Kiki dan Koko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kiki dan Koko

Kiki dan Koko di dalam tumpukan kacang, dari film Chip 'n Dale Rescue Rangers
Penampilan perdana Private Pluto tahun 1943
Pencipta Perusahaan Walt Disney
Pengisi suara Tress MacNeille, Corey Burton, James MacDonald, Helen Silbert, Dessie Flynn/Dessie Miller
Informasi terkait
Nama alias
Saudara
Binatang peliharaan
Rekan Gadget Hackwrench, Monterey Jack, Zipper the Fly
Musuh Pluto, Donal Bebek, Fat Cat, Professor Norton Nimnul, Aldren Klordane

Kiki dan Koko, atau Chip 'n Dale dalam bahasa Inggris, adalah karakter fiksi Disney, dan dibuat oleh Perusahaan Walt Disney.

Nama mereka berdasarkan nama "Chippendale" (lihat Thomas Chippendale).

Menurut Disney, Kiki adalah yang pintar, dan Koko adalah yang bodoh. Cara membedakannya adalah Kiki memiliki hidung hitam, sementara Koko berhidung merah.

Kehadirannya dalam Kartun[sunting | sunting sumber]

Private Pluto[sunting | sunting sumber]

Kehadiran pertamanya adalah dalam kartun Private Pluto (1943) di mana mereka membuat benci Pluto.

Kehadirannya dengan Donal Bebek[sunting | sunting sumber]

Mereka belum mendapatkan namanya sampai dalam kartun Chip an' Dale (1947) di mana mereka membuat benci Donal Bebek. Mereka lalu terus muncul dalam film animasi, dan biasanya mengganggu Donal Bebek, sampai pertengahan tahun 1950.

Two Chips and a Miss[sunting | sunting sumber]

Kiki dan Koko bertemu dengan seekor penghibur Klub Acorn bernama Clarice, dalam "Two Chips and a Miss" (1951). Setelah bertarung memperebutkannya, Clarice tak memilih satupun dari Kiki dan Koko.

Chip 'n Dale Rescue Rangers[sunting | sunting sumber]

Mereka telah hadir dalam kartunnya sendiri, berjudul Chip 'n Dale Rescue Rangers tahun 1989. Di sini mereka bekerja sama sebagai detektif dengan dua tikus bernama Gadget Hackwrench (tikus betina penemu yang ditaksir oleh Kiki dan Koko) dan Monterey Jack (tikus kuat dari Australia yang takut tikus dan sangat menyukai keju) serta seekor lalat bernama Zipper. Musuh mereka adalah seekor kucing bernama Fat Cat dan asistennya yang bernama Mepps, seekor reptil bernama Wartm, tikus tanah bernama Mole, dan tikus bernama Snout. Mereka juga bertemu dengan penemu gila bernama Professor Norton Nimnul. Dalam kemunculannya, sifat mereka benar-benar berubah dalam kartun ini. Dalam cerita awal, mereka adalah pembuat masalah, tetapi di cerita Rescue Rangers mereka melawan kejahatan yang selalu menolong, dan juga ada perubahan kostum, Kiki yang mengenakan jaket dan fedora, Koko memakai baju Hawaii.

Kemunculan lain[sunting | sunting sumber]

Mickey Mouse Works[sunting | sunting sumber]

Kiki dan Koko kadang-kadang muncul dalam film Mickey Mouse Works dan House of Mouse.

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

Baik dulu maupun sekarang suara mereka diisi oleh Tress MacNeille, namun kadang-kadang Tress hanya mengisi untuk Kiki, sementara Koko diisi oleh Corey Burton, seperti dalam film Chip 'n' Dale Rescue Rangers.

Kingdom Hearts[sunting | sunting sumber]

Kiki dan Koko muncul dalam permainan Kingdom Hearts dan Kingdom Hearts II sebagai mekanik untuk kapal Gummi, alat transportasi untuk pindah ke dunia yang satu ke dunia yang lain.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]