Mississippi, Thomas Andrae 2006

Pranala luar[sunting | sunting sumber]